Kecerdasan Anak dan Nutrisi yang Mempengaruhinya

by - 6:55:00 AM

Kecerdasan Anak dan Faktor yang Mempengaruhinya

Kecerdasan Anak dan Nutrisi yang Mempengaruhinya 


Saya termasuk orang yang tidak terlalu tinggi (baca : pendek). Waktu masih lajang dulu, sempat takut kalau mendapatkan suami yang pendek, lalu anak anak saya akan jadi pendek seperti orang tuanya. Ternyata saya salah, karena genetik memang mempengaruhi pertumbuhan anak, namun prosentasenya kecil, hanya 20% saja dan tumbuh kembang anak itu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetic saja tapi juga stimulasi dan nutrisi. 

Jadi buat para orang tua tidak usah khawatir ya, karena dengan nutrisi yang tepat anak bisa tumbuh tinggi. Pertumbuhan yang baik dapat mendukung anak berkembang dengan baik juga. 

Bicara tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, tahukah mom beda antara pertumbuhan dan perkembangan anak? Yap, pertumbuhan itu berhubungan dengan bertambahnya volume, misalnya saja penambahan volume otak dan penambahan tinggi badan. Sedangkan perkembangan anak adalah hal-hal yang mengacu pada bertambahnya kemampuan anak. 

Anak disebut tumbuh kembang dengan baik apabila memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan social dan emosional yang seimbang. Anak yang demikian itu disebut sebagai anak yang tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Tahukah mom kalau tumbuh tanggap yang lengkap itu dimulai dari otak? 

Ada dua faktor yang mempengaruhi optimalisasi fungsi otak yaitu keseimbangan energi dan mikrobiota usus. 

Keseimbangan Energi 

Keseimbangan energy anak dapat diperoleh jika anak mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk pertumbuhan otaknya. Oleh karena itu sebagai Ibu kita harus memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan pada anak untuk mendukung perkembangan kognitif anak. 

Memberikan nutrisi yang tepat pada anak tidak hanya berbicara tentang apa saja nutrisi yang harus diberikan namun juga sejak kapan nutrisi tersebut harus diberikan. Ternyata 1000 hari pertama kehidupan itu berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak. Dr Nur Aisiyah Widjaja,SpA(K) menguraikannya dalam pemaparan berikut ini : 

Nutrisi yang dibutuhkan agar anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap 

· Nutrisi saat dalam kandungan. 

Pernahkah Mom mendengar istilah “seribu hari pertama kehidupan”? Seribu hari pertama kehidupan adalah waktu yang dihitung sejak anak di dalam kandungan hingga berumur dua tahun, dimana pada masa ini adalah masa kritis untuk tumbuh kembang anak, karena pengaruhnya akan berlaku seumur hidupnya. 

Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung atau merencanakan kehamilan, hendaknya banyak-banyak mencari info tentang nutrisi yang tepat untuk ibu hamil, yang sesuai dengan usia kehamilan agar janin mendapatkan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. 

· Nutrisi yang dibutuhkan anak usia 0-2 tahun 

Pada anak usia 0-2 tahun, nutrisi yang paling banyak dibutuhkan adalah zat gizi makro yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Dan juga zat gizi mikro yang hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh yang berupa vitamin dan mineral. 

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain nasi, kentang dan roti. Sedangkan beberapa bahan makanan yang mengandung protein dan lemak antara lain daging sapi, daging ayam dan telur. Protein juga terdapat dalam tempe dan tahu. 

Oleh karena itulah, pemberian sayur dan buah-buahan pada anak usia 0-2 tahun cukup pada tahap perkenalan saja, bukan sebagai makanan utama. Karena pada sayur dan buah-buahan kandungan proteinnya memang ada namun jumlahnya hanya sedikit. Sedangkan lemak dan karbohidrat juga ada namun jenisnya bukanlah yang dapat secara langsung diserap oleh tubuh, namun perlu diubah dalam bentuk lain terlebih dahulu. Sedangkan kita tahu, porsi makan anak usia 0-2 tahun sangatlah kecil bila dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk itulah, dalam porsi yang kecil tersebut kita harus memberikan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan tumbuh kembangnya. 

Pengetahuan mengenai kandungan nutrisi pada bahan makanan perlu kita ketahui dan kalau perlu terus memperbaharuinya, karena perkembangan ilmu pengetahuan itu sangat cepat. Misalnya saja pada zaman dahulu, setiap kali membicarakan tentang vitamin A, tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada wortel. Memang wortel merupakan sumber vitamin A namun bukan satu-satunya karena vitamin A juga banyak ditemukan di daging merah dan hati sapi. Bahkan vitamin A yang berasal dari hewan yang biasa disebut dengan retinoid acid lebih mudah diserap oleh tubuh bila dibandingkan dengan vitamin A yang berasal dari tumbuhan. 

Mikrobiota Usus 

Pernah kan kita mendengar adanya bakteri baik yang berkembang dalam saluran pencernaan? Jika dalam saluran pencernaan anak jumlah bakteri baiknya jauh lebih banyak dari bakteri jahat, maka saluran cerna dikatakan sehat dan baik. Ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usianya dan jarang mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang di maksud adalah diare, konstipasi, kolik atau muntah yang berulang kali. 

Pada anak usia kurang dari dua tahun, pemberian nutrisi yang tepat dapat mendukung proses kolonisasi bakteri pada saluran cerna yang akan mendukung pembentukan synaps pada otak anak. Teori Gut Brain Axis, menyatakan adanya komunikasi aktif antara saluran cerna dan otak menggunakan sinyal biokimia. Saluran pencernaan yang normal dan sehat dapat mengirimkan sinyal positif yang dapat meningkatkan perkembangan otak. 

Begitu juga sebaliknya, otak akan mengirimkan sinyal ke saluran cerna yang dapat mempengaruhi komposisi mikroba pada saluran cerna. 

Agar saluran cerna anak sehat dan bakteri yang ada di dalamnya juga bakteri yang baik maka anak harus diberikan nutrisi yang tepat dan seimbang, seperti yang saya tulis diatas. 

Nah mom, betapa pentingnya nutrisi otak agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh tanggap yang lengkap, saya sudah tidak bingung lagi. Karena sudah ada Bebelac baru yang telah disempurnakan. Bebelac baru ini mengandung minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan. Selain itu juga mengandung FOS:GOS dengan komposisi 1:9 serta 13 vitamin dan 19 mineral. 



Minyak ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan 

Seperti yang kita ketahui, minyak ikan mengandung Omega 3 atau DHA yang kaya manfaat. Sedangkan Omega 6 atau yang biasa disebut AA didalamnya mengandung asam lemak tertentu yang berguna untuk komunikasi antar sel. Keduanya bekerja sama agar otak dapat berkembang secara optimal. Baik Omega 3 dan Omega 6 penting sebagai nutrisi otak anak, namun sayangnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Keduanya hanya bisa didapatkan dari makanan. Karena itulah keduanya disebut sebagai asam lemak esensial. 

FOS dan GOS 

Frukto oligosakarida atau FOS dan Galakto oligosakarida (GOS) adalah karbohidrat sederhana yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna. Selain itu FOS dan GOS juga dapat membantu penyerapan kalsium, mengurangi resiko infeksi pada saluran cerna, kulit dan pernafasan bayi. 

Vitamin dan Mineral 

Bebelac baru mengandung 13 vitamin dan 19 mineral yang dibutuhkan oleh anak. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, vitamin dan mineral termasuk dalam zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun jumlah yang dibutuhkan sangat sedikit, namun zat gizi harus ada dan dibutuhkan setiap hari. Untunglah Bebelac baru melengkapinya, sehingga orang tua tidak perlu khawatir lagi. 

Nah Mom... sudah tahu kan, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecerdasan otak anak? Terus dukung tumbuh kembang anak ya... dan jangan lupa berikan anak nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya.

You May Also Like

16 comments

  1. Aku manggut2 baca artikel ini.
    Really inspiring!

    ReplyDelete
  2. Bebelac banyak ya kandungan gizinya untuk anak, anak saya jg suka yg rasa vanilla

    ReplyDelete
  3. Artikel yang edukatif, terimakasih mbak udah share. Penting untuk diketahui para orang tua.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, selain nutrisi buat tubuh nutrisi buat otak juga penting dan dibutuhkan oleh anak

    ReplyDelete
  5. Langsungtakfokusin baca yang di 0-2 tahun mb retno
    Secara naq bayi lagi di umur2 segitu, harus seimbang maronya ya, hihi
    Kudu bariatif pula biar anak konsumsinya ga pake drama

    ReplyDelete
  6. Dapat tambahan pencerahan...Good job...!

    ReplyDelete
  7. Artikelnya lengkap banget dan informatif. Ternyata kesehatan saluran pencernaan anak berhubungan erat dengan penyerapan nutrisi ya. Dan anak yang tercukupi kebutuhan nutrisi otaknya akan tumbuh dan berkembang dengan baik

    ReplyDelete
  8. Saya baru ngeh tentang pengaruh genetika hanya 20% saja, soalnya dl jg khawatir soal pertumbuhan anak hehehehe ternyata nutrisi dan stimulasi memegang peranan yang lebih besar

    ReplyDelete
  9. Saya baru ngeh tentang pengaruh genetika hanya 20% saja, soalnya dl jg khawatir soal pertumbuhan anak hehehehe ternyata nutrisi dan stimulasi memegang peranan yang lebih besar

    ReplyDelete
  10. Karena setiap orang tua ingin anaknya menjadi cerdas, yuk kita dukung kecerdasan mereka dengan nutrisi yang tepat.

    ReplyDelete
  11. Lagi-lagi sebagai orang tua kita kudu concern dengan kebutuhan akan nutrisi anak ya, Mba. Terutama untuk yang usianya balita. Supaya tumbuh kembang terutama otaknya juga optimal :).

    ReplyDelete
  12. sebagai orang tua kita harus aware ya mom memberikan yang terbaik untuk si kecil apalagi dimasa usia emas mereka

    ReplyDelete
  13. Nutrisi buat anak memang harus dimulai dari dalam kandungan ya, jadi ibu itu memang tantangan banget jd nutrisionist buat keluarga, terutama untuk anak2.

    ReplyDelete
  14. Dengan formula baru, susu bebelac makin optimal, laff

    ReplyDelete