Menjelang Mudik, Ketahui Daftar Kereta Tambahan Lebaran 2018

by - 1:54:00 PM


Daftar Kereta Tambahan Mudik Lebaran 2018 lemaripojok

Menjelang Mudik, Ketahui Daftar Kereta Tambahan Lebaran 2018 


Tak terasa bulan Ramadhan telah berjalan beberapa hari. Sebentar lagi kita akan disibukkan dengan urusan mudik lebaran. Apakah anda sudah mempersiapkan oleh-oleh? Walaupun tidak wajib, namun rasanya kurang afdhol jika pulang ke kampung halaman tidak membawa oleh-oleh. Ada bermacam-macam kue khas lebaran yang bisa anda bawa sebagai buah tangan apakah itu berupa nastar, kastengel, putri salju atau aneka cookies lebaran lainnya. Tak hanya mkanan anda juga bisa membawa aneka baju lebaran model terbaru untuk dijadikan oleh-oleh. 

Jika anda ingin mudik, sekarang sudah banyak tersedia mudik gratis. Baik itu mudik gratis BUMN maupun mudik gratis yang disediakan oleh perusahaan swasta. Karena jumlah mudik gratis yang terbatas, tidak semua orang bisa mengikutinya. Maka Mudik menggunakan kereta api adalah pilihan yang tepat. Karena PT KAI telah menyediakan tiket tambahan lebaran untuk mudik tahun 2018 ini. 

Kebijakan tiket kereta tambahan lebaran 2018 yang dilakukan PT KAI, telah memberi banyak kemudahan bagi penumpang terutama calon pemudik. Pasalnya tiket kereta api reguler yang juga disiapkan untuk lebaran nanti juga telah habis terjual sejak jauh-jauh hari. Dengan adanya kereta tambahan ini, calon pemudik yang berniat berangkat H-10 atau kembali pada H+10 lebaran nanti, tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan tiket kereta api pilihan transportasi yang nyaman. 

Daftar Kereta Tambahan Mudik Lebaran 2018 lemaripojok


Kereta tambahan, antisipasi PT KAI terhadap lonjakan penumpang 


Lonjakan penumpang mudik lebaran biasa terjadi pada H-10. Biasanya pada hari-hari tersebut, libur kerja hingga sekolah sudah diberlakukan sehingga calon pemudik berkesempatan untuk pulang ke kampung halaman. Meski telah diantisipasi sejak jauh hari, seringkali lonjakan penumpang ini membuat PT KAI sendiri kewalahan. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, banyak calon pemudik yang tidak mendapatkan jatah kursi untuk menjenguk saudara di kampung halaman. 

Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, tahun ini PT KAI telah menyiapkan kursi tambahan untuk para calon pemudik. Meski tiket kereta reguler yang telah disiapkan untuk angkutan lebaran telah habis terjual, Anda tidak perlu khawatir. Karena komitmen PT KAI dalam menyediakan sarana transportasi lebaran yang lebih baik, akan ada penambahan kereta lebaran 2018 ini untuk para calon pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman saat hari raya nanti. 

Kereta tambahan yang disediakan PT KAI ini sebanyak 20 armada yang akan menuju ke 40 tujuan di pulau Jawa. Dari total kereta reguler dan juga tambahan yang disediakan PT KAI, terhitung hingga 2 juta kursi lebih untuk dapat menampung kebutuhan kursi calon pemudik tahun ini. Sejak dibuka pembelian pada bulan April 2018 lalu, telah terjual hingga 42,91 persen tiket reguler dan tambahan. Itu berarti masih ada kesempatan untuk Anda mendapatkan tiket mudik tahun ini. 

Program pembelian tiket online 

Kinerja PT KAI dalam mengakomodir kebutuhan kursi penumpang teruji saat liburan panjang dan hari raya. Pada lebaran tahun ini, untuk memastikan kinerjanya tidak mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya, PT KAI telah mengeluarkan banyak program. Salah satunya program dalam mengatasi lonjakan penumpang dengan pengadaan kereta tambahan lebaran 2018 yang tidak hanya menjadi kabar gembira melainkan juga ditunggu banyak masyarakat

Selain pengadaan kerata api tambahan lebaran ini, Anda juga perlu mengetahui bahwa PT KAI telah menjalankan beberapa program baru untuk menyambut hari raya ini. Masih terkait dengan kereta api tambahan, PT KAI mengeluarkan program yang terkait dengan pengadaan kereta tambahan tersebut. Untuk memudahkan akses calon pemudik mendapatkan kereta tambahan, telah dibuka jalur pembelian tiket online yang mudah diakses kapan dan di mana saja. 

Program pembelian tiket online ini sendiri dimaksudkan tidak hanya untuk memberi kemudahan para calon pemudik dalam mendapatkan tiket. Melainkan juga untuk memberantas para calo yang sangat merugikan calon penumpang. Dengan adanya program penjualan tiket online ini, Anda dapat melakukan pembelian tiket secara online. Terutama melalui aplikasi pintar yang dapat didownload gratis hingga minimarket dan mitra PT KAI yang ditunjuk. 


Daftar kereta api tambahan lebaran 2018 


PT KAI menyebutkan bahwa khusus kereta tambahan ini akan dioperasikan lebih lambat dari kereta reguler yang akan mulai beroperasi pada tanggal 5 Juni 2018. Sementara kereta tambahan sendiri akan mulai beroperasi lebih lambat tiga hari dari kereta reguler yakni pada tanggal 8 Juni 2018. Pastikan Anda tidak ketinggalan jadwal saat hari yang ditentukan. Pastikan juga Anda mengetahui daftar kereta tambahan yang diadakan PT KAI seperti berikut ini: 

1. Kereta Argo Lawu Fakultatif dengan relasi Gambir – Solo yang memiliki kapasitas 1000 kursi. 

2. Kereta Argo Dwipangga Fakultatif jurusan Gambir – Solo dengan kapasitas 1000 kursi. 

3. Kereta Taksaka Lebaran relasi Gambir – Yogyakarta dengan kapasitas 1000 kursi pemudik. 

4. Kereta Sawunggalih Lebaran jurusan Pasarsenen – Kutoharjo menampung 864 seat. 

5. Kereta Argo Sindoro Lebaran relasi Gambir – Semarang Tawang menampung 800 seat. 

6. Kereta Argo Muria Lebaran relasi Gambir – Semarang Tawang kapasitas hingga 700 kursi. 

7. Kereta Gajayana lebaran relasi Gambir – Malang dengan kapasitas penumpang 900 seat. 

8. Kereta Sembrani Lebaran relasi Gambir – Surabaya Pasarturi dengan kapasitas 900 seat. 

9. Kereta Purwojaya Lebaran relasi Gambir – Cilacap kapasitas 984 seat penumpang. 

10. Kereta Lodaya Lebaran relasi Bandung – Solo dengan kapasitas 912 seat. 

11. Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng kapasitas 1420 tempat duduk. 

12. Tawang Jaya Premium Lebaran relasi Pasarsenen – Semarang Poncol dengan kapasitas hingga 1120 kursi calon pemudik. 

13. Kereta Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng kapasitas 1368 seat. 

14. Kereta Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasarsenen – Kutoharjo kapasitas 1600 kursi. 

15. Kereta Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong – Kutoharjo dengan kursi 1368 untuk para calon pemudik dan keluarga. 

16. Kereta Matamarja Lebaran relasi Pasarsenen – Malang dengan kapasitas 1792 seat. 

17. Kereta Kertajaya Lebaran relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi menampung 1792 seat. 

18. Kereta Brantas Lebaran relasi Pasarsenen – Semarang dan Poncol – Blitar dengan kapasitas yang mampu ditampung sebanyak 1792 seat. 

19. Kereta Taksaka Pagi Lebaran relasi Gambir – Yogyakarta dengan kapasitas 1000 seat. 

20. Kereta tambahan lebaran 2018 Mataram Premium relasi Pasarsenen – Lempayung dengan 1440 seat untuk para calon pemudik. 



Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai mudik lebaran 2018 terutama mudik menggunakan kereta api. Persiapkan baik-baik rencana mudik anda dan jangan lupa tetap berhati-hati dan waspada selama perjalanan. Mohon maaf lahir batin ya…

You May Also Like

3 comments

  1. jadi pengen rasain mudik. tapi kan aku gak ada kampung halaman hiks

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget ini untuk prepare mudik ya, hihi.

    ReplyDelete
  3. wahhh artikel ini sangat membantu sekali di saat musim mudik kaya sekarangg.. mantap mba

    ReplyDelete