blogging

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger (Blogspot).

22.36.00

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot) lemaripojok

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).


Dulu saat pertama ingin membuat blog, saya sempat bertanya bagaimana cara membuat blog kepada seorang teman yang sudah terlebih dahulu memiliki blog. Tapi apa katanya? Dia bilang membuat blog itu ribet. Susah katanya. Karena saya tidak mengerti, maka saya cuma bilang oo dan oo gitu saja.

Walaupun begitu saya tak patah semangat, gara-gara peristiwa itu saya sadar kalau tidak semua orang mudah untuk dimintai pertolongan. Padahal saya cuma ingin tahu caranya, tidak minta dibuatkan. Lalu saya pun googling sendiri dan mencoba-coba dan akhirnya berhasil. Sampai kini pun jika ada pertanyaan yang tiba-tiba timbul, saya memilih untuk googling terlebih dahulu sebelum menanyakan kepada orang lain. Begitu juga dengan proses saya belajar belajar ngeblog, saya memilih googling atau menjadi silent rider, tapi kalau masih bingung juga saya bertanya juga sih pada yang lebih ahli.

Saya masih terbawa perkataan teman saya bahwa membuat blog itu susah, kenyataannya tidak. Bebekal googling, akhirnya saya membuat blog membuat blog sendiri. Saat itu alasan saya membuat blog adalah menyimpan tulisan saya yang tercecer di berbagai grup menulis yang ada di FB.  

Awalnya sempat terpikir untuk menulis di note Facebook, tapi ternyata fitur-fitur di blog lebih banyak. Jika ditulis di Blog, kita lebih mudah mencarinya. Dalam satu artikel bisa memuat banyak foto dan lain-lain.

Sebelum membuat blog, lebih baik anda pikirkan terlebih dahulu niche/ jenis blog apa yang akan anda buat. Apakah itu blog untuk memasak, jalan-jalan, curhat atau blog gado-gado seperti milik saya ini. Memikirkan hal ini sebelumnya bukan tanpa sebab, karena nantinya berhubungan dengan nama blog anda.

Jika anda ingin membuat blog yang khusus untuk menuliskan resep, maka anda bisa menggunakan kata "resep" sebagai bagian dari nama blog anda. Karena dengan menjadikannya nama blog maka blog resep anda akan lebih mudah dirayapi oleh mesinnya google. Misalnya saja nama anda Dewi, anda bisa menggunakan nama "ResepDewi" sebagai nama blog anda.

Begitu juga jika anda ingin membuat blog dengan niche travelling, maka anda dapat menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan travelling sebagai nama blog anda. Misalnya saja "jalan-jalan" "travel, ransel, koper" dan lain-lainnya.

Namun jika anda galau (seperti saya ini wkwkwk) dan blog anda nantinya berisi berbagai macam hal, anda bisa menggunakan nama anda sebagai nama blog. Anda bisa juga menggunakan kata-kata lain sebagai nama blog anda, yang pasti pilihlah kata yang unik, padat dan singkat yang dapat menjelaskan bagaimana diri anda.

Baiklah, inilah cara menbuat blog di blogspot ala saya :


1. Buat email. 


  • Zaman sekarang hampir setiap orang yang memiliki android pasti memiliki email, walaupun jarang ditengok hihihi. Namun jika anda mengingin kan email yang berbeda untuk blog anda, maka anda dapat membuat email baru disini.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok

saat anda mengisi kolom nama pengguna, pilihlah nama yang unik yang sekiranya tidak digunakan oleh orang lain. Karena alamat email ini hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja, tidak bisa sama dengan orang lainnya. Jika anda bingung gunakan nama anda lalu tambahkan angka dibelakangnya. Kalau setelah mengisi semua kolom anda belum bisa menuju halaman berikutnya, bisa jadi nama pengguna yang anda tulis sudah digunakan oleh orang lain. Maka anda harus menuliskan nama pengguna lainnya.

  • Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman biodata seperti pada gambar berikut ini
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok



Isi biodata anda dengan benar. Untuk membuat email ini, usia minimal yang diizinkan google adalah 13 tahun. Apabila kurang dari itu maka akun anda nantinya akan dinonaktifkan. Untuk usia minimal ini beberapa negara memiliki perbedaan, misalnya Korea Selatan dan Spanyol, batas minimalnya adalah 14 tahun. Sedangkan di belanda boleh memiliki akun google semacam ini setelah usianya 16 tahun. Indonesia sendiri menganut ketentuan google secara umum yaitu 13 tahun.

Oh ya, untuk nomor telepon, gunakan nomor yang aktif yang bisa dikirimi sms. Karena kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms. Dan jangan sampai lupa, saat mengisi anda harus berdekatan dengan ponsel anda, agar segera bisa mengisikan kode verifikasinya.

Setelah menekan tombol "selanjutnya" anda akan diarahkan ke halaman verifikasi, disini anda mendapat kesempatan untuk mengubah nomor anda apabila sebelumnya anda memasukkan nomor yang salah dengan kembali ke halaman sebelumnya.

Jika nomor anda benar maka anda akan mendapatkan kode verifikasi yang berupa paduan huruf dan angka misalnya G-918215


Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok


Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok


Setelah memasukkan kode verifikasi dan menekan tombol verifikasi kemudian anda akan menuju halaman Privasi dan Persyaratan. Disini adalah halaman syarat dan ketentuan dari google, dengan menekan tombol setuju maka email anda sudah jadi. Dengan membuat email ini, berarti anda juga sudah memiliki akun google yang banyak sekali manfaatnya, diantaranya untuk membuat blog dan akun youtube.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok

Setelah selesai membuat email maka kita akan kembali ke tujuan semula yaitu membuat blog di blogspot.



2. Buat Blog. 


Setelah akun google anda aktif, bukalah laman pencarian google dan ketikkan alamat www.blogger.com. 

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok



Maka akan muncul gambar sebagai berikut : 

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger  (Blogspot).lemaripojok


Anda klik tautan yang ada dalam lingkaran, maka anda akan masuk ke halaman berikiut ini :

Cara membuat blog di blogspot lemaripojok

lalu anda klik tulisan "BUAT BLOG BARU" seperti yang ada dalam kotak. anda akan diarahkan menuju halaman berikut ini : 

Cara membuat blog di blogspot lemaripojok

gambar di atas adalah laman tempat anda membuat nama blog dan judul blog anda. Untuk judul blog anda bisa bebas mengisinya namun pilihlah kata unik dan singkat yang menggambarkan bagaimana diri anda.

Setelah itu pilihlah nama blog yang menggambarkan bagaimana isi blog anda nantinya. Bisa juga anda menggunakan nama anda sendiri sebagai nama blog anda. dan pastikan nama itu belum digunakan sebelumnya. Nantinya blog anda akan bernama "Bloganda.blogspot.com" kata "bloganda" maksudnya adalah nama blog yang tadi sudah anda isikan di kolom.

Setelah nama blog anda disetujui oleh google maka anda akan masuk ke dashboard blog 

Cara membuat blog di blogspot lemaripojok





Untuk membuat tulisan di blog, anda tinggal mengeklik tulisan "ENTRI BARU". Nah sekarang anda sudah bisa menulis di blog. Seperti ini tampilannya.

Cara membuat blog di blogspot lemaripojok

Jika anda ingin menambahkan gambar, video, mengganti font dan lainnya anda tinggal mencari di bagian atas, seperti yang saya tandai dengan lingkaran.





Nah, gampang kan cara membuat blog. Setelah memiliki blog yang harus anda lakukan adalah menulis dan menulis. Jika anda ingin blog anda dibaca oleh banyak orang, untuk diawal-awal anda harus sering share atau membaginya ke media sosial anda. Namun jangan khawatir, lama kelamaan blog anda akan dikenal oleh google dan apabila tulisan anda menarik maka orang-orang akan dengan sukarela membaca blog anda dan membaginya ke media social mereka. Untuk tulisan selanjutnya insyaallah saya akan menuliskan suka duka menjadi blogger dan darimana saja blogger bisa mendapatkan uang. Selamat ngeblog dan semangat!!!

You Might Also Like

1 comments

  1. Bermanfaat sekali, kalau saya sih sukanya bisa menerbitkan opini pribadi yang selama ini terpendam :-D

    BalasHapus