Mengulas Berbagai Manfaat dan Jenis Breast Pad untuk Ibu Menyusui

by - 6:11:00 PM

Mengulas Berbagai Manfaat dan Jenis Breast Pad untuk Ibu Menyusui  lemaripojok
sbr : bukalapak.com


Mengulas Berbagai Manfaat dan Jenis Breast Pad untuk Ibu Menyusui 



Pada waktu anak pertama usia kurang lebih 7 bulan, saya sekeluarga mendapat undangan untuk menghadiri resepsi pernikahan. Saking senangnya karena baju lama yang diperam di lemari selama saya hamil akhirnya muat lagi, saya pun memakainya. Padahal saat itu bajunya sama sekali tidak busui friendly. Bisa sih, cuma agak susah. Saya pun memakaianya tanpa berpikir untuk menggunakan breast pad terlebih dahulu. Karena saya pikir kondangan hanya sebentar saja lalu pulang kembali ke rumah. 



Ternyata saya kecele, karena saya datang ketika prosesi pernikahan sedang berlangsung. Dan yang terjadi selanjutnya mudah ditebak saudara-saudara. Baju saya menjadi basah karena ASI yang merembes keluar. Untunglah saya menggendong anak saya sehingga tidak terlalu nampak jelas. Tapi tetap saja rasanya jadi tidak nyaman. 



Memang sih waktu itu saya belum mengenal apa itu breast pad. Saya pikir, tidak perlu membeli barang-barang seperti itu, karena toh saya tidak kemana-mana. Saya hanya bu rumah tangga yang selalu berdiam di rumah, dan selal ada di samping bayi. Jika anak haus ya sudah tinggal nenen saja. Ternyata saya salah, barang yang semula saya kira tidak membutuhkannya ternyata butuh juga. Saran saya, jika anda memang sedang menyusui, sebaiknya persiapkan juga breast pad. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan anda tidak bingung lagi. Toh demi kenyamanan kita sendiri juga. 



Memang, kebutuhan selama proses menyusui bukan hanya pada kebutuhan bayi yang masih berusia dini saja namun juga pada ibu menyusui. Pada proses menyusui terjadi perpindahan nutrisi dari ibu ke anak melalui ASI. Pemberian ASI sendiri saat ini sangat dianjurkan untuk diberikan secara maksimal hingga anak berusia 2 tahun. Lamanya proses menyusui ini bukan tanpa kendala bagi ibu karena harus melakukan rutinitas yang tak biasa dan cukup menyita waktu baik untuk memeras ASI ataupun langsung diberikan pada sang bayi. Bukan itu saja, pada ibu yang memiliki produksi ASI berlebih, ASI bocor hingga membasahi pakaian merupakan hal yang sering terjadi dan bisa mengganggu penampilan ibu. Untuk itulah kini sudah diciptakan breast pad atau mama pad yang gunanya untuk menyerap ASI yang keluar sehingga tidak membasahi pakaian. 



Asi yang berlebih dari ibu menyusui saat tidak digunakan untuk menyusui anak bisa menyebabkan cairannya keluar dan membasahi pakaian. Pakaian akan basah di bagian payudara ibu yang bisa menimbulkan kekurangnyamanan terutama jika berada di tempat umum atau di luar rumah. Keluarnya asi ini terjadi tanpa disengaja sehingga ibu tak bisa mengontrolnya sehingga perlu penanganan segera. Menggunakan mama pad merupakan solusi terbaik karena mama pad bisa menyerap kelebihan asi yang dikeluarkan sebelum membasahi pakaian. 



Mama pad berbentuk pad bundar yang memiliki perekat untuk direkatkan di bra ibu menyusui dengan manfaat agar pad dapat menyerap ASI yang dikeluarkan sehingga tidak membasahi pakaian luar. Dengan bentuknya yang pas, breast pad ini sangat mudah digunakan dibalik bra ibu dengan perekat yang menempel pada bra. Dilengkapi dengan penyerap cairan yang dapat menyerap cairan dengan cepat sehingga ibu akan senantiasa merasa kering dan nyaman. Karena ASI diserap oleh pad, sehingga tak membasahi pakaian, maka pakaian akan terbebas dari jamur akibat ASI yang kaya akan nutrisi. 

Mengulas Berbagai Manfaat dan Jenis Breast Pad untuk Ibu Menyusui lemaripojok
sbr : bukalapak




Di pasaran produk ini sudah bisa ditemukan dengan mudah baik di toko perlengkapan ibu dan anak ataupun di situs belanja online. Ada 2 jenis pad untuk ibu menyusui ini yaitu: 


1. Disposable pad. 

Merupakan pad untuk ibu menyusui yang hanya digunakan sekali dengan bahan plastik dan busa. Pad ini bisa Anda gunakan selama 2-3 jam tergantung dari banyaknya cairan ASI yang dikeluarkan. Semakin banyak asi maka semakin sering Anda perlu menggantinya dengan yang baru agar tidak tumbuh jamur. 



2. Washable pad. 

Merupakan jenis mama pad yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Jenis pad ini menggunakan bahan kain dan busa tipis sehingga Anda bisa mencucinya setelah digunakan. Namun pastikan Anda mengeringkannya dengan benar sehingga pad betul-betul kering sebelum dipakai. Noda susu seringkali tak hilang sempurna pada satu kali proses pencucian yang bisa menimbulkan resiko jamur. 



Banyaknya ibu menyusui yang juga bekerja membuat produk breastpad ini menjadi produk yang laris manis baik di toko perlengkapan ibu dan anak maupun di toko online yang menjual perlengkapan menyusui bayi dan balita. Pilihlah jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa mama pad jenis disposable memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan washable pad yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Jangan lupa ganti pad yang digunakan setelah penggunaan selama 3 jam agar bagian yang basah tidak menjadi sarang bakteri. 

Karena bila breast pad sudah menjadi sarang bakteri akan berbahaya sekali buat anak kita. Bakteri tersebut akan masuk ke saluran pencernaan anak yang dapat mengganggu kesehatannya. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang berhubungan dengan breast pad. 

· Cucilah breastpad baru anda sebelum digunakan, tujuannya adalah untuk membersihkan dari bahan-bahan kimia yang digunakan selama proses produksi. 

· Gantilah breast pad yang anda pakai secara berkala, paling tidak 3 jam sekali. Krena asi yang terkontaminasi udara bisa cepat rusak dan mengandung bakteri/ kuman. 

· Ketika mengganti breast pad dengan yang baru, segera cucilah breast pad anda yang penuh dengan ASI tersebut. Karena asi mengandung lemak yang bisa cepat kering dan semakin sulit untuk dihilangkan. 

· Sebelum dicuci, bilaslah breast pad dengan tangan sebelum dicuci agar ASI yang ada di breast pad berkurang. 

· Kemudian rendam beberapa waktu hingga sisa ASI keluar dari breast pad. Kucek pelan-pelan agar breast pad tidak rusak. 

· Bilas hingga air bilasan berwarna bening dan jemur dengan bagian inner menghadap ke matahari 

· Ingat ya, cuci sampai benar-benar bersih agar terhindar dari bakteri. Gunakan detergent yang sedikit busanya namun mampu membersihkan dengan maksimal. Lebih baik anda menggunakan detergent cair.

· Anda bisa juga mecuci dengan menggunakan mesin cuci, namun lakukan jika anda telah membilasnya dengan menggunakan tangan terlebih dahulu untuk memastikan ASI yang mengendap di breast pad tidak ada lagi. 

Itulah beberapa tips yang berhubungan dengan breast pad, sekali lagi pilihlah beast pad yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa juga untuk washable beast pad, rawatlah dengan melakukan pencucian dengan baik agar breast pad anda awet. Semoga informasi ini bermanfaat ntuk anda semua. Jika anda memiliki pengalaman dengan breast pad, boleh banget jika anda menceritakannya di kolom komentar. 






You May Also Like

4 comments

  1. Punyaku udah jamuran mbak di rumah karena aku males nyucinya, nunggu sekalian habis mandi aja hahaha.. tapi setidaknya washabel breastpad lebih bermanfaat dan hemat ketimbang yang disposable breastpad.

    ReplyDelete
  2. Suka kalau breast pad bisa dicuci dan dipakai kembali. :)

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, breast pad itu salah satu kebutuhan pertama yang harus dipenuhi ibu kalau memang niat menyusui. Breast pad itu sebaiknya tetap digunakan di rumah, termasuk ketika ibu sedang tidur. Sebab ASI yang menetes ke baju ibu dan tercium bayi dan sudah menetes lama, baunya akan mengganggu bayi dan malah bikin bayi jadi terganggu tidurnya. Tentu tidak baik kan?

    Lagipula, biarpun ibu hanya tinggal di rumah, penampilannya harus tetap apik. ASI yang membasahi baju ibu memang mengganggu penampilan ibu, dan akan merusak mood ibu seharian. Lebih baik pakai breast pad supaya kehidupan busui tetap normal.

    ReplyDelete
  4. aku punya yg washable masi ada sampe skrg tapi ga enaknya klo ga segera cuci baunya warbiyasah skrg kulilih yg disposable aja mba 😁 praktis tgl buang heehee ga mauribet n susah

    ReplyDelete