Tetap Bahagia dengan Staycation di Hari Lebaran

by - 10:40:00 PM

Staycation di hotel terdekat saat Hari Lebaran


Tetap Bahagia dengan Staycation di Hari Lebaran
Ramadhan sudah berjalan hampir separuhnya, tak terasa ya karena rasanya baru kemarin memulai puasa. Kalau hawa – hawa lebaran sih udah terasa semenjak lebaran tiba, la gimana… iklan sirup dan sarung sudah wara wiri sejak lama. Ah, semoga saja Ramadan kita kali ini lebih baik dari tahun kemarin. Amiin.

Ngomongin soal lebaran, nggak jauh jauh dari kue-kue, berkunjung ke tetangga dan tentu saja mudik. Untuk urusan kue, sudah beberapa tahun belakangan ini saya menyerah pada took dan teman teman yang memproduksi kue lebaran. Padahal dulu rajin banget bikin sendiri tapi sekarang rasanya kok enggak sempat. Bukan karena sibuk, tapi sok sibuk hahaha.

Masalah mudik ini yang kadang bikin baper. Mudik cuma sebentar, terasa kurang. Tapi kalau mudiknya kelamaan malah bikin malas balik lagi. Repot ya…. Tapi beruntunglah orang orang yang sempat mudik. Karena tak semua merasakan kebahagiaan itu. Ada yang karena keterbatasan biaya, namun ada juga yang disebabkan oleh pekerjaan yang tidak bisa di tinggal lama-lama. 

Kalau saya mudiknya dua kali, yaitu ke rumah orang tua dari pihak saya dan ke rumah orang tua dari pihak ayahnya anak anak. Kalau mudik ke rumah orang tua saya sih dekat, cuma satu jam perjalanan. Itupun anti macet. Karena mudiknya benar-benar ke desa. Walaupun ramai, tapi tidak sampai macet.

Sedangkan mudik satunya lagi ke rumah mertua. Kalau mudik ke rumah mertua inilah yang harus pintar-pintar pilih waktu. Karena cuti pak Suami terbatas, dan arah ke Surabaya itu rawan macet. 

Pernah, pada waktu lebaran beberapa waktu lalu. Karena pada saat sholat Ied itu pak Suami harus kerja, maka sehari sebelumnya saya di antar ke rumah mertua. Baru tahu rasanya, kalau di kota ramainya idul fitri itu cuma sesaat setelah sholat ied saja. Para tetangga bergantian saling berkunjung untuk bermaaf-maafan. Selepas zuhur, perumahan di mana mertua saya tinggal kembali sepi, karena para tetangga mudik semua.

Saat itu saya sudah punya anak tiga, belum bisa bawa motor sendiri. Sementara di rumah mertua tidak ada mobil dan masih belum musim kendaraan online. Jadilah tiga hari pertama lebaran saat itu saya  cuma berdiam di rumah. Yang paling kasihan ya anak anak karena mereka terlihat sangat bosan.

Pada lebaran tahun ini pun jadwal cuti Pak Suami belum keluar, bisa jadi pengalaman beberapa tahun lalu terulang kembali. Oleh karena itu, saya harus merencanakan dari sekarang kegiatan apa yang harus saya lakukan agar anak anak tetap bahagia meskipun tidak mudik saat lebaran. Saya akan mengajak mereka untuk staycation di hotel.

Enggak perlu jauh-jauh, yang penting memberikan suasana berbeda untuk anak anak. Oh ya, untuk yang belum mengerti, staycation adalah liburan tapi tetap berada di dalam kota. Salah satunya dengan menginap di hotel terdekat yang ada di kota anda.

tips memesan hotel secara online
pemandangan dari jendela hotel

Saya pikir, staycation ini adalah solusi jitu pengganti mudik yang dapat menghibur anak anak. Enaknya, dengan staycation ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket perjalanan. Cukup dengan booking hotel terdekat melalui Traveloka secara online, dijamin anak anak bakalan senang. Ehtapi, kalau staycation begini, bukan hanya anaknya yang senang, mamanya pun bahagiyah. Menepi sementara dari seabrek pekerjaan rumah sudah merupakan suatu kemewahan. Maklumlah, emak emak macam saya yang tidak punya asisten begini, bisa merdeka sebentar saja bagaikan mendapat anugrah.

Staycation saat lebaran gini juga enak banget, kota sepi karena semua pada mudik. Jajan di luar ataupun ngemall tinggal wass wuss aja karena tidak ada macet. Serasa kota milik sendiri dah...

Lagipula, zaman sekarang ini staycation sudah lumrah dilakukan. Sudah semakin banyak orang yang menikmati manfaat staycation. Liburan singkat, hemat namun tetap menyenangkan. Cocok sekali sebagai pelipur lara kala lebaran tidak bisa mudik ke kampung halaman.

Ada beberapa tips staycation agar hemat tapi tetap menyenangkan.

1. Pilih hotel yang ada kolam renangnya. Kalau staycation sama anak anak, kolam renang sepertinya jadi pilihan teratas ya..

2. Pilih hotel yang dekat dengan pusat keramaian. Bisa mall atau tempat wisata, jadi jika bosan di hotel tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk bersenang senang dengan suasana lain. Untuk tempat wisata, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tinggal pilih saja yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan dompet.

3. Jadikan staycation ini sebagai liburan anda sebenar-benarnya. Tinggalkan semua pekerjaan, agar setelah staycation pikiran anda jadi lebih segar.

4. Pilih hotel sesuai dengan kesepakatan bersama. Jika anda staycation bersama keluarga, memilih hotel yang sesuai kesepakatan bersama akan membawa kebahagiaan semua pihak.

5. Pilih hotel yang instagramable. Yang ini penting enggak penting sih, tapi jika kita bisa mengabadikan moment bersama keluarga ini dengan gambar gambar yang indah dan menyenangkan, mengapa tidak? 

Untunglah, untuk staycation di hotel terdekat ini kita tidak perlu datangi hotel satu demi satu untuk menanyakan ketersediaan kamar. Soalnya dulu pernah mengalami sih, muter muter mencari hotel sampai capek. Sekarang cukup buka Traveloka, maka segala informasi tentang hotel akan dengan mudah kita dapatkan.

Memesan hotel di Traveloka itu rasanya seperti mendatangi hotelnya secara langsung. Ada ribuan hotel yang bisa kita pilih. Macam-macamnya pun sudah tercantum di aplikasi. Mau menginap di hotel, villa, apartemen atau bahkan hostel. Kitapun bisa memilih jenis kamar, tersedia ekstra bed atau tidak, hotelnya ada kolam renangnya atau tidak dan dapat sarapan atau tidak. Dan yang pasti harga hotel di Traveloka itu enggak bikin deg-degan soalnya di Traveloka ini harga jujur, alias tidak ada biaya tersembunyi, jadi sudah tercantum semuanya.

cara pesan hotel online di traveloka
berbagai menu sarapan di salah satu hotel

Kalau pesan hotel di Traveloka dijamin kita pasti dapat hotel, jadi enggak usah khawatir. Kalau saja sampai terjadi sesuatu dengan pesanan hotel kita, pihak Traveloka akan mengganti dengan hotel yang sama atau uang kita kembali. Jadi no worry worry ya...

Melalui traveloka kita juga bisa memesan tiket tempat wisata di sekitar hotel atau memesan tiket bioskop. Ada banyak pilihan hiburan yang bisa di pilih melalui Traveloka jika anda merasa sedikit bosan di hotel.

Caranya cukup mudah kok. Anda tinggal membuka aplikasi Traveloka, lalu pilih kota dimana anda akan membooking hotel, jenis kamar dan tanggal menginap. Maka dalam waktu singkat akan muncul berbagai macam pilihan hotel yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekarang melalui Traveloka juga bisa memesan ekstra Bed, tentu saja dengan biaya tambahan. Tapi sebelum pesan ekstra bed, haru dilihat dulu ukuran kamarnya. Kira-kira cukup atau enggak jika kita menambah ekstra bed. Tenang aja biaya tambahan untuk ekstra bed ini langsung keluar kok saat kita akan melakukan pembayaran di Traveloka. Jadi saat di hotel kita tidak perlu membayar lagi.

tips staycation hemat saat lebaran



yang bisa dilakukan saat gagal mudik

Pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer ATM, kartu kredit, internet banking bahkan bisa membayar melalui minimarket. Oh ya, jangan lupa ceki ceki halaman promo ya, siapa tahu ada diskon khusus. Kan lumayan tuh kalau pas ada promo...

Nah, siapa nih yang lebaran ini enggak mudik ke kampung halaman? Kayanya staycation di hotel terdekat dan booking melalui Traveloka bisa jadi pilihan menarik nih.

You May Also Like

76 comments

  1. Enak pakai traveloka untuk orang yang tak pakai kartu kredit karena proses pembayarannya banyak pilihan, malah bisa pakai pat at hotel segala. Pokoknya pas mendadak pengen staycation akunya juga suka berburu di traveloka sih

    ReplyDelete
  2. Aku nggak mudik mbak, lahh menikah belom, mana juga ga merantau hhee
    Di desa kalau lebaran tiap hari mesti rame, nggak di jalan atau di rumah-rumah warga hheee
    Kalau tahun ini rencananya mau mudik kemana mbak Retno? hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh...nanti akan tiba saatnya. aku mudik ke Sidoarjo dan Malang coret mbak

      Delete
  3. Sama banget ini dengan kami
    Mau staycation, fasilitas pertama yang harus ada adalah kolam renang
    Buat anakku, nginep di hotel itu artinya berenang sepuasnya dan berkali-kali hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi emang yang penting anak anak senang ya mbak...

      Delete
  4. Mayan banget nih penawaran rate hotel dari Traveloka.
    kapan2 aku juga mau ikut tren staycation juga aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Wah menarik. Iya bisa juga ya staycation kalau enggak mudik. Lumayanlah anak2 dpt suasana beda dg di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selain mereka hepi, punya pengalaman baru pulak...

      Delete
  6. Wuih asyiknya bisa staycation dengan keluarga tercinta semua kian dipermudah jika order ke Traveloka y mbk

    ReplyDelete
  7. Suami yang sering pesen hotel di Traveloka, lumayan poinnya bisa dituker sama gratis spa.

    ReplyDelete
  8. Asik bangeeett kalo bisa staycation kayak gini mba
    Bisa mempererat bonding antar anggota keluarga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Tips menarik untuk staycation nij, apalagi dengan panduan aplikasi traveloka jg berikan manfaat memilih ya..

    ReplyDelete
  10. Awalnya pengin staycation sama keluarga ke malang, eh ternyata disuruh mudik, batal deh, mungkin next mau staycation ke malang

    ReplyDelete
  11. Staycation memang jadi ide yg tepat utk menghabiskan waktu ka. Entah di area jakarta ataupun yg masih dekat2 jakarta

    ReplyDelete
  12. kayaknya staycation boleh juga, aku tahun ini di rumah ibu sih tapi ini bisa jadi referensi untuk liburan asik dengan keluarga

    ReplyDelete
  13. Iya sih, kalau liburan pas lebaran juga gak harus selalu mudik. Sesekali juga perlu untuk keliling daerah sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess... terkadang ada banyak hal yang belum kita ketahi dari kota kita sendri...

      Delete
  14. Senengnya ya liburan staycation kayak gini.. Akupengen banget padahal staycation.. Tp kadang bingung bawa anak apa gak.

    ReplyDelete
  15. staycation bisa jadi pilihan nih klo libur lebaran.. apalagi kalo dapet hotel yang servis nya kece..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess... bisa bikin kangen kalo yang kaya gitu...

      Delete
  16. Bener banget mba...saya juga gitu, kadang kalau lg ga mudik ya nginep aja di hotel. Anak² juga suka karena merasakan suasana baru, karena biasanya saya memilih staycation di daerah dingin dan sepi gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bener refreshing ya mbak... menepi dari keramaian..

      Delete
  17. Berhubung aku nggak mudik tahun ini padahal anak-anak ngajak jalan-jalan, seperti staycation bakal jadi pilihan, nih. Enaknya di Jakarta atau Bogor lagi, yaaa? Cuzzz ah ngecek ke Traveloka.

    ReplyDelete
  18. Ya kalau gak mudik enak tu staycation, apalagi pas lebaran gak ada ART, tukang sayur susah, wes ya mending staycation aja ya hehe. Jd pengen nyoba pesen hotel di Traveloka nih :D

    ReplyDelete
  19. Memang semakin terbantu ya kalau ada aplikasi ini ya, jadi kita nggak kerepotan untuk bisa booking hotel ataupun tiket pesawat

    ReplyDelete
  20. Staycation pas libur lebaran ini jadi pilihan banyak orang. Karena biar berasa lebarannya dan gak kudu capek beberes rumah karena gak ada ART.

    ReplyDelete
    Replies
    1. uiyes, anggaran buat ART infalnya buat staycation ajah hehehe

      Delete
  21. Wah seru nih bs staycation klo gak mudik nanti..gak perlu jauh2 ya anak2' jg udh seneng

    ReplyDelete
  22. Aku kok mendadak rindu lebaran selow bisa staycation. Dulu sebelum nikah, karena mudiknya cuma di wilayah Jawa Barat aja, mamaku juga suka ngajak staycation dulu di Jakarta sebelum pulang ke rumah. Biar relax sebelum beres-beres rumah.
    Tahun ini nyaris aku pun merayakan lebaran di Jakarta saja, karena ketidakjelasan ijin cuti suami. Tapi minggu lalu mendadak dapat kabar boleh cuti sebentar, jadinya langsung beli tiket menuju Surabaya untuk lanjut ke timur lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah asyik dong mudik, staycationnya bisa kapan kapan mbak hehehe

      Delete
  23. Akupun suka mba pesen di traveloka, iya sesekali.me time stay di hotel biar relax mau juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, siapa tahu setelahnya bisa lebih fresh jadi kerja lebih semangat...

      Delete
  24. Kalau lagi gak mudik ke mana-mana, memang asyiknya stay cation di hotel terdekat ya...
    Apalagi kalau hotelnya ada kolam renangnya, anak-anak pasti betah, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh mbak...yang dicari pertama sama anak anak kalo itu hehehe

      Delete
  25. Wah...iya,
    Saat ini mau travelling ke manapun, in syaa Allah semuanya dalam genggaman.
    Traveloka bisa diandalkan banget yaa..

    ReplyDelete
  26. staycation saat libur lebaran itu ramai juga lho. Banyak yang enggak mudik, ART pulang, yaudah nginep di hotel aja. Happy holiday yaa!

    ReplyDelete
  27. Iya ya, daripada belum bisa mudik, mending staycas aja di Hotel. Kita bisa istirahat dari kelelahan usai lebaran, anak-anak bisa menikmati hotel sepuasnya.

    ReplyDelete
  28. Wuah layanan ekstra bed ini yg menggiurkan. Bisa staycation rame2 sama teman2. Yang bisa order bed tambahan ini cuma traveloka ya. Wuah keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, makin asyik kan... bakalan ngobrol semalaman #eh

      Delete
  29. Seru juga nih staycation pas lebaran, anak-anak pasti suka, kemarin ayahnya anak-anak juga janji mau ngajakin staycation di hotel, moga-moga jadi nih

    ReplyDelete
  30. Uwwuu.. siapa sih yg gak pengen staycation apakah iPad lebaran kayaknya akin asik

    ReplyDelete
  31. pembantu pulang, rumah ngga ada yang ngurusin, anak juga harus dijaga sendiri tinggal ke traveloka nyari hotel murah yang lagi promo. semua aman terkendali dan urusan jadi gampang hehehe

    ReplyDelete
  32. Nah aku rencananya gini mbak, libur lebaran mau stay cation di hotel dekat rumah. Yg psnting ada kolam renang

    ReplyDelete
  33. Aku juga selalu staycation kalo lebaran karena biasanya kalo ngumpul di mertua sdh penuh sama sodara yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. saudara pada ngumpul ya... mending staycation bisa istirahat nyaman ya mbak...

      Delete
  34. Iya nih kalau ajak anak-anak, pilih hotel emang harus ada kolam renangnya, ya. Karena biasanya anak-anak suka renang. Hehe.
    Dan, lewat Traveloka jadi gampang ya mau pesen tiket buat staycation, bisa pilih-pilih hotel dengan mudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, mau pilih hotel yang kayak gimana ada semua...

      Delete
  35. Pastikan memilih hotel yang membuat anda nyaman dan ddngan interior yanh cakep biar tidak boring gitu man dan tentunya beli tiket di travekoka kayanya ok juga ya mba

    ReplyDelete
  36. Pesan penginapan menggunakan Traveloka banyak keuntungannya selain dapat harga yang bisa menyesuaikan budget, kadang juga dapat diskon.
    Whhaaa..
    Senang banget berlibur bersama Traveloka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng banget kalo dapat diskon ya, apalagi kalo hotelnya okee

      Delete
  37. Wah tertohok pas baca fokus liburannya pas statcation, biasanya bawa laptop dan ga enjoy deh hahaha. Nice idea, dekat kolam renang! Kapan2 deh semoga ku bisa staycation juga

    ReplyDelete
  38. Kalau staycation di dalam kota emang pilih g ada kolam renangnya soalnya kan cuma numpang bobo hihihi. Beda kalau di luar kota kita dolannya ke tempat wisatanya :D Walah jd ntr mbak Retno gak mudik ya mbak?

    ReplyDelete