Tetap Bahagia dengan Staycation di Hari Lebaran

by - 10:40:00 PM

Staycation di hotel terdekat saat Hari Lebaran


Tetap Bahagia dengan Staycation di Hari Lebaran
Ramadhan sudah berjalan hampir separuhnya, tak terasa ya karena rasanya baru kemarin memulai puasa. Kalau hawa – hawa lebaran sih udah terasa semenjak lebaran tiba, la gimana… iklan sirup dan sarung sudah wara wiri sejak lama. Ah, semoga saja Ramadan kita kali ini lebih baik dari tahun kemarin. Amiin.

Ngomongin soal lebaran, nggak jauh jauh dari kue-kue, berkunjung ke tetangga dan tentu saja mudik. Untuk urusan kue, sudah beberapa tahun belakangan ini saya menyerah pada took dan teman teman yang memproduksi kue lebaran. Padahal dulu rajin banget bikin sendiri tapi sekarang rasanya kok enggak sempat. Bukan karena sibuk, tapi sok sibuk hahaha.

Masalah mudik ini yang kadang bikin baper. Mudik cuma sebentar, terasa kurang. Tapi kalau mudiknya kelamaan malah bikin malas balik lagi. Repot ya…. Tapi beruntunglah orang orang yang sempat mudik. Karena tak semua merasakan kebahagiaan itu. Ada yang karena keterbatasan biaya, namun ada juga yang disebabkan oleh pekerjaan yang tidak bisa di tinggal lama-lama. 

Kalau saya mudiknya dua kali, yaitu ke rumah orang tua dari pihak saya dan ke rumah orang tua dari pihak ayahnya anak anak. Kalau mudik ke rumah orang tua saya sih dekat, cuma satu jam perjalanan. Itupun anti macet. Karena mudiknya benar-benar ke desa. Walaupun ramai, tapi tidak sampai macet.

Sedangkan mudik satunya lagi ke rumah mertua. Kalau mudik ke rumah mertua inilah yang harus pintar-pintar pilih waktu. Karena cuti pak Suami terbatas, dan arah ke Surabaya itu rawan macet. 

Pernah, pada waktu lebaran beberapa waktu lalu. Karena pada saat sholat Ied itu pak Suami harus kerja, maka sehari sebelumnya saya di antar ke rumah mertua. Baru tahu rasanya, kalau di kota ramainya idul fitri itu cuma sesaat setelah sholat ied saja. Para tetangga bergantian saling berkunjung untuk bermaaf-maafan. Selepas zuhur, perumahan di mana mertua saya tinggal kembali sepi, karena para tetangga mudik semua.

Saat itu saya sudah punya anak tiga, belum bisa bawa motor sendiri. Sementara di rumah mertua tidak ada mobil dan masih belum musim kendaraan online. Jadilah tiga hari pertama lebaran saat itu saya  cuma berdiam di rumah. Yang paling kasihan ya anak anak karena mereka terlihat sangat bosan.

Pada lebaran tahun ini pun jadwal cuti Pak Suami belum keluar, bisa jadi pengalaman beberapa tahun lalu terulang kembali. Oleh karena itu, saya harus merencanakan dari sekarang kegiatan apa yang harus saya lakukan agar anak anak tetap bahagia meskipun tidak mudik saat lebaran. Saya akan mengajak mereka untuk staycation di hotel.

Enggak perlu jauh-jauh, yang penting memberikan suasana berbeda untuk anak anak. Oh ya, untuk yang belum mengerti, staycation adalah liburan tapi tetap berada di dalam kota. Salah satunya dengan menginap di hotel terdekat yang ada di kota anda.

tips memesan hotel secara online
pemandangan dari jendela hotel

Saya pikir, staycation ini adalah solusi jitu pengganti mudik yang dapat menghibur anak anak. Enaknya, dengan staycation ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket perjalanan. Cukup dengan booking hotel terdekat melalui Traveloka secara online, dijamin anak anak bakalan senang. Ehtapi, kalau staycation begini, bukan hanya anaknya yang senang, mamanya pun bahagiyah. Menepi sementara dari seabrek pekerjaan rumah sudah merupakan suatu kemewahan. Maklumlah, emak emak macam saya yang tidak punya asisten begini, bisa merdeka sebentar saja bagaikan mendapat anugrah.

Lagipula, zaman sekarang ini staycation sudah lumrah dilakukan. Sudah semakin banyak orang yang menikmati manfaat staycation. Liburan singkat, hemat namun tetap menyenangkan. Cocok sekali sebagai pelipur lara kala lebaran tidak bisa mudik ke kampung halaman.

Ada beberapa tips staycation agar hemat tapi tetap menyenangkan.

1. Pilih hotel yang ada kolam renangnya. Kalau staycation sama anak anak, kolam renang sepertinya jadi pilihan teratas ya..

2. Pilih hotel yang dekat dengan pusat keramaian. Bisa mall atau tempat wisata, jadi jika bosan di hotel tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk bersenang senang dengan suasana lain. Untuk tempat wisata, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tinggal pilih saja yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan dompet.

3. Jadikan staycation ini sebagai liburan anda sebenar-benarnya. Tinggalkan semua pekerjaan, agar setelah staycation pikiran anda jadi lebih segar.

4. Pilih hotel sesuai dengan kesepakatan bersama. Jika anda staycation bersama keluarga, memilih hotel yang sesuai kesepakatan bersama akan membawa kebahagiaan semua pihak.

5. Pilih hotel yang instagramable. Yang ini penting enggak penting sih, tapi jika kita bisa mengabadikan moment bersama keluarga ini dengan gambar gambar yang indah dan menyenangkan, mengapa tidak? 

Untunglah, untuk staycation di hotel terdekat ini kita tidak perlu datangi hotel satu demi satu untuk menanyakan ketersediaan kamar. Soalnya dulu pernah mengalami sih, muter muter mencari hotel sampai capek. Sekarang cukup buka Traveloka, maka segala informasi tentang hotel akan dengan mudah kita dapatkan.

Memesan hotel di Traveloka itu rasanya seperti mendatangi hotelnya secara langsung. Ada ribuan hotel yang bisa kita pilih. Macam-macamnya pun sudah tercantum di aplikasi. Mau menginap di hotel, villa, apartemen atau bahkan hostel. Kitapun bisa memilih jenis kamar, tersedia ekstra bed atau tidak, hotelnya ada kolam renangnya atau tidak dan dapat sarapan atau tidak. Dan yang pasti harga hotel di Traveloka itu enggak bikin deg-degan soalnya di Traveloka ini harga jujur, alias tidak ada biaya tersembunyi, jadi sudah tercantum semuanya.

cara pesan hotel online di traveloka
berbagai menu sarapan di salah satu hotel

Kalau pesan hotel di Traveloka dijamin kita pasti dapat hotel, jadi enggak usah khawatir. Kalau saja sampai terjadi sesuatu dengan pesanan hotel kita, pihak Traveloka akan mengganti dengan hotel yang sama atau uang kita kembali. Jadi no worry worry ya...

Melalui traveloka kita juga bisa memesan tiket tempat wisata di sekitar hotel atau memesan tiket bioskop. Ada banyak pilihan hiburan yang bisa di pilih melalui Traveloka jika anda merasa sedikit bosan di hotel.

Caranya cukup mudah kok. Anda tinggal membuka aplikasi Traveloka, lalu pilih kota dimana anda akan membooking hotel, jenis kamar dan tanggal menginap. Maka dalam waktu singkat akan muncul berbagai macam pilihan hotel yang sesuai dengan kebutuhan anda.

tips staycation hemat saat lebaran



yang bisa dilakukan saat gagal mudik

Pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer ATM, kartu kredit, internet banking bahkan bisa membayar melalui minimarket. Oh ya, jangan lupa ceki ceki halaman promo ya, siapa tahu ada diskon khusus. Kan lumayan tuh kalau pas ada promo...

Nah, siapa nih yang lebaran ini enggak mudik ke kampung halaman? Kayanya staycation di hotel terdekat dan booking melalui Traveloka bisa jadi pilihan menarik nih.

You May Also Like

0 comments