Peran Blogger untuk Menuju Indonesia Maju

by - 2:02:00 PM


Sebagai Emak Blogger dengan tiga anak saya, bisa mengikuti acara yang berbau ngeblog adalah kebahgiaan tersendiri. Karenanya sehari sebelumnya saya sudah harus bisa mengkondisikan rumah dan tentu saja anak-anak. Untunglah nak-anak dan suami uga mendukung kegiatan ngeblog saya ini. Untuk itu jika ada acara yang membagi ilmu tentang ngeblog, saya berusaha untuk hadir. Walupun jauh-jauh dari Kepanjen ke Kota Malang. Dan disinilah saya bersama blogger kondang dari Kepanjen, mbak Anisa Ae mengikuti acara Flash Blogging yang diadaan Kementeriam Komunikasi dan Informasi di Hotel Atria Malang.

Rencananya sih berangkat jam 07.00 pagi tapi karena ruwet kesana-kemari akhirnya berangkat jam 07.30 dan tiba di Ruang Raung Hotel Aria pada pukul 08.30. Sedikit terlambat dari jadwal acara jam 08.00. Namun untunglah acara belum dimulai.

Begitu di ruangan saya dan mbak Anisa bertemu dengan teman-teman blogger dan juga Mak Mira Sahid, yang datang jauh-jauh dari Jakarta diundang sebagai narasumber.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Selanjutnya sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi kota Malang yang pada saat ini diwakili oleh Ibu Sekretaris Dinas yaitu Ibu Ir. Yayuk Hermiati,M.H. Dalam sambutannya bapak Kepala dinas menyatakan bahwa pada tahun 2017 Indonesia merupakan pengguna internet ketiga terbesar didunia. Yaitu sebesar 143,26 juta pengguna dan bertambah 10 juta pada kuartal pertama tahun 2018 ini. Dan 80% aplikasi yang digunakan adalah aplikasi buatan luar negeri. Namun demikian saya pribadi cukup berlega hati ketika mendengar bahwa konten populer yang dicari pengguna Internet di Indonesia adalah konten lokal, seperti resep masakan dan berita yang tengah viral di masyarakat.

Untuk itu Bapak Kepala Dinas berpesan agar Blogger menuliskan hal-hal yang berbau konten lokal. Dan menyebarkan konten positif di Blog Masing-masing.

Menurut Bapak Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang, Bapak Zulkifli Amrizal, S.Sos.,M.Si. adalah :
1. Melatih berbahasa
2. Memperluas pengetahuan umum
3. Menambah Teman
4. Mencari uang Tambahan
5. Melek teknoogi
6. Belajar melatih kedisiplinan.

Karena itu sebagai bentuk dukungan kepada para Blogger kota Malng, dinas Kominfo mengadaan acara FlashBlogging ini agar para blogger mendapat wawasan lebih daam hal perbloggingan dan mendorong blogger agar menghasilkan konten yang positif agar Indonesia tidak hanya menjadi target pasar dunia.

Acara selanjutnya adaah sambutan dari Bapak Dedet Surya Nandika yang merupakan Direktur Kemitran Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa pemerintah saat ini sudah banyak melakukan pembangunan bahkan sampai di pelosok nusantara. Namun demikian, banyak anggota masyarakat yang belum mengetahuinya. Bahkan banyak anggota masyarakat malah menyebarkan berita yang sebaliknya yang bernada hoax. Pesan beliau kepada para Blogger adalah bogger diharapkan mendukung pemerintah dengan mengedepankan berita positif dan dapat menyaring berita hoax yang beredar sehingga tidak ikut menyebarkannya.

Sambutan selanjutnya adalah Materi dari Emak Mira Sahid yang merpakan founder Kumpulan Emak Blogger. Materi yang diberikan adalah tentang Ide kreatif Menulis Blog.
Pada zaman sekarang ini, setiap orang rata-rata memiliki lebih dari 5 akun media sosial untuk berhubungan dengan orang lain. Salah satunya adalah dengan ngeblog. Menurut MakMir, ada beragam manfaat ngeblog yaitu :
1. sebagai hobbi/passion
2. Rekam Jejak Digital
3. Media Informasi
4. Persona Branding
5. Engagement
dan 6. Peluang.

Untuk menemukan ide menulis bisa didapat dari mana saja. bisa dari media sosial, curhatan teman dan lain-lain. Agar ide tidak menguap, sebaiknya segera ditulis dan tidak harus publish saat itu juga.
Karena segala sesuatu yang kita unggah ke internet itu sifatnya selamanya dan tidak bisa dihapus maka MakMir menekankan pada para netizen terutama blogger untuk selalu Think before Posting.

Blog merupakan tameng yang dapat mengcounter berita hoax. Karena yang muncul dalam setiap pencarian adalah blog. Untuk itu dalam setiap penulisan diharapkan dapat memenuhi kriteria yaitu :
T : True atua benarkah, apa yang kita tulis?
H : Hurt Apakah tidak menyakiti pihak lain?
I : Ilegal : apakah tidak melanggar hukum?
N : Neccessary / Pentingkah tulisan kita itu dan
K : Kind. Tulisan kita harus menyebarkan kebaikan.

Dengan semakin banyak blogger yang mengunggah berita positif maka dengan sendirinya akan menenggelamkan berita negatif atau hoax.





You May Also Like

2 comments

  1. Sayangnya, jumlah pengguna internet di Indonesia berbanding terbalik dengan kesukaan membaca sampai tuntas. Akibatnya, gampang banget membagikan berita hoax dan negatif, dan menyebarluaslah sampai ke WAG emak-emak. Asal bagikan tanpa membaca isinya apa. Prihatin jadinya.

    Semoga blog kita selalu berkonten positif, ya. :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mbak. tulisannya sangat menginspirasi saya yang sedang belajar ngeblog. Salam kenal dari saya di Sumatera.

    ReplyDelete