cemilan

Resep Pisang Goreng Pasir yang Manis, Gurih dan Renyah

23.22.00


 Anak ketiga saya sampai sekarang ini masih mengukuhkan gelarnya sebagai pemilih makanan alias picky eater. Tapi untunglah walaupun masih suka memilih makanan tapi seiring bertambahnya umur, toleransinya juga semakin luas.

Beberapa waktu lalu sebelum liburan sekolah, dia bercerita saat di sekolah jajan sate usus (ayam). Katanya enak dan uang sakunya yang tidak seberapa itu dihabiskan semua untuk membeli sate usus. Saya yang mendengar ceritanya pun terbengong-bengong karena usus ayam bukanlah makanan yang familiar di keluarga kami. Dan tidak semua orang bahkan yang tidak suka memilih makanan tertarik untuk makan usus. 

Keesokan harinya begitu di Kang Sayur tersedia usus ayam, saya pun langsung membelinya. Ternyata memasaknya tak sesulit yang saya bayangkan. Hanya saja mencucinya yang agak ribet, karena saya cuci satu demi satu. Untunglah anak saya suka, dan diapun berulang kali nambah saat makan nasi hangat berlaukkan usus ayam. Syaratnya cuma satu, yaitu memasak usus ayamnya harus kering seperti saat di sate.

 Yang lucu lagi dia doyan sekali sama buah pisang, bahkan pisang tanduk yang sudah matang pun dia makan (padahal mamaknya ngga suka makan pisang tanduk tanpa diolah/dimasak terlebih dahulu). Bolu pisang dan molen pisang pun dia doyan. Tapi roti manis isi pisang dan pisang goreng dia tidak suka. Padahal kan diantara olahan pisang yang saya sebutkan tadi paling gampang adalah membuat pisang goreng.

Untunglah dua kakaknya suka pisang goreng, jadi Mamak ada teman makan saat membuat pisang goreng sendiri di rumah. Tapi kasihan juga sama si bungsu, saat semua asyik makan pisang goreng dia cuma gigit jari.

Mamak pun cari akal, bagaimana caranya membuat olahan pisang goreng yang gampang tapi disukai oleh si bungsu. Akhirnya terpikirkan ide membuat pisang goreng pasir. Bukan jenis makanan inovasi baru sih, tapi tiba-tiba terpikirkan saja dan ingin saya tuliskan di blog agar mudah mencari resepnya kembali.

Nah berikut ini resep pisang goreng pasir ala mamak Aksa

Bahan pisang goreng pasir

1. Pisang kepok yang belum terlalu matang 5 buah (kulitnya berwarna kuning tapi masih ada semburat hijaunya) Biasanya tekstur pisangnya masih agak keras namun sudah bisa dimakan mentah.

2. Tepung terigu 70 gr

3. Tepung beras 30 gr

4. Gula satu sdm

5. Garam 1/2 sendok teh

6. Santan instan 1 sdm

7. Vanili 1/4 sendok teh

8. Air secukupnya

9. Tepung roti secukupnya


Cara membuat pisang goreng pasir

Campur semua bahan kecuali pisang dan tepung roti, untuk airnya tambahkan sedikit demi sedikit. Adonan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer. Setelah adonan siap, kupas buah pisang dan potong memanjang menjadi 3 bagian atau sesuai selera.

Perhatikan adonannya, jika kita kesulitan meratakan adonan ke buah pisang bisa jadi adonannya terlalu kental, tambah sedikit air untuk mengencerkannya. Tapi jika adonan terlalu mudah mengalir pada permukaan buah pisang, maka adonan tersebut terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu untuk mengentalkannya.

Setelah buah pisang dilumuri adonan, siapkan wadah lain yang permukaannya rata. Tuangkan tepung roti kemudian gulingkan pisang yang sudah dilumuri adonan tepung di atas tepung roti. Lakukan hingga semua permukaan tertutupi tepung roti.

Setelah itu panaskan wajan berisi minyak dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Goreng hingga permukaan pisang goreng pasir berwarna kuning keemasan. Pisang goreng pasir pun siap di santap Jika suka bisa ditambahkan toping di atasnya seperti keju, meises, kental manis atau pasta coklat.

Resep pisang goreng pasir ini menghasilkan pisang goreng yang permukaannya renyah dan gurih. Jika teman-teman menginginkan pisang goreng yang lebih renyah lagi, komposisi tepung terigu dan tepung berasnya bisa diubah dengan memperbanyak tepung berasnya. Misalnya perbandingan tepung terigu dan tepung berasnya satu banding satu. Jika ingin lebih renyah namun teksturnya tidak keras, bisa ditambahkan tepung maizena satu sendok makan saja.

Untunglah resep coba-coba yang sederhana dan praktis ini disukai si bungsu. Mulai sekarang semua bisa makan pisang bareng-bareng di rumah.

Mungkin teman-teman ada ide membuiat pisang goreng sederhana yang bisa aku contek resepnya? Kutunggu jawabannya di kolom komentar ya...

You Might Also Like

1 comments

  1. pisang goreng favorit aku mbak, cuman yang ala ala pisang goreng pasir kayak gini belum aku cobain
    palingan paling mentok adonan tepungnya cuman ditaburi vanili aja biar wangi

    BalasHapus