dropdown Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan - Lemaripojok Sebuah blog tentang lifestyle, review, dan Parenting
bisnis

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

00.14.00

Konten [Tampil]

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan


Memiliki anak perempuan itu banyak godaannya, selain model baju yang lucu-lucu juga pernak-pernik lain yang tidak kalah menarik. Terkadang, membeli pernak-pernik lucu itu bukan karena anaknya saja yang ingin tapi juga mamanya yang terpesona. Namun tidak semua orang menyadari kalau kesukaan akan barang yang imut-imut ini juga bisa dijadikan bisnis rumahan loh.

Saya sudah mempraktekkannya sendiri, bisnis rumahan modal kecil ini diawali keinginan anak perempuan saya yang ingin memiliki stiker yang lucu, kecil dan imut yang bisa di tempel di buku, kotak pensil atau penggaris. Saya pun mencari di Lazada, ternyata banyak sekali jenis stiker dengan gambar yang bermacam-macam. Biasanya satu pack itu terdiri dari 50 atau 100 buah stiker. Dalam satu kemasan tersebut ada yang gambarnya berbeda semua tapi ada juga ada yang double.

Karena harganya tidak terlalu mahal, saya pun membeli beberapa pack/kotak. Setelah di buka ternyata ada beberapa yang gambar yang sama. Daripada disimpan dan tidak bermanfaat, stiker-stiker tersebut saya re-pack menjadi kemasan yang lebih kecil. Misalnya saja saya membeli 1 kotak stiker berisi 50 buah, kemudian saya kemas ulang. Satu kemasan berisi 5 buah stiker. Kemudian oleh anak saya di jual kembali ke teman-temannya dengan keuntungan yang lumayan. Jika berjalan terus, maka bisnis rumahan ini bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Ide bisnis yang serupa bisa diterapkan untuk produk lain. Pada prisnsipnya sama saja, kita mencari produk dengan harga grosir kemudian kita mengemasnya kembali dan menjualnya dengan harga ecer.

Pernak-pernik anak perempuan yang bisa dijadikan ide bisnis rumahan antara lain :


1. Karet Rambut dan Jepit rambut warna-warni.

Karet dan jepit rambut ini termasuk barang yang tidak bisa di makan tapi cepat habis. Itu pengalaman saya sih hehehe. Bagaimana tidak, karet rambut imut-imut yang warna warni itu biasanya sekali pakai saja. Satu hari tak cukup hanya satu karet. Jika mamanya kreatif, rambut si kecil bisa diikat dengan menggunakan karet warna-warni dengan berbagai bentuk. Jika jeli, kita bisa mendapatkan kemasan karet warna-warni isi 2000 buah dengan harga yang sangat murah. Kita kemas kembali menjadi kemasan berisi 100 atau 500 maka kita sudah bisa mengambil keuntungan.

2. Washi tape atau selotip warna-warni

Washi tape adalah selotip asal jepang yang bewarna-warni dan motifnya menarik. Selain digunakan sebagai perekat, washi tape ini juga bisa dijadikan penanda buku, hiasan seperti stiker, untuk hiasan kartu ucapan, hiasan dinding dan lain sebagainya. Biasanya satu pack washi tape terdiri dari 10 buah dengan motif yang senada. Kita bisa mengemas ulang dengan memadu padankan antara satu motif dengan motif lainnya. Misalnya saja motif kotak-kotak disandingkan dengan motif bunga.

3. Masker warna-warni 

Meskipun pandemi sudah terlewati, namun orang-orang masih terbiasa menggunakan masker. Kualitas udara yang buruk turut menjadi penyumbang banyaknya pengguna masker saat ini. Walaupun kebutuhannya tidak sebesar waktu pandemi, namun akan selalu ada yang membutuhkannya. Biasanya satu kotak masker berisi 50 buah, kita bisa mengemas ulang menjadi isi 5 atau 10 buah masker saja.

Mencari ide bisnis rumahan di Web Yuk Jualan Online

Nah itulah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa segera di coba karena termasuk ke dalam bisnis rumahan modal kecil. Percaya atau tidak, meskipun produk-produk tersebut kita beli di e-commerce seperti Lazada, tapi banyak juga yang menjual kemasan re-packnya di Lazada juga, dan nggak cuma laku tapi juga laris. Pembeli paling banyak sepertinya emak-emak pada umumnya, yang lebih memilih mendapatkan berbagai barang dengan berbagai manfaat daripada dengan harga yang sama hanya mendapatkan satu barang saja.

Ya tidak mengherankan kalau para penjual kemasan re-pack ini memilih Lazada karena kita semua tahu kalau Lazada adalah platform e-commerce untuk berjualan online no 1 di Indonesia . Itulah sebabnya, menurut saya tidak ada salahnya belajar cara jualan di Lazada mulai sekarang.

Mengapa harus belajar cara jualan di Lazada mulai sekarang? Karena bisnis rumahan yang semacam ini tidak perlu menunggu modal besar. Begitu ada niat bisa langsung dilakukan. Selain menjadi bisnis ibu rumah tangga, mengemas ulang produk-produk sejenis seperti yang saya sebutkan di atas juga bisa sebagai sarana mengajarkan bisnis kepada anak.

Saya yakin, begitu kita memulai maka ide-ide lainnya akan muncul dan membuat bisnis ibu rumah tangga ini menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis rumahan ini memiliki pelanggan yang loyal, seperti :


1. Buat kemasan yang unik dan memiliki ciri khas
2. Buat kemasan yang memberikan sentuhan personal misalnya setiap pembelian diberi kartu ucapan terima kasih telah berbelanja. Tulis juga akun instagram dan media sosial lainnya di kartu tersebut agar nama toko kita mudah di ingat. Percaya atau tidak, kalau sebagian besar dari kita lebih mudah mengingat akun instagram dibandingkan nama toko di e-commerce?

Jadi, kita tak hanya perlu belajar Cara Jualan di Lazada saja tapi kita juga harus belajar mengambil hati para pelanggan juga ya...

Yuk Mulai Jualan Online di Lazada 


Sebagai platform e-commerce untuk jualan online no 1 di Indonesia, Lazada juga memberi kita ruang untuk menambah pengetahuan. Coba deh buka situs Yuk Jualan Online dan anda akan betah di sana. Yuk Jualan Online adalah sebuah blog yang berisi artikel tentang berbagai pengetahuan tentang jualan online disertai dengan tips serta perkembangan terbaru tentang jualan online.

Manfaat Membaca Yuk Jualan Online


1. Dengan membaca artikel yang ada di Yuk Jualan Online ini, kita akan mendapatkan banyak insight baru tentang berjualan online, sehingga bisa mengembangkan bisnis rumahan yang kita miliki. 
2. Mendapat ide jualan baru yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan usaha kita sebelumnya.
3. Mengetahui perkembangan terbaru dari dunia perdagangan online.
4. Menemukan solusi dari permasalahan jualan online yang kita hadapi.
5. Mendapatkan berbagai tips untuk berjualan online
6. Bergabung di komunitas Seller Lazada yaitu Lazada Club 

Lazada Club merupakan wadah berkumpul dan belajarnya para seller  di Lazada. Di komunitasini para seller dapat berkumpul dan belajar bersama seputar bisnis dan e-commerce. 

Buat teman-teman yang ingin tahu Cara Jualan di Lazada, aku kasih bocoran sedikit ya.

Cara jualan di Lazada 

Menjadi penjual online di Lazada caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Siapkan scan dokumen yang diperlukan seperti KTP, Surat Izin Usaha dan buku tabungan. Kemudian daftar di website Lazada.

2. Sebelum menanda tangani kontrak, pastikan Anda membaca semua poin dengan teliti. Kemudian tanda tangani kontrak tersebut dan unggah kembali.

3. Jika akun jualan online sudah terdaftar di Lazada, maka segeralah unggah produk yang ingin Anda jual. Unggah foto yang jelas dan berikan deskripsi produk yang jelas pula.

Hanya dengan tiga langkah di atas maka produk anda sudah dijual secara online di Lazada dan berkesempatan di beli oleh pengunjung Lazada yang pada kuartal pertama tahun 2023 ini jumlahnya mencapai 83,2 kunjungan. Jumlah ini terus meningkat karena kunjungan ke Lazada pada bulan Maret meningkat 13% dari bulan sebelumnya. Kenaikan ini paling tinggi di antara e-commerce  lainnya. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa saat ini e-commerce masih menjadi penopang ekonomi digital di Indonesia.

Tentu saja berita gembira ini harus kita manfaatkan dengan baik. Misalnya dengan meningkatkan kualitas foto produk dan meningkatkan layanan terhadap pelanggan. 

Peluang bisnis rumahan yang menjanjikan

Kesimpulan


Itulah beberapa ide bisnis rumahan modal kecil dan tips agar pelanggan tetap loyal yang bisa segera di praktekkan. Dapatkan informasi perkembangan jualan online melalui situs Yuk Jualan Online dan ikuti juga Lazada Club agar bisa bertukar pengalaman dengan penjual lainnya, dan yang pasti tetap semangat berjualan ya. 

Jika teman-teman memiliki ide bisnis rumahan lainnya yang juga menjanjikan, saya persilahkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

You Might Also Like

25 comments

  1. Benar juga. Kadang membeli pernak-pernik buat anak cewek tuh berasal dari emaknya yang merasa gemas dengan barang itu. Lalu bayangin gimana kalau anak ceweknya pakai. Jadi beli deh. Hehehe

    Kalau ternyata bisa direpack terus dijual lagi beneran bisa jadi ide bisnis rumahan buat ibu rumah tangga banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah ibuk-ibuk. Nyenengin anak tapi nyenengin diri sedniri juga dan kalau bisa cuan, kenapa tidak?

      Hapus
  2. Benar nih, Mbak. kalau anak perempuan memang lebih ciamik. Dari model pakaiannya, aksesorisnyya, sampai kesukaannya. Dan ini bisa sekali ya, dijadikan peluang bisnis. Keponakan saya juga cerita, kalau ada temannya jual stiker lucu. Dan sebenarnya sudah lama juga bisa dibisnisin. Misalnya dulu, ada teman saya yang jualan kertas surat hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, selalu ada barang-barang lucu sesuai zamannya ya Pak. Jadi ingat kertas surat warna-warni yang wangi itu hehe

      Hapus
  3. Saya setuju menjaga pelanggan yang sudah ada dan membuat mereka loyal adalah strategi penting dalam bisnis rumahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebisa mungkin membuat pelanggan merasa dihargai ya Daeng

      Hapus
  4. Kalo punya anak cewek emang lebih gemees ya Mbak, buat didananin dan dikasih asesoris macam-macam.

    Alhamdulillah malah bisa jadi ladang usaha baru untuk jualan stiker unyuu yang mmang target marketnya ciwi-ciwi yg suka belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... dan anak-anak sekarang itu rela nabung atau nyisishin duitnya buat beli barang yang lucu-lucu gitu...

      Hapus
  5. omo! kiyowoooo. aku tipikal yang nggak tahan kalo liat pernak-pernik lucu gini. apalagi tape atau stiker buat journaling haha. biasa auto kalap sih. Lazada nih memudahkan para seller banget ya dengan adanya situs Yuk Jualan Online iini

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, makanya buat yang masih mau jualan atau yang udah mulai wajib ngulik Yuk Jualan Online, banyak info terupdate di sana

      Hapus
  6. Ih, lucuk! Jualan online zaman sekarang kudu pinter² sih ya. Termasuk jualan di Lazada, bikin jualan bukan cuma laku, tapi juga lares maneeess..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. kudu mikir strategi khusus buar laris, soalnya banyak saingannya juga sih..

      Hapus
  7. Saya akhir-akhir ini juga kepikiran untuk mulai bisnis online rumahan. Tapi mungkin yang sesuai dengan background saya yang suka berkebun. Hmmm, sepertinya saya bisa gabung sama Lazada nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbaaak, baca-baca dulu di Yuk Jualan Online siapa tahu dapat ide..

      Hapus
  8. Masker warna-warni nih kayaknya bagus juga biat ide jualan. Apalagi kalau di Lazada gampang banget ya daftarnya

    BalasHapus
  9. Jepit warna warni iniii relate banget sih hahaha, aku udah beeli berkali-kkali lhooo tapi tetep aja kembalinya selalu berkurang wkwkw alhasil ya beli lagi beli lagiii. Murah, tapii cash flownya kenceng keknyaa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget, dibumbui marketing yang "mengena" lebih cepet lagi hehe

      Hapus
  10. ide bisnis online kayka gini harus dirintis sih, ktia nyona media marketplace kayak Lazada. Siapa aja ternyata bisa jualan di Lazada.

    BalasHapus
  11. Wah iya, emang banyak ya ide jualan rumahan yang klo dikerjakan secara serius, bisa jadi hal yang menjanjikan ya

    BalasHapus
  12. Kalau punya anak perempuan emang paling gak tahan sama semua perintilannya. Akupun suka belanja keperluan anak di Lazada dan ujung-ujungnya aku suka beli banyak untuk dijual lagi. Lumayan banget..

    BalasHapus
  13. Bisnis modal kecil juga kalau ditekuni bener-bener hasilnya bisa sangat menguntungkan. Intinya, nggak ada alasan buat nggak berusaha ya, Mbak.

    BalasHapus
  14. Boleh jg nih ide bisnisnya. Ga nyangka loh karet rambut gt bs jd peluang bisnis. Apalagi yg warna warni. Soalnya si kecilku jg sering nih minta dibeliin karet rambut. Ntr dia tiap hari minta ditaliin dgn warna berbeda. Ditambah lg bs enak bgt tuh jualan online di Lazada. Omzet bakal menjulang trs.

    BalasHapus
  15. Anakku sekarang minta jualan online untuk stiker-stikernya
    Saya yang menyediakan fasilitas harus yakinkan anak dulu kalau harus serius
    jangan sampai cuma ikut-ikutan

    BalasHapus
  16. nah sebenernya ibu2 rumah tangga pun bisa ya memulai untuk berbisnis. bisnis kecil dari rumah pun bisa berpeluang untuk menjadi besar. semangat jualan online, rezeki mah ada aja datangnya :D

    BalasHapus