Resep

Membuat Camilan Enak dari Maizenaku

18:45

Konten [Tampil]
Camilan enak dari tepung Maizenaku


Akhir-akhir ini dua anak saya lebih sering di rumah. Yang besar baru saja lulus dari SMP sedangkan yang kecil baru lulus dari SD. Karena ujian sudah usai, sekolah pun jadi sering libur, kalaupun masuk hanya sebentar saja, tidak se-lama pelajaran normal. Seperti biasa, kalau lebih banyak waktu di rumah begini anak-anak selalu minta disediakan camilan enak.

Membuat camilan sendiri di rumah bukanlah hal yang susah, karena banyak sekali camilan sederhana yang bisa dibuat sendiri dan yang disukai anak-anak. Namun terkadang waktunya yang tidak ada, sehingga saya meminta anak-anak membuat sendiri camilannya.

Untunglah anak-anak sudah cukup besar untuk membuat sendiri camilan enak di rumah. Berkutat di dapur bukanlah area asing bagi anak-anak. Di usia mereka sudah cukup aman untuk membuat makanan kecil sendiri mulai dari awal membuat hingga proses memasaknya. Biasanya mereka saya tanya dahulu ingin membuat apa, baru kemudian saya belikan bahannya. Tapi kadang camilan yang mereka inginkan bahannya sederhana saja, jadi cukup menggunakan bahan yang ada di rumah.

Saya sendiri lebih juga suka menyimpan stok bahan makanan di rumah, seperti tepung maizena, kacang hijau, gula merah, dan lain-lain. Karena bukan saja anak-anak yang suka menikmati camilan enak, ayahnya pun sama doyannya dengan anak-anak.

Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan yaitu tepung Maizenaku. Selain tepung terigu, tepung maizena juga seringkali digunakan untuk sehari-hari. Baik membuat masakan maupun camilan. Tepung maizena pada kue bermanfaat untuk melembutkan adonan dan tekstur kue. Sedangkan pada cookies dan gorengan, tepung maizena memiliki efek merenyahkan.

Sedangkan untuk masakan biasanya tepung maizena digunakan untuk mengentalkan saus, seperti saus bechamel, saus jamur juga bahkan bumbu siomay. Dan yang belum pernah saya coba, katanya tepung maizena dapat membuiat tekstur daging jadi lebih juicy. Caranya adalah dengan membaluri daging menggunakan tepung maizena sebelum ditumis. Setelah ditumis/dimasak daging jadi lebih juicy dan tentu saja lebih lezat. 

Biasanya pak Suami menggunakan tepung maizena ini untuk campuran bubur kacang hijau. Sehingga bubur kacang hijaunya menjadi kental dengan dominan rasa manis. Kemudian bubur ini diberi kuah santan kental yang rasanya sedikit asin. Sungguh perpaduan yang pas sekali. Camilan enak ini nikmat disantap di sore atau malam hari.

Untunglah anak ketiga saya yang semula suka memilih-milih makanan kini toleransinya semakin tinggi. Salah satu camilan kesukaannya adalah kue tradisional klepon yang bisa dibuat menggunakan tepung maizena.

Camilan enak dari produk Maizenaku


Resep klepon ini sangat mudah, bahkan anak saya bisa membuatnya sendiri. Bahannya pun sangat sederhana dan hampir setiap hari kita gunakan di rumah. Nikmatnya makan klepon itu pada saat kita mendapatkan kejutan. Walaupun kita tahu adanya kejutan yang berupa meletusnya cairan gula dari dalam klepon itu, tapi tetap saja ada kenikmatan tersendiri saat merasakannya.

Beberapa waktu lalu saya membuat klepon dari tepung Maizenaku, berikut ini resepnya :

Bahan Klepon Maizenaku :

50 gr tepung maizenaku
250 gr tepung ketan
100 gr gula merah potong kecil kecil
1/2 mangkuk kelapa agak muda yang di parut kemudian kukus
2 tetes pasta pandan
1/4 sdt garam
air secukupnya

Cara membuat klepon dari tepung maizena
1. Didihkan sedikit air dan tambahkan pasta pandan, kemudian setelah mendidih matikan kompor. Siapkan wadah yang cukup besar, kemudian tuang sebagian tepung Maizenaku dan sedikit garam, lalu tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula.

2. Setelah air panas dan tepung tercampur rata, kemudian tambahkan tepung ketan sedikit demi sedikit lalu uleni sampai warna adonan merata dan adonan dapat dipulung, tambahkan air dingin jika perlu.

3. Ambil kira-kira 1/2 sendok adonan pipihkan lalu isi dengan gula merah yang sudah dipotong-potong  kemudian dibentuk menjadi bulat. Pastikan bulatan tidak bolong ya agar pada saat direbus nanti gula merahnya tidak meleleh keluar.

4. Didihkan air, kemudian masukkan bola-bola adonan berisi gula merah ke dalam air mendidih tersebut. Tunggu hingga mengapung baru diangkat.

5. Siapkan kelapa parut yang sudah dikukus. Taburkan pada nampan kemudian gulingkan klepon di atasnya hingga seluruh permukaan klepon terselimuti kelapa parut.

6. Klepon Maizenaku sudah siap untuk disajikan.

Nah, gampang bukan membuat kue klepon dari tepung Maizena? Cemilan ini selain enak, cara membuatnya gampang juga murah meriah.  Dan yang penting semua anggota keluarga saya menyukai kue tradisional ini.

Untuk persediaan di rumah, sengaja saya memilih tepung Maizenaku dari egafood sebagai tepung maizena pilihan keluarga kami. Tepung Maizenaku adalah tepung saripati jagung pilihan dengan kualitas nomor satu. Menggunakan tepung Maizenaku untuk membuat santapan keluarga sehari-hari tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi karena Maizenaku telah tersertifikasi halal MUI dan terdaftar di BPOM RI dengan nomor MD 829709024155. Bahkan tepung Maizenaku sudah mendapatkan sertifikasi TOP BRAND yang menjadi bukti bahwa tepung ini termasuk dalam merk terbaik pilihan pelanggan.

Produk Maizenaku memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan produk sejenis di pasaran. Karena tepung Maizenaku melewati proses pembuatan yang baik yang sesuai dengan Standard Nasional Indonesia sehingga menghasilkan tepung maizena yang memiliki rasa, tekstur dan warna yang sangat baik pula. Hal ini nampak secara jelas pada tepung yang teksturnya halus, dengan warna lebih putih dan tidak berbau.

Maizenaku dari egafood


Kelebihan tepung Maizenaku dibandingkan produk lain :

1. Memiliki kemampuan mengentalkan 2x lebih kuat
2. Warna saus yang dihasilkan lebih bening
3. Merupakan produk NON GMO ( Genetically Modified Organism) sehingga tidak menimbulkan efek negatif pada ekosistem kita.
4. Hasil gorengan jadi lebih renyah
5. Permukaan gorengan lebih halus, warna lebih cerah dan adonan pelapis lebih kental
6. Jika digunakan pada adonan kue maka kue jadi lebih lembut, warna lebih cerah, bentuk lebih kokoh dan aromanya lebih harum.

Tepung maizena termasuk dalam golongan tepung yang bebas gluten. Begitu juga dengan tepung Maizenaku ini. Dengan proses pengolahan terbaik, tepung Maizenaku mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan gizi yang terdapat dalam tepung Maizenaku antara lain vitamin B Complex, Vitamin D, Vitamin C dan juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesiun dan lain-lainnya.

Ada banyak sekali resep camilan enak yang bisa dibuat dengan menggunakan tepung Maizenaku. Mulai dari camilan yang proses membuatnya harus melewati banyak step hingga camilan yang sangat sederhana dan mudah membuatnya seperti halnya klepon dari tepung Maizenaku. Yang jelas, jika sedia tepung Maizenaku di rumah maka tak ada alasan tidak bisa membuat camilan yang lezat. Informasi lebih banyak tentang resep ini bisa dilihat melalui website egafood atau media sosial @egafood.id

Apakah teman-teman memiliki resep camilan enak yang jadi andalan keluarga? Boleh dong berbagi di kolom komentar.

You Might Also Like

48 comments

  1. Maizenaku ini andalan banget dari dulu buat bikin aneka snack dan masakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, aku juga kenal Maizenaku dari ibuku. Sudah lama banget ibuku menggunakan tepung Maizenaku ini...

      Hapus
  2. Duhhh sungguh praktis sekali kalau ada Maizenaku ini ya kak, segala macam kue kue tradisional yang enak enak bisa banget dibuat. Aku kudu banget nyiapin dirumah biar ngga repot repot lagi kalau pengen jajanan buatan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh kudu nyetok karena bisa dibuat untuk berbagai masakan dan makanan. Apalagi kalau hobi bikin gorengan, wajib banget tepung Maizenaku ada di rumah...

      Hapus
  3. Kayaknya bikin Klepon gini nggak terlalu susah ya. Aih jadi pengen coba bikin juga. Apalagi bahan-bahannya nggak sulit buat didapatkan, terutama Maizenaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gampang banget buatnya. Bahannya pun selalu ada di rumah kan?

      Hapus
  4. wahh kelihatan enak dan legit banget Kleponnya kak, dimakan sambil ngopi enak banget tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh enak banget, ga terasa satu mangkok klepon bisa habis sendirian hahaha

      Hapus
  5. Suka banget dengan Klepon. Sensasi gula cair pas digigitnya enak banget, apalagi taburan kelapanya yang banyak jadi ada sensasi gurih pas makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gurih,. manis dan nagihi ya klepon itu.... pokoknya cocok banget dijadikan cemilan

      Hapus
  6. Lama banget nih ga makan klepon. Jd kangen bgt rasanya. Soalnya di pasar pun sudah jrg bgt yg ngejual. Kan ini jajanan gampang basi krn ada kelapanya. Jd pgn coba di rumah buat keluarga nih. Mumpung bsk libur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya biar ga cepat basi kelapanya dikukus dahulu. Tapi kalau aku enggak perlu dikukus sih soalnya pastilangsung habis hahaha

      Hapus
  7. wah ternyata maizenaku yg lebih sering teronggok di lemari bisa jadi kudapan lezat kaya gini ya, cobain bikin aha nanti

    BalasHapus
  8. Klepon mah kesukaan anak-anak banget. Ternyata bikin sendiri juga gampang yah. Apalagi kalo pake Maizenaku yang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Ngga bingung lagi cari camilan sehat buat keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mana bikinnya cepet banget kan? emang klepon cocok banget buat dijadikan cemilan enak keluarga...

      Hapus
  9. Baca soal mkanan begini bikin jadi ngiler kak. Apalagi si krucil di rumah juga doyan nyemil. Stok Maizenaku juga ada . Pas bnget

    BalasHapus
    Balasan
    1. cusss bikin, buat cemilan anak-anak di rumah hahaha

      Hapus
  10. makasih resepnya kak, ini jajanan pasar favorit nih. daripada beli bikin aja yaaa biar puas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... lebih puas kalau membuat klepon sendiri hasilnya lebih banyak makannya pun bisa lebih puas...

      Hapus
  11. ya ampun kangeeen banget sama kelepon :(( pengenn.
    Soalnya di sini jaraaang banget jual kelepon, harus ke pasar yang agak besar gitu deh huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuuk bikin sendiri yuuk, gampang banget kok bikinnya...

      Hapus
  12. Maizenaku ini memang bahan yang wajib selalu menemani di dapur ya Mbak, karena bisa jadi apa aja dah dengan Maizenaku ini.
    lihat kleponnya jadi pengen buat juga, pas banget masih ada Maizenaku juga nih di dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah rupanya selalu sedia Maizenaku di rumah ya... emang sih Maizena bisa dijadikan banyak masakan maupun cemilan ya, makanya kudu nyetok di rumah...

      Hapus
  13. Daku pakai tepung itu buat mengentalkan bikin vla atau krim sup. Belum pernah bikin klepon, hix. Jadi mau coba bikin

    BalasHapus
  14. Duuuh...kangen banget makan klepon. Udah lama engga ngemil kue-kue tradisional. Jarang loh anak-anak doyan klepon, apalagi mau bikin juga. Biasanya kan pizza...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah kesempatan nih buat mengenalkan jajanan tradisional ke anak-anak. Cuss bikin, caranya gampang banget loh...

      Hapus
  15. wah klepon nih.. enak dan gampang buatnya. apalagi kalau gulanya bisa lumeer jadi makin lezat kan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa meletus dan lumer di mulut ... kayanya itu yang bikin klepon nagihi ya..

      Hapus
  16. Bikin laperr pas banget belum makan malam...makasih sharingnya aku suka tepung maizena buat dicampur tumisan sayur biar kuahnya kental tapi dilit aja sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... kalau kuahnya agak kental, bumbunya jadi lebih terasa ya. Ternyata banyak banget ya manfaat maizenaku..

      Hapus
  17. Oh iya..
    Simple ternyata bikin resep camilan enak klepon ini ya.. Kebetulan punya tepung maizenaku di rumah.
    Anakku juga suka banget masak. Jadi menu cemilan klepon bisa aku rekomendasiin nih.. Besok aku cobain bikin duluan. Semoga berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok nih buat anak-anak karena bikinnya gampang banget...

      Hapus
  18. aku biasa nya pake tepung maizena buat bikin krim sup hihi, Karena jarang banget bikin kue2. pan kapan Cobain juga ah

    BalasHapus
  19. Aku pake ini juga buat bikin fla pisang ijo. Tiap Ramadan pasti nyetok karena memang enak diolah jadi apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya juga ya, aku belum pernah bikin pisang ijo. Mbak Amma udah pernah nulis resepnya apa belum?

      Hapus
  20. Udah lama banget gak bikin klepon sendiri. Seringnya beli. Mau nih, aku cobain pakai teping maizenaku.

    Kayaknya kleponnya makin enak dan kenyal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kleponnya jadi lebih kokoh kalau pakai sedikit tepung Maizenaku..

      Hapus
  21. Selama ini saya pakai tepung maizena ini untuk bikin capcay atau beef bulgogi. Ya buat pengental gitu deh. Ntr coba buat klepon juga kalau sudah punya tepung ketan nya

    BalasHapus
  22. Ini tepung maizena favorit sejak zaman kecil. Bisa dikreasikan jadi masakan macam-macam dan enak

    BalasHapus
  23. Wah ita, maizenaku ini membantu kita dalam memasak berbagai hidangan kezat seperti kelpon ini ya mbak

    BalasHapus
  24. Maizenaku ini andalan buat masak. Bikin masakan jadi lebih enak. Kalo klepon, aku suka banget makanan ini. Boleh juga nih resepnya dicoba

    BalasHapus
  25. Aku suka klepon, salah satu jajanan favorit. Kapan2 pengin coba bikin juga ah kleponnya.

    BalasHapus
  26. Klepon kesukaan anak-anak nih, save resepnya ah biar nanti bisa bikinin untuk anak-anak

    BalasHapus
  27. Bikin kelepon pakai maizena juga, ya. Sipp, nanti coba ah buat cemilan karena si kecil juga suka banget nih sama kelepon.

    BalasHapus
  28. mau banget ya Allah klepooooon. aaakk aku pun akhir-akhir ini lagi pengen banget makan putu yang rasanya pasti ga jauh beda dari makan itu

    BalasHapus
  29. Wah,sederhanan ga terlalu banyak bahan , dengan maizenaku urusan mau bikin kue jadi makin mudah

    BalasHapus