parenting

Serunya Memperkenalkan Ragam Profesi Melalui Game di Culinaryschool.org

10.45.00

Konten [Tampil]

Tips memperkenalkan profesi pada anak melalui culinaryschool


Anak-anak zaman sekarang jika ditanya tentang cita-citanya maka jawabannya berbeda dengan zaman dahulu. Jika zaman saya dahulu, saat ditanya cita-cita biasanya anak akan menjawab menjadi tentara, polisi, presiden, pilot dan sejenisnya. Dan anak-anak zaman sekarang jika ditanya cita-citanya maka akan banyak sekali yang ingin menjadi youtuber atau pemain game profesional (proplayer).

Tidak heran sih dengan fenomena tersebut karena memang tontonan anak-anak zaman sekarang didominasi oleh mereka-mereka yang bekerja di dua bidang tersebut. Oleh karena itu orang tua perlu memperkenalkan berbagai jenis profesi kepada anak. Tidak cuma menambah pengetahuan saja, ternyata memperkenalkan bermacam-macam profesi kepada anak itu banyak manfaatnya loh, berikut di antaranya.

Manfaat mengenalkan jenis-jenis pekerjaan kepada anak :

1. Memberikan inspirasi

Bisa jadi anak tidak menyebutkan sesuatu karena memang tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Dengan memperkenalkan berbagai jenis profesi kepada anak maka wawasan anak akan semakin bertambah dan memberikan inspirasi yang akan mempengaruhi bagaimana dia berpikir kedepannya. Kenalkan kepada anak bahwa di dunia ini ada beragam pekerjaan seperti menjadi arsitek, dokter, peneliti atau chef.

2. Mengembangkan karakter

Setelah mendapatkan gambaran tentang berbagai macam profesi maka akan menumbuhkan sikap optimis pada anak. Selain itu anak juga akan menjadi lebih bersemangat dan berubah ke arah kebaikan, anak juga bisa menjadi lebih disiplin dan percaya diri. Dengan memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan, anak-anak pun akan semakin menghargai adanya perbedaan dalam jenis pekerjaan.

3. Menambah pengetahuan

Dengan memperkenalkan pekerjaan sekaligus dengan penjelasannya. Maka pengetahuan anak akan bertambah. Misalnya saja sebagai dokter ilmu apa saja yang harus dipelajari, sebagai petani hal apa saja yang harus dilakukan, sebagai chef harus belajar apa saja dan lain sebagainya. Dengan demikian pengetahuan anak akan bertambah seiring dengan semakin banyaknya pekerjaan yang kita kenalkan.

4. Mengembangkan kemampuan berbahasa

Dengan memperkenalkan beragam profesi maka anak juga mendapat tambahan kosakata baru. Secara tidak langsung, hal ini akan menambah kemampuan berbahasa si anak. Kesediaan anak untuk mendengarkan akan menambah kemampuannya untuk menyimak,. anak juga akan terlatih untuk menceritakan kembali apa yang baru saja didengarkannya.

Itulah beberapa manfaat dari mengenalkan beragam profesi kepada anak. Untuk memperkenalkan ini, teman-teman bisa menggunakan berbagai cara yang disukai anak-anak. Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperkenalkan macam-macam pekerjaan kepada anak.

Tips mengenalkan macam-macam pekerjaan kepada anak

1. Dari Lingkungan terdekat

Di lingkungan terdekat tentunya ada bermacam-macam profesi. Dari sini kita bisa memperkenalkannya kepada anak-anak. Misalnya dengan memberitahukan apa saja tugasnya, dimana tempat bekerjanya dan bagaimana mereka bekerja. Memperkenalkan profesi ini bisa dimulai dari orang tua, dengan melihat langsung anak-anak akan lebih mudah memahami apa tugas dan kewajiban profesi tersebut.

2.Melalui buku

saat ini sudah banyak sekali cerita anak yang isinya memperkenalkan profesi. Melalui buku yang dilengkapi dengan gambar, anak-anak akan belajar bahwa jenis profesi itu ternyata banyak sekali.

3. Melalui tayangan televisi atau youtube

Anak-anak zaman sekarng sangat menyukai tayangan video baik dari televisi maupun youtube. Dari sini anda bisa menjelaskan kepada anak tentang profesi yang ada dalam film anak/youtube

4. Memperkenalkan jenis profesi yang ditemui.

Saat berjalan-jalan atau bepergian biasanya kita bertemu dengan orang-orang yang profesinya jauh dari keseharian kita seperti polisi Kereta Api, Polisi Pariwisata dan lain-lain. Nah, kegiatan sepertiini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan profesi orang-orang yang kita temui pada anak-anak loh..

5. Mengenalkan pekerjaan secara langsung.

Contohnya di sekolah anak saya, pernah mengundang polisi datang ke sekolah. Beliau-beliau menjelaskan apa saja tugas sebagai seorang polisi dan polisi wanita. Pernah juga anak-anak di ajak ke kantor pemadam kebakaran, selain bertemu dengan Bapak-bapak pemadam, anak-anak juga di ajak praktek menyemprotkan air. Selain menyenangkan, cara ini efektif memperkenalkan jenis pekerjaan kepada anak.

6. Melalui permainan di rumah

Ajak anak-anak untuk bermain peran di rumah. Ada yang menjadi pedagang, pembeli, menjadi guru dan lain-lain. Menyenangkan sekali loh karena kegiatan ini juga dapat meningkaykan bonding dalam keluarga.


Free kids games Culinaryschool.org


7. Melalui game

Zaman sekarang mau tidak mau anak-anak harus dikenalkan pada teknologi. Tentu saja sebagai orang tua harus bisa memilih mana yang dapat mengembangkan kemampuan anak dan mana yang malah mendatangkan mudharat bagi anak. Untuk memperkenalkan profesi kepada anak saya rekomendasikan sebuah web yang menarik yaitu https://www.culinaryschools.org/kids-games/. Halaman ini merupakan bagian dari website www.Culinarychool.org yang merupakan sebuah website yang menyediakan berbagai informasi tentang sekolah kuliner, dan jalur karir yang berhubungan dengan dunia kuliner.

Kalau di lihat dari nama webnya mungkin teman-teman mengira kalau game yang ada di dalamnya berisi tentang bagaimana cara memasak saja, maaf anda salah. Karena web ini berisi game yang memang berhubungan dengan makanan tapi dalam artian yang sangat luas.

Teman-teman bisa menemukan berbagai game yang mengenalkan profesi seperti  bagaimana menjadi petani, peternak, pedagang, pemilik gerai pizza, chef, pemilik grocery store, kasir, pengelola restoran, pelayan restoran, pembuat kue, dan lain sebagainya. 

Ratusan game yang tersedia dalam halaman tersebut dan bisa dimainkan secara gratis baik secara mobile  maupun dekstop yang ramah HTML 5. Game atau permainan yang tersedia tidak hanya memberikan kesenangan saat memainkannya namun juga mendukung berkembangnya kemampuan anak. Misalnya saja game yang melatih memori/ingatan anak, melatih motorik halus atau game yang melatih koordinasi antara mata dengan gerakan tangan, tinggal pilih yang mana yang sesuai dengan selera anak.

Untuk memudahkan pengunjung web mencari permainan yang disukai, web ini membagi permainan ke dalam beberapa kategori seperti Food Education Games, Serving Eaters, Other Fun Food-Themed Games, Dan Card Games.

Kategori Food Education Games dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori seperti Cooking and Kitchen Work, Recycling dan Farming. Kita ambil salah satu sub kategori Farming sebagai contoh. Dalam Sub kategori ini terdapat berbagai macam game seperti Idle Farming busines yaitui game tentang bagaimana mengolah tanah, bercocok tanam, hingga memanennya. Game Egg Go, yaitu sebuah game yang mengajarkkan bagaimana memilah telur yang baik dan yang sudah tidak bagus. Dan masih banyak game lainnya

Kategori Serving Eaters dibagi menjadi kurang lebih 11 kategori seperti Grocery store, drinks, Pizzarias, Other Bussines Simulation Games dan lain-lain.

Other FoodThemed Games ini mirip dengan permainan game yang sudah ada namun tetap bertemakan makanan, seperti Snake Games, Mazze Attack Games, Mahjong Games, Merge Games dan lain-lain.

Kategori terakhir yaitu Card Games berisi tentang beberapa variasi game kartu yang bertemakan kartu Uno.

CulinarySchool Games for kids Gumball


Selain untuk anak-anak game yang tersedia juga bisa dimainkan oleh orang dewasa loh. Saya pun tak ketinggalan dan mencoba beberapa di antaranya. Salah satu yang saya coba adalah game The Amazing World Of Gumball Water Son. Awalnya saya tertarik karena game ini menggunakan karakter dari animasi anak Gumball. Namun setelah mencoba permainan ini saya jadi tertantang karena tidak hanya melatih kecepatan tangan namun juga melatih anak untuk menyusun strategi, yaitu bagaimana dengan tenaga yang tersedia dan dalam tempo yang singkat dapat menyelesaikan game dengan baik.

Game The Amazing Gumball terdiri dari 30 babak dimana Gumball dan Darwin harus bekerja sama untuk membantu teman mereka yang sedang mengalami dehidrasi. Secara tidak langsung, game ini juga mengajarkan kepada anak untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Oh ya game ini berada di kategori Food Education Games ya

Kesimpulan.

Nah itulah serba-serbi memperkenalkan berbagai jenis profesi kepada anak. Mulai dari manfaat yang dirasakan oleh anak hingga tips bagaimana cara memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan kepada anak, ditambah bonus informasi website berisi ratusan game yang juga bagian dari www.culinaryschools.org ini. Selamat mengenalkan berbagai jenis pekerjaan kepada anak dan selamat bermain game.

You Might Also Like

5 comments

  1. Memang banyak pilihan gamenya, Kak kalau di Culinary School ini

    BalasHapus
  2. Kalau saya lebih suka bermain masak-masakan, Kak di website Culinary School ini

    BalasHapus
  3. Ternyata seru juga nih ya, Kak kalau bermain game di website Culinary School ini

    BalasHapus
  4. Memudahkan sekali nih ya, Kak kalau bermain game sambil ada edukasinya begini

    BalasHapus
  5. Wah bisa dijadikan referensi nih ketika bingung hendak bermain game apa hihi

    BalasHapus