Resep

Resep Daging Kambing yang Disukai Anak anak

16.37.00

resep daging kambing yang disukai anak anak



Memasak daging kambing itu memang gampang-gampang susah. Bukan karena dagingnya yang susah di masak, tapi susah menentukan resep daging kambing yang disukai anak-anak. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun banyak yang tidak menyukai daging kambing. Paling banyak alasan tidak menyukai daging kambing adalah karena bau dagingnya yang khas.

Padahal kalau tukang sembelihnya berpengalaman, ada treatment khusus pada kambing yang baru saja disembelih agar bau prengusnya hilang. Namun tidak semua tukang sembelih kambing bisa menghilangkan bau prengus pada kambing. Itulah sebabnya kemampuan untuk menyembelih daging tanpa bau menjadi daya tarik tersendiri untuk tukang sembelih tersebut.

Saya pernah melihat satu treatment yang dilakukan tukang sembelih kambing untuk menghilangkan bau kambing. Treatment itu dilakukan pada saat kambing baru saja dikuliti. Karena saya pikir itu merupakan rahasia dapur penyembelih kambing jadi tidak etis jika saya tuliskan di sini. Karena tidak semua penyembelih kambing merupakan orang yang ahli, tak heran jika kadang kita mendapati daging kambing yang bau prengus.


Namun jangan khawatir, bau prengus daging kambing masih bisa diminimalisir menggunakan beberapa cara yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita. Oleh karena itu jika kita mendapatkan daging kambing yang baunya lebih tajam bisa diminimalisir, sehingga resep daging kambing yang disukai anak anak ini terasa lebih nikmat.

cara menghilangkan bau kambing



Tips menghilangkan bau daging kambing :


1. Dimasak bersama kacang hijau.

Rebus daging kambing besama kacang hijau untuk meminimalisir baunya.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya dapat digunakan untuk mengurangi bau daging kambing. Caranya dengan membungkus daging kambing menggunakan daun pepaya, diamkan kurang lebih 30 menit. Manfaat lain daun pepaya adalah juga untuk membuat daging lebih empuk.

3. Nanas

Cara menghilangkan bau daging kambing menggunakan nanas adalah dengan merendam daging kambing bersama dengan parutan nanas. Jangan terlalu lama karena nanas juga bersifat mengempukkan daging. Jika terlalu lama, daging bisa hancur saat dimasak.

4. Jeruk nipis

Seperti halnya bau amis pada ikan, bau prengus pada daging kambing juga dapat dihilangkan mdengan cara melumuri daging kambing dengan perasan air jeruk nipis.

5. Cuka

Merebus daging kambing bersama dengan cuka dapat meinimalisir baunya. Untuk satu kilogram daging kambing cukup ditambahkan cuka sebanyak 50 gram pada saat merebus. Jangan lupa meniriskannya terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut.

6. Jahe dan Kunyit

Seperti halnya memasak daging ayam, sapi, dan ikan, menggunakan jahe dan kunyit yang dihaluskan pada saat memasak daging kambing juga dapat menghilangkan bau khasnya.

7. Lobak

Ternyata lobak juga dapat meminimalisir bau pada daging kambing, caranya dengan memasukkan lobak pada rebusan daging kambing selama kurang lebih 30 menit.

8. Garam

Lumuri daging kambing menggunakan garam lalu biarkan kurang lebih satu jam. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin baru dimasak seperti biasa.

9. Tebu

Rebus 200 gram tebu bersamaan dengan 1 kilogram daging kambing untuk menghilangkan bau prengus

10. Pisahkan lemak

Pisahkan lemak yang menempel dengan daging, untuk mempercepat dan mempermudah mengambil lemak kambing dapat dengan cara memasukkan daging ke dalam freezer terlebih dahulu.

11. Jangan mencuci daging

Mencuci daging kambing justru membuat bau prengusnya semakin kuat. Selain itu mencuci daging kambing menyebabkan juice daging menjadi hilang.

12. Rebus daging dua kali

Rebusan pertama dengan cara memasukkan daging kambing ke dalam air mendidih yang sudah diberi daun jeruk, salam, serai, jahe dan kunyit yang diiris-iris. Rebus sampai air berwarna keabu-abuan. Kemudian tiriskan.

Rebusan kedua dengan cara merebus daging kambing dalam air dingin. Manfaat air dingin saat merebus kambing adalah untuk mengeluarkan juice daging sehingga kaldunya lebih gurih.


Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Teman teman bisa mencoba salah satunya agar mendapatkan daging kambing yang bebas prengus.

Nah, setelah itu barulah kita menyiapkan untuk memasak daging kambing dengan resep yang disukai anak-anak. Kali ini saya membuat kebab daging kambing rasa lada hitam.

Sebenarnya anak-anak saya juga tidak suka daging kambing. Oleh karena itulah saya memutar otak bagaimana caranya agar anak anak juga menikmati daging kambing. Karena anak-anak suka sekali dengan kebab, maka saya pun kepikiran untuk membuat kebab dari daging kambing.

Resep Kebab Daging kambing rasa lada hitam


Kata kebab berasal dari Kabab yang merupakan bahasa Persia. Kabab berarti makanan yang ditusuk dan dibakar. Namun di Indonesia, Kebab mengalami perubahan makna menjadi makanan yang dibungkus dengan menggunakan tortilla dan dibubuhi dengan berbagai macam saus.

Di Indonesia, kebab bisa berisi daging ayam, sapi, kambing, telur maupun sayuran saja. Dan isian tersebut tidak harus dibakar terlebih dahulu agar memiliki makna sesuai asal katanya. Saya sendiripun awalnya bingung menyebut masakan saya sendiri, namun setelah membaca beberapa literatur, rupanya Indonesia memiliki makna sendiri terhadap kata Kebab. Oleh karena itu lahirlah nama Kebab isi daging kambing rasa lada hitam.

cara memasak daging kambing yang disukai anak-anak



Bahan Kebab Daging Kambing rasa Lada Hitam


- Tortilla +/- 10 lembar ukuran 30 cm (saya beli di toko frozen food)

- 2 buah bawang bombay, salah satu potong kotak kotak.

- 2 buah tomat ukuran sedang potong dadu

- Daging kambing 500 gr, potong dadu kecil

- 7 butir bawang putih cincang halus

- Saus lada hitam sachetan 1 bks

- minyak untuk menumis

-saus tomat, mayonais, saus sambal

- garam dan gula

- selada

- margarin untuk olesan wajan

cara mengolah daging kambing yang disukai anak anak.an si kecil


Cara membuat Kebab Daging kambing rasa lada hitam


Sebelum dimasak, marinasi daging kambing dengan menggunakan saus lada hitam agar bumbu lebih meresap. Biarkan minimal 15 menit. Tumis bawang hingga berbau harum dan berubah warna, setelah itu masukkan tomat yang sudah dipotong dadu. Tunggu hingga tomat layu kemudian masukkan satu buah bawang bombay yang sudah dipotong kotak. Tunggu hingga bawang bombay layu, setelah itu masukkan daging kambing. Tumis hingga semua bahan matang. Setelah itu tambahkan sedikit air, aduk dan biarkan sampai air mendidih dan menyusut. Tambahkan gula dan garam kemudian koreksi rasanya. Jika sudah pas maka sudah siap dibungkus menggunakan tortilla.



Sebelum digunakan untuk membungkus daging isian, terlebih dahulu saya memanggang tortilla sebentar saja. Karena kalau kelamaan akan membuat tortilla mengeras dan pecah saat digulung. Setelah itu, tata daging, bawang bombay yang sudah diiris tipis, potongan tomat dan daun selada di atas tortilla. Tambahkan aneka saus sesuai selera kemudian gulung. Jangan lupa untuk menekuk salah satu ujung gulungan agar isian tidak jatuh saat dimakan.

resep kebab kambing



olesi wajan datar dengan menggunakan margarin, lalu panggang tortilla yang sudah diberi isian hingga berwarna putih kecoklatan. Kebab daging kambing rasa lada hitam pun siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan membuat resep daging kambing yang disukai anak-anak ini? Proses memasak seperti langkah-langkah di atas juga membuat aroma daging kambing hilang karena kalah dengan aroma bumbu dan bahan pelengkap lainnya. Itulah sebabnya anak anak suka sekali dengan kebab yang satu ini.

Semoga tips menghilangkan bau daging kambing dan resep daging kambing yang disukai anak-anak ini bermanfaat ya teman-teman. Siapa tau bisa dijadikan ide saat hari raya kurban nanti. Salam.

You Might Also Like

1 comments

  1. Daging kambing, males banget mau ngolah kalau baunya hemm engga banget kadang juga baunya masih tersisa. Mantep banget ini mah kalau bisa hilangin baunya dan dibuat kebab.

    BalasHapus