Resep Tumis Daging Kambing dan Pare dengan Bumbu Sederhana

by - 4:39:00 PM

resep daging kambing sederhana

Resep Tumis Daging Kambing dan Pare dengan Bumbu Sederhana

Pada awal-awal menikah dulu saya tidak bisa masak sama sekali. Untunglah kalau belanja selalu barengan dengan ibu-ibu yang lebih senior. Selain mencontek menu mereka, saya sekalian nanya-nanya soal resep. Kadang ada yang berbaik hati, tiba-tiba datang ke rumah sambil mbawain bumbu yang siap dibuat masak.

Ibuk-ibuk yang tiap hari bertemu di mlijo, gak pernah menolak kalau ditanya macam-macam. Bahkan mereka merasa senang bisa membantu newbie macam saya. Makanya kalau lihat ibu-ibu belanjanya agak lama, jangan keburu curiga dulu. Menganggap kami ngerumpi atau ngomongin orang lain. Siapa tahu sedang sedekah ilmu... 

Bertahun-tahun setelah menikah, ternyata saya nggak pinter-pinter amat dalam hal masak memasak. Kemampuan saya hanya berkutat di sayu lodeh, sop, sayur bening dan sebangsanya yang simpel-simpel. Kalau ingin makan yang ribet, mending beli saja hahahaha.

Makanya kalau hari raya kurban, kadang suka bingung mau masak apa. Kalau daging sapi sih gampang. Tinggal bawa ke tukang giling, jadi deh bakso yang disukai seluruh anggota keluarga. Nah kalau daging kambing suka galau, akhirnya coba-coba resep sendiri deh. 

Berhubung resep hasil otak atik sendiri, saya pun cuma pakai bumbu sederhana.

Mau tahu resepnya? baca terus, artikel saya ini... 


Bahan :
Daging kambing 1/4 kg
 1 buah pare yang cukup besarnya

Bumbu
7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 buah tomat yang besarnya sedang
cabai rawit sesuai selera
cabai besar/cabai merah 2 buah
kecap
gula
garam.
minyak goreng

Cara memasak : 
Belah pare menjadi dua bagian, buang bijinya. lalu potong potong menjadi bentuk setengah lingkaran, masukkan ke dalam panci. Beri sedikit garam/ kurang lebih 1/2 sendok lalu taburkan di atas pare. ratakan garam kemudian remas-remas perlahan parenya jangan sampai patah-patah. Setelah ujung-ujung pare berwarna agak bening, cuci dengan air bersih lalu sisihkan. Meremas-remas parenya jangan terlalu lama karena rasa pahitnya bisa hilang sama sekali, kalau menurut saya sih, rasanya jadi kurang enak. Saya lebih suka yang masih ada pahit-pahitnya.

Iris tipis bawang merah dan putih, potong tomat, cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Panaskan minyak lalu masukkan bumbu, tumis sampai setengah matang. Lalu masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong kecil. Tambahkan sedikit air dan masak sampai daging kambing matang  dan air menyusut. Setelah itu masukkan pare. Tumis sampai pare layu, lalu tambahkan gula, garam dan sedkit kecap sesuai selera. Nah... tumis daging kambing dan pare dengan bumbu yang sederhana siap dinikmati.


Memasak itu tidak sulit apabila kita mau memulainya untuk mencoba. Perasaan sulit itu akan hadir disaat kita membayangkan saja. Setelah kita praktek, dengan sendirinya kita akan tahu bagaimana memasak yang enak menurut selera kita. Syelamat memasaak..

You May Also Like

0 comments