Cara membuat patties/burger ikan Tuna yang enak

by - 5:24:00 PM

resep burger ikan tuna tanpa amis

Sama seperti halnya anak anak lainnya, anak anak Saya juga suka menikmati makanan cepat saji. Wajar saja sih karena memang iklannya juga bertebaran di mana-mana sehingga membuat anak tergiur. Apalagi sekarang ini berbagai macam makanan cepat saji dapat dengan mudah kita jumpai. Dari yang kelas street food sampai di restoran terkemuka.

Sebagai seorang ibu tentu saja ada sedikit kekhawatiran kalau anak anak sering jajan makanan cepat saji. Khawatir mengenai kesehatan anak anak juga khawatir sama kesehatan dompet hehehe. Berhubung bahan yang sering tersedia di rumah itu adalah ikan tuna, maka saya pun memutar otak agar anak anak tak bosan memakannya. Saya ingin mereka makan tidak hanya karena lapar semata tapi juga menikmati makanan tersebut sebagai sesuatu yang membahagiakan.


Akhirnya terpikirkan oleh saya untuk membuat patties dari ikan tuna agar lebih sehat dan bergizi. Patties sendiri adalah istilah yang sering digunakan di Amerika, Kanada, Afrika Selatan dan Australlia untuk menyebut olahan daging yang dicetak berbentuk bulat pipih dan digunakan untuk isian burger atau sandwich. Kalau di sini sih sepertinya orang orang lebih mengenali patties sebagai burger ya.

Daging yang digunakan untuk membuat patty ( burger)bisa berupa daging sapi, ayam atau bahkan ikan. Tak hanya patty hewani, sekarang juga banyak tersedia patty nabati untuk para vegetarian yang saya sendiri belum pernah mencobanya. 

Berbekal satu ekor baby tuna saya mencoba untuk membuat patties sendiri. Alhamdullillah anak anak pada suka semuanya. Tidak sampai membeli atau membuat roti bun, patty ikan tuna buatan saya sudah habis diserbu anak anak untuk dibuat sandwich bersama roti tawar.

Kalau sudah ada stok isian burger di kulkas gini, hati lebih tenang. Ketika anak meminta jajan, kita bisa memberikan jajanan yang sehat dan enak.

Baiklah, langsung pada resep ya

Resep Patties / burger ikan Tuna ala Lemaripojok

Bahan 
kurang lebih 750gr daging ikan tuna giling (kalau saya sih cukup diulek, gak harus sampai lembut kok)
125 gr wortel, parut menggunakan parutan keju
setengah butir bawang bombay, cincang halus
5 butir bawang putih, cincang halus.
35 gr tepung bumbu instan
2 sdm tepung kanji
1 sdm penuh margarin/ butter
0,5 sdt merica bubuk
0,5 sdt garam
0,5 sdt gula
1 butir telur , kocok lepas

Margarin secukupnya untuk olesan wajan saat memanggang

Cara membuat patties/burger ikan tuna ala lemaripojok.
haluskan daging ikan, bisa dengan digiling atau diulek seperti saya. Kalau ikannya masih dalam kondisi dingin, akan lebih cepat diulek bila dibandingkan dengan ikan dalam suhu ruangan. Setelah ikan halus dan anda pastikan tidak ada duri di dalamnya, campurkan semua bahan lainnya berserta bumbunya.

Aduk aduk sampai tercampur sambil diuleni seperti membuat adonan donat. Hal ini dilakukan agar semua bahan tercampur rata dan dapat menyatu. Setelah adonan menyatu, maka adonan siap untuk dicetak dan dipanggang di atas wajan datar.
resep burger ikan tuna

tips agar anak suka makan ikan

Untuk membuatnya menjadi bulatan yang pipih, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama pipihkan di tangan, lalu panggang diatas wajan yang sudah dioles margarin. Cara kedua, bentuk adonan menjadi bulat, lalu setelah di atas wajan, pipihkan dengan menggunakan punggung sendok atau alat lain yang bisa berfungsi serupa.

Tunggu sampai berwarna kecoklatan dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya. Maaf ya, kemarin tidak sempat menimbang dan mengukur tiap patty itu berapa beratnya. Membuatnya tergantung selera dan kebutuhan juga sih, kalau di rumah sudah tersedia bun yang besar sebaiknya membuat patty dengan diameter yang kurang lebih sama ukurannya.

Ketebalannya pun terserah kebutuhan kita, ingin yang tebal agar puas meskipun sekali makan, atau buat yang lebih tipis agar menghasilkan patty dengan jumlah lebih banyak.

resep olahan ikan untuk anak


Nah, gampang banget kan buatnya? Setelah di panggang patty bisa disimpan dalam lemari es. Anda hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menghangatkannya kembali sebelum patty di santap.


Jangan lupa sediakan juga bahan pelengkap lain seperti selada, mentimun, bawang bombay, buah tomat, saus tomat, saus sambal dan mayonais agar sandwich anda lebih nikmat. Tapi bahan bahan tersebut opsional kok, tanpa semua bahan tersebut patties juga bisa dinikmati. Contohnya anak saya, dia makan berlaukkan patty ditambah sambal kecap. Tetap nikmat katanya, entah karena enggak ada yang lain atau emang beneran nikmat hehehe. Tapi emang enak kok, dicemilin pakai saus sambal aja juga sudah nikmat.

Ayo deh di coba, pasti ga akan menyesal. Karena jika sudah tersedia patties ikan tuna ini di kulkas bisa mengurangi sedikit kerepotan anda saat waktu sarapan tiba. Selain itu kita juga lebih tenang karena bisa memberikan jajanan yang sehat untuk anak.


You May Also Like

0 comments