Resep Pie Isi Ayam Luncheon yang Mudah dan Praktis

by - 5:00:00 AM

Resep Pie Isi Ayam Luncheon yang Mudah dan Praktis


Resep Pie Isi Ayam Luncheon yang Mudah dan Praktis


Saya dulu suka sekali mencoba-coba resep makanan baru. Apalagi jika cara memasaknya gampang dan bahannya dapat saya peroleh dengan mudah di warung-warung dekat rumah. Namun akhir-akhir ini semangat saya untuk mencoba aneka masakan dan resep baru semakin kendur. Saya lebih suka duduk di depan laptop daripada bersibuk ria di dapur.





Yang kasihan ya anak-anak, karena lama tidak bereksperimen bersama saya. Padahal meskipun tidak sepenuhnya membantu, bagi anak-anak berada di dapur sama saja artinya dengan belajar memasak.  Akhirnya dengan susah payah saya menyemangati diri agar kembali mencoba resep masakan baru. Dan kali ini pilihan ada pada resep pie ayam.





Sudah ngincer resep pie ini sejak zaman dahulu kala, namun baru saja praktek. Agak nyesel sih, karena ternyata anak-anak suka (Walaupun masih lebih suka makan pizza). Jadi, resep yang saya tuliskan ini adalah hasil comot sana-sini, saya sesuaikan dengan bahan masakan yang ada di rumah.





Tadinya ingin membuat pie ayam, tapi karena ada chicken luncheon di kulkas, ya Sudah saya pakai itu saja sebagai pengganti daging ayam.

FYI Chicken luncheon atau ayam luncheon adalah daging ayam olahan yang terbuat dari daging ayam giling yang ditambahi berbagai macam bumbu. Ada yang berbentuk segi empat atau bundar yang dikemas di dalam kaleng. Biasanya, ayam luncheon ini digunakan untuk isian sandwich atau roti lapis

Resep Pie Isi Ayam Luncheon yang Mudah dan Praktis


Baiklah, langsung ke resep masakan nya aja ya…

Bahan kulit pie isi ayam luncheon :
· 300 gr tepung terigu protein sedang
· 175 gr margarine
· 1 butir telur
· 1 kuning telur untuk olesan (putihnya saya campurkan adonan kulit)
· 1 sdm air dingin (optional, tergantung adonan)
· Sejumput garam (sedikit saja karena margarine biasanya sudah asin)


Bahan isi pie isi ayam luncheon
· 200 gr Ayam luncheon, potong dadu
· 20 gr margarine untuk menumis
· Bawang putih 3 siung digeprek/ cincang kasar
· 1 buah bawang Bombay yang cukup besar
· 200 gram kentang potong dadu
· 100 gr wortel potong dadu
· Susu segar/ susu UHT plain kurang lebih 150 ml
· Terigu 20 gr
· Merica bubuk secukupnya
· Garam secukupnya
· Gula secukupnya


Cara membuat pie isi ayam luncheon :

· Rebus kentang dan wortel yang sudah dipotong dadu sampai matang, tiriskan lalu sisihkan.

· Di wadah lain, masukkan tepung terigu, margarine dan garam sampai menjadi butiran kecil-kecil. Masukkan telur yang sudah dikocok kemudian uleni sampai kalis/ tidak lengket di tangan lalu sisihkan.

· Lelehkan 20 gr margarine, lalu masukkan bawang putih cincang. Tumis sampai harum dan berubah warna. Setelah itu masukkan bawang Bombay yang sudah dipotong-potong. Kemudian masukkan ayam luncheon yang sudah dipotong dadu, tumis sebentar.

· Selanjutnya, masukkan kentang dan wortel sambil terus diaduk, tepung terigu sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Setelah itu masukkan susu cair. Masak sampai susu menyusut, koreksi rasanya dengan menambahkan garam, gula dan merica bubuk. Angkat dan sisihkan.

· Panaskan oven

· Olesi Loyang dengan margarine sampai merata. Bagi adonan menjadi dua bagian, salah satu bagian lebih sedikit karena akan digunakan untuk penutup. Kemudian pipihkan adonan, dan tutupi permukaan dasar Loyang sampai merata. Begitu juga dengan tepi Loyang. Karena saya kemarin memakai Loyang cake (bagian ini jangan di tiru yaaa) maka pada tepi Loyang hanya separuh bagian yang saya tutup dengan adonan kulit.

· Setelah adonan kulit ditata di Loyang, tusuk tusuk dengan garpu. Agar saat pemanggangan nanti, panas yang dari bawah bisa lewat melalui lubang garpu tersebut. Setelah itu tuang adonan sampai rata dengan tinggi adonan kulit. Ambil bagian adonan yang tadi disisihkan, pipihkan lalu pasang di atasnya sebagai penutup.

· Olesi permukaan penutup dengan kuning telur. Bisa juga anda menambahkan bahan lain pada olesan ini agar lebih nikmat, seperti oregano atau sedikit bubuk merica hitam

· Jika oven panas, panggang sampai matang. Lamanya memanggang ini tergantung oven masing-masing, saya kemarin membutuhkan kurang lebih 45 menit hingga bagian atasnya matang dan berwarna kuning keemasan.

Resep Pie Isi Ayam Luncheon yang Mudah dan Praktis


Nah gampang sekali bukan? Memang kalau dilihat tulisan jadinya panjang, tapi kalau sudah terjun langsung di dapur gampang banget kok.

Saat menikmatinya anda juga bisa menambahkan saus tomat atau saus sambal. Pie atau pai ayam ini sukses merebut hati anak-anak dan mereka minta untuk dibuatkan lagi. Hmmm

Mengenai isi pai, anda dapat menggantinya dengan bahan lain yang disukai oleh keluarga anda. Cara memasaknya pun sesuaikan dengan bahan tersebut, anda pasti sudah ahli untuk urusan seperti ini.

Yuk memasak lagi…



You May Also Like

7 comments

  1. Aduh ngiler banget saya lihatnya. Btw, saya belum pernah namanya nyobain pie isi ayam, biasanya cuma makan pie susu.

    ReplyDelete
  2. untuk urusan lidah dan perut apalagi kuliner, wanita lah ahlinya hehe
    apapun bisa diolah menjadi isian, biar bahan2 di kulkas tidak mubazir. Bahkan karena keterbatasan bahan masakan, kita sebagai wanita yang hobby masak kadang bisa lebih kreatif....


    Duhhhh makasih resepnya mba, aku mau copy dan aku terapkan kalau oven aku udah bisa dipakai lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak... tanpa disadari emang kreativitas itu selalu terjadi setiap hari di rumah...

      Delete
  3. Ayam luncheon itu apa ya Mbak?

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama rasanya nih, Teh..hehe
    Kalau bikin sih sepertinya belum bisa :D

    ReplyDelete
  5. wow kayaknya rasanya maknyus banget tuh... jadi kepenging

    ReplyDelete
  6. duhhh bikin laper aja malem malem liat beginian

    ReplyDelete