parenting

Kenali Potensi si Kecil melalui Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

21.07.00

Tes Sidik Jari MS Learning and Grow


Menjadi orang tua itu gampang gampang susah ya, tak ada salahnya kita mencari bantuan untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak menggunakan teknologi. Salah satunya dengan aplikasi MS Learning and Grow, apa alasannya?

Memiliki tiga anak dengan usia yang berdekatan lumayan menantang juga. Dalam waktu yang nyaris bersamaan harus membagi waktu dan kasih sayang dengan adil. Berbeda dengan mereka yang jarak lahirnya lumayan jauh, maka si sulung akan cukup mendapatkan curahan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Saya dulu sering merasa bersalah kepada anak-anak, karena merasa tak cukup banyak waktu untuk masing masing anak anak saya. Sedikit waktu yang saya miliki harus dibagi menjadi tiga sekaligus. Memang saya bukanlah ibu yang bekerja, walau begitu 24/7 bersama mereka seakan berjalan terlalu cepat.


Adil tak harus sama 

Untuk menebus rasa bersalah yang sering kali saya rasakan, saya berusaha untuk bersikap adil kepada anak anak. Baik itu adil dalam memberikan sesuatu atau adil dalam bersikap. Saya juga berusaha bersikap adil dengan memperlakukan mereka dengan cara yang sama.

Awalnya sih saya merasa baik baik saja melakukannya kepada anak-anak, sampai suatu saat saya tersadar bahwa anak anak adalah pribadi yang unik. Mereka berbeda antara satu dengan yang lainnya. Memperlakukan mereka dengan cara yang sama mungkin sesuai dengan salah satu dari mereka, tapi belum tentu cocok dengan yang lainnya.


Baca juga : Manfaat Bermain Ular Tangga untuk Anak


Untunglah saya segera menyadarinya, walaupun sampai sekarang masih belajar bagaimana cara yang tepat menghadapi masing masing anak dengan segala keunikan dan kelebihan mereka. Oleh karena itu saya berusaha untuk mengenal masing masing anak dengan baik. Bagaimana karakter mereka, watak dan kebiasaan mereka. Kemudian bagaimana cara menghadapi mereka agar mereka merasa dihargai dan bahagia. 

Banyak sumber yang bisa digali untuk menghadapi anak sesuai dengan sifat dan karakter mereka. Kita bisa membaca buku tentang parenting, browsing internet atau melalui youtube yang bisa kita tonton sewaktu waktu.

Semua sumber memberikan banyak sekali informasi yang bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun kadang masih timbul pertanyaan. Benarkah anak saya begini lalu menghadapinya dengan cara seperti ini. Adakah cara yang benar-benar berbeda yang menggambarkan bagaimana anak saya sebagai individu yang unik dan cara menghadapinya.

 Mengenal pribadi anak sampai ke akarnya tak semudah membalik telapak tangan. Padahal dengan mengenal pribadi anak secara baik dan mendalam dapat membantu kita untuk menyesuaikan metode mendidik dan pola asuh yang sesuai dengan mereka. Bagi sang anak sendiri, mengenal diri mereka dengan baik memiliki banyak manfaat bahkan untuk masa depan mereka.

Manfaat memahami diri sendiri bagi anak-anak :

Meningkatkan kepercayaan diri

Meningkatkan kreativitas

Membangun relasi lebih kuat

Dapat berkomunikasi dengan lebih efektif

Dapat membuat keputusan yang lebih baik

Setelah melewati berbagai proses pemahaman pribadi si bungsu, melalui sebuah WAG saya mengenal tes sidik jari. Seperti yang kita tahu bahwa sidik jari adalah salah satu keunikan yang dimiliki oleh manusia. Antara satu dengan yang lainnya memiliki sidik jari yang berbeda. Bisa saja polanya hampir sama, namun secara detail, sidik jari adalah tanda pengenal yang unik bagi setiap manusia.

 

Cara Tes Sidik Jari MS Learning and Grow


Kelebihan tes sidik jari

1. Sidik jari sifatnya unik dan individual.

2. Bersifat permanen. Dari lahir hingga dewasa, sidik jari tidak akan berubah.

3. Mudah diklasifikasikan. Sidik jari memang memiliki keunikan, namun mereka memiliki pola tertentu yang spesifik dan teratur.

4. Sidik jari memiliki korelasi dengan fungsi otak. Penelitian menyebutkan bahwa sidik jari dan Neo Cortek berkembang Secara bersamaan. Neo Cortek adalah bagian otak yang berhubungan dengan psikologis seperti kecerdasan sosial, emosi dan kognitif.

Sidik jari yang merupakan bawaan lahir merupakan keunikan tiap tiap individu. Tak ada salahnya melakukan tes sidik jari untuk mengenal si kecil lebih dalam. Tak hanya si kecil, kita pun bisa melakukan tes sidik jari bagi diri kita sendiri, maupun pasangan kita agar lebih kenal pribadi masing masing lebih baik. Tes sidik jari dapat juga dilakukan oleh korporasi untuk mengenal karyawan dan menentukan metode lebih baik untuk  meningkatkan kinerja mereka.

Baca juga : 10 Manfaat Bermain Rubik untuk Anak

Melakukan tes sidik jari secara langsung di masa pandemi ini mungkin sedikit merepotkan, karena jarak menjadi masalah. Namun untunglah, kita bisa melakukan tes sidik jari melalui aplikasi yaitu : MS Learning and Grow.


Tes Sidik Jari MS Learning and Grow

MS Learning and Grow adalah aplikasi yang memberikan layanan terintregrasi yang fokus untuk mengoptimalkan pemberdayaan diri. MS Learning and Grow  terus melakukan pengembangan dan inovasi. Saat ini MS Learning and Grow melayani Tes sidik jari untuk mengetahui bakat dan profil psikologis bawaan dengan pendekatan DISC. Dengan demikian kita dapat melihat belahan otak mana yang lebih dominan yang berpengaruh terhadap perilaku dan psikologis. Tes ini telah diuji kepada 350.000 subyek dengan tingkat keakurasian 87,5%.

Tipe kepribadian DISC dikenalkan oleh Dr William Moulton Marston, yang terdiri dari 4 macam kepribadian yaitu : Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance.


4 tipe kepribadian menurut teori DISC

1. Dominance : Karakter ini memiliki kecenderungan dominan, kuat dan memiliki ego yang tinggi. Mereka juga mendiri dan berani mengambil risiko. Menyukai tantangan dan inovasi juga menjadi ciri mereka yang bertipe dominance ini.

2. Influence : Karakter ini adalah mereka yang memiliki pengaruh kuat terhadap lingkungannya. Mereka memiliki kepercayaan diri dan antusiasme yang tinggi dan merupakan negosiator handal. Kehadiran mereka mampu membawa perubahan di lingkungannya.

3. Steadiness adalah mereka yang konsisten, tenang dan sabar dalam menghadapi sesuatu. Orang orang dengan karakter ini jarang menyukai perubahan yang mendadak. Dan umumnya lebih sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

4. Compliance adalah karakter yang tekun, sistimatis dan teliti. Mereka juga memiliki standar tinggi terhadap hasil kerjanya oleh karena itu mereka menyukai program dan langkah langkah yang jelas dalam melaksanakan tugasnya.

Nah itulah 4 tipe kepribadian melalui pendekatan DISC. Bisa saja satu dari empat kepribadian tersebut lebih menonjol. Namun bisa juga keempatnya memiliki proporsi yang sama. Tidak ada yang salah ataupun benar, karena itu semua menggambarkan belahan otak kita yang paling dominan.


 

hubungan tes sidik jari dengan kerja otak


Cara Tes Sidik jari melalui MS Learning and Grow

Karena tertarik untuk melakukan sidik jari melalui aplikasi MS Learning and grow saya pun mendownload aplikasi tersebut. Setelah login, saya memilih fitur tes sidik jari. 

Pada fitur Tes Sidi Jari ini kita diminta untuk memasukkan kode voucher, jika belum punya teman teman bisa mengklik “tap di sini” yang kemudian akan dihubungkan kepada seller. Setelah itu kita diminta untuk mengisi biodata bagi yang akan melakukan tes. 

Kemudian kita akan sampai pada halaman data sidik jari. Disini kita diminta untuk mengunggah foto sidik jari. Bisa melalui kamera yang ada di aplikasi atau kita foto sebelumnya menggunakan fitur kamera biasa yang ada pada ponsel kita. Saat mengunggah foto sidik jari perhatikan urutannya ya, jangan sampai tertukar. Kalau saya kemarin memilih untuk mengambil foto dengan hape terlebih dahulu baru saya unggah ke dalam aplikasi.


 

Cara tes sidik jari melalui aplikasi MS learning and grow

Setelah itu akan muncul opsi untuk melakukan konsultasi atau tidak. Jika ingin melakukan konsultasi cukup memilih tanggal dan waktu yang tersedia di aplikasi. Setelah kurang lebih 30 menit, saya menerima pesan whatsapp yang memberitahukan bahwa hasil test sudah keluar dan hasilnya bisa diunduh.


Hasil Test Sidik jari

 

Biaya dan Cara Membaca hasil tes sidik jari di MS Learning and Grow

Hasil tes sidik jari anak bungsu saya menunjukkan kalau dia memiliki tipe kepribadian Steadiness diikuti dengan Compliance. Hasil tes berupa lampiran PDF sebanyak 11 halaman yang bisa diunduh ini menjelaskan tentang deskripsi kepribadian berdasarkan hasil tes. Dijelaskan pula kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian tersebut. Pada halaman Gaya komunikasi, dijelaskan bagaimana cara kita berbicara, cara menghadapi dan bagaimana si Steadiness-Compliance ini merespon konflik.

Dijelaskan pula bagaimana gaya belajar terutama situasi belajar yang sesuai dengan karakter mereka. Hasil tes juga menjelaskan bagaimana cara memotivasi mereka untuk lebih produktif dalam belajar maupun melakukan pekerjaan.

Di akhir laporan dijelaskan tentang kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh Steadiness-Compliance ini, yaitu Kecerdasan Verbal Linguistik, Kecerdasan Intrapersonal dan kecerdasan musikal. Dengan demikian orang tua memiliki gambaran karir yang sesuai dengan tipe kepribadian si kecil nantinya.


Biaya tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow

Teman teman bisa melakukan tes sidik jari dan mendapatkan satu profil psikologis lengkap ditambah dengan satu sesi konsultasi dengan membayar Rp 299.999.


Kesimpulan menggunakan tes sidik jari MS Learning and Grow

Aplikasi ini cukup mudah dioperasikan, yang penting pada saat mengambil gambar sidik jari pastikan gambar jelas dan tidak buram agar hasil akurat. Prosesnya juga cukup singkat, laporannya sangat lengkap dan mendetail bahkan untuk lebih jelasnya lagi kita bisa melakukan sesi konsultasi melalui zoom. Saya kira harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan hasil dan manfaat yang kita dapatkan. Info lebih lanjut bisa dilihat di Instagram MS Learning and Grow : @mslearningandgrow Kalau untuk masa depan anak, apa sih yang engga?


You Might Also Like

76 comments

  1. Wih mantep nih kalau bisa mengetahui pribadi si kecil cuma dengan sidik jarinya. Sulit banget memahami si kecil walau sehari-harinya sudah bersama sementara mengetahui karakternya itu penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dengan tes sidik jari jadi tahu lebih dalam

      Hapus
  2. Aku pernah denger nih tentang tes sidik jari dari temen kantor. Anaknya ikut tes sidik jari juga, dan emang bermanfaat. Jadi ketahuan pribadi anak-anaknya seperti apa dan bisa lebih memahaminya

    BalasHapus
  3. Tes sidik jari ini bisa jadi pandangan juga ya dalam menghadapi anak. Soalnya kita jadi tahu bagaimana kepribadiannya.

    BalasHapus
  4. kalau karakter aku sih tanpa tes2an dah tau gmn mereka. tapi nanti hubungannya ke minat bakat x ya, biar ortu bs fokus ke situ

    BalasHapus
  5. Memang, Mbak. Kalau jarak putra putri agak rapat, ada tantangan tersendiri, termasuk adil tidak harus sama. Saya juga mengalami, jadi jarak dengan saudara-saudara saya hanya 2 tahun hehehe.
    Dan ini bagus sekali ya, sudah ada tes sidik jari. Jadi bisa tahu karakter dan potensi setiap anak. Nantinya bisa diarahkan sesuai bakat dan kemampuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi meminimalisir kesalahan dalam. Mengarahkan potensi si kecil yaa

      Hapus
  6. Oh, berarti ini tanpa mengisi assesment seperti tes bakat pada umumnya, ya? Tingkat kevalidannya sudah teruji kah, Kak? Mau mencoba untuk anakku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sudah banyak yang memakai tes sidik jari ini..

      Hapus
  7. dari kemarin baca tes sidik jari ini jadi pengen coba daftarin anakku nih. pengen tahu bakatnya tuh apa. agar bisa lebih maksimal mengarahkannya.

    BalasHapus
  8. Manfaat tes sidik jadi buat anak, jadi lebih memahami diri sendiri dan apa saja potensi bakat dalam diri. Sehingga bisa memudahkan orangtua juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Orang tua jadi bisa mengenali bakat dan potensi anaknya. Jadi bisa menentukan kegiatan atau aktivitas apa yang menunjang kemampuannya itu.

      Hapus
  9. Menarik banget dan simpel ya caranya. Kita tinggal download aplikasinya terus scan sidik jari anak ya. Minimal dengan rekomendasi hasilnya kita ada gambaran untuk perkembangan anak kedepannya.

    BalasHapus
  10. Sepakat, Mbak, jadi orang tua itu harus terus belajar untuk mendampingi tumbuh kembang anak.
    Saya sendiri udah merasakan manfaatnya melakukan sidik jari anak, jadi lebih paham gaya belajar anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tau ya cara menghadapi anak sesuai dengan karakternya..

      Hapus
  11. Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow ini membantu orang tua mengetahui potensi anak ya mbak
    KLO tahu potensi anak, orang tua jadi lebih mudah memfasilitasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih tau apa karakter dan bakat anak..

      Hapus
  12. Tes sidik jari untuk mengetahui tipe kepribadian ini menarik banget sih mbak. Apalagi harganya pun mayan terjangkau. Saat mengetahui tipe kepribadian anak jadi bisa mengenali potensinya dan memberikan pendekatan yang sesuai.

    Oya apa ini peruntukan cuma buat anak ya mbak? Orang dewasa bisa gak sih mbak?

    BalasHapus
  13. Wah enak nih nyobain MS Learning and Grow, biar tahu gimana hasil tes sidik jari anak.Kalau tahu gaya belajar dan minat belajarnya kan bisa lebih mengembangkan kemampuannya untuk masa depannya nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tau gaya belajar anak yang tepat anak jadi lebih enjoy belajarnya..

      Hapus
  14. Sudah sejak lama tertarik sama tes sidik jari tapi belum kesampaian karena berbagai kendala, mulai dari waktu yang gak pas hingga jarak/lokasi tes yang cukup jauh

    Ternyata sekarang bisa tes sidik jari online ya, biayanya terjangkau pula. Wah ini keren, terobosan yang bagus banget. Langsung download aplikasinya aku nih. Makasi infonya, kak

    BalasHapus
  15. Wah biaya tes sidik jarinya nggak terlalu memberatkan ya. Apalagi manfaatnya, bisa lebih mengenali karakter si anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan praktis pula karena ga perlu keluar rumah, cukup download aja..

      Hapus
  16. Betul banget ya dengan memahami diri sendiri anak jadi tahu mana yang harus diprioritaskan dan bagaimana ia akan belajar atau menentukan pilihan. Terimakasih informasinya ya

    BalasHapus
  17. Mengurus dan memahami anak memang membutuhkan sebuah proses yang panjang dan memahami masa pertumbuhannya serta kebutuhan di setiap usianya.
    Alhamdulillah banget yaah..
    Ada tools yang memudahkan melalui Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow.
    Jadi bisa dibantu dan dibimbing mengarahkan kekuatan anak sesuai dengan karakter mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih mudah memilih langkah selanjurnya

      Hapus
  18. Eh bisa gitu ya liat potensi anak dari sidik jari, baru tau aku. Kalau orang dewasa bisa liat potensi lewat sidiari juga gak kak heheh

    BalasHapus
  19. Orang tua memang perlu banget nih mengenali potensi anak dengan baik agar bisa mendukung dan memfasilitasi anak untuk mengembangkan bakatnya tersebut. Cuma emang rada susah mendeteksi potensi anak jadi lewat pastinya sangat terbantu dengan mengikutkan anak dalam tes sidik jari Ms Learning and Grow ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita jadi tahu bagaimana langkah selanjutnya...

      Hapus
  20. dengan adanya tes begini, orang tua akan lebih dalam lagi mengenali karakter anak dalam belajar dan berinteraksi sehari hari. Jadi lebih mudah untuk diarahkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi tahu bakat dan. Potensi anak juga..

      Hapus
  21. Wahhh bisa tes sidik jari juga, seru bangett, penasaran pengen ikutan tes juga ini jadinya wkwk, udah segede ini masih ragu sama potensi diri soalnyaa

    BalasHapus
  22. Baru tahu bisa liat potensi, kepribadian dll. Jadi pengen cobaa jugaa

    BalasHapus
  23. mengetahui karakter dan pola belajar anak itu bisa membantu kita agar mengarahkan anak sesuai potensinya yaa mba.. biar nggak bikin anak makin stres karena dituntut ini itu

    BalasHapus
  24. Mengenali bakat dan potensi anak sejak dini penting banget ya, karena kita sebagai orang tua bisa jadi mengarahkan anak mesti mengembangkan apa sesuai bakat, potensi, dan minatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau tahu sejak dini lebih mudah lagi memahami si kecil..

      Hapus
  25. orang tua sekarang emang harus terbuka dan melek sama kemampuan dan kecerdasan anak beda2 yaa, ga melulu dituntut pinter secara akademik, karena kecerdasan dan potensi bakat yang lain2 juga masih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi bener banget. jadi tantangan besar nih buat orangtua, eh buat kita juga sih bekal jadi orangtua :D

      Hapus
  26. wahh menarik banget ini fitur dari MS Glow, aku mau coba ah ke keponakanku..

    BalasHapus
  27. lho lho lho hampir salah fokus! 🤣

    wuah ternyata ikutan tes sidik jari bisa memgetahui banyak hal prnting dalam diri kita ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Salah fokus kenapa, kirai skincare yaa hihihi

      Hapus
  28. Waaaah, dunia makin canggih ya. Untuk tahu potensi anak sejak dini, sekarang bisa pakai sidik jari?

    Kereeen. Padahal aku tahunya cuma pake tes IQ aja

    BalasHapus
  29. Tes Sidik Jari ini termasuk tidak boleh disepelekan ya, karena mengetahui potensi Anak itu penting banget. Agar bisa lebih mudah untuk mengarahkan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nambah cakrawala orang tua tentang potensi skill dan bakat anak ya, biar ga ngoyo ngejar kognitif dan mengabaikan passion sama bakat anak yang lainnya

      Hapus
    2. Aku juga mau nyobain nih buat anakku yang masih balita. Biar bisa segera mengarahkan ke hal-hal yang potensil bagi dia.

      Hapus
    3. Boleh boleh.. Buat orang dewasa juga bisa kok..

      Hapus
  30. jika sudah diketahui bagaimana potensi anak akan lebih mudah untuk mengarahkan mereka tentang minat dan bakat. Pasti bakalan lebih menikmati lagi prosesnya anak anak kita

    BalasHapus
  31. Awal baca galfok, kirain nama skincare. Rupanya MS learning and grow. Hehe

    Ini kayak stifin itu ya mbak? Atau ada bedanya?

    BalasHapus
  32. aq juga pengen tes sidik jari untuk anak-anak ku kak, soalnya jujur aq sendiri masih bingung minat bakat anak q tuh lebih condong kemana. dan dengan tes ini bakal memudahkan mengenali bakat anak ya

    BalasHapus
  33. Keren sekali nih bisa ngelihat potensi anak via sidik jarinya. Dulu aku cuma tes kyk psikologi gitu sih. Itupun setelah aku tamat kuliah. Jadinya ya kayak hidupku tak terarah.

    Meski telat, aku sih bersyukur masih bisa mengubah arah hidupku. Nah kalo ada tes potensi anak kayak gini harus dimanfaatkan betul tuh sejak dini biar mereka ngga salah arah ambil kehidupannya nanti.

    BalasHapus
  34. Dari tes sidik jari bisa diketahui 4 tipe kepribadian ya.
    Dengan begitu buat anak² tentunya bermanfaat dalam mengenali bakatnya

    BalasHapus
  35. Wah ini apa, ada inovasi lagi yah dari MS. Mau coba ah, penasaran di aplikasiin ke anak semata wayang di rumah. Thanks informasinya.

    BalasHapus
  36. Lumayan banget ini ya dan prosesnya juga cepat. Hanya dengan scan sidik jari doang kita bisa memprediksi karakter anak kedepannya.

    BalasHapus
  37. Wahh.. karakter anak Mbak sama ternyata dengan aku, lo, tipikal steadiness compliance. Gak suka ribut dan berdebat tetapi rada perfeksionis dan maunya serba teratur, heheee..
    Tes sidik jari ini penting banget menurutku. Bukan cuma untuk anak, tapi untuk kita yg dewasa pun sangat bermanfaat utk mengetahui potensi yg ada.

    Apalagi sekarang ada aplikasi MS Learning and Grow yg keren banget karena tesnya bisa dilakukan secara online.

    BalasHapus
  38. canggih, baru tahu ternyata sidik jari punya korelasi otak, jadi paham kenapa bisa cek kepribadian lewat sidik jari

    BalasHapus
  39. saya jadi ingin cari tahu potensi anak-anak saya nih. agar bisa saya arahkan sejak kecil ke bidang yang emang cocok untuk mereka. jadi gak salah jalur nantinya

    BalasHapus
  40. aku udah pernah nyobain test sidik jari ini mba.. lumayan yaa, tp agak gak akurat hasilnya

    BalasHapus
  41. terjangkau juga yaa harga tesnya dan hasilnya kita jadi tau potensi anak, jadi bisa mengarahkan sesuai minat dan bakatnya yaaa

    BalasHapus
  42. Saya ada sih di sekolah tapi saya nggak mau wkwkw

    BalasHapus