Begini Caranya Membuat Asem asem Ikan Tuna yang Segar dan Tidak Amis

by - 11:15:00 PM

resep asem asem ikan tuna segar tanpa amis


Semenjak ayahnya anak anak pindah tugas, jadi lumayan sering makan ikan segar. Sebelumnya kalau makan ikan biasanya ikan pindang. Karena memang belanjanya cuma di Kang Sayur keliling. Apa yang ada ya itulah yang di beli.

Nah, tempat kerjanya Ayah yang sekarang dekat sekali dengan tempat pelelangan ikan, jadi kalau pas butuh ikan bisa beli. Lumayan lah, kalau biasanya anak anak seringnya makan daging ayam negeri sekarang lebih sering makan ikan.

Tapi kadang bingung juga ya, takut kalau anak anak bosen dengan menu yang itu itu saja. Kalau si sulung sih, karena sudah besar bisa makan dengan berbagai jenis masakan. Si nomor dua juga gitu, sudah bisa menerima aneka macam masakan. Tinggal si kecil ini yang agak susah. Kudu telaten ngerayunya biar mau mencoba menu baru.

Beberapa waktu lalu sempat mencoba untuk membuat bakso ikan dan tahu tuna. Alhamdulillah semuanya suka. Nah sekarang giliran menu lainnya. Akhirnya saya memilih untuk membuat asem asem ikan tuna.

cara memasak ikan tuna agar tidak amis

Sebelum di masak, ikan tuna sebaiknya dibersihkan lalu dimarinasi dengan bumbu. Agar ikan rasanya lebih enak dan tidak amis, sebaiknya campurkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon pada bumbu marinasi.

Untuk bumbu marinasinya sendiri, saya memilih bumbu tradisional yang membuat sendiri. Banyaknya bumbu tergantung ikan yang akan kita beri bumbu. Anggap saja ikannya seberat satu kilo, maka buat bumbu marinasi dengan komposisi berikut :
 3 butir bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sendok makan garam
air secukupnya kira-kira 100ml

Ulek dan campur semua bahan marinasi, kemudian masukkan ikan yang sudah dipotong potong sisihkan. Ulangi sampai potongan ikan habis. Jika ada sisa campuran bumbu bisa disiramkan di atasnya. Kemudian taruh ikan tersebut di dalam kulkas, tapi jangan di masukkan freezer ya.

Dalam kondisi di marinasi seperti ini, ikan bisa tahan di kulkas kurang lebih selama seminggu. jika ingin memasaknya tinggal ambil saja lalu goreng atau masak sesuai selera tanpa harus menunggu leleh terlebih dahulu. KArena ikan dalam kondisi dingin saja tidak sampai beku.

ikan tuna segar dari pelabuhan perikanan pondok dadap sendangbiru malang


Tidak hanya ikan tuna, asem asem bisa terbuat dari ikan apa saja. Ikan bandeng, patin atau ikan lainnya. Dan sebelum diolah menjadi asem asem, ikan bisa dalam kondisi mentah, digoreng atau di panggang terlebih dahulu.

Jika ikan segar dimasak menjadi asem asem, tentunya lebih sehat jika dibandingkan dengan digoreng terlebih dahulu. Tapi ikan jadi lebih mudah hancur. Opsi lainnya yaitu ikan bisa dipanggang terlebih dahulu. Memanggangnya jangan terlalu lama, karena ikan bisa keras. Jadi cukup panggang setengah matang saja. Tidak masalah juga jika anda lebih suka menggorengnya terlebih dahulu, tapi menggorengnya cukup setengah matang saja ya, biar ikan tidak hancur saat diolah menjadi asem asem.

tips memasak ikan agar lebih sehat dan rendah kolesterol

Untuk memanggangnya, sediakan cobek tanah atau wajan dari tanah yang biasa disebut sangan. Beri beberapa lapis daun pisang sebagai alas ikan agar tidak cept gosong. Panggang ikan sampai warnanya berubah menjadi lebih putih dan padat. 

Kalau saya kemarin, setelah saya marinasi dengan bumbu, ikan saya goreng sebentar. Karena di rumah sedang tidak punya daun pisang. Andai punya daun pisang, mungkin saya lebih memilih untuk memanggangnya sebentar karena lebih sehat.


Baiklah, mari kita menuju resep asem asem ikan tunanya ya

Bahan ikan tuna kurang lebih 1 kg
250 gr wortel potong potong sesuai selera
7 butir belimbing wuluh, potong menjadi beberapa bagian. Kalau suka, boleh ditambah.
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 ruas jahe digeprek
1 ruas kunyit digeprek
1 ruas lengkuas digeprek
3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
2 butir tomat potong potong
2 buah cabai merah potong menyerong
cabai rawit sesuai selera
garam
gula
minyak untuk menumis
500 ml air untuk kuah

bumbu asem  asem ikan laut yang segar

cara memasak asem asem tuna
tumis semua bumbu sapai layu dan berbau harum, lalu masukkan wortel yang sudah dipotong-potong. Tunggu sampai wortel setengah matang. Kemudian masukkan ikan, campur dengan bumbu. Setelah itu masukkan air. Masak sampai air mendidih, jika lebih suka kuahnya sedikit biarkan sampai air menyusut. Tambahkan gula dan garam. Setelah rasanya oke, baru angkat dan asem asem tuna siap untuk di sajikan.

Ada dua macam bahan yang bisa digunakan untuk menambah sensasi asam pada masakan asam asam, yaitu asam jawa dan belimbing wuluh. Kalau ada belimbing wuluh, saya lebih memilih belimbing wuluh. Karena tidak hanya menambah citarasa asam pada masakan, tapi bisa juga dimakan. Jadi kalau anda lebih memilih asam jawa, itu bukanlah masalah. Tergantung selera masing masing.

Nah itu dia resep asam asam ikan tuna dan tips mengolah ikan sebelum dijadikan masakan. Semoga bermanfaat ya...



You May Also Like

0 comments