Beberapa Jenis Kain yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kemeja

by - 9:50:00 PM




Beberapa Jenis Kain yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kemeja


Mengenali jenis kain itu penting lo, apalagi jika anda suka berbelanja pakaian secara online. Baik itu kain yang digunakan sebagai bahan kemeja, dress, gamis maupun hijab/kerudung. Dengan mengetahui jenis kain, kita akan lebih mudah membayangkan bagaimana nantinya jika pakaian tersebut dipakai, bagaimana cara merawat dan menyimpannya.

Beberapa waktu lalu saya sempat tertarik ketika melihat sebuah gambar pakaian di sebuah e-commerce. Dari segi model saya suka, harganya pun masuk akal. Namun setelah membaca deskripsinya lebih lanjut, saya jadi ragu karena tidak kenal dengan jenis kain yang disebutkan di deskripsi tersebut. Ujung-ujungnya, saya enggak jadi beli, karena ragu-ragu. Sore sampai malam harinya saya masih terbayang-bayang poto itu. Kesel, tapi mau bagaiamana lagi, sebagai emak hemat pantang beli kalau akhirnya merugi wkwkwk. Itulah, betapa pentingnya kita mengenal jenis-jenis kain, agar enggak ragu-ragu lagi seperti saya. Sampai kebawa mimpi gara-gara enggak kebeli hehehe. Belajar mengenal kain sedikit demi sedikit yuk. 

Jenis kain itu ada banyak sekali. Masing-masing memiliki bahan dan tekstur khas, sehingga hanya bisa digunakan untuk model pakaian tertentu. Nah kali ini kita akan belajar sedikit tentang kain yang biasa dibuat untuk kemeja.

Ada berbagai pakaian yang bersifat universal atau dapat dipakai oleh pria maupun wanita. Salah satunya yakni kemeja yang cocok untuk digunakan oleh wanita maupun pria dalam berbagai acara. Meskipun universal, bukan berarti tidak ada perbedaan antara kemeja pria atau wanita. Ada berbagai perbedaan yang menunjukkan suatu kemeja lebih cocok untuk pria ataupun wanita. Mulai dari letak kancing sampai bahan yang digunakan. Ya, bahan untuk membuat kemeja wanita umumnya lebih bervariasi ketimbang kemeja untuk pria. Lalu, apa saja jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja wanita? Berikut ini beberapa diantaranya.


Katun

Kain jenis katun merupakan salah satu kain yang paling nyaman digunakan untuk berbagai macam pakaian, tak terkecuali kemeja wanita. Kemeja wanita berbahan katun umumnya bisa digunakan pada berbagai macam acara mulai dari formal sampai kasual tergantung padu padan yang Anda lakukan. Selain itu, kemeja berbahan dasar kain katun juga sangat nyaman untuk aktivitas sehari-hari sehingga sangat cocok apabila Anda menggunakannya untuk bekerja.

Oxford

Jenis kain lainnya untuk kemeja wanita yang cukup universal untuk berbagai acara adalah kain oxford. Kain oxford merupakan kain dengan tekstur yang cenderung rata namun memiliki tampilan berupa titik-titik seperti pixel. Jenis kain oxford pada kemeja sangat cocok untuk digunakan pada berbagai macam keperluan seperti untuk seragam kantor, sekolah maupun pakaian sehari-hari. Biasanya kain ini memiliki motif sehingga apabila Anda mencari kemeja berbahan kain oxford dengan motif yang polos akan sedikit susah untuk menemukannya




Denim


Bahan denim merupakan bahan yang sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Salah satunya yakni untuk digunakan sebagai kemeja. Menggunakan bahan denim untuk kemeja bisa menjadi cara yang jitu apabila Anda ingin menggunakannya pada acara formal. Selain itu, material denim juga bisa membuat tubuh Anda merasa lebih hangat karena kainnya yang cukup tebal. Material denim sangat cocok apabila dipadu padankan dengan bahan kulit baik pada heels maupun ikat pinggang.

Chambray

Suka dengan kemeja berbahan dasar denim namun tidak ingin merasakan material yang terlalu kaku? Jangan khawatir karena ada kemeja wanita dengan bahan dasar kain chambray yang bisa menjadi pilihan Anda. Penggunaan kain chambray telah banyak digunakan baik pada kemeja pria maupun kemeja wanita. Bahan ini membuat penggunanya akan merasa hangat karena materialnya yang cukup tebal namun tetap merasa nyaman. 

Flanel

Jenis kain yang satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal saat ini. Ya, kemeja wanita berbahan dasar flanel banyak diminati karena motifnya yang khas dan sangat fleksibel untuk berbagai acara. Penggunaan kemeja flanel biasanya digunakan untuk orang-orang yang sedang melakukan travelling atau naik gunung. Karena, materialnya yang cukup tebal membuat penggunanya akan merasa hangat saat mengenakannya. Meskipun demikian, menggunakan kemeja flanel untuk kegiatan sehari-haripun tidak ada salahnya karena kemeja yang satu ini cenderung fleksibel untuk berbagai acara kecuali acara formal.

Drill

Bahan lainnya yang biasa digunakan untuk membuat kemeja wanita adalah bahan drill. Bahan ini memiliki tekstur berupa garis miring pada kedua sisi yang jika dipegang akan terasa cenderung halus dan dingin. Bahan ini akan sangat cocok apabila Anda ingin menggunakan kemeja di tempat-tempat panas karena materialnya yang cenderung bersahabat.


Menggunakan kemeja bisa menjadi pilihan untuk berpakaian sehari-hari dan mudah didapatkan. Kemeja wanita yang cenderung bervariasi bisa Anda dapatkan dengan mudah saat ini di Matahari Mall. Karena, di Matahari Mall Anda akan menemukan berbagai kemeja dengan beragam jenis kain yang bisa Anda gunakan untuk outfit sehari-hari. Yuk belanjaaaa...










You May Also Like

0 comments