Apa Alat Memutihkan Gigi Favorit Anda?

by - 4:34:00 PM

Alat memutihkan gigi lemaripojok

Apa Alat Memutihkan Gigi Favorit Anda?

Bicara soal gigi, zaman sekarang ini orang orang mendatangi dokter gigi bukan hanya untuk meminta obat sakit gigi atau perawatan gigi rutin saja. Namun juga untuk mempercantik gigi. Dengan bantuan peralatan dan ilmu pengetahuan modern, gigi yang tidak rapi bisa berubah menjadi rapi dan teratur, gigi yang berwarna kuning bisa diubah menjadi lebih putih menggunakan alat memutihkan gigi 

Sebenarnya ada juga cara tradisional untuk memutihkan gigi, namun cara ini meskipun lebih ekonomis nyatanya kurang efektif dan biasanya memakan waktu yang lama. Dan orang-orang lebih senang dengan yang berbau instan, meskipun menghabiskan dana yang tidak sedikit. 

Secara tradisional, orang orang biasanya memutihkan gigi dengan menggosokkan bubuk arang di permukaan gigi. Dengan melakukan hal secara rutin selama beberapa hari, konon dapat membuat gigi jadi lebih putih. Tapi entah, apabila kebiasaan ini berhenti, gigi akan tetap putih atau kembali ke warna semula. 

Alat memutihkan gigi lemaripojok

Padahal, warna asli gigi itu adalah putih seperti putihnya gading. Bukan putih yang cerah sekali. Gigi saya pun bukan jenis yang putih sekali, melainkan agak (sedikit) kuning. Semenjak saya menyadari kalau saya punya gigi, memang beginilah adanya warna gigi saya. 

Pernah sih saya baca, perbedaan warna gigi itu disebabkan oleh adanya perbedaan lapisan enamel yang melapisi gigi. Jika lapisan enamelnya tipis, maka warna lapisan dentin yang ada di dalamnya jadi lebih terlihat, sehingga gigi nampak kuning. Hal ini bisa dikarenakan oleh faktor genetic juga. 

Namun ada juga yang disebabkan oleh faktor kesehatan. Gigi yang kurang sehat bisa jadi terlihat menjadi lebih kuning jika dibandingkan dengan gigi yang sehat. Gigi yang kurang sehat itu bisa disebabkan oleh retaknya lapisan enamel. Sedangkan lapisan enamel bisa retak disebabkan oleh kecelakaan atau grinding (menggemeretakkan gigi saat tidur). 

Grinding sendiri bisa terjadi jika ada ketegangan rahang dan otot disekitar mulut. Dan tahukah anda? Kalau ternyata ketegangan ini bisa disebabkan oleh masalah psikis. Misalnya saja stress atau kemarahan yang tertahan. Untuk menghindarinya ada baiknya jika anda membuat diri anda lebih rileks ketika hendak tidur. Karena kalau anda melakukan grinding secara terus-terusan bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah retaknya lapisan enamel yang membuat gigi nampak kuning. 

Sedangkan perawatan modern agar gigi jadi putih bersih dapat dilakukan dengan dua cara yaitu bleaching dan pelapisan gigi. Anda dapat melakukan sendiri teeth whitening dengan metode bleaching ini di rumah namun dibawah pengawasan dokter gigi. Waktu yang dibutuhkan jika anda melakukan teeth bleaching sendiri antara 2-3 minggu. Jika anda menginginkan proses bleaching yang lebih cepat, anda bisa menggunakan metode bleaching gabungan yaitu di tempat praktek dokter dan di rumah. Proses ini memakan waktu kurang lebih satu minggu. Jika anda ingin lebih praktis lagi, anda bisa melakukan proses bleaching yang lebih cepat, yaitu dengan melakukannya full di tempat praktek dokter dengan waktu hanya satu jam saja. 

Alat memutihkan gigi lemaripojok

Cara yang kedua adalah veneer, atau melapisi gigi dengan menggunakan bahan pelapis yang terbuat dari akrilik/komposit atau porselen. Caranya adalah dengan sedikit mengikis enamel gigi anda untuk mempersiapkan tempat veneer gigi anda. Apabila enamel gigi tidak dikikis , maka setelah dipasang veneer, gigi anda akan nampak lebih menonjol. Menggunakan veneer gigi ini kelebihannya adalah dapat memperbaiki warna, bentuk dan posisi gigi agar lebih baik lagi. Selain itu veneer juga tidak mempengaruhi gusi. Sedangkan kekurangannya, gigi yang dipasang veneer sama dengan gigi biasa, jika tidak dirawat dapat mengalami pembusukan. Gigi yang dipasangi veneer juga lebih sensitive karena lapisan enamelnya lebih tipis. Jadi lebih mudah terasa ngilu bila dibandingkan gigi lain yang tidak dipasang veneer. Nah, semua memang ada kelebihan dan kekurangannya. 

Memutihkan gigi dengan cara modern tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun anda jangan khawatir, gigi anda tetap bisa putih asalkan anda menggosok gigi dengan pasta gigi yang tepat. Dan tentu saja anda harus menggosok gigi dengan rutin, jangan sampai bolong-bolong. 

Alat memutihkan gigi lemaripojok


Alat memutihkan gigi yang paling mudah didapat dan harganya terjangkau adalah pasta gigi. Pasta gigi yang dapat memutihkan gigi adalah pasta gigi yang memang dikhususkan untuk memutihkan gigi. Karena kita tahu, pasta gigi itu ada banyak macamnya. Ada yang untuk mencegah gigi berlubang, ada yang untuk gigi sensitif dan tentu saja pasta gigi yang berkhasiat untuk memutihkan gigi. Dengan menggunkan pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi/whitening ini anda pun bisa mendapatkan gigi putih dengan harga yang ekonomis namun dengan tempo yang lebih lama. 

Nah, kira-kira anda butuh untuk memutihkan gigi apa tidak? Kalau butuh, alat memutihkan gigi yang mana nih yang jadi favorit anda?

You May Also Like

1 comments

  1. Aku butuh mba, biar pas senyum langsung cliiing, tp susah bgt putihin gigi secara alami.

    ReplyDelete