merawat rambut dengan bahan alami dan mudah dijumpai

by - 6:16:00 PM



Apakah anda memperhatikan label yang menempel di botol kemasan shampoo? Di setiap kemasan pasti menuliskan bahan-bahan yang terkandung di dalam shampoo. Akhir-akhir ini yang sedang ngetrend adalah shampoo atau perawatan rambut yang mengandung bahan alami. Disadari atau tidak, bahan-bahan tersebut melimpah di sekitar kita. Hanya saja manusia zaman sekarang memilih yang praktis. Sehingga shampoo dalam kemasan yang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan bahan alami itu sendiri.

Memang, untuk menjaga kualitas dan agar produk perawatan tersebut laku dan mampu bersaing di pasaran, hampir semua shampoo mengandung bahan-bahan tambahan seperti pewangi, pengental dan pengawet. Namun anda tak perlu khawatir karena bahan-bahan tersebut diberikan dalam batas yang aman meskipun anda pakai sehari-hari.

Buat anda pecinta bahan alami atau mengalami alergi jika menggunakan shampoo atau perawatan rambut pabrikan,anda bisa mencoba beberapa resep berikut untuk merawat rambut anda agar tetap indah.

Agar rambut Indah bercahaya

Bahannya sangat mudah dijumpai, yaitu menggunakan daun pisang. Caranya adalah dengan menggunakan 2 pelepah daun pisang yang sudah kering. Bakar daun tersebut hingga menjadi abu. Kemudian rendam abu tersebut dengan air dingin dan biarkan sampai shehari semalam. Gunakan air rendaman yang bening untuk keramas.

Agar Rambut menjadi lebih subur

Rendam segelas abu gosok menggunakan satu liter air, diamkan hingga 12 jam atau semalaman. Keesokan harinya, saring dan endapkan rendaman abu gosok tersebut. Ambil beningnya saja. Kemudian basahi rambut dengan menggunakan air tersebut sampai merata, bungkus dengan handuk dan biarkan hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan “ritual” ini hingga 12 hari berturut-turut.

Resep kedua yaitu dengan menggunakan wortel. Ambillah 2 hingga 3 buah wortel yang sedang besarnya kemudian kupas dan cuci hingga bersih. Setrelah itu parut dan peras. Usapkan air perasan wortel tadi ke kulit kepala sampai rata, pijit perlahan dan biarkan semalaman. Keesokan harinya keramas eperti biasa. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu secara rutin.

Mengatasi kerontokan rambut

Jika mengalami kerontokan rambut, jangan terlalu khawatir, karena hal itu wajar adanya. Namun anda patut khawatir ketika dalam sehari lebih dari 80 helai rambut yang rontok. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa resep berikut :

Ambil beberapa buah jeruk nipis, belah dan gosokkan pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, oleskan kuning telur pada kulit kepala hingga merata. Kemudian, bungkus kepala dengan handuk sampai semalaman. Esok harinya keramasi rambut seperti biasa. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

Ambil daun lidah buaya, belah kemudian ambil lendirnya. Setelah itu oleskan pada kulit kepala hingga merata. Bungkus dengan handuk semalaman. Keesokan harinya keramas seperti biasa. Ulangi beberapa kali secara rutin

Ambil 4 butir bawang merah, kemudian tumbuk hingga halus.Setelah itu bubuhi dengan air  matang secukupnya. Oleskan pada kulit kepala hingga merata selama 15 menit. Kemudian keramaslah hingga bersih.

Cara mengatasi ketombe

Ambillah beberapa siung bawang merah yang telah dikupas, kemudian tumbuk sampai halus. Usapkan bawang tersebut di kulit kepala sambil dipijit perlahan. Lakukan pijitan ke arah ubun-ubun selama 5 sampai 10 menit. Kemudian siram dengan auir hangat. Setelah itu keramasi rambut anda seperti biasa/. Lakukan cara ini satu kali seminggu secara rutin.

Ambil 2 sampai 3 buah mengkudu/ pace yang telah masak lalu remas-remas dengan air secukupnya dan saring. Keramasi rambut dengan menggunakan air remasan tersebut. Biarkan hingga 5 menit kemudian keramasi sampai bersih. Untuk menghilangkan bau mengkudu, gunakan shampoo yang wangi. Jika ingin menghitamkan rambut, bisa juga air remasan mengkudu ini ditambah dengan perasan daun pandan. Lakukan cara yang sama dengan cara diatas.

Ambil seikat kecil sayur kangkung, kemudian potong-potong.Rendam kpotongan kangkung tersebut dengan air biasa sampai semalam suntuyk. Air rendaman akan berubah menjadi kebiru-biruan. Kemudian keramasi rambut dengan menggunakan air rendaman tersebut. Lakukan secara rutin hingga 3 kali seminggu.

Ambil beberapa buah belimbing wuluh, kemudian diparut dan disaring. Gunakan air perasan belimbing wuluh tersebut untuk membasahi kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit, kemudian keramasi seperti biasa.

Ambillah sesendok cuka, campurkan dengan minyak kelapa. Gunakan ramuan tersebut untuk memasahi rambut dan biarkan semalam suntuk. Keesokan paginya keramas hingga bersih. Lkukan secara rutin, 2 kali seminggu.

Wah, ternyata bahan-bahan yang dapat digunakan untuk merawat rambut kita adalah bahan-bahan yang mudah kita jumpai sehari-hari ya. Bahkan beberapa diantaranya adalah bumbu masak yang bisa kita jumpai di dapur. Jika ingin merawat rambut secara alami dan terjangkau, boleh lo resep resep diatas anda gunakan. Kira-kira ramuan yang mana nih yang mau dicoba lebih dulu?

You May Also Like

1 comments