Colour To Life Faber Castell : Mewarnai dan Melatih Otak dengan Cara yang Menyenangkan

by - 7:15:00 PM


 Colour To Life Faber Castell : Mewarnai dan Melatih Otak dengan Cara yang Menyenangkan


Saya baru tahu kalau ternyata mewarnai gambar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Maklumin saja ya, saya dulu sekolah TK-nya cuma sebentar. Sedangkan di rumah lebih senang permainan yang menggunakan fisik. Anak desa gitu kan, hobbynya main ke sawah dan tegalan. 

Sampai dewasa saya tidak tertarik dengan segala hal yang berhubungan mewarnai, pun beberapa waktu lalu saat orang lain berlomba-lomba menunjukkan hasil mewarnai mereka, saya tetap bergeming. Tidak ada ketertarikan sama sekali. 

Namun hal itu berubah ketika di tangan saya ada “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell yang dilengkapi 20 warna connector pen. Tiba-tiba saja saya ingin mewarnai dan merasakan sensasinya. Apakah memang sedemikian menyenangkan seperti yang orang-orang bilang. 



Awalnya saya merasa kaku, bingung untuk memulainya. Karena connector pen ini modelnya sama dengan spidol, bukan berupa crayon atau pensil warna. Salah sedikit saja maka akan kelihatan, dan apabila warnanya bertumpuk akan berubah dari warna aslinya. Oleh karena itu kita harus paham perpaduan warna. Misalnya saja jika connector pen berwarna kuning ditimpa warna orange maka akan berubah menjadi merah. Selain itu waktu mewarnai kita pun harus hati-hati jangan sampai kita menggoreskan ujung connector pen di tempat yang sama berulang-ulang, karena warnanya jadi bertumpuk dan kertasnya bisa rusak. 

Kebingungan saya tidak bertahan lama, begitu melihat sehelai kertas yang juga merupakan bagian dari box Faber Castell Colour to Life. Yaitu sehelai kertas yang didalamnya terdapat beberapa teknik mewarnai menggunakan connector pen. Ada teknik patterning, pointillism, squiggling, shading, dan contouring



Saya pun mulai berimajinasi, membayangkan kira-kira pola mana yang akan saya pakai dan warna apa yang akan saya gunakan. Sungguh mengasyikkan, karena saya bebas berekspresi. Main tabrak warna atau motif sesuka saya . Setelah menyelesaikan satu gambar, rasanya saya ingin mewarnai lagi… apakah ini yang dinamakan ketagihan? Hihihi 

Pada saat mewarnai, saya benar-benar menahan diri saya untuk terus telaten dan sabar. Karena saya bukanlah orang yang memiliki sifat keduanya. Makanya begitu menyelesaikan satu gambar rasanya sungguh luar biasa. Yess, akhirnya saya berhasil. Sebuah pencapaian buat saya. 

ini hasil pekerjaan saya

Mungkin karena saya kurang mendapat stimulasi untuk melatih motorik halus saat saya masih kecil, ketika semakin dewasa saya menjadi orang yang grusa grusu alias gak sabaran. Saya juga bukanlah orang yang telaten. Akibatnya, kalau jalan sering nabrak-nabrak, menumpahkan sesuatu, dan memecahkan barang itu menjadi hal yang biasa terjadi. 

Untunglah anak-anak dulu sekolah TK lebih lama dari saya, jadi mereka berada pada kondisi dimana harus belajar motorik halus lebih intens daripada saya. Tapi bukan berarti saya mengecilkan yang tidak sekolah TK loh ya, selama orang tuanya bisa menstimulasi sesuai usianya, mengapa tidak? Saya hanya memandang dari sudut saya pribadi yang seakan kehabisan waktu mengurusi tetek bengek ketiga krucil saya. 



Art Therapist Mutia Ribowo SDs, MA pernah menyatakan bahwa dari sisi kemampuan motorik, menggambar dan mewarnai bisa membantu koordinasi tangan anak. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa “Menggambar juga bisa stimulus otak kanan dan kiri. Otak kiri kan membuat kita lebih realistis, practical, dan analytical. Kalau diseimbangkan dengan menggunakan otak kanan, analisa yang dipakai bisa menggunakan empati, intuisi. Bagi anak realistis, lebih bisa memandang posisi orang lain” . 

Ditambahkan juga oleh Mutia bahwa menggambar dapat melepaskan emosi negatif si anak, sehingga si anak lebih rileks. Perlu diketahui bahwa emosi negatif dapat menghambat perkembangan mental anak. 

Wah, walaupun nampaknya sepele ternyata menggambar dan mewarnai itu memiliki banyak keuntungannya ya. Makanya, anak saya senang sekali mewarnai, rupanya dengan mewarnai mood mereka jadi naik dan merasa lebih bahagia. 



Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa keinginan saya mewarnai adalah saat melihat “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell. Anda jadi bertanya-tanya kan?

Apa itu Augmented Reality ? Menurut Wikipedia, Augmented Reality (AR) atau Realitas Bertambah adalah teknologi yang menggabungkan antara benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dalam waktu nyata. 

Dengan teknologi AR ini memungkinkan gambar dua dimensi yang kita warnai di colouring book bisa berubah menjadi animasi tiga dimensi dengan bantuan aplikasi yang bisa didownload di smartphone. Menarik bukan? Setelah itu anak anak bisa bermain game yang sudah disediakan. Penasaran caranya bagaimana? 

tertidur




Namun akan saya tunjukkan dulu apa isi dari box “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell ini. Di dalam box terdapat sebuah buku gambar/ Augmented Reality Colouring Book yang berisi 15 halaman , 20 buah connector pen, selembar buku petunjuk cara mewarnai yang dibaliknya terdapat contoh bentuk bentuk binatang dari tutup connector pen dan sebuah majalah “Topik Faber Castell”. 

Dari majalah “Topik Faber Castell saya baru mengetahui bahwa Faber Castell juga memproduksi kertas origami yang disebut Washi paper. Majalah tersebut juga memuat terobosan-terobosan terbaru dan kegiatan Faber Castell di Indonesia maupun dunia beserta keciatan CSR nya. 

Nah, kembali ke “Colour To Life”, berikut ini cara menggunakan “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell. 

1. Warnai “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell dengan connector pen sesuai dengan selera masing-masing. Ingat ya, frame atau pigura yang ada di kertas gambar tidak usah diwarnai. 

2. Download game “colour To Life” 

Buka playstore atau apps store, ketik “Colour To Life” di kolom search lalu akan muncul ikon game “Colour To Life” lalu klik. Untuk android, di layar akan muncul gambar seperti ini : 




3. Setelah terinstal, kemudian buka aplikasi dan klik start

4. Pilih Game. Pilihlah game yang sudah anda warnai sebelumnya. 

5. Kemudian akan muncul tulisan yang berisi petunjuk untuk menggunakan game tersebut, klik panah. 

6. Kemudian scan gambar. Pada saat melakukan scan, disarankan untuk memposisikan HP tepat di atas gambar. Jarak antara gambar dengan HP 30 cm. Pastikan kalau semua bagian frame/pigura nampak di layar. Gambar akan berubah menjadi tiga dimensi ditandai dengan munculnya warna hijau di layar. Menariknya, warna tokoh yang muncul di Augmented Reality game sesuai dengan yang ada di gambar. Hal ini tentu membuat anak anak semakin senang karena imajinasi mereka berubah menjadi nyata. 

7. Nah, sekarang anda bisa bermain game ataupun berswafoto bersama tokoh-tokoh yang ada di dalam “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell. Selengkapnya ada di dalam video berikut ya: 




Dalam “Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell, Ada 5 orang tokoh atau game yang bisa anda mainkan, yaitu : Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance your brain dan safe flight. 

Game Giddy Up yang bergambar seorang cowboy naik kuda bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan motorik anak. Serta meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan dan melatih refleks anak.

Game pogo Boy yang bergambar seorang anak menaiki pogo atau sebuah tongkat unik berbentuk huruf T yang dilengkapi pir. Game ini juga melatih konsentrasi dan motorik anak. Melatih refleks serta meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.

Dress Up Challenge yang bergambar putri ini berguna untuk melatih daya ingat dan konsentrasi anak. Paling susah kalau menurut saya hahaha, tapi fun sih. 


Udah, ga usah rebutan. Mewarnainya gantian aja...

Balance your Brain, game yang bergambar seekor kucing yang menjadi pelukis ini melatih keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri anak. Selain itu, permainan ini juga melatih kecepatan otak.


bocoran salah satu game-nya

Safe Flight yang bergambar pesawat terbang ini berguna untuk melatih motorik dan konsentrasi anak. Dan juga melatih reflek anak.


Mana yang lebih imut?

Dari semua game diatas, favorit saya adalah Dress Up Challenge karena paling susah dan menantang. Terasa sekali otak jadi bekerja kalau memainkan game ini. 

Nah jika penasaran, Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell ini dapat dibeli di Gramedia dan Tokopedia

Yuk mewarnai sekaligus bermain game yang dapat melatih otak bersama Colour To Life” Augmented Reality Colouring Book Faber Castell.


yeayy dapat teman baru...


You May Also Like

0 comments