parenting

Tips Agar Anak Tak Rewel Saat Pertama Masuk Sekolah

00.02.00


Tips agar anak tak rewel saat pertama masuk sekolah

Agar anak tak rewel saat pertama masuk sekolah, ada caranya. Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang tips ini saat anak saya yang ketiga  akan masuk ke PAUD. Dengan harap-harap cemas saya menunggu, apakah usaha saya ini berhasil apa tidak. Ternyata tips agar anak tidak rewel saat pertama masuk sekolah ini benar-benar efektif. Anak ketiga saya, mulai awal masuk sekolah tidak rewel sama-sekali.

Ketika anak akan masuk sekolah untuk yang pertama, tentu sebagai orang tua akan bingung. Baik dalam menentukan sekolah maupun menghadapi drama saat pertama masuk sekolah. Saya akan membahas sedikit saja tentang memilih sekolah PAUD/TK yang sesuai dengan diri kita.  Dan saya akan membahas sedikit lebih panjang tentang tips agar anak tidak rewel saat pertama masuk sekolah.



begini caranya agar pertama masuk sekolah tanpa rewel

Untuk memilih sekolah di jenjang yang lebih tinggi seperti SMP maupun SMA orang tua akan lebih banyak berdiskusi dengan anak, mana sekolah yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun untuk sekolah PAUD dan TK, orang tualah yang lebih berperanan dalam memilihkan sekolah yang sesuai dengan buah hati.

Yang perlu diingat, bahwa sekolah yang baik menurut orang lain belum tentu baik untuk kita. Nah bagaimana kita tahu bahwa sekolah itu baik untuk kita?

agar anak tak rewel saat pertama masuk sekolah


Untuk itu sebelum memutuskan sekolah mana yang akan kita pilih, ada baiknya kita membuat daftar kriteria sekolah pilihan kita.

Daftar kriteria itu kita buat dengan beberapa pertimbangan umum misalnya jarak dari rumah ke sekolah, lokasi / lingkungan sekolah, basis sekolah (agama /umum), dan tentu saja biaya.

Setelah itu carilah informasi yang sebanyak-banyaknya tentang sekolah yg sudah ada dalam daftar.

Informasi tersebut meliputi berapa jumlah murid dan guru dalam satu kelas, bagaimana metode guru dalam mengajar dan bagaimana kedekatan guru dengan murid. Jangan lupa mengunjungi sekolah yang kita minati tersebut.Agar kita benar-benar yakin mengenai informasi yang kita peroleh.


Selain persiapan tentang sekolah tujuan, jangan lupa kita juga harus mempersiapkan anak kita.

hari pertama masuk sekolah yang ceria

  
Pengalaman saya pribadi, anak - anak sudah saya persiapkan untuk sekolah jauh hari sebelum masa pendaftaran. Kurang lebih enam bulan sebelum masa pendaftaran, anak sudah saya kasih tahu, kalau beberapa bulan lagi akan masuk sekolah.

Saya beri gambaran tentang sekolah, misalnya punya banyak teman baru, guru yang ramah dan baik hati. Berikan kesan bahwa sekolah itu sangat menyenangkan.

Setelah beberapa waktu, berikan gambaran yang lebih spesifik misalnya bagaimana cara berkenalan dengan teman baru, apa saja yang dilakukan di sekolah, apa saja yang diajarkan oleh guru dan hal-hal lain yang dapat menumbuhkan semangat bersekolah pada anak. Namun demikian perhatikan kondisi anak pada saat kita melakukan hal-hal diatas, jangan dilakukan ketika anak sedang tidak mood.


Walaupun tidak setiap hari, sering saya selipkan kata-kata yang membuat anak-anak semangat untuk sekolah, akan sangat mengena pada anak kalau sesuai dengan minatnya. Misalnya saja anak saya yang pertama tertarik dengan kereta api, saya bilang kalau ingin buat kereta api ya harus sekolah.
hari pertama sekolah yang gembira

.

Tidak ada salahnya kita bercerita pengalaman kita waktu sekolah pada anak, misalnya berani ke sekolah sendiri (tanpa ditunggui orang tua), apa saja yang dilakukan ketika baru datang di sekolah (disini pentingnya mengunjungi sekolah pilihan), agar ketika anak baru masuk sekolah tidak mengalami kebingungan.

gembira di hari pertama masuk sekolah


Alhamdulillah cara-cara tersebut berhasil saya terapkan pada anak pertama. Mulai hari pertama masuk PAUD, berangkat sekolah hanya diantar bapak tukang becak yang memang kami minta tolong untuk mengantarkan anak kami ke sekolah. Mungkin orang tua lain menganggap saya keterlaluan, karena tidak menunggui anak saya yang baru masuk PAUD (umur 3thn). 

Tapi karena pada waktu itu saya baru melahirkan anak ke tiga, sedangkan ayahnya harus bekerja, jadi tidak ada pilihan lain. Untunglah saya sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari.
Demikian juga dengan anak yang kedua, dengan cara yang kurang lebih sama, divariasikan agar sesuai dengan minat anak.

Itulah beberapa tips agar anak tak rewel saat anak pertama masuk sekolah, semoga bermanfaat ya...



You Might Also Like

5 comments

  1. Kayak nya gw dulu rewel dech, rebutan mainan hehehe

    BalasHapus
  2. laaah ini yang mengingatkan pada anakku pada saat masuk sekolah, ndak mau lepas, kenceng banget pegangannya hehehe

    BalasHapus
  3. Anak saya ga rewel waktu pertama masuk TK, cuma saya agak gimana gitu aga pusing duit melulu dari sekolahnya, dan banyak banget kegiatan yang harus mengeluarkan duit hahhaha

    BalasHapus
  4. Aku juga gitu Mba.. Aku ceritain pas aku sekolah gimana. "Mama dulu nangis sih, tapi terus malu saka teman-teman lainnya, apalagi bu guru baik banget," nah aku bilang gitu, jadi Amay rewelnya cuma beberapa hari aja.
    Dan pilih sekolahnya, Amay aku ajak survey ke beberapa sekolah sih. Dia yang menentukan maunya dimana. :)

    BalasHapus