Tips Agar Anak Senang Menabung.

by - 12.35.00

Tips Agar Anak Senang Menabung.

Tips agar anak senang menabung.
Anak-anak pada dasarnya adalah pencatat ahli dan peniru yang ulung. Apa yang dilihatnya itulah yang dicatat di alam bawah sadarnya. Dan pasti akan ditirunya. 



Mereka akan melakukan sesuatu seperti yang mereka lihat. Mereka tak bisa membedakan apakah itu baik atau buruk sampai seseorang memberi tahunya. 



Jika ingin mengajak anak untuk menyenangi sesuatu, yang perlu kita tata sebelumnya adalah diri kita. Apakah kita juga menyenanginya? Apakah kita melakukannya dengan penuh semangat atau ogah-ogahan? Jika kita sendiri Nampak malas dalam melakukan sesuatu, namun mengajak anak untuk menyenangi hal tersebut nampaknya akan sulit terwujud.



Begitu juga dengan mengajak anak untuk menabung. Sebelum mengajak anak untuk menabung, terlebih dulu tunjukkan kepada mereka bahwa menabung bukanlah beban melainkan kegiatan yang menyenangkan. Tunjukkan raut wajah bahagia ketika anda menceritakan tentang manfaat menabung pada anak. Tunjukkan juga bukti nyata dari proses menabung yang telah anda lakukan. Misalnya barang yang dibeli dari hasil menabung.



Jika kita menunjukkan perasaan senang terhadap menabung tentunya anak-anak juga akan menangkapnya sebagai kegiatan yang menyenangkan.


Tips Agar Anak Senang Menabung.


Masih ada hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk mendorong anak mau menabung, antara lain :



1.Kenalkan anak pada uang. 
Misalnya dengan mengenalkan anak pada pecahan uang dan barang apa yang bisa dibeli dengan uang tersebut.



2.Belikan celengan untuk menabung di rumah.
Sekarang banyak sekali jenis celengan yang bisa dipilih. Bentuknya pun lucu-lucu dan berwarna-warni, yang tentu saja disukai anak-anak. Ada yang terbuat dari plastic atau kaleng. Ada yang bergembok sehingga bisa dibuka sewaktu waktu kemudian dikunci lagi. Ada juga yang permanen, sekali buka berarti tidak bisa digunakan lagi.  Belikan sesuai kebutuhan.



3.Beri anak jatah uang jajan.
Jatah uang jajan ini bermanfaat agar anak bisa mengatur keuangannya sendiri.  



4.Buatkan rekening tabungan di bank.
Sekarang sudah ada rekening tabungan khusus untuk pelajar. Setoran awalnya bermacam-macam, mulai 10.000 rupiah. Jumlah minimum uang yang bisa ditabungkan pun cukup kecil, mulai 1000 rupiah, menyesuaikan dengan uang jajan anak-anak di sekolah. 

Meskipun tabungan pelajar ini, jumlah uang yang ditabungkan juga kecil, tapi tetap dijamin oleh LPS. Jadi tidak akan mendapat perlakuan yang berbeda dengan tabungan orang dewasa.



5.Ajari anak agar bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Biasanya disaat anak banyak uang tabungan, banyak sekali keinginan yang diungkapkan. Disini diperlukan peran aktif orang tua agar anak tidak terjebak dalam situasi kehabisan uang tabungan karena memenuhi keinginan semata.
Pada saat ini anak juga bisa diajarkan tentang prioritas. Bisa memilih antara “sangat penting” “penting”, dan “kurang penting”



6.Biasakan anak untuk bersedekah.
Dengan membiasakan anak bersedekah sama artinya kita melatih empati mereka. Beri pemahaman juga kepada mereka bahwa di sebagian harta yang kita miliki ada hak fakir miskin. Bersedekah juga bisa menjaga agar uang tabungan ayang diperoleh nantinya berguna untuk hal-hal yang bermanfaat, sehingga tidak terbuang sia-sia.




Demikianlah beberapa tips agar anak gemar menabung. Gambaran diatas merupakan gambaran secara umum. Cara terbaik untk “menyentuh’ hati anak tentu saja tergantung pada anak itu sendiri. Dan hanya orang tua dan orang-orang terdekat yang mengetahuinya.




Tidak mudah memang mengajak anak untuk rutin menabung. Sebagai orang tua tentu kita harus sabar dan mau  mengajaknya terus-menerus. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan. Semoga artikel “Tips agar anak senang menabung” ini bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

6 komentar

  1. heheh boleh juga nie tips nya, kebetulan anak ku baru masuk TK, tapi masih belum kenal duit sie. klo jajan aku yg beliin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu anaknya gedean dikit pasti cepet banget kalo ngitung duwit hehehe

      Hapus
  2. Anak saya yang paling bungsu yang paling senang banget nabung..biasanya uang recehan yang dimasukin..hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah...sedikit-sedikit lama -lama menjadi bukit ,PK..

      Hapus
  3. Saya waktu kecil juga suka nabung mbak, malah suka minta dibeliin celengan yang lucu lucu. Tapi kalo udah gede gini rasanya celengan itu kurang efektif soalnya gampang ditarik. Lebih enakan nabung di bank, kadang mager ngambilnya. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak...ke ATM itu suatu pekerjaan tersendiri wkwkwk

      Hapus