otomotif

Dokumen Legal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Beli Mobil Bekas

10:30

Konten [Tampil]




Kendaraan pribadi saat ini menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Dengan memiliki mobil pribadi, kita bebas menentukan waktu saat ingin bepergian. Mobil pribadi menjadi sarana transportasi penting, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan transportasi umum yang terbatas.

Bila masih belum mampu membeli mobil baru, tak  ada salahnya membeli mobil bekas, karena nyatanya walau mobil tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya namun kondisinya masih sangat bagus. Disinilah pentingnya membeli kendaraan bekas di tempat yang tepat, yang memberikan jaminan tentang kondisi kendaraan yang sebenarnya. Dan hal yang tidak boleh dilupakan saat jual beli mobil bekas adalah tentang kelengkapan surat-suratnya.

Surat kendaraan yang lengkap membuat kita sebagai pemilik kendaraan bekas merasa aman dan nyaman bepergian kemanapun. Begitu juga saat kita hendak menjual kembali kendaraan yang kita miliki, misalnya saat ingin mengganti ke tahun yang lebih baru. Maka kelengkapan dokumen legal yang dimiliki kendaraan akan membuat kendaraan kita lebih cepat terjual.

Lalu dokumen legal apa saja yang dibutuhkan saat jual beli kendaraan bekas?


dokumen-wajib-saat-jual-beli-kendaraan-bekas


Dokumen legal yang wajib diperhatikan saat beli mobil bekas adalah :

1. Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB)

BPKB dokumen yang wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor, sebagai bukti sah dan mutlak atas sebuah kepemilikan, BPKB juga harus jelas keasliannya. Setiap halaman yang ada di dalam BPKB memuat segala macam informasi tentang kendaraan yang dimaksud. 

Penting bagi pembeli untuk memeriksa apakah informasi yang tertulis sesuai dengan kondisi kendaraan. Perhatikan juga nomor BPKB dan registrasi di Polda yang tercantum di dalamnya.

2. Surat Tanda Nomor Kendaraan

Di dalam STNK tertera nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Kesesuaian nosin dan noka ini dapat dilihat melalui pemeriksaan yang dilakukan petugas di kantor samsat. Saat mengunjungi kantor Samsat, periksa juga keaslian STNKnya, karena saat ini banyak beredar STNK palsu.

3. Lembar pajak

Pada dokumen yang menjadi satu dengan STNK ini tercantum keterangan tentang pajak yang telah dibayarkan, yang informasinya meliputi waktu pembayaran, nominal jumlah pajak yang telah dibayarkan, serta validasi dari samsat. Kendaraan yang taat pajak apabila dijual memiliki harga jual yang lebih tinggi.

4. Faktur

Faktur disebut juga dengan surat lahir kendaraan. Dokumen ini adalah bukti pembelian yang diberikan oleh pabrik kepada dealer saat unit kendaraan diberikan. 

Faktur juga merupakan salah satu syarat pembuatan BPKB, itulah mengapa dokumen ini harus ada. Di dalam faktur tertulis informasi nomor mesin, nomor rangka, harga jual pabrik ke dealer dan nama atau tanda tangan dari pemilik pertama mobil tersebut

5. Form A ( Khusus untuk kendaraan CBU/Completely Built Up)

Form A adalah bukti hukum yang sah yang menunjukkan bahwa bea masuk dan pajak mobil impor tersebut sudah dibayar lunas. Selain itu Form A juga merupakan syarat dapat diterbitkannya STNK dan BPKB. Mobil impor tanpa Form A tidak bisa diperjual belikan, karena dipastikan tidak memiliki STNK maupun BPKB.

6. Fotocopy KTP pemilik mobil

Setiap transaksi barang bernilai besar biasanya memang membutuhkan fotocopy KTP, begitu juga saat jual beli mobil bekas. Di dalam Fotocopy KTP ini terdapat informasi tentang nama pemilik terakhir mobil yang harus sesuai dengan yang tertulis di BPKB. 

Selain itu tanda tangan yang ada juga bisa disesuaikan dengan yang tertera pada kuitansi, meskipun sebagai dokumen pelengkap fotocopy KTP ini lebih baik disertakan. Jangan lupa siapkan sekalian KTP aslinya untuk membuktikan orisinalitasnya.

7. Surat Jual Beli

Surat jual beli ini berisi informasi yang memuat keabsahan pemilik mobil, di dalam surat ini juga terdapat kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dengan adanya surat jual beli ini dapat menghindari komplain atau kesalah pahaman antara penjual dan pembeli di kemudian hari.

8. Kuitansi Kosong

Kuitansi adalah dokumen penting yang nantinya akan diminta oleh pembeli selanjutnya. Oleh karena itu pada saat transaksi jual beli mobil bekas jangan lupa untuk membawa dua lembar kuitansi kosong yang salah satunya bermaterai. Di dalam kuitansi tertulis nominal dan nama serta tanda tangan dari pemilik kendaraan yang tercantum di dalam BPKB. Simpan baik-baik kuitansi ini bersama dengan dokumen penting lainnya, siapa tahu sewaktu-waktu dibutuhkan.

Nah itulah beberapa dokumen legal yang wajib diperhatikan saat membeli mobil. Pastikan keabsahan dan keaslian setiap dokumen. Memang membutuhkan sedikit waktu, tapi penting untuk menghindari masalah yang kemungkinan muncul di kemudian hari.

Namun tenang saja jika ingin melewati proses yang nyaman, tenang dan tak ingin memiliki kekhawatiran tentang surat menyurat mobil bekas, lebih baik membeli di platform jual beli mobil bekas yang sudah bergaransi seperti Caroline id yang memiliki layanan utama yaitu jual, beli, preorder dan tukar tambah.


Beli Mobil bekas berkualitas di Caroline.id

Berbagai layanan yang tersedia di Caroline.id

1. Beli Mobil Bekas

Caroline.id adalah pilihan tepat untuk membeli mobil bekas. Setiap mobil yang akan Anda beli di Caroline.id telah melewati inspeksi yang mendalam di 150 titik, sehingga kondisi mobil benar-benar diketahui dan informasi ini terbuka untuk calon pembeli. Selain itu Caroline.id juga memberikan 7 macam garansi untuk menjamin kondisi mobil.

7 Garansi yang diberikan Caroline.id yaitu

  • Garansi mesin selama 1 tahun

  • Garansi transmisi untuk 1 tahun

  • Dokumen asli

  • Nomor rangka sesuai dengan dokumen

  • Odometer asli, tidak dimanipulasi

  • Bebas banjir

  • Bebas dari kecelakaan besar.

2. Jual Mobil

Jika ingin menjual mobil dengan proses yang cepat, Caroline.id adalah pilihan yang tepat. Pelayanan Caroline.id mempersembahkan jaminan proses jual yang cepat, nyaman, dan memberikan penawaran harga terbaik untuk mobil Anda. Hanya butuh waktu 30 menit untuk cek kendaraan, kemudian uang akan langsung ditransfer ke penjual dengan jumlah sesuai dengan kesepakatan dalam waktu kurang dari satu jam.

3. Tukar tambah mobil

Bosan dengan mobil yang dimiliki sekarang? Bawa saja ke Caroline.id untuk tukar tambah dengan mobil yang saat ini sedang Anda impikan baik mobil bekas maupun baru. Caroline.id menyediakan beragam merk dan tipe mobil berkualitas, prosesnya juga cepat sehingga tidak membuang-buang waktu. Begitu juga untuk tukar tambah dengan mobil baru, cukup datang ke Caroline.id tanpa harus wara-wiri ke dealer.

4. Beli mobil baru

Pre order dan beli mobil baru adalah layanan terbaru dari Caroline.id. Anda bisa membeli mobil keluaran terbaru dengan harga bersaing. Sampaikan saja merk dan tipe mobil baru yang Anda idam-idamkan, Caroline.id akan melayani dengan sepenuh hati dan mengurus segala prosesnya dengan cepat dan praktis.


Garansi-beli-mobil-bekas-di Caroline.id

Saat ini cabang Caroline.id telah tersebar di berbagai kota di antaranya ada di Medan, Pondok Pinang, Bekasi (ada dua titik), Depok, Serpong, Tajur, Cinere dan Cimahi. Keberadaan cabang-cabang ini membuktikan besarnya kepercayaan masyarakat terhadap hadirnya Caroline.id untuk memenuhi kebutuhan jual beli mobil bekas

Urusan jual beli mobil bekas tidak semata-mata tentang dokumennya saja masih banyak hal penting lain yang perlu dipikirkan, termasuk di dalamnya bagaimana kondisi kendaraan, negosiasi harga, apakah dapat melakukan test drive dan bagaimana sistem pembayarannya.

Melalui Caroline.id semua proses dalam jual beli mobil bekas dapat dilewati dengan nyaman, cepat dan praktis. Tim professional Caroline.id akan mendampingi Anda untuk mendapatkan mobil impian yang berkualitas dengan harga bersaing. Selain itu, Anda juga dapat menikmati promo yang hadir setiap saat. Tunggu apa lagi? Mau jual beli mobil bekas? Yak ke Caroline.id saja.


You Might Also Like

32 comments

  1. Banyak juga ya dokumen legal yang harus kita perhatikan saat membeli mobil bekas. Selama ini, aku berpikir hanya cukup dengan memeriksa BPKB dan STNK saja.

    BalasHapus
  2. Saya juga merasakan tinggal di daerah, tapi tidak punya kendaraan sendiri, Mbak. Mau ke mana-mana repot, apalagi kalau ada keperluan mendadak. Jadi memang walau mobil tak baru, tapi kalau beli mobil bekas di tempat yang terpercaya, pasti akan keren juga mobilnya, karena mobil yang dijual juga sudah dicek dan diuji

    BalasHapus
  3. yaah sayang sekali caronline belum masuk surabaya nih, padahal memudahkan nih yang mau beli mobil tapi budget terbatas, dan di sini tuh banyak loh bisnis sejenis dan tetep laris manis karena banyak anak-anak mudah pengin punya mobil untuk pertama kali

    BalasHapus
  4. Agak tricky sii mau beli mobil bekas, emang harus teliti terutama beberapa dokumen legalnya. Apalagi BPKB juga harus jelas keasliannya, punya siapa. STNK nya juga wajib lengkap pokoknya. Mending memilih beli mobil bekas di platform yang aman dan teroercaya seperti Caroline.id deh.

    BalasHapus
  5. Suami tuh paling teliti kalau beli mobil bekas. Hehe...diraba, diterawang, dilongok ke bawah mobil, buka kap mobil dicek mesinnya. Baru deh nyoba...
    Kalau ada aplikasi gini kan gampang. Engga perlu panas-panas nyari mobil yg pas di hati.

    BalasHapus
  6. Kalau mau beli mobil memang harus banyak hal yang diperhatikan terutama beli mobil bekas, harus teliti banget.
    Asyik ya, kalau beli mobil bekas di Caroline.id, suka ada promonya.

    BalasHapus
  7. Baru tahu lho kalau dokumen yang dibutuhkan sepanjang transaksi pembelian mobi second itu banyak juga yang butuh jadi perhatian. Termasuk harus menyediakan kuitansi kosong bermeterai.

    BalasHapus
  8. Bener banget ini, Mbak. Kelengkapan dokumen legal mesti jadi perhatian penuh. Jangan sampai beli mobil bekas yang legalitasnya berkasus.

    BalasHapus
  9. perintilan dokumen ini memang jangan sampai ada yang terlupa ya kak,
    biar urusan transaksi lebih memudahkan antar pihak

    BalasHapus
  10. Ini yang memang harus diperhatikan, surat surat dan dokumen kelengkapan itu sangat penting buat kedepannya. Apalagi jika kobil mau dijual lagi. Semuanya haris lengkap.

    BalasHapus
  11. Beli mobil bekas harus hati-hati banget terutama untuk dokumen yang terkait kepemilikan

    BalasHapus
  12. Jgn sampe kelupaan tuh kalo beli mobil bahkan mobil bekas sekalipun soal dokumen ini. Kalo ga ada dokumen kan bahaya. Ntr kalo mau dijual lagi nggak bisa.

    Emg bener deh beli mobil bekas di Caroline aja. Kan sdh terjamin kualitas dan after salesnya.

    BalasHapus
  13. Membeli kendaraan apa saja, apalagi Mobil memang harus dipastikan kelengkapan surat-suratnya, mengingat itu bagian dari jaminan legalitas kepemilikan. Jangan sampai udah beli ternyata ga ada suratnya, yang ada jadi masalah baru.
    Biar pasti legalitasnya baiknya beli melalui institusi yamg memang sudah pengalaman atau fokus di jual beli mobil bekas.

    BalasHapus
  14. Kenapa kuitansinya harus kosong dan ada 2 ya? Bukannya kalau mau dijual lagi, berarti kuitansi dikeluarkan oleh penjual baru.

    Semakin memudahkan ya, tempat jual beli online

    BalasHapus
  15. Banyak yang perlu diperhatikan ya ternyata terkait dokumen saat jual beli mobil bekas. Caroline id bisa jadi solusi platform jual beli mobil bekas yang terpercaya

    BalasHapus
  16. Jual beli mobil pakai Caroline jd lebih mudah nih. Nanti kalau mo beli mobil bs nih, jd pertimbangan lewat Caroline.

    BalasHapus
  17. Wah, Caroline.id emang solusi lengkap buat urusan mobil! Dari beli mobil bekas sampe jualan, semuanya disiapin dengan detail dan cepat. Plus, dengan garansi-garansi yang mereka tawarin, bisa lebih yakin lagi soal kualitas mobilnyašŸš—✨

    BalasHapus
  18. Dokumen-dokumen ini bukan hanya penting untuk memastikan keabsahan kepemilikan mobil, tetapi juga untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Kalau mau dijual kembali juga memudahkan

    BalasHapus
  19. Betul sih, saat membeli mobil, kita tidak hanya perlu mengecek kondisi mobil. Tapi juga harus memastikan kelengkapan-kelengkapan suraatnya. Biar aman pas perjalanan.

    BalasHapus
  20. Pemberian garansi yang disediakan caroline.id sangat melegakan calon pembeli nih. Secara sudah mereka klaim kalau kendaraan aman, layak, dan bisa dipertanggungjawabkan kelengkapan surat surat nya juga ya

    BalasHapus
  21. Aman terpercaya yaa beli mobil bekas di Caroline.id, cabangnya juga udah ada di beberapa kota jadi pasti sudah terpercaya

    BalasHapus
  22. ternyata banget ya dokumen yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas. well noted banget ini. saya tahunya cuman BPKB dan STNK aja.

    BalasHapus
  23. Woh iyaa bener banget, kalo mobil bekas harus dicek luar dalem lah pokoknyaa jangan sampe zonk dan tbtb harus ganti ini ituyg mahal harganya hiks

    BalasHapus
  24. Wah, ternyata jual beli mobil bekas di Caroline id bikin hati tenang, ya. Karena dijamin 7 hal yang bergaransi.

    BalasHapus
  25. Kalau mau beli mobil bekas, aku akan percayakan pada caroline.id aja, soalnya caroline adalah situs jual beli mobil bekas terpercaya

    BalasHapus
  26. Noted kak, selain STNK, BPKB, lembar pajak, faktur, dan form A. Ternyata kuitansi kosong juga dibutuhkan ya saat beli mobil bekas. Waaah beli mobil bekas di Caroline garansinya banyak ya

    BalasHapus
  27. Beli mobil second yang terbaik dan aman bisa di Caroline.id.
    Aku juga tenang kalau sudah dibantu cekin semua kelengkapan. Jadi berasa yakin melepas sejumlah uang untuk mengadopsi mobil impian.

    BalasHapus
  28. setuju banget semua dokumen di atas wajib banget diperhatikan saat membeli kendaraan mobil bekas agar tidak mengalami kekecewaan setelah melakukan pembelian mobil bekas

    BalasHapus
  29. Ah lengkap banget ini artikelnya dan bisa jadi panduan tentang dokumen apa saja yang wajib ada saat jual beli mobil bekas. Thanks kak, sudah menuliskannya

    BalasHapus
  30. Senengnya ada Caroline yg bisa bantu jual beli mobil bekas lebih aman dan mudah yaa

    BalasHapus
  31. baru kemarin ada obrolan untuk lihat2 mobil bekas.. mungkin bisa start lihat dari caroline ini ya

    BalasHapus
  32. Baru kali ini ya nemu tempat jual beli mobil bekas yang kasih garansi sampai 7. Gila gak tuh. Perlindungannya maksimal banget. Terpercaya ini mah

    BalasHapus