Hal hal yang Menambah Semangat untuk Menabung

by - 12:41:00 AM

Hal hal yang Menambah Semangat untuk Menabung

Anda punya tabungan di bank? Belum punya? Maka, paksalah diri anda untuk segera menabung di Bank! Apakah terasa berat untuk memulai? Saya rasa itu wajar karena di awal-awal masa menabung, rasanya kita bagaikan kehilangan uang. Karena kita memiliki uang tersebut tapi tidak bisa menyentuhnya. Seolah-olah uang itu hilang. Tapi, percayalah kalau rasa itu hanya sementara.

Rasa itu akan berubah menjadi semangat, ketika anda sudah merasakan manfaatnya. Entah itu karena tiba-tiba ada kebutuhan yang sangat mendesak, sehingga anda bersyukur mepunyai tabungan dan tidak perlu mencari pinjaman untuk mendapatkan uang. 

Atau karena tabungan yang anda miliki, anda bisa membeli barang yang selama ini hanya berputar-putar di angan-angan karena harganya yang mahal sehingga sebelumnya anda tak sanggup untuk membelinya.

Hal hal yang Menambah Semangat untuk Menabung
barang idaman yang diperoleh setelah menabung


Tapi … anda juga bisa mendapatkan semangat menabung dari awal anda memulai menabung. Yaitu dengan menetapkan tujuan. Ya, memiliki tujuan untuk apa nantinya uang tabungan akan digunakan dapat mendorong semangat kita untuk makin rajin menabung. Nah, anda ingin menabung untuk apa? Pikirkan mulai sekarang!

Contohnya saya nih, pada awalnya saya tidak mempunyai tujuan menabung. Asal disimpan saja di bank. Tiap kali ada sale di e-commerce selalu saja tergoda. Yang akibatnya uang saya cuma mampir saja di bank. Namun beberapa waktu lalu, tiba-tiba saya punya keinginan yaitu mengajak orang tua jalan-jalan. Saya pun menahan diri untuk tidak belanja online maupun menarik uang di ATM. Dan ternyata, keinginan saya terwujud! Berkat menabung, saya bisa mengajak keluarga kecil dan orang tua saya jalan-jalan. Hmmm… segalanya jadi mungkin bukan? Karena kalau kita punya keinginan maka secara sadar maupun tidak sadar kita akan berusaha untuk mewujudkannya. Saya sudah membuktikan, anda?

Jika anda menghindari menabung di bank karena riba, toh kini sudah ada bank Syariah yang dapat membantu anda menyimpan uang dengan aman di bank walaupun tanpa bunga. Atau anda malas menabung karena tidak mau dibebani oleh biaya admin? Jangan jadikan itu sebagai alasan untuk enggan menabung di bank. Karena kini ada tabungan yang tidak dibebani biaya administrasi. Tapi biasanya tidak ada kartu ATM. Hmmm tidak masalah bukan? Karena memang diniatkan untuk menyimpan uang.

 Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu uang yang kita simpan di Bank akan terjamin keamanannya. Uangnya tidak akan hilang meskipun bank dinyatakan pailit dan dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan. Karenaaa… uang yang kita simpan di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Nggak tanggung-tanggung, besaran tabungan yang dijamin oleh LPS sampai 2 Milyar rupiah ! 

Hal hal yang Menambah Semangat untuk Menabung


Semua bank yang ada di Indonesia adalah peserta penjaminan LPS. Jadi tidak usah khawatir, anda bisa memilih bank manapun sesuai dengan keinginan anda. Baik bank swasta, bank asing, bank pemerintah, bank syariah  maupun bank perkreditan rakyat (BPR).

Nasabah tidak akan dikenakan biaya penjaminan karena ditanggung oleh bank. Jadi bisa dibilang, uang tabungan kita dijamin oleh LPS secara gratis.

Itulah beberapa hal yang membuat kita ((KITA)) ehm saya maksudnya, lebih bersemangat untuk menabung. Mungkin anda bisa menambahkan?

Saran saya, agar menabung tidak terasa memberatkan. Mulailah dengan nominal yang kecil dahulu, setelah terbiasa baru anda tambah lagi. Nanti lama- lama menabung akan jadi kebutuhan.

Bang bing bung yuuk kita nabung
Bing beng bang yuuk kita ke Bank
Tang ting tung hei…jangan dihitung
Tau-tau kita nanti dapat untung….

Saya… sudah merasakan manfaat menabung di bank. Bagaimana dengan kamu…iya kamu… ?


You May Also Like

7 comments

  1. udah cukup lama nggak ngisi tabungan di bank. untuk sekarang saya nabungnya dalam bentuk arisan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm sebenarnya lebih aman menabung di Bank sih mbak, lebih terjamin keamanannya...tapi ya itu tergantung selera juga hihihi

      Delete
  2. saya biasnya menabung kalau ada yang ingin di beli, kemarin juga nabung lama bua beli kamera

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sudah merasakan manfaat menabung ya...

      Delete
  3. Aku pakai juga tuh Mbak yg bukunya batik kuning.

    ReplyDelete
  4. Retno blog nya keren banget ... Enak di baca ,,😘😘

    ReplyDelete