4 Tips Sederhana Agar hidup lebih tenang.

by - 10:44:00 PM

Tips agar hidup lebih tenang

Siapa sih yang tidak ingin hidup tenang? Siapapun pasti ingin hidup tenang ya…. Tidur nyenyak, makan pun enak. Tidak ada kegelisahan atau was-was terhadap apa yang akan terjadi nanti. Tapi yang namanya manusia itu tempatnya masalah, tempatnya salah juga. Jadi senikmat-nikmatnya hidup. Sesantai-santainya hidup pasti menghadapi masalah juga.

Yang membedakan antara manusia satu dengan lainnya adalah cara mensikapi masalah. Ada orang yang  bisa tenang walau menghadapi masalah sebesar apapun. Dan ada orang yang ributnya minta ampun, curhat sana-curhat sini seolah-olah hanya dia yang mempunyai masalah, padahal masalahnya pun hanya persoalan sepele.

Ada beberapa cara sederhana untuk membuat hidup kita lebih tenang. Cara yang dapat kita mulai dari diri kita sendiri. tinggal kita mau memulainya atau tidak. Beberapa cara agar hidup lebih tenang adalah:

1.      Bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Terdengar klise ya… karena terdengar sangat umum dan semua orang pasti mengatakannya. Tapi apakah itu apakah berarti kita sudah melaksanakannya? Belum tentu. Masih terlalu banyak mengeluh ? masih ada iri ketika tetangga rumputnya lebih hijau? Atau masih suka mencari kejelekan orang lain, agar merasa diri ini lebih hebat? Hhhmmm lancar amat nulisnya yak kalau masalah beginian. Jangan-jangan penulis pun seperti itu hihihi.

Kalau perasaan seperti yang saya sebutkan diatas masih sering muncul, bisa jadi anda belum bersyukur atas hidup anda. Bagi saya orang yang bersyukur itu adalah orang yang berbahagia dengan apa yang dia miliki dan ikut berbahagia jika orang lain mendapatkan kebahagiaan. Nah…

2.      Hidup apa adanya.

Selalu berusaha tampil lebih baik dari orang lain agar nampak hebat. Pokoknya tidak rela kalau ada orang lain yang melebihi dirinya. Sepanjang wktu hidupnya hanya dipenuhi nafsu agar lebih dari orang lain. Apa enggak capek selalu seperti itu? Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada orang yang terlalu sempurna dalam segala hal dan menguasai segala bidang. Kecuali anda adalah seorang yang menyukai tantangan. Berani melakukan hal-hal yang jauh diatas kemampuan karena memang merasa tertantang. Bolehlah, karena orang yang menyukai tantangan pasti akan mencapainya dengan cara-cara yang sportif. Berbeda dengan orang yang tujuannya karena ingin mendapatkan pujian. Karena biasanya yang seperti itu akan melakukan segala cara agar namanya yang dipuji.

Lebih baik hidup apa adanya saja. Hidup yang apa adanya akan membuat hidup lebih tenang karena kita tidak perlu membuktikan sesuatu yang kita tidak mampu pada orang lain. Dengan hidup apa adanya, kita pun akan lebih dihargai oleh orang lain.

3.      Menghargai orang lain.
Setiap hari kita pasti berhubungan dengan orang lain. Karena tidak mungkin kita hidup sendiri tanpa orang lain. Menghargai orang lain dapat dilakukan dengan cara sederhana. Misalnya saja dengan mendengarkan orang lain, tersenyum, menyapa dengan tulus dan lain-lain.

4.      Menabung.

Memiliki tabungan dapat membuat hidup lebih tenang. Karena kita sudah punya dana cadangan ketika tiba-tiba ada kebutuhan mendadak. Lebih baik menabung di bank karena lebih aman. Menabung dirumah bisa saja dilakukan. Namun lebih banyak resikonya. Misalnya, karena lebih mudah mengambilnya. Kita akan lebih mudah tergiur untuk membeli barang. Menabung di rumah juga rawan karena keamanannya tidak terjamin.

Menabung di bank kini tanpa rasa khawatir lagi lho… Menabung di bank, selain aman juga lebih terjamin. Karena tabungan kita dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). LPS adalah lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah di seluruh bank yang ada di Indonesia. LPS ini bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Apapun jenis tabungan anda dan di Bank manapun  anda menabung, semua dijamin LPS. Nilai simpanan yang dijamin oleh LPS paling tinggi sebesar 2 Milyar rupiah. Hmmm uwow banget kan?  Baik itu di bank konvensional maupun bank syariah. Asalkan kita tidak bermasalah dengan bank pasti tabungan kita aman. Termasuk juga tabungan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga dijamin oleh LPS. Bahkan bunga penjaminannya lebih besar dari bank konvensional. Sudah banyak kok contoh kasus bank BPR yang terpaksa dilikuidasi oleh Otorisasi Jasa Keuangan dan tabungan nasabahnya tetap aman karena dijamin oleh LPS.

Syarat tabungan agar dijamin oleh LPS

Tidak ada alasan untuk menolak menabung di bank lagi kan. Karena lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya. Kalau anda belum terbiasa menabung di bank, bisa dimulai dengan nominal yang kecil dulu, lalu ditambah pada periode berikutnya. Lama-lama juga nanti akan terbiasa. Percaya deh , hidup bakalan lebih tenang kalau anda mempunyai tabungan.


Nah, itulah beberapa tips sederhana agar hidup kita lebih tenang. Kalau hidup lebih tenang otomatis bahagia pun akan menghampiri. Mungkin anda bisa menambahkan, kira-kira hal-hal sederhana apa lagi yang bisa membuat hidup lebih tenang?



You May Also Like

20 comments

  1. Setuju Retno, paling penting bersyukur dengan apa yang kita miliki dan hidup sederhana bikin hidup lebih tenang :)

    ReplyDelete
  2. Selalu bersyukur memang terbukti menambah kadar bahagia. ^_^

    ReplyDelete
  3. Cara2 di atas kayanya harus dipraktekan semua orang

    ReplyDelete
  4. Hidup tenang dan bahagia kan bagus buat kesehatan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap...banyak pikiran bikin maag dan darah tinggi katanya qiqiqiqi

      Delete
  5. Iya mbak hidup apa adanya lebih bikin tenang. Gak usah mau yg macem-macem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dengan hidup apa adanya kita ngga usah membuktikan sesuatu yang tidak kita mampu...

      Delete
  6. Bener banget Mbak, saya enggak punya hutang dan menghindari riba. Alhamdulillah makan enak tidur nyenyak, tabungan buanyak hahha

    ReplyDelete
  7. Suka dengan poin hidup apa adanya...nggak perlu berlebihan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa adanya emang bikin hidup lebih tenang mba...

      Delete
  8. Yap,, jd diri sendiri,,, intinya y mba,,, nuhunn tipsnya

    ReplyDelete
  9. Klo saya membeli apa yang saya butuhkan jd Alhamdulillah bsa nabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...semangat menabung ya mbak...

      Delete
  10. informasi yang bermanfaat mbak :)

    ReplyDelete