Antara Bakwan Malang, Bakso Malang dan Lebaran Kuda

by - 00.27.00

Bakwan malang, bakso malang

Bakwan Malang, Adakah?

Pada waktu masih baru tinggal di Sidoarjo, adik ipar pernah menawari saya bakwan Malang. Saya pikir saya yang salah denger, ternyata memang betul dia menyebut Bakwan Malang hihihi berarti telinga saya normal. Karena saya baru saja makan, saya tidak tertarik untuk mencobanya. Saya cuma mengintip saja dan ternyata isinya mirip dengan  Bakso yang dijual di Malang. Hanya saja pangsit, tahu dan teman-temannya itu di goreng semua.

Beberapa hari lalu, seorang teman yang ada di Jakarta membuat status di FB. Dia mengatakan kalau sedang menunggui anaknya yang sedang makan Bakwan Malang. Sontak saya langsung komentar dan bilang kalau di malang itu enggak ada Bakwan, adanya Baksoooo.

Jadi, di luar Malang, yang namanya Bakwan Malang itu ternyata terkenal banget. Padahal sejak lahir saya yang tinggalnya cuma muter-muter antara kabupaten sama kota Malang ini tidak kenal yang namanya Bakwan Malang.

Kalau Bakso sih  di Malang banyak. Tapi kata Bakso disini juga ada perbedaan sedikit dengan bakso yang disebut oleh orang-orang Jakarta dan sekitarnya. “Bakso” kalau di Malang (mungkin juga Jawa Timur seluruhnya CMIIW) adalah makanan yang terdiri atas kuah yang diberi bumbu tertentu yang berisi bola-bola daging dan isian tambahan lainnya. Seperti tahu, mie, pangsit goreng atau biasa disebut goreng saja dan lain-lain. Untuk bola-bola daging disebut dengan pentol.

Nah yang membedakan antara “Bakso” yang ada di Jakarta dan sekitarnya dengan “Bakso” yang ada di Malang adalah si pentol ini. Karena di Jakarta si pentol ini disebut”bakso” juga. Gimana bingung apa enggak? Kalo bingung, coba deh beli bakso satu porsi dulu. Lalu makan tu bakso pelan-pelan sambil mikir apa maksud saya wkwkwkwk.

Lalu… bakwan mana bakwan? Itulah yang saya juga ikut bingung. Darimana asalnya kata bakwan Malang. Sedangkan bakwan sendiri kalau di malang adalah “radad ngugaj” alias dadar jagung. Harap maklum yah kalau ngomong saya kebalik-balik, kan emang saya orang Malang hehehe.

Sebagai orang Malang, saya tentunya bangga kalau Malang punya kuliner khas yang bahkan terkenal sampai ke luar daerah. Banyak saudara yang tinggal di luar Malang yang merasa belum lengkap rasanya pulang ke Malang kalau belum makan Bakso. Nah lo… kata mereka, rasa Bakso Malang emang beda karena rasanya jauh lebih enak dengan yang ada di kota mereka.

Memang bakso itu makanan yang ngangeni. Ga salah kalo bakso jadi salah satu makanan favorit saya #kode. Bukan Cuma saya sih, anak-anak juga suka. Kalau di Kota Malang yang terkenal sejak zaman saya kecil dulu ya bakso Presiden. Maklum, dulu Uti saya kan tinggalnya dekat-dekat situ. Jadi kalau pas ke kota Malang pasti minta dibelikan bakso. Kadang juga ditraktir sama tante #kodelebihkeras. Kapan nih eyke ditraktir lagi wkwkwkwk. Ada juga kakak sepupu yang juga nyambi jualan bakso. Karena jarang ke Malang, saya belum pernah nyobain. Moga-moga aja bapaknya anak-anak ada waktu senggang yaaa biar bisa nyicipin baksonya #kodeterdengarsemakinkeras hahahaha.

Di Kepanjen sendiri yang terkenal sejak dulu adalah bakso duro dan Bakso di Es Gunung. Bakso duro letaknya agak jauh sih dari pasar Kepanjen. Namun pengunjungnya tak pernah sepi. Karena sudah terkenal enak dan rasanya khas.

Kalau di depan pasar Kepanjen ada Es Gunung. Selain ada es gunung dan berbagai macam es lainnyajuga menyediakan Bakso. Dulu waktu masih SMA Lumayan sering kesana, tapi ditraktir sama teman yang ulang tahun wkwwkwkwk. Sebenarnya masih banyak bakso enak lainnya... tapi aku tulis lain kali aja ya....

Jadi, kalau anda main ke Malang jangan mencari bakwan Malang ya… sampai lebaran kuda #eh enggak akan ketemu yang namanya Bakwan Malang. Karena yang ada adalah Bakso (aja).

You May Also Like

33 komentar

  1. Hahahhaa bener ini Mbak, aku jg Aremanita .. Dibilang Bakwan ya merujuk ke bakwan jagung ga pernah nginget itu istilah bakso. Bakso ya bakso aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... darimana juga mereka dapet kosakata bakwan malang untuk bakso hihihi

      Hapus
  2. Bakwan itu kalau di daerah sini nama lain dari Bala-bala (jajanan terigu yg dikasih sayur terus digoreng). Kalau bakso malang.. Nah itu favorit aku banget, besok kalau ke Malang traktir kita ya mbak.. hahahaha

    BalasHapus
  3. Hahaha oh gitu ya... trus dari mana itu asalnya kata bakwan malang wkwkwk

    BalasHapus
  4. Eh iya, koq bener juga ya. Di Semarang itu yg kelilingan pake gerobak memang judulnya Bakwan Malang, padahal ga ada potongan bakwannya sama sekali. BAru ngeh nih malahan hihihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... ternyata di Semarang juga ada bakwan Malang wkwkwk

      Hapus
  5. Hahahaha... Aku jg srg bingung mba dgr istilah ini. Sbnrnya sama aja toh.. eh tapi aku hrs akuin, kalo bakso malang itu lebiiiih enak dr bakso biasa ;). Di jkt ada tuh yg enak.. aku srg beli.. paling doyan ama yg digoreng2 drpa yg direbus.. kalo suami kebalikannya.. itu antriannya dr pagi slaluuuu rame. Jd laper ingetnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih doyan semuanya mbak hihihi.
      Mungkin yang enak itu yang jualan orang malang mbak wkwkwkwk maksa....

      Hapus
  6. ngomongin bakso malang jadi laper, bakso malang yang di Bogor ciri khasnya harum kuah dan baksonya empuk. Gak kebayang gimana enaknya makan bakso di malangnya langsung, makan yang di Bogor aja enak banget. Semoga suatu saat ada kesempatan jalan-jalan ke malang,hehehe... Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih mbak... orang Malang juga banyak yang jual bakso di luar daerah. Dan rasanya sama enaknya dengan yang ada di Malang sini... katanya sih wkwkwk

      Hapus
  7. Aku tahunya bakwan, ya semacam bakwan sayur dn jagung.
    Kalau itu bakso xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sama...
      Makanya heran kok ada Bakwan Malang di Sidoarjo...

      Hapus
    2. Iyaaa sama...
      Makanya heran kok ada Bakwan Malang di Sidoarjo...

      Hapus
  8. Di Balikpapan juga ada yang jual bakwan Malang dan saya doyan banget. Bedanya dengan bakso karena isiannya lebih banyak dan bervariasi. Itu yang tertanam di benak saya. Taunya di Malang disebutnya bakso aja ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini bakso isinya juga bervariasi mbak.. Halah malah kepingin makan bakso saya wkwkwk

      Hapus
  9. Sampai lebaran kuda...
    (aku juga dulu gak ngeh antara bakso dan bakwan ini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Ga usah terlalu dipikirin, ga penting juga

      Hapus
  10. dulu aku pikir bakwan Malang itu pangsitnya :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pangsit itu disini yang kering disebut goreng kalo yaang kukus disebut sumeh atau somay hihihi...

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. haha.. ada yang bilang bakwan, padahal bakso. bakso malang emang yahut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahud tenanan sampe jadi makanan favorit wkwkwk

      Hapus
  13. Terus terang saya menyukai bakso Malang Jeng
    Gurih dan kuahnya enak banget
    Pas di lidah, pas di hati gitu loch
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. Toss Pakde... Saya juga seneng banget makan bakso...

      Hapus
  14. Duhhh...ituu bakso malangnyaa.... hheee... gagal fokuss nihhh liatt ituu...hheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk boleh gagal fokus asal ga sampe ngiler...

      Hapus
  15. wah ... kalau ditempat aku ...bakwan sama bakso ya jauh berbeda

    BalasHapus
  16. hahaha, di tempatku Purworejo juga banyak pengedar (yahaha pengedar) bakwan Malang Mba.. tapi setauku, bakwan itu ya dari tepung, bala-bala kalo orang Sunda bilang mah.. tapi enak, seger.. dimakan panas-panas plus sambel, hmmm yummy.. kalo disini, Bakso itu ngga pake pangsit, nah kalo bakwan malang pake pangsit.

    BalasHapus
  17. Aku sih lebih ke bakwan malang. Terus abis baca ini aku jadi laper di kantor. Piye? Hahahaha.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
  18. di Lombok aku belum nemu bakwan malang mba

    BalasHapus
  19. di ngawi bakwan namanya eci mbak

    BalasHapus