cerita

Ada apa dengan smule (Sing!)

00.08.00


 Ada apa dengan smule (Sing!)

Semua udah tau kan apa itu Smule? Itu tuh aplikasi karaoke online yang paling terkenal saat ini. Selain merekam suara, smule juga bisa merekam video.  Saya sih enggak akan membahas tutorial menggunakan smule. Karena udah pasti banyak yang nulis, googling aja deh. Tapi saya akan membahas fenomena yang ada di smule.

Hari gini masih ngebahas smule? Nggak telat neng?
Ya enggak dong, buktinya masih banyak teman-teman yang baru gabung di Smule. Hihihi

Tidak sekedar berkaraoke, ternyata di Smule juga banyak fenomena-fenomena lain yang hanya dipahami oleh smuler kelas berat. Halah… Emang, ada apa saja sih di Smule?

Follow-unfollow

Kalo ini sih udah nggak asing lagi ya. Seperti halnya di twitter atau instagram, dalam smule pun ada fenomena follow dan unfollow. Tau nggak sih rasanya difollow, terus kita follow balik eh ternyata kita malah di unfollow? Sakit bang…. Eh enggak ding, kalo soal smule sih saya cuek saja mau situ follow atau unfollow terserah. Lhawong niat saya Cuma mau senang-senang. Beda lagi sama twitter atau Instagram. Kalo udah follow saya terus malah unfollow, gak pake lama saya unfollow juga hahahahaha #evillaugh #malahcurhat.

Keanggotaan VIP dan non VIP

Yang masuk anggota VIP bukan berarti suaranya lebih merdu, tapi adalah siapa yang mau bayar. Yups… download aplikasinya emang gratis, tapi kalau kita ingin bebas memilih lagu harus menjadi anggota VIP.  Dengan menjadi anggota VIP kita bebas membuat Open Call (OC) atau ajakan duet ke anggota yang lain baik VIP atau bukan.

Keuntungan anggota VIP adalah semakin sering membuat OC maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan follower. Dengan menjadi follower maka  akan mendapatkan pemberitahuan jika kita membuat OC baru. Anggota non VIP hanya bisa join dengan OC yang dibuat oleh anggota VIP.  Ada juga sih lagu bebas, tapi jumlahnya sangat terbatas dan kalau tidak salah tersedia hanya pada 7 hari pertama setelah kita daftar.

Untuk menjadi anggota VIP, bayarnya sih bervariasi tergantung gadged, katanya sih beda antara yang pakai iPhone dan android. Kalau android bisa beli pakai pulsa T*lk*ms*l (gimana susah dibaca kan wkwkwk).  Sebulannya Rp 12500 atau langsung setahun Rp95.000



Saya kemarin dapat rejeki. Karena menang kuis, saya dapat hadiah paket VIP selama satu tahun. Etapi ada juga lo penyedia jasa VIP untuk Android. Kalau tidak salah Rp 50rb untuk keanggotaan VIP selama satu tahun.


Open Call (OC), Grup Open Call (GOC) dan Join

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Open Call (OC) atau ajakan duet untuk anggota lain hanya dapat dilakukan oleh anggota VIP. Anggota non VIP  hanya bisa Join (berduet) lagu yang OC nya dibuat oleh anggota VIP. Grup Open Call adalah ajakan bernyanyi kepada lebih dari satu orang yang dibuat oleh anggota VIP. Saya pernah mendengarkan GOC yang dilakukan oleh lebih dari 25 orang. Pernah mendengarkan serombongan lebah terbang bersama-sama? Seperti itulah suaranya wkwkwkwk. Maklumlah, yang namanya Smule kan tidak semua orang paham bernyanyi yang baik seperti apa, ada yang asal bernyanyi saja seperti saya. Kalau dikumpulin jadi satu ya gitu deh….


Grup

Ada banyak sekali grup/ kelompok yang ada di smule. Rata-rata sih memreka membuat grup karena seringnya berinteraksi di Smule, lalu membentuk sebuah grup dan merekrut anggota baru. Seperti halnya di organisasi lainnya, ada beberapa pengurus dan setiap pengurus mempunyai tugas masing-masing. Ada yang bertugas merekrut anggota baru. Yang bertugas merekrut ini biasanya membuat OC, nah siapapun terutama smuler yang belum ikut grup manapun akan langsung ditawari untuk masuk grup mereka.

Untuk berkomunikasi antar anggota grup smule biasanya menggunakan aplikasi LINE. Karena grup line kan bisa menampung banyak sekali anggota. Biasanya sebelum dimasukkan ke dalam grup yang utama, calon anggota ini di masukkan lebih dulu dalam prospek room atau waiting room atau apalah namanya itu. Disini calon anggota diberi tahu tentang tata tertib grup dan akun smule mana aja yang harus di follow (((difollow))). Lumayan juga ya jadi admin grup bisa nambah follower dengan cepat wkwkwkwk.

Dari nama akun smuler bisa diketahui apakah sudah menjadi anggota suatu grup apa belum. Apabila belum mengikuti grup, biasanya namanya bersih tanpa embel-embel.

Contoh,  grupnya bernama Cinta Smule disingkat CS.  Biasanya nama anggotanya akan ditambah dengan singkatan nama grup.  Misalnya nama akun saya @Retno, karena saya menjadi anggota grup CS maka nama saya menjadi @CS_Retno atau @Retno_CS.
Ada grup yang memperbolehkan anggotanya juga menjadi anggota grup lain. Misalnya grup lain itu bernama Sangat Cinta Smule (SCS), maka nama saya menjadi @CS_Retno_SCS. Dan seterusnya… bila ikut tiga grup maka nama pun akan semakin panjang. Gapapa sih…asal jangan sampai lupa nama sendiri aja wkwkwk


Kisah Cinta

Eeiiittss … ada juga loh yang terlibat cinta lokasi. Berawal dari saling join OC, lalu saling komen. Dilanjut ngobrol di Line atau inbok dan seterusnya dan seterusnya. Setelah putus? Ada yang diem-dieman, ada yang marah dan saling mencaci. Ada yang saling unfollow dan lain sebagainya. Ada juga yang putus nyambung. Wkwkwk bukannya ngegossip. Anak muda sekarang tuh gampang banget mencurahkan isi hatinya di media sosialnya jadi tinggal pantengin time line aja maka segala cerita akan mengalir….


LOMBA (Giveaway)

Enggak Cuma Blogger yang sering mengadakan give away. Para anggota Smule juga sering loh. Motifnya sih ada macam-macam. Ada yang memang niat mau nambah follower. Ada yang mengadakan syukuran ulang tahun. Ada yang ulang bulan pacaran mereka . hah? Serius? Iya ulang bulan bukan ulang tahun. Jadi jangan heran kalau ada lomba dalam rangka syukuran 3 bulan hari jadi mr x dan ms y, gituu…

Buat saya ada untungnya juga mengikuti lomba meskipun tidak menang. Jadi setiap mengikuti lomba, semua peserta akan dimasukkan grup khusus di Line. Grup ini dibuat untuk memudahkan antara tim juri dan peserta. Nah, ketika masuk grup seperti inilah saya tambahkan semua anggota grup menjadi teman saya. Nggak pakai pilih-pilih, tujuan saya memang memperluas jaringan. Buat apa? Ya buat share postingan blog dong. Kalau teman banyak kan kemungkinan share kita dibuka lebih besar. Lumayan kan, bisa nambah teman dengan cepat. Hihihi.


Duet dengan Artis

Biasa aja sih buat saya, secara vocal saya biasa-biasa aja. Tapi buat yang suaranya bagus bisa jadi kesempatan untuk meningkatkan follower. Karena dengan duet bersama artis, maka suara kita akan lebih banyak didengar orang. Apabila suka dengan suara kita otomatis mereka akan dengan sukarela menjadi follower kita.





Ada loh artis smule yang jadi artis betulan, seperti Khai Bahar yang dari Malaysia. Saya juga ngepens eh ngefans sama suaranya dan orangnya wkwkwkwk. Kalau dari Indonesia juga ada smuler yang followernya sudah ribuan. Karena sering upload video smulenya di Instagram maka dengan cepat dia jadi selebgram. Contohnya adalah  Alicked. Dengan meningkatnya jumlah follower Instagram dapat dipastikan rejeki pun mengalir hihihi… kapan yah saya bisa kayak gitu (((mimpi))).


Itulah beberapa fenomena yang terjadi di Smule. Bolehlah bersenang-senang asal jangan berlebihan.

Hei Kamu…iya kamu…join OC ku ya hihihi.

You Might Also Like

35 comments

  1. Ealah smule juga kayak medsos lain tah mba retno ahhaahahah
    Btw penasaran pengen coba nyanyik jg tapi suara ga mencukupi kapasitas huahahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disetting private kok... ga ada yang bisa denger selain kitah sendirih wkwkwkk

      Hapus
  2. Wah banyak yang smulean hehe. Mending VIP 12ribuan dibanding karaoke cuma 2 jam harga mahal ga puas lagi nyanyinya XD
    Aku pernah ditawari grup tapi aku ga respon. lebih suka masuk grup yang harus audisi. Kalo segrup sama yang ngawur-ngawur kaya yang viral di fb kan aku geli juga wkwkw. :P

    gadzotica.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah... ampun deh kalo sama yang aneh2 gitu... aku juga ga ngegrup sekarang hihihi

      Hapus
  3. Aku kira cuma aplikasi buat karaoke (sendiri/duet) aja.
    Kalau aku sih enggak tertarik sama Smule. tapi suka lihat-lihat postingan pengguna Smule. ada yg bagus banget kayak Khai Bahar, ada juga yg ancur banget. wekeke

    BalasHapus
  4. wahahahah aku baru tau nih mbaaa, pantesan selama ini baca OC, CS dll aku gak paham...wong cuma punya smule gratisan dan cuma buat nyanyi2 iseng :D

    BalasHapus
  5. baru tahu saya kalo smule ini nggak hanya nyanyi online bareng penyanyi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa nyanui bareng orang lain juga... bahkan bisa video grup sama orang2 di luar negri juga... biasanya lagu2nya yang udah legend banget...

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sama koh... tapi pede aja, kita kan ngga bisa liat ekspresi orang yg ngedengerin suara kita wkwkkw

      Hapus
  7. Beeeh. Bojoku langganan smule iki.

    BalasHapus
  8. Mba...aku koq ngga tau cara bayarnya yaa.. bikin tutorialnya dong.. pengen ih nyanyi2 sendiri..ngga duet sama orang melulu.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo providernya T*lk*ms*l biasanya ada pemberitahuan mba..bisa potong pulsa...

      Hapus
  9. aku malah baru tau soal SMULE ini... :))) abis kapasitas hape terbatas jd males jg nyoba2 install aplikasi yg kayaknya bakal jrg dipake...termasuk catch pokemon itu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instal aja mba Ria... buat iseng-iseng.. lumayan loh kalo lagi males ngapa2 in terus denger suara sendiri wkwkwk (narsis detected)

      Hapus
  10. Dulu aku juga mainan smule yg non vip. Semangat banget nyanyi sana sini.

    Begitu jadi vip entah kenapa jadi males nyanyi, bingung kebanyakan lagu. Alhasil mubazir deh. Untung beli pake android, jadi lebih murah dibanding pake iOs

    BalasHapus
  11. udah sering banget diajakin sama temen pake smule, tapi karena gak bisa nyanyi jadi gak pede, hihihi..

    BalasHapus
  12. Wah ternyata cukup pelik juga ya dunia Smule. Itu serius sampe ada yang cinta lokasi? Ha ha lucu juga ya.

    Saya belum pernah install Smule. Tapi pernah liat temen perempuan yang lagi maenin. Heboh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istri sule yg pertama itu dl digondol lelaki sampe cerai jg berawal dr seringnya duet di smule kak.

      Hapus
  13. Mantaf nihh mbaaa..aplikasi android ini buat hiburan...

    salam blogger
    follback

    BalasHapus
  14. Aku nggak kenal Smule mbak. Nggak tertarik si, jadi nggak gitu merhatiin juga

    BalasHapus
  15. wah..aku ga ikutan download smule... btw ga bisa nyanyi
    .hi2

    BalasHapus
  16. Bener tuh dunia smule memang amazing klo uda grup2 gitu jdi biasa timbul cinta.... hahahaha

    BalasHapus
  17. Astaghfirullah mbak. Saya sebagai istri malah jengkel, benci, sedih dan cemburu melihat suamiku duet lagu cinta2an video2an sama cewek lain. Sudah kecanduan ketagihan waktu untuk smule. Kebanggaan semu. Famili time diabaikan.saat krj jdi mikirin smule dan Followernya. Banyak lagu video yang bikin saya sakit hati dan terlebih jika sama mantan. Bukan kah ini menyakitkan. Meskipun online tapi bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Naudzubillah. Semoga Alloh menjaga keluargaku dan melindungi kami dari hal buruk amiin. Semoga suamiku insyaf. Mohon doanya ya mbak. Semoga badai ini berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg selingkuh beneran jg ada mba, temenku contohnya. istrinya ngga tau krn ngga pernah mainan smule.di rumah sebelah2an tp si suami sibuk comment2an sama selingkuhannya di smule.yah namanya medsos pasti banyak orang2 kerdil yg menyalahgunakan. semoga cepet selesai masalahnya ya mba.amin.

      Hapus
  18. Jangan lupa id smule ku juga ya kak.. wkwkwk 👉 @MMI_Karto

    BalasHapus
  19. Bole liat2 akun Smule ku @L_Hikammu hhihii

    BalasHapus
  20. Follow aku juga di smule dong ka

    BalasHapus