Parang Dowo, Pantai Ramah Anak di Malang Selatan

17.51.00 Retno Kusumawardani 28 Comments

Parang dowo, pantai ramah anak di malang selatan


Salah satu kegiatan yang asyik saat liburan yaitu mantai eh maksudnya pergi ke Pantai. Untunglah, Kabupaten Malang tidak kekurangan pantai wisata yang berpanorama indah. Berderet dari barat ke timur ada lebih dari 20 pantai siap di jelajahi. Karena saya bersama keluarga bawa rombongan the krucil, akhirnya pilihan jatuh ke Pantai Parang Dowo.


Pantai Parang Dowo terletak di dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. Tepatnya di antara Pantai Jaelangkung dan Batu Bengkung. Pantai Jaelangkung sendiri letaknya di sebelah barat pantai Bajulmati. Pantai Parang Dowo  memang belum setenar Pantai Bajulmati maupun Batu Bengkung.


Pantai ini terlihat jelas dari Jalur Lintas Selatan. Tak heran banyak kendaraan yang berhenti di tepi jalan untuk sekedar mengambil gambar pantai maupun selfie. Pintu masuk secara resmi memang belum ada, tapi jangan khawatir, anda bisa memasuki area pantai Parang dowo ini melalui Pantai Jaelangkung dengan berjalan di tepi, tentu saja pada saat air surut. Bisa juga dengan memarkir kendaraan di dekat jalan raya lalu berjalan kaki ke pantai.


Sejak zaman baheula, pantai ini merupakan pantai favorit keluarga kami. Tiap kali rekreasi ke pantai , tempat ini selalu jadi pilihan utama. Biasanya, sebelum ke pantai ini kami belanja ikan terlebih dahulu di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di pantai Sendangbiru. Dari rumah sudah disiapkan nasi dan sambal serta makanan dan minuman lainnya.

Parang dowo, pantai ramah anak di malang selatan


Sementara anak-anak (termasuk saya heheheh) bermain air, para orang dewasa membakar ikan di tepi pantai. Bakarnya, pakai kompor khusus yang dibuat oleh kakak saya, jadi meskipun angin berhembus, api kompor tetap tenang, aman, damai dan sejahtera hehehe.


Beberapa waktu lalu, pada libur hari raya juga bermain ke pantai ini. Waktu itu, jalur lintas selatan sudah dibangun namun belum sepanjang sekarang. Pantai-pantai yang berderet disini masih sangat sepi. Belum ada pengunjungnya. Jadi berasa punya pantai pribadi deh, seharian bermain-main di pantai tidak ada pengunjung lain.


Tapi sekarang keadaan sudah berbeda, hampir di semua pantai yang sudah dibuka ramai oleh pengunjung. Jalur lintas selatan yang mulus itupun ramai dilewati berbagai jenis kendaraan. Dilihat dari plat kendaraannya, mereka banyak yang berasal dari luar Kabupaten Malang. Sebagai orang Gedangan asli, saya tidak menyangka wilayah Bajulmati (dusun, dimana pantai Parang Dowo berada)akan ramai seperti sekarang. Karena jujur saja, dulu kalau mendengar kata Bajulmati, yang terbayang adalah tempat yang sepi dan jauh dari kota.hehehe.


Pantai Parang Dowo ini mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Yaitu, gugusan karangnya yang memanjang melindungi pantai dari kerasnya ombak laut selatan. Tau sendiri kan, kalau ombak pantai selatan terkenal kuat dan ganas? Itulah sebabnya pantai ini jadi favorit keluarga kami jika mengajak anak-anak kecil.



Anak-anak bebas berenang di pantai yang dilindungi gugusan karang. Jadi ombak tidak sampai ke tepi karena terbentur oleh gugusan karang tersebut. Inilah mengapa saya menyebut pantai Parang Dowo ini adalah pantai yang ramah anak. Tapi tentu saja masih dalam pengawasan ya. Namanya juga anak-anak, harus selalu diawasi. Pada saat air surut, genangan air di pantai relatif tenang dan aman, tetapi ketika air pasang. Air akan semakin tinggi, dan ombak akan terasa sampai tepi meskipun tidak terlalu kuat.


Parang dowo pantai ramah anak di malang selatan


Saran saya, apabila mengunjungi pantai ini. Lebih baik bermain di bagian timur. Karena dasarnya adalah pasir. Sedangkan bagian barat dasarnya adalah batu-batuan. Meskipun hanya untuk berjalan-jalan saya menyarankan untuk tidak menginjak batu-batuan yang ada di dasar air. Karena di bebatuan itulah, binatang laut menempel, ikan-ikan bersembunyi, karang laut tumbuh dan berkembang. Jadi biarkanlah mereka hidup dengan tenang dan tumbuh dengan baik. Sedangkan kita bersenang-senang tanpa menimbulkan kerusakan.


Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi pantai Parang Dowo ini? Ingat ya, bermain di alam adalah untuk menanamkan cinta lingkungan dan mengagumi indahnya ciptaan Tuhan, bukan untuk merusaknya.




You Might Also Like

28 komentar:

  1. ya ampuun, mbak eee.. asyiikk bener itu, masih sepi gitu.. aku pengen banget kalau liburan ke pantai, tuh ya,, yang masih sepi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa punya pantai sendiri ya mbak hehehe

      Hapus
  2. Main ke pantai memang asik Mbak, apalagi kalau lihat sunset. Tapi karena saya tinggal dekat dengan pantai jadi kalau mau rekreasi pengennya ke dataran tinggi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya, rekreasi itu cari suasana yang beda dari keseharian ya mas hehehe

      Hapus
  3. kayaknya wisata malang ini gak ada abisnya ya mbak, jadi pengin ke malang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Malang itu paket lengkap, dari pantai sampai gunung ada semua...

      Hapus
  4. Wahhh di Malang Selatan ada pantai yang tenang gini. Asik banget.

    BalasHapus
  5. Boleh juga ni kayaknya pantai.. Boleh ya Mbak bakar-bakar di situ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kemarin bawa kompor sih... jadi tidak meninggalkan bekas pembakaran...hehehe

      Hapus
  6. Asik banget kalo bisa menikmati lembutnya pasir pantai...semacam relaksasi yang selalu bikin nagih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull... hembusan angin, pasir lembutnya, suara debur ombak itu bikin nagih...

      Hapus
  7. jadi jalannya sudah bagus bener ya sekarang, mak? trakir melintas itu sama Amrazing hampir setaun lalu. mulus sih, tapi di beberapa tempat ya masih gompil2 :))
    pengen main ke situ lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang saya lewati sudah mulus mbak.. tapi saya lewat jalur lintas selatannya cuma sedikit sih, soalnya kemarin saya lewat jalur lama Gajahrejo-Gedangan..

      Hapus
  8. Wah, aku belum pernah ke Malang nih, selama ini tahunya cuma Batu aja :))
    berarti wajib banget dateng ke pantainya yang kece ini yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batu hanya sebagian kecil dari Malang.. hayuuk main ke Malang..

      Hapus
  9. Malang dari dulu selalu ngehitzzz buat liburan manja
    Zaman aku masih kecil dulu juga liburan nya ke sengkaling, selecta dll.
    Sekarang pantai2 nya dah mulai terexpose

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu itu... ayo mas cum main ke Malang... masih banyak tempat wisata Malang yang belum ke ekspos.. pan deket kalo pas mudik?

      Hapus
  10. Pengen deh bisa ke malang. Belum pernah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak.. sekali ke Malang pasti akan ketagihan...

      Hapus
  11. Sekali ke malang, memang tempatnya menakjubkan, waktu itu ke Bromo. Luar biasa indahnya. Insya Allah jika ada waktu kesempatan dan rejeki pengin ke pantai ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... tak doakan rezekinya banyak.. biar bisa keliling Malang..

      Hapus
  12. itu pantai jaelangkung? itu namanya beneran diambil dari jelangkung ya mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya emang pantai Jaelangkung ...asal muasalnya kek gimana, aku ga tau hehehe

      Hapus
  13. Malang selatan ternyata banyak banget ya pantainya... Gw kalo kesana ya ke itu-itu mulu, kalo gak ke Balekambang ya ke dekat-dekat Sempu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah lain kali diniatin deh jalan-jalannya untuk menyusuri Jalur Lintas Selatan...ada banyak pantai di sepanjang jalan...

      Hapus