travel

7 Pantai di Kabupaten Malang yang Asri

22.51.00

pantai malang yang masih alami dan asri

Ada yang sudah pernah jelajah pantai di Malang selatan? Tau nggak kalau Kabupaten Malang itu punya banyak sekali pantai. Kurang lebih ada 30 pantai yang berjajar dari barat ke timur. Pantai-pantai yang ada di Malang terkenal dengan suasananya yang masih asri. Nah, ada yang kepingin mengunjungi satu-satu?

Teman-teman yang ingin berkunjung ke pantai-pantai di Malang bisa sewa mobil agar lebih bebas dan nyaman berwisata. Lagi pula, liburan di Malang lebih hemat dengan rental mobil, lho! Teman-teman  bahkan bisa menghemat kurang lebih 50% biaya perjalanan dibandingkan menggunakan transportasi lain. We-O-we


7 Pantai di Kabupaten Malang yang Masih Sejuk dan Asri

Ada banyak pilihan pantai yang menggoda untuk dikunjungi di Kabupaten Malang. Hampir semua pantai yang ada memiliki karakteristik yang berbeda dan view yang tak kalah menarik dari pulau dewata.

Nah, berikut ini deretan tujuh pantai di Kabupaten Malang yang masih sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki sempat viral di Tiktok lewat video cinematic yang menampilkan keindahannya. Kelebihan dari pantai Sendiki ini adalah suasananya yang relatif masih sepi, bersih serta asri.

Hamparan luasnya pasir putih halus di Pantai Sendiki terlihat eksotis dengan adanya batu-batu besar di beberapa bagian. Batu-batuan besar ini biasanya digunakan para pengunjung untuk duduk atau berfoto.

Keunikan lainnya, di sekeliling pantai masih terdapat hutan lebat yang membuat kondisinya jauh lebih asri dan tidak terlalu panas.

Teman-teman ingin berkunjung ke Pantai Sendiki? Langsung aja ke Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

2. Pantai Goa China

Masih di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, ada Pantai Goa China yang sangat sering dikunjungi wisatawan. Keunikan pantai ini terletak pada sebuah ‘pulau kecil’ yang berada di tengah pantai.

Air lautnya pun masih sangat terjaga, terlihat masih bersih dan jernih sehingga teman-teman bisa melihat tampilan batu di dalamnya.

Biaya tiket masuk ke Goa China murah banget, hanya sebesar Rp 5000 rupiah saja. Nah, jika teman-teman berangkat dari kota Malang, hanya perlu waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja menuju pantai ini yang cantik ini.

Di sekitar pantai Gua China ini terdapat 3 pulau lain yang juga sangat unik, yaitu Pulau Nyonya, Pulau Gua China dan Pulau Bentengan.


pantai gua china yang cantik

3. Pantai Batu Bengkung 

Pantai Batu Bengkung adalah pantai di Malang Selatan yang termasuk sebagai salah satu cagar wisata alam yang sangat dilindungi. Pantai Batu Bengkung ini tergolong unik karena berada di antara bukit bukit serta samudra Hindia yang sangat luas.

Alamat Pantai Batu Bengkung sendiri berada kawasan Jalur Lintas Selatan, RT 05 / RT 42, Desa Gajahrejo, Gedangan Kabupaten Malang.

Bagi kamu yang ingin menuju pantai batu Bengkung, bisa masuk ke pantai dengan membayar sebesar Rp 10.000 saja per orang. Ini adalah karcis masuk untuk orangnya saja, belum termasuk parkir kendaraan sebesar Rp 5000.

Baca juga : Pantai Ramah Anak di Malang Selatan


4. Pantai Gatra

Pantai Gatra berlokasi di desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sama seperti Pantai Goa China, pantai ini juga memiliki pulau kecil di tengah-tengah.

Ombak di pantai Gatra pun terbilang cukup tenang sehingga tidak berbahaya untuk dikunjungi. Jika teman-teman  beruntung, bisa bertemu dengan warga lokal yang mengadakan kegiatan budaya seperti larung dan bersih pantai.

Di sekitar pantai ini juga terdapat pepohonan hijau yang membuat area pantai jadi semakin sejuk.

5. Pantai Clungup

Pantai Clungup Malang adalah salah satu pantai terbaik dengan harga tiket yang sangat murah. Hanya dengan biaya masuk sebesar Rp 5000 saja, teman-teman bisa menikmati keindahan pantai Clungup ini sepuasnya.

Fasilitas di dalam pantai ini juga bisa dibilang cukup lengkap, yaitu adanya rumah makan seafood, warung wisata, pusat informasi, gazebo, mushola, camping ground, toilet umum, tempat duduk wisata dan pusat oleh-oleh khas laut.

Silahkan mengunjungi pantai ini pada sore atau siang hari ketika cuaca sedang bersahabat. Tapi juga, hindari mengunjungi pantai saat musim hujan karena akses jalan rentan menimbulkan kecelakaan. Sebenarnya tidak masalah, hanya kita perlu lebih berhati-hati.

6. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Suara ombak yang berasal dari pantai ini terbilang lumayan kuat, kadang terdengar dari lokasi yang cukup jauh. Jika malam tiba membuat suasana menjadi syahdu.

Bukan cuma itu saja, adanya batu karang yang ada di sekitar pantai ini juga menambah keindahan Pantai Balekambang.

Tak jarang, pantai Balekambang dijadikan sebagai lokasi upacara adat hindu bernama Suroan atau Jalanidhi Puja. Maklum di seputar pantai kawasan Malang selatan ini banyak yang menganut agama Hindu. Bahkan pada hari raya tertentu juga dikunjungi oleh umat Hindi dari daerah lain.

Masyarakat yang masih erat dengan kebudayaan Jawa juga sering mengadakan upacara penyucian keris di pantai yang mashyur sejak dulu kala ini.

7. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter wajib masuk ke dalam list yang dikunjungi sebagai pantai terbaik yang berlokasi di dekat pantai Goa China. Meskipun tidak sepopuler pantai yang lainnya, akan tetapi Watu Leter memiliki fasilitas yang sangat memadai.

Di pantai ini sudah tersedia Kamar Mandi Umum,  Mushola, Area Parkir Kendaraan, Penginapan dan Warung minuman atau makanan.

Pantai Watu leter ini berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai ini sendiri terbuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari, atau 7 hari dalam seminggu. Harga tiket masuk ke pantai ini juga terjangkau. Hanya sekitar Rp 15 ribuan saja. Kapan nih mau ke pantai Watu Leter?

pantai watu leter jalur lintas selatan

Nah, tak harus jauh-jauh ke pulau Bali kan? Teman-teman bisa langsung datang ke beberapa pantai di Kabupaten Malang jika ingin merasakan suasana yang asri dan view yang super cantik. Yuk rencanakan liburan  mulai dari sekarang. Jangan lupa, pesan mobil rental harga termurah hanya di Traveloka.

You Might Also Like

1 comments

  1. Di Malang banyak banget pantai yang bagus, enggak heran kalau orang Malang suka mantai termasuk saya hehe. Memang jadi kebahagiaan tersendiri kalau sudah nemu ombak dan ngerasain anginnya serasa healing. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus