10 Hal yang harus anda Lakukan di Pantai Ungapan

by - 10:28:00 PM

10 Hal yang Harus Anda Lakukan di Pantai Ungapan

10 Hal yang Harus Anda Lakukan di Pantai Ungapan

Wow, banyak banget ya, ada 10 hal yang bisa anda lakukan di Pantai Ungapan. Ngapain aja sih? 

Teman-teman sudah pada tau kan kalau kabupaten Malang kini mulai dikenal luas sebagai kabupaten yang kaya akan wisata pantai. Terbentang sepanjang kurang lebih 105 km, pantai-pantai di Kabupaten Malang sukses menarik kedatangan pengunjung. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah daerah untuk mengenalkan secara intens wisata alam ini dengan menggelar berbagai event. Baik event skala daerah maupun nasional. Bahkan yang terakhir, terdapat event pemecahan rekor MURI. Yaitu pemecahan rekor jumlah penari Topeng Malang terbanyak se-Indonesia yang melibatkan 5000 penari. Para peserta atau para penari terdiri dari para siswa SD yang berasal dari seluruh Kabupaten Malang. 

Pawai dalam rangka hari lahir kabupaten Malang pun digelar di jalur lintas selatan, yang merupakan jalur yang menghubungkan pantai-pantai di kawasan Kabupaten Malang. Perwakilan dari instansi dan kecamatan dari seluruh penjuru kabupaten turut meramaikan gelaran tahunan ini. Sambutan masyarakat juga sangat antusias, ditandai dengan membludaknya pengunjung yang memenuhi jalan raya sepanjang pawai di gelar. 

Keberhasilan ini tak lepas dari peran pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang memadai. Bersama dengan perhutani, pemerintah daerah Kabupaten Malang bersinergi untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat. 

indahnya panta malang selatan

Salah satu Pantai yang kini makin berhias adalah pantai Ungapan. Pantai ini terletak di sebelah barat pantai Bajulmati dan Jaelangkung. Pantai yang masuk wilayah desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan ini semakin bersolek. Banyak hal yang menjadi daya pikat pantai ini sehingga menarik wisatawan. Bukan hanya wisatawan baru namun, wisatawan yang sudah pernah berkunjung kesana pun dengan suka rela berkunjung lagi karena Pantai Ungapan ini adalah pantai yang unik. Karena di pantai ini terdapat “Ungapan” atau muara sungai. Selain itu, pantai ini juga sejuk. Karena di pesisir pantainya dipenuhi pepohonan dan hamparan rumput yang menghijau. 

Untuk masuk ke pantai ini anda dikenakan tiket dengan rincian sebagai berikut : 

Tiket masuk Rp 5000 per orang 

Parkir motor Rp 10.000 

Parkir Mobil Rp 15.000 

Sepanjang pengalaman saa bolak balik mengunjungi pantai ini, ada 9 hal yang harus anda lakukan di pantai Ungapan. Kalau anda puna pengalaman lain, boleh nanti menambahkanya di kolom komentar. 

1. Mandi di Muara Sungai. 
Muara sungai atau dalam bahasa jawanya ungapan, berada di ujung timur pantai. Muara sungai Penguluran ini berair payau, karena terjadi percampuran antara air laut dan air sungai. Air di muara ini sangat jernih, namun anda tidak akan menjumpainya jika baru saja terjadi hujan lebat di bagian hulu sungai. Karena air sungai yang masuk ke muara akan membawa lumpur dan tanah yang berwarna coklat sehingga air menjadi keruh. Tapi jangan khawatir, karena hal ini jarang terjadi. Apabila hujannya biasa saja, maka air akan tetap jernih. 

pantai malang selatan yang ramah anak
muara sungai kala air surut

Anak-anak dapat bermain dengan aman di sini, karena tempatnya sangat landai dan berpasir halus. Namun perlu diawasi oleh orang dewasa, karena ada bagian dari muara ini yang kedalamannya mencapai 2 meter. Hal lain yang membuat anda mandi di muara ini adalah karena di Pantai Ungapan ada larangan mandi di pantai. Hal ini dikarenakan ombaknya sangat besar, dapat membahayakan pengunjung. Ada petugas yang selalu setia dengan megaphone dan peluit untuk memperingatkan pengunjung yang nekat. 

2. Naik sepeda air 

Sepeda air yang ada di muara ini jumlahnya dua. Berbentuk bebek dengan warna kuning cerah. Seperti sepeda air pada umumnya, anda dapat mengendarainya dengan cara mengayuh pedal. Sepeda air ini dapat dinaiki 2 sampai 3 orang dewasa. Anda dapat menggunakannya untuk menyusuri sungai Penguluran. Tapi ingat, anda jangan terlalu jauh karena anda anda harus mengayuh lagi untuk kembali ke titik pemberangkatan. 

3. Naik Perahu Motor 

Perahu motor yang dapat dinaiki oleh kurang lebih 10 orang dewasa ini dapat anda sewa dengan harga Rp 100.000. Dengan perahu ini anda dapat menyusuri sungai Penguluran hingga kurang lebih sejauh 8 km. Persiapkann kamera anda untuk merekam pemandangan indah yang akan anda jumpai sepanjang sungai. 

wahana di pantai ungapan


4. Naik Jet Ski
Jangan salah, di Pantai Ungapan juga ada jet ski loh. Anda bisa mengendaraina sendiri atau tandem dengan bapak petugasnya. Dengan mengendarai jet ski ini anda bisa berkeliling muara sngai ataupun menyusuri sungai.

5.  Mendaki bukit getun 

Bukit Getun atau yang oleh masyarakat setempat disebut gunung Getun adalah sebuah bukit yang terletak di sebelah timur pantai ungapan. Tepat di sisi muara sungai Penguluran. Bukit yang tingginya kurang lebih 50 meter ini dapat anda daki hanya dalam waktu 10-15 menit saja. Diatas bukit anda akan menikmati pemandangan pantai ungapan dan jalur lintas selatan dari ketinggian. 


6. Wisata Kuliner 

Merasa lapar setelah berjalan jalan di sepanjang pantai, atau kehausan setelah mendaki bukit getun? Jangan khawatir di sepanjang tepi pantai Ungapan, banyak sekali pedagang makanan dan minuman yang siap melayani anda. Favorit saya adalah warung Pertiwi yang letaknya kurang lebih 50 m di sebelah barat pintu masuk. Warung ini memiliki fasilitas paling lengkap diantara warung lainnya dan tempatnya luas, cocoklah kalau untuk makan bersama rombongan teman atau keluarga. Disini tersedia toilet air tawar, musholla, kolam renang air tawar mini, makanan dan minuman hangat maupun dingin. Di warung ini juga ada daftar harga, jadi enggak takut dikemplang. 

7. Naik ATV 

Capek berjalan kaki? Anda bisa berkeliling pantai Ungapan dengan menggunakan ATV atau All Terrain Vehicle ini dapat anda sewa hanya dengan 40 ribu upiah saja. Menyenangkan sekali berkeliling dengan menggunakan ATV ini karena anda bisa merasakan sejuknya udara di pantai Ungapan dantara rindangnya pepohonan. Bahkan ATV ini juga bisa melaju di atas pasir pantai. Tapi ingat ya, jangan ngebut. Meskipun area pantai Ungapan ini sangat luas, namun banyak pengunjung termasuk anak anak yang berlarian kesana kemari. 

10 hal yang harus dilakukan di pantai ungapan


8. Berkemah 

Area pantai Ungapan ini cocok sekali bila digunakan untuk berkemah. Tanahnya datar dan rumputnya rapi. Area parkir yang juga merupakan area berkemah ini cukup luas. Anda dapat mendirikan tenda diantara pepohonan. Jangan khawatirkan air pasang karena area berkemah ini tidak terjangkau oleh air laut. Berbagai fasilitas pendukung pun tersedia seperti toilet dan penjual makanan. Percaya deh, tidur di tenda sambl menikmati semilir angin laut dan suara deburan ombak itu nikmat banget. 

9. Melihat Sunset. 

Senja di pantai Ungapan tak kalah indah dengan senja di pantai lainnya. Awan berwarna jingga yang kian memudar diantara debur ombak akan membuat anda selalu merindukan tenggelamnya matahari di pantai ini. 


10. Berburu foto 

Semua spot di pantai ini sangat laak untuk diabadikan dalam bingkai foto. Anda dapat berburu foto di bukit getun, kawasan muara, sepanjang pantai atau diantara rimbunna pepohonan. Ada banak sekali pilihan spot foto sebagai kenang-kenangan bahwa anda telah mengelilingi area wisata ini. 


Ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan di pantai Ungapan ya, itulah mengapa banyak orang yang rela berkunjung berkali-kali. Jika waktu sehari belum cukup anda juga bisa menginap di homestay yang berada di pantai ini. Anda pun masih bisa update status karena sudah ada warung yang sudah menediakan layanan Wifii. Menurut anda, apa lagi yang harus di tambah di kawasan pantai wisata ini?

You May Also Like

6 comments