Inilah Berbagai Kesalahan dalam Dekorasi Rumah yang Tanpa Disadari Sering Anda Lakukan

by - 12:44:00 PM

Kesalahan Dekorasi Rumah


Inilah Berbagai Kesalahan dalam Dekorasi Rumah yang Tanpa Disadari Sering Anda Lakukan 


Rumah idaman setiap masyarakat Indonesia adalah yang dapat memberikan keamanan sekaligus dengan kenyamanan yang maksimal. Rumah yang nyaman bisa datang dari pilihan dari dekorasi rumah yang Anda pilih. Sekarang ini, sudah ada begitu banyak trik dan tips yang diberikan untuk memperindah rumah dan menjadi lebih nyaman untuk di tinggali. 


Dekorasi tersebut bisa Anda lihat dari segi tata ruang, perabotan jenis apa saja yang digunakan, luas rumah, dan lain sebagainya. Gaya rumah yang sekarang ini paling banyak diusung oleh masyarakat Indonesia adalah gaya rumah minimalis. Gaya ini menggunakan tempat yang tidak begitu luas, namun dapat memberikan kesan modern dan nyaman untuk dihuni. Namun, dalam perencanaan dan juga mendekornya, sering kali Anda membuat suatu kesalahan yang tanpa Anda sadari. 


Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi ketika sedang mempercantik rumah yang secara sadar atau tidak sadar dilakukan oleh masyarakat Indonesia: 





1. Pencahayaan. 

Banyak orang Indonesia yang hanya memperhatikan jenis furniture, peletakannya, jenis dekorasi dan lain sebagainya yang membuat ruangan bisa tampak indah. Namun, sering kali mereka tidak memperhatikan aspek pencahayaannya. Cahaya alami yang datang dari sinar matahari atau yang berasal dari lampu nyatanya mampu menambah kenyamanan dan estetika ruangan Anda. Hal tersebut mampu memberikan adanya ilusi ruangan Anda menjadi lebih lega dan menjadi lebih nyaman. Anda harus membuat jendela yang memungkinkan sinar matahari menyinari ruangan. 

Kesalahan Dekorasi Rumah


Saya itu paling suka jika rumah terang, apalagi kalau cahayanya asli dari cahaya matahari. Rasanya rumah makin lapang. Namun begoitu, belum semua bagian rumah saya terang secara alami, karena masih bergantung pada lampu. Maklum beli rumah sudah jadi yang sudah tua, jadi perlu berbenah sendiri agar sesuai keinginan. Dan bisanya ya nyicil sedikit demi sedikit, disesuaikan sama duitnya hihihi. 


2. Tidak Memisahkan Ruangan 

Biasanya, untuk membuat rumah yang minimalis terasa lebih luas, kebanyakan dari pemiliknya menyatukan berbagai ruangan dengan tidak menggunakan sekat apa pun. Meski memang trik tersebut adalah benar, namun jika tidak menggunakan sekat sama sekali pastinya akan merugikan Anda. Dekorasi rumah Anda akan terasa tidak nyaman dan Anda pun akan mudah terganggu oleh aktivitas lain yang dilakukan bersamaan. Akan lebih baik untuk menggunakan pemisah yang bisa Anda dapatkan dari belanja online. 

Pemisah ruangan sekarang bentuknya lucu-lucu lo. Kalau pemisah ruangan zaman dahulu biasanya hanya terbuat dari anyaman rotan, atau kayu. Namun sekarang makin variatif. Dapat disesuaikan dengan gaya rumah kita, mau modern, klasik, ekletik atau modern. 

Kesalahan Dekorasi Rumah


Anda juga bisa memilih apakah partisi tersebut adalah partisi permanen yang tidak bisa dipindah atau partisi yang movable. Yaitu partisi yang dapat dipindah jika ada keperluan. Misalnya saja saat ada pertemuan keluarga besar, agar ruangan lebih luas, maka partisinya bisa dipindahkan terlebih dahulu. 


3. Menjauhkan Furniture 

Kebanyakan dari yang memiliki rumah minimalis sudah mengetahui bahwa trik untuk menjauhkan segala jenis furniture dari permukaan dinding akan membuat ruangan tersebut terasa lebih lega dari yang sebenarnya. Namun, siapa sangka bahwa trik tersebut adalah salah dan tidak dianjurkan untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan akan membuat ruangan menjadi berantakan dan akan membuat penghuninya kesulitan untuk lalu-lalang. 

Agar lebih lapang, hendaknya Furniture diletakkan sedemikian rupa agar tidak menghalangi lalu lintas di dalam rumah. Apalagi jika di rumah tersebut memiliki anak kecil yang aktif. Jadi lebih baik, furniture diletakkan dekat dengan dinding. Tata sedemikian rupa, sehingga tamu pun merasa nyaman. Misalnya saja jangan sampai kursi tamu terlalu berjauhan dengan meja yang akan membuat tamu kesulitan ketika hendak mengambil minuman. Untuk itu faktor kenyamanan hendaknya jangan sampai dilupakan. 


4. Menggantung Dekorasi 

Menggantung berbagai macam jenis pernak pernik dan juga dekorasi memang terkadang membuat rumah semakin terlihat lebih indah dan lebih apik. Namun, menggantung terlalu banyak dekorasi merupakan kesalahan dalam menghias rumah. Terutama, jika Anda menggantungnya dengan secara simetris dan rapi. Tapi, yang paling bagus adalah menggantungnya secara acak akan membuat rumah terasa lebih unik dan memberikan kesan lebih dinamis dan juga terasa kreatif. Namun perlu diingat, jangan menggantung terlalu banyak hiasan karena akan menghilangkan kesan minimalis dan juga dapat mengganggu pandangan Anda. 

Pemberian hiasan dinding yang terlalu banyak juga akan mengesankan rumah jadi terlalu penuh. Pilih hiasan yang sesuai dengan gaya dekorasi anda saja. Dan jangan lupa komposisi warnanya juga harus sesuai, agar rumah anda tidak saja indah tapi juga tidak membosankan untuk dilihat. 

Kesalahan Dekorasi Rumah



5. Menaruh Dekorasi pada Pintu Masuk 

Banyak masyarakat Indonesia yang tidak mementingkan dekorasi pada pintu rumahnya. Hal tersebut adalah kesalahan, karena hal pertama yang dilihat oleh para tamu adalah pintu masuk. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa dekorasi rumah dimulai dari pintu masuknya. 

Dalam memberikan dekorasi pada pintu masuk hendaknya jangan berlebihan, jangan sampai pintu anda tidak terlihat sebagai puntu. Hiasan yang sederhana dan sesuai dengan dekorasi di sekelilingnya malah akan membuat pintu anda terlihat manis. Sekarang hiasan pintu yang lucu-lucu juga sudah banyak ditemukan di e-commerce, jadi tinggal pilih saja, yang mana gaya anda. 


Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia dalam mendekorasi rumah. Memang sih, dekorasi rumah adalah hak sepenuhnya dari pemilik rumah. Namun tidak ada salahnya kita membuat tamu merasa nyaman dan betah di rumah kita, dengan memberikan dekorasi yang tepat. Anda setuju dengan saya? 


You May Also Like

0 comments