6 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

by - 7:35:00 PM

6 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta



6 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta 

Bagi orang Jakarta ke Mall biasanya adalah tempat pelarian untuk jalan-jalan rutin dengan keluarga atau dengan orang yang dikasihi. Di Jakarta ada banyak pilihan Mall yang bisa anda kunjungi. Namun lewat artikel ini anda akan disuguhkan atau diingatkan bahwa ada beberapa tempat di Jakarta yang juga menarik dan layak untuk anda kunjungi. Tempat tempat berikut ini sangat cocok untuk anda datangi bersama seluruh anggota keluarga karena menyuguhkan ilmu pengetahuan dan memanjakan mata.. Beberapa tempat berikut adalah ikon kota Jakarta, karena tidak ada yang menyamainya di daerah lain. 



1. Kawasan Kota Tua 


Dilihat dari namanya, pasti semua orang akan berpikir bahwa daerah ini adalah tempat dimana terdapat banyak gedung-gedung tua. Yap, anda tidak salah! 


Tempat di kawasan Jakarta Pusat yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Utara ini memang sering menjadi tempat wisata yang favourite khususnya bagi para fotografer atau mereka yang hobi mengabadikan lewat foto suasana yang unik dan juga menarik. Biasanya mereka mengambil suasana di depan gedung-gedung dengan gaya artistik jaman penjajahan Belanda duku dan mengambil foto di depannya. Selain itu Kota Tua juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas sepeda onthel atau sepeda tua dan dicat warna-warni. 



Sering saya melihat foto teman-teman yang melakukan tour bersama-sama di kawasan kota tua ini. Ingin rasanya saya berkunjung kesana. Karena dulu waktu pergi ke Jakarta saya tidak berkesempatan untuk mengunjunginya. 



2. Kepulauan Seribu 


Tidak jauh dari Ancol anda akan menemukan tempat wisata lain sebenarnya masih masuk ke wilayah Jakarta tapi agak jauh karena terpisah dalam bentuk pulau-pulau, kawasan kepulauan itu dinamakan kepulauan Seribu. Sampai saat ini tidak ada yang menemukan jumlah pulaunya seribu tapi dikarenakan jumlahnya yang banyak maka dinamakan kepulauan seribu. 

Banyak pulau-pulau kecil di kepulauan seribu yang menjadi tempat wisata dan cukup dikenal oleh warga Jakarta dan juga oleh orang di luar Jakarta. Diantaranya yang paling sering dikunjungi adalah pulau Bidadari dan juga pulau Tidung. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, berwisata ke Pulau Seribu sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dari kepadatan kota Jakarta. 



3. Taman Mini Indonesia Indah 


Salah satu tempat wisata kebanggaan warga Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Taman Mini Indonesia Indah, tetap jadi tujuan wisata favorit bagi pengunjung dari luar Jakarta. 

Di dalam TMII ini kita disuguhkan dengan miniatur dari bangsa Indonesia, kepulauan bangsa Indonesia dan juga suku-suku yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah ini didirikan oleh ibu Tien Soeharto yang adalah istri dari Presiden kedua Indonesia, Bapak Soeharto. Pada waktu mengunjungi Taman Mini dulu, karena keterbatasan waktu saya tidak dapat mengelilingi semuanya, karena saking luasnya area Taman Mini. Namun ingatan saya tidak lepas dari pengalaman pertama naik kereta gantung. Sampai kini masih terbayang perasaan senang bercampur deg-deg an itu. 



Di TMII ini juga banyak tempat wisata lainnya yang layak dikunjungi seperti Teater IMAX Keong Mas yang memutar film-film tentang kepulauan Indonesia dan juga saat ini sudah tersedia juga tempat wisata modern yakni kolam renang Snowbay yang dihiasi bentuk dekorasi seperti salju di dalamnya. 



4. Kebun Binatang Ragunan 


Siapa warga Jakarta yang tidak mengenal Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binantang di atas 147 hektar dan dihuni lebih dari 2000 satwa ini merupakan kebanggaan warga Jakarta yang selalu dipenuhi oleh wisatawan dari kota Jakarta sendiri atau dari luar kota Jakarta atau bahkan dari Mancanegara terutama di saat hari libur. Dengan tiket masuk yang murah anda bisa melihat beraneka ragam satwa baik yang hidup di darat, laut dan juga di udara. S KEemuanya lengkap di Kebun Binatang Ragunan. Selain itu karena tempatnya yang teduh dan rimbun laksana hutan maka sering dipakai oleh pengunjung menjadi tempat piknik di taman dan di beberapa area luasnya. 

Setiap memasuki liburan sekolah, Kebun Binatang ini selalu dipadati oleh pengunjung. Karena selain menawarkan pengetahuan pada anak-anak, tempat wisata ini harga tiketnya juga terjangkau. 





5. Taman Impian Jaya Ancol 


Taman Impian Jaya Ancol sangat identik dengan pantainya. Hampir disetiap hari libur pantai di Ancol ini pasti dipenuhi oleh pengunjung khususnya dari kota Jakarta dan juga dari luar kota Jakarta. Lokasi Ancol ini mudah digapai oleh warga Jakarta karena sekarang sudah ada bis Trans Jakarta yang masuk sampai ke kawasan Ancol. 

Selain wisata pantainya di Ancol kamu juga bisa menemukan berbagai wisata yang menarik lainnya dan juga menjadi ikon warga Jakarta diantaranya ada Dufan yang merupakan tempat rekreasi keluarga yang menyediakan wahana permainan yang seru dan menarik bahkan penuh tantangan selain itu di ada juga Seaworld yang menyediakan wisata air dan pengenalan akan semua jenis ikan di laut. Kamu dapat memesan tiketnya di Traveloka. Kemudahan membeli tiket secara online ini sangat menguntungkan, karena kita dapat merencanakannya dan membelinya jauh-jauh hari. 



6. Monumen Nasional (Monas) 


Kalau di Amerika ada Patung Liberty dan di Paris ada Menara Eifel Monas, maka di Indonesia kita punya Monas (Monumen Nasional). Bangunan yang memiliki tinggi berkisar 32 meter ini merupakan ikon dari kota Jakarta. Selain itu Monas dijadikan simbol untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda. Monas dibangun tinggi dengan puncaknya berbentuk lidah api yang berlapis emas yang di resmikan oleh Presiden pertama Indonesia yakni Ir.Soekarno. Didalamnya Monas dilengkapi dengan museum yang menceritakan tentang sejarah Nasional Indonesia. 

Sayangnya, saya belum beruntung saat mengunjungi Monas beberapa waktu yang lalu, karena pada saat saya kesana lift yang menuju puncak sedang dalam perbaikan. Semoga di waktu yang akan datang, saya bisa melihat Jakarta dari puncak Monumen Nasional. 



Jangan mengaku warga Jakarta jika tidak pernah mengunjungi ke 6 tempat wisata kebanggaan sekaligus menjadi ikon dari kota Jakarta ini. Dan jangan sampai kalah dengan warga dari luar Jakarta yang jauh jauh datang dari daerah datang untuk mengelilingi ke enam tempat wisata di atas. Selamat menikmati wisata Jakarta. 


You May Also Like

17 comments

  1. aku belum pernah ke pulau seribuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbaak...aku juga belum pernah kesana, bareng-bareng yuuuk...

      Delete
  2. Makasih mba informasi tempat wisatanya...
    jujur aja sih mba, saya kepengan banget ke Jakarta, karena emng gak pernah k sna hehe. Dari dulu cuma ngincar Tanah Abang mba, kepengen shopping barang grosiran terus jual di sini mba ^^


    Oh iya mba, kalo ada waktu mohon singgah sebentar ke blog saya ya
    http://nheyta.blogspot.co.id/2018/03/cukup-sekali-saya-menderita-dua-kali.html
    Terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanah abang lebih murah ya harganya... boleh juga ya idenya untuk jualan...

      Delete
  3. Saya baru pindah k tangerang selatan. Kan deket ya ke jakarta, cuma belum pernah main k 6 tempat yang disebutkan di atas. Saya penasarannya sama kota tuanya ☺️. Semoga bisa segera jalan-jalan ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak....sama-sama belumpernah ke kota tua hihihi... aamiin...

      Delete
  4. Kepualuan seribu jadi favorite, gak bakalan kelar ngunjungi selama satu bulan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih... emang pulaunya banyak ya...semoga semua masih terjaga kelestariannya..

      Delete
  5. Kayaknya saya kudu wajib datangi tempat di poin 1,3 dan 6 deh mba.
    aaahh semoga bisa ke jekardah dalam waktu dekat ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin...aku juga sudah lama nggak ke Jakarta mbak. Gimana kalau kita barengan, hihihi

      Delete
  6. Aku pingin banget ke kawasan kota tua Jakarta, dalam bayanganku tempatnya pasti punya makna nostalgia yg kental spt yg ada di Semarang.
    Kepulauan Seribu juga aku belum pernah ... harus diagendakan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau dilihat dari foto-fotonya, kayanya asik...

      Delete
  7. Saya sudah 5 tahun di jakarta dan belum pernah ke kepulauan seribu

    ReplyDelete
  8. Kesemuanya lokasi di artikel ini kebetulan udah aku datangi,kak.
    Sayangnya file foto hilang di memory card.

    Kawasan kota tua patut diacungi jempol, dirawat dengan baik.
    Museum Fatahillah, museum Uang dan museum Wayang ditata dengan apik.

    Ragunan, tiketnya murmeeerr ... jauh dibandingin sama tiket bonbin lain.
    Koleksi hewannya juga lengkap.

    Kep.Seribu ... wow bersihnya 👍
    Ngga nyangka, kota Jakarta yg rata2 airnya keruh ... ternyata di kep.Seribu airnya sebening kaca, kayak akuarium raksasa.

    ReplyDelete
  9. Dari dulu penasaran sama TMII. Semoga kapan-kapan bisa ke Jakarta dan mengunjungi TMII dan Monas juga.

    ReplyDelete
  10. Selama ini cuma pernah ke Monas dan TMII sih. Itupun waktu masih SD. Lama amat yaaa :D

    ReplyDelete
  11. kepulauan seribu sama puncaknya Monas aku belum pernah :))))) berarti blm sah jd warga Jakarta yah

    ReplyDelete