Resep Kue Garpu, Cemilan Gurih Manis yang Disukai Anak-Anak

by - 10:28:00 PM


resep kue garpu, cemilan mudah dan praktis


Resep Kue Garpu, Cemilan Gurih Manis yang Disukai Anak-Anak

Anak-anak terkadang merasa kalau dirinya sudah dewasa, sehingga ingin melakukan segala sesuatunya sendiri. Andaikan kita menolak, mereka akan menganggap kalau diri mereka kurang dihargai dan akan merasa dianggap sebagai anak kecil (walau memang sebenarnya masih kecil hihihi). Namun terkadang kita perlu memberi kesempatan pada mereka untuk melakukan sesuatu yang mereka anggap sebagai pekerjaan orang dewasa, agar tumbuh kepercayaan diri pada mereka.

Sayapun terkadang memberi kepercayaan pada anak-anak untuk melakukan sesuatu tanpa campur tangan saya. Saya hanya mengawasi dan ambil bagian yang berbahaya apabila dilakukan oleh anak-anak. Salah satu kegiatan yang biasa kami lakukan adalah membuat kue. Nah kebetulan, kue yang baru saja saya buat bersama anak-anak adalah kue garpu.

Saya memberi kepercayaan kepada mereka untuk menimbang sendiri, membuat adonan sendiri hingga membentuk adonan menggunakan garpu. Enggak usah khawatir kuenya bakalan gagal, karena kue garpu ini termasuk golongan kue anti gagal. Tidak perlu proofing dan semacamnya, tinggal campur bahan-bahannya, uleni sampai kalis, lalu bentuk, jadi deh...

Baiklah ini dia resep kue Garpunya...

Bahan :

250 gram tepung terigu
1 butir telur
2 sdm gula
1/2 sdt garam
50 gram keju parut
2 sdm margarin dicairkan
sedikit air (optional/ tergantung adonan)Minyak untuk menggoreng


cara membuat kue garpu, cemilan mudah dan praktis
resep kue garpu, cemilan mudah dan praktis


Cara membuat

Ayak tepung terigu, tambahkan semua bahan lainnya kecuali air. Aduk dan remas remas sampai menyatu, lalu uleni hingga kalis. Apabila adonan terlalu kering dan tidak bisa menyatu tambahkan sedikit air, lalu uleni kembali hingga kalis dan diamkan sebentar agar adonan homogen.

Apabila adonan sudah kalis, dan tidak nampak butiran-butiran gula, berarti sudah siap dibentuk. Letakkan sedikit adonan pada punggung garpu, pipihkan lalu gulung ke arah atas. Adonan akan berbentuk seperti kerang. Hal inilah yang menyebabkan anak-anak saya menyebut kue garpu ini sebagai kue kerang. Setelah itu goreng dalam minyak panas sampai warnanya kuning keemasan. Dinginkan lalu siap dinikmati deh....


resep kue garpu, cemilan mudah dan praktis



Jika anda tidak memiliki keju juga tidak masalah, tanpa keju pun masih enak. Tinggal tambahkan 1/2 sdt garam sebagai pengganti keju, agar rasa kue garpu tetap gurih.



Anak-anak sudah bisa membuat kue garpu ini sendiri, saya hanya membantu saat menggorengnya saja. Kalau awal-awal membuat sih mereka cenderung bermain dengan adonan, namun karena kini mereka sudah besar, jadi sudah tidak lagi. Dulu, ketika mereka masih kecil, biasanya mereka saya beri sedikit adonan untuk dibuat mainan oleh mereka. Namun adonan itu tidak untuk dimasak. Namun lama-lama mereka ingin menikmati hasil pekerjaan mereka sendiri, mereka lalu berhenti bermain dan mulai membantu dengan serius.

Jangan terkejut jika dapur tiba-tiba lebih meriah dari biasanya. Tepung terigu dan adonan berhamburan. Lama-lama jika sudah biasa hal itu akan berkurang dengan sendirinya. Dan percayalah, diberi kepercayaan semacam ini saja anak-anak sudah senang bukan main.

Bagaimana resep kue garpu ini?  Ternyata cara membuat kue garpu sangat mudah ya, ayo ajak anak-anak akrab dengan dapur melalui kegiatan sederhana ini. Syelamat mencobaaaa

You May Also Like

5 comments

  1. Kok unik sih namnya kue garpu, hehe. Karena buatnya juga pakai garpu yaa.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu nih kue yang namnya kue garpu. Rasanya kek gimana tuh, jadi penasaran.

    ReplyDelete
  3. Waaah, bisa nih dicontoh sama-sama anak-anak bila libur sekolah, membuat kue garpu. Makasih banyak nggih resepnya.

    ReplyDelete
  4. wah jadi kepengen nyoba buat Kue Garpu deh

    ReplyDelete
  5. waahhh mudah bangeettt, bis di coba nih, btw kakak saya suka juga buat kue garpu, tapi di bake sih :D

    ReplyDelete