kesehatan

Berapa Berat Badan Ideal Wanita dengan Tinggi 150 Cm?

15.47.00

Konten [Tampil]
Berat badan ideal wanita


Dahulu sebelum menikah berat badan saya yang tingginya hanya 148 cm, tidak sampai 40 kg. Karena berat badan kurang saya beberapa kali ditolak untuk donor darah. Bapak petugasnya bilang "Udah pulang saja mbak, daripada nanti pingsan disini. Dilihat saja sudah kelihatan kalau mbak e gak sampai 40 kg". Padahal saat itu saya enggak pernah diet dan merasa kalau makan saya banyak. 

Pada saat hamil, berat badan saya naik drastis ke angka 65 kg. Bisa dibayangkan betapa bulatnya saya saat itu. Tapi walaupun begitu saya tetap pede, kuncinya adalah jarang ngaca haha. 

Karena jarang ngaca dan tidak punya timbangan badan saya tidak menyadari kalau waktu itu saya gendut banget. Sampai akhirnya melihat foto badan saya sendiri saat difoto sama kakak. Wooh ternyata gendut, bahkan sudah bisa dibilang obesitas. 

Tapi karena saat itu sedang menyusui, saya pun tak ambil pusing. Nanti sajalah menguruskan badan kalau sudah tidak menyusui lagi. Eh gak sengaja saya masuk angin sampai terkena diare parah. BB pun kembali ke angka 40 an. 

Jangan tanya bentukan saya saat ini. Kemarin saat bulan puasa sempat turun hampir 4 kilo dan menyentuh angka 53 kg. Eh satu minggu setelah lebaran naik lagi 3 kilo jadi 56 kg. 

Padahal sudah seneng tuh, baju-baju saya jadi lebih longgar dan nyaman dipakai. Mungkin sudah saatnya beli timbangan badan ya. 

Saat berat saya turun kemarin, memang rasanya beda. Badan jadi lebih ringan, enggak gampang ngantuk dan lebih bersemangat. Dan setelah naik 3 kg badan terasa berat, lebih gampang ngantuk dan gampang capek. 

Selama ini saya memang kurang peduli, sekarang jadi bertanya-tanya berapa sih berat badan ideal wanita dengan tinggi 148 cm,  mestinya tidak jauh-jauh dari BB ideal wanita 150 cm ya. 

Apakah mungkin, beberapa waktu sebelum ramadan kemarin saya sempat obesitas. Pikiran itu tiba-tiba terbersit karena beberapa kali engkel kaki saya terasa tidak nyaman saat bangun tidur, mungkin karena kelebihan berat badan. Sayapun jadi oenasaran, berapa sih bb ideal wanita untuk tinggi 148cm? 

Untuk mengetahui berat badan ideal wanita dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal

1. Dengan Mengetahui Body Mass Index atau BMI

Dengan melakukan perhitungan BMI kita akan tahu apakah badan kita termasuk dalam kategori kurus, sedang, gemuk atau obesitas. 

Rumus menghitung berat badan ideal dengan metode BMI adalah : 

BMI = Berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Dari hasil perhitungan BMI diatas, maka dapat diperoleh angka dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Angka BMI 18,5-25 masuk dalam kategori normal.
  • Angka BMI > 25 masuk dalam kategori berat badan berlebih.
  • Angka BMI < 25 masuk dalam kategori berat badan kurang.
  • Angka BMI > 30 masuk dalam kategori obesitas. 
Dengan menggunakan rumus di atas, maka BMI saya yang memiliki berat badan 56 dan tinggi 148 adalah 25,6.

Ternyata memang Bodi Mass Indeks saya lebih besar dari angka ideal. Walupun menurut saya lebihnya tidak terlalu banyak, sebaiknya saya memikirkan bagaimana cara menurunkan berat badan sesegera mungkin. Kalau saya abai, bukan tidak mungkin berat badan saya akan semakin bertambah. 

Namun demikian, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Jika badan anda memiliki massa otot tinggi dan massa lemak rendah, meskipun BMI anda termasuk tinggi maka anda tidak akan terlihat gemuk. 

2. Menghitung BB Ideal Menggunakan Rumus Broca


Perhitungan ini ditemukan oleh Paul Broca, berikut ini rumus berat badan wanita ideal :

Berat badan ideal (kg) = (Tinggi badan (cm) - 100) - (Tinggi badan (cm) -100 x 15%)

Misalkan anda memiliki tinggi badan 148 cm, maka = 48 - 7,2 = 40,8 kg. 
BB ideal wanita tinggi 148 menurut rumus Broca adalah 40,8 kg. Hmm sepertinya saya sulit mencapainya. 

3. Mengacu pada tabel BB ideal dari Kemenkes. 


Mengacu pada tabel berat badan ideal dari Kemenkes, berikut ini BB ideal wanita

Berat badan ideal wanita tinggi 150 cm

Nah, dari tabel di atas dapat kita ketahui bahwa BB ideal wanita tinggi 147 cm yaitu antara 42-45 kg. 
BB ideal wanita tinggi 150 cm adalah 45-50 dan seterusnya. 

Boleh saja kita berpatokan pada berat badan ideal, namun perlu diingat pula jika semakin matang usia wanita maka produktivitas tubuh juga semakin menurun. Hal ini membuat usaha untuk menurunkan berat badan lebih sulit bila dibandingkan pada saat usia masih muda. 

Tetap berusaha meraih BB ideal sah-sah saja menurut saya, tapi jangan sampai melupakan pentingnya tubuh yang sehat ya. Percuma kita mengejar berat badan yang terlalu ideal jika pada akhirnya malah sakit. Oleh itu lakukan sewajarnya dan sealami mungkin agar badan tetap sehat dan prima. 

Nah itulah cara menghitung Berat Badan ideal untuk wanita dan berapa BB ideal untuk wanita dengan tinggi 150-an cm. 

Semoga bermanfaat ya... 




You Might Also Like

14 comments

  1. Baca ini saya jadi ingat hampir setiap hari diomelin sama suami karena saya ribut banget sama BB (ngakak). Pengen banget mencapai BB saat dulu masih gadis (46-48kg). Sementara saat ini untuk menggapai angka 55kg aja masih butuh perjuangan keras (hahahaha). Sampe suami sering banget ngomong "Sudahlah. Dengan BB sekarang aja dah cukuplah. Gak gemuk kok. Kalau kurus kan dikira menderita. Gak pernah makan enak." (ngakak lagi).

    Tapi memang ya, seiring dengan usia dan metabolisme tubuh yang sungguh lambat di usia saya, menurunkan BB itu butuh pe-er yang gak dikit. Long way to go. Tapi saya bersyukur, diet saya dari 75kg (setelah melahirkan si bungsu) menjadi 56-57kg sekarang tuh, butuh 20 tahun. Panjang perjalanannya.

    BalasHapus
  2. Waoooo, saya keknya masuk obesitas dong, hahaha. Tapi emang bentuk badan saya kek pear, jadinya nggak terlalu keliatan, tapi pas dekatan, woowwww... :D
    Saya pengen nurunin BB susah amat, tapi terima nasib BB makin naik gini juga gabisa karena badan berat banget diajak ke sana ke mari hehehe

    BalasHapus
  3. Kalau saya ga musuhan dengan timbangan Mbak. Soalnya bera badan saya susah naik, tapi mudah turun hehehe. Hanya memnag untuk wanita, berat badan ini harus dijaga, kalau ingin terus terlihat ideal. Tapi fantastis juga karena masuk angin dan diare, berat Mbak Retno dari 65 kg bisa kembali ke 40 kg.

    BalasHapus
  4. kunci biar pede, jarang ngaca. Oke noted!!!
    Tanpa melihat tabel, aku udah sadar diri kalau badanku kategori besar.
    Sekarang lagi semangat2nya diet karena abis banyak makan nastar hahhaa

    BalasHapus
  5. kunci biar pede, jarang ngaca. Oke noted!!!
    Tanpa melihat tabel, aku udah sadar diri kalau badanku kategori besar.
    Sekarang lagi semangat2nya diet karena abis banyak makan nastar hahhaa

    BalasHapus
  6. Selama ini selalu pakai yang BMI. Liat yang patokan Kemenkes kok masuk besar ya. Hahahaha

    BalasHapus
  7. Yuk toss di pojokan kak Retno, samaan kita ndak bisa donor darah gegara bb kurang hehe. Tapi kalo buat nyari baju cukup mudah sih

    BalasHapus
  8. Wah, aku termasuk besar ya. Kalo tinggi 150 an, tapi BB emang di atas 50. Terakhir nimbang malah 55. Tapi kek nggak keliatan besar. 😅

    Sebenernya yang penting sehat yaa. Dan rutin makan makanan sehat juga.

    BalasHapus
  9. Setuju banget. Semakin tambah usia semakin sulit menuru nkan BB
    Dulu, kalo mau kurus, cukup kurangi makan jadi 1 kali makan per harinya
    Sekarang sih gak ngaruh, harus ditambah olah raga intens BB turun perlahan

    BalasHapus
  10. Wah iya
    Emang klo berat badan ideal itu harus disesuaikan dengan tinggi badan ya mbak
    Masing-masing orang tentu beda berat badan idealnya

    BalasHapus
  11. Loh Kak serius cuma 148 cm Aku ngeliat dari foto kakak, kayak tinggi lho. Kalau yang pakai standar BMI Itu aku udah coba ngitung dan emang aku obesitas di tinggi 150 cm. Ternyata ada hitungan pakai rumus lain yang mau aku cobain ah

    BalasHapus
  12. Saya juga lagi kebablasan nih berat badannya....terus saja naik saat makin nambah umurnya..hiks. Jadi lagi berusaha menurunkan berat badan dengan pelan dan aman
    Setuju...jangan sampai mengejar berat badan yang terlalu ideal jika pada akhirnya malah sakit

    BalasHapus
  13. Baru saya cek IMT ternyata saya normal ya, karena tinggi 171, BB 64.

    BalasHapus
  14. Selama ini tahunya buat ngitung BB ideal itu dengan body mass index, ternyata ada cara lainnya juga. Eh bahkan kemenkes pun punya tabel berat badan ideal berdasarkan tunggi dan ukuran badan

    BalasHapus