Protokol Kesehatan Setelah Bepergian yang Wajib Dipatuhi di Masa Pandemi

by - 2:22:00 PM

Protokol Kesehatan Setelah Bepergian yang Wajib Dipatuhi di Masa Pandemi coronavirus

Sejak akhir 2019 lalu dunia dihebohkan oleh adanya pandemic yang menyerang hampir semua negara di dunia. Akibatnya aktifitas yang melibatkan orang banyak dihentikan. Sekolah diliburkan, para karyawan bekerja dari rumah, bahkan moda transportasi umum pun operasionalnya diberi aturan khusus agar masyarakat dapat menaikinya dengan protokol tertentu.

Akibat adanya wabah covid 19 atau virus corona, segala aktifitas di perkotaan nyaris lumpuh. Banyak kota besar di dunia dengan angka penderita Covid tinggi di tutup. Karantina ini untuk menghentikan warga keluar masuk ke kota tersebut. Dengan menutup akses keluar dan masuk ke kota tersebut, diharapkan dapat menghentikan penyebaran virus ke wilayah lain. 

Manusia hanya bisa berusaha, namun pada akhirnya virus corona ini menyebar juga ke semua negara di dunia. Korban berjatuhan, angkanya mencapai ratusan ribu jiwa. Sementara jumlah pasien yang terkonfirmasi positif menderita corona ini lebih dari 3 juta jiwa. Akibatnya, Covid 19 ini tak hanya menyerang sector kesehatan saja, segala sector di masyarakat pun terkena dampaknya.


coronavirus Protokol Kesehatan Setelah Bepergian yang Wajib Dipatuhi di Masa Pandemi


Kata Covid 19 sendiri merupakan akronim dari Co dari kata Corona, Vi dari kata Virus, D dari kata Disease dan 19 karena wabah ini muncul pada tahun 2019. Sedangkan kata Corona sendiri mengacu dari bentuk virus yang menyerupai corona atau mahkota dari Bahasa Yunani. 

Menurut Wikipedia, istilah ini digunakan pertama kali di media pada tahun 1968. Virus ini memiliki beberapa jenis, diantaranya MERS dan SARS. Sebagai sesama Coronavirus, Covid19, MERS dan SARS sama sama menyebabkan infeksi pernafasan, namun yang membedakan adalah gejala dan tingkat keparahannya.

Virus Covid 19 yang lebih dikenal masyarakat dengan nama corona ini dapat menular melalui droplets atau butiran ludah yang menempel pada benda. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dengan cara yang benar dan melakukan protocol kesehatan setelah bepergian.

Protokol kesehatan ini harus di patuhi agar kita tidak membawa virus dari luar masuk ke rumah kita. Protokol kesehatan ini adalah salah satu upaya menghindarkan anggota keluarga kita dari bahaya virus corona.

Hal yang perlu dilakukan ketika kita sampai dirumah pada masa penyebaran Covid 19 ini adalah :
  • Melepas sepatu di luar rumah
Jangan biasakan mengenakan sepatu yang kita bawa dari luar masuk ke dalam rumah. Sebaiknya sepatu dilepas di luar rumah dan letakkan di tempat yang agak tersisih sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Menghindari kemungkinan dipegang-pegang oleh anggota keluarga lain.
  • Semprotkan cairan desinfektan pada barang yang di bawa.
Setiap keluar rumah, pasti kita membawa barang barang seperti tas, ransel, atau kantung belanja. Semprot barang barang tersebut dengan cairan desinfectan agar virus yang melekat tidak bertahan lebih lama di barang bawaan kita.

  • Buang segera barang dari luar rumah yang tidak diperlukan.
Buang barang-barang yang tidak di perlukan sebelum masuk ke dalam rumah. Barang-barang tersebut antara lain tisu, bungkus makanan, masker sekali pakai dan lain lain yang sekiranya tidak di perlukan.

  • Jangan menyentuh apapun sebelum membersihkan diri
Ketika datang dari bepergian, lebih baik masuk rumah tidak melalui pintu utama. Baik itu pintu samping atau pintu dapur. Setelah masuk rumah langsung menuju kamar mandi untuk membersihkan diri dengan menggunakan sabun.
  • Segera rendam pakaian dengan air sabun.
Lepas semua pakaian dan segera masukkan mesin cuci atau rendam dengan menggunakan air sabun untuk membunuh virus atau kuman penyakit yang melekat.
  • Segera mandi dan cuci tangan hingga bersih dengan cara-cara yang benar.
Mandi dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik sangat dianjurkan. Perhatikan juga cara mencuci tangan yang benar, agar tujuan cuci tangan tercapai.

Demikian protokol kesehatan yang perlu dilakukan saat kita baru saja bepergian. Namun perlu diingat, anjuran untuk tinggal di rumah hendaknya kita patuhi. Kalaupun terpaksa untuk keluar rumah pastikan bahwa kepentingan anda benar benar mendesak, pakai masker dan jaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan dan resiko kita membawa virus melalui barang barang yang kita kenakan.


coronavirus Protokol Kesehatan Setelah Bepergian yang Wajib Dipatuhi di Masa Pandemi

Di tengah maraknya media sosial dan banjirnya berita di media lainnya, ternyata ada segelintir orang yang belum paham dengan kondisi sekarang ini. Ada yang mengira kalau sekolah diliburkan, anjuran untuk di rumah saja dikarenakan oleh adanya kekacauan negara. Padahal, yang bersagkutan juga tidak buta huruf. Bahkan istrinya juga memiliki gadget yang bisa mengakses internet.

Hal ini tentunya membuat miris. Betapa di era kemudahan informasi ini masih ada orang yang belum memiliki kemampuan untuk memanfaatkan apa yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya.

Memang perlu sedikit edukasi kepada orang orang seperti ini, bahwa kita bisa mengakses segala macam info melalui gadget yang kita miliki. Namun perlu dijelaskan pula bahwa tidak semua yang muncul di internet itu benar. Untuk mengakses info yang valid, kita harus mengakses situs yang dapat dipertanggung jawabkan. Apalagi di musim pandemic seperti sekarang ini, kita memerlukan situs yang memberikan info yang dapat dipercaya khususnya tentang corona.

Untuk mencari informasi tentang corona atau mengenai kesehatan secara umum, kita bisa mengunduh aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc adalah aplikasi kesehatan online yang memberikan kita kemudahan untuk konsultasi langsung dengan dokter, memesan obat dan membuat janji untuk pemeriksaan laboratorium. 

Aplikasi Halodoc ini memungkinkan kita untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat tanpa melalui proses antri yang berkepanjangan. Kerja sama Halodoc dengan lebih dari 1000 apotik di Indonesia, membuat kita lebih mudah membeli kebutuhan medis melalui fitur pharmacy delivery. 

Informasi terbaru terkait dunia kesehatan juga dapat diperoleh melalui aplikasi Halodoc ini. Manfaatkan fitur search untuk mencari informasi yang anda butuhkan.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa layanan Halodoc yang memberi kemudahan pada kita, antara lain :

  • Chat dokter 

Pengguna bisa memilih fitur voice, chat atau panggilan video dengan lebih dari 16.000 dokter yang sudah bekerja sama dengan Halodoc.

  • Membeli obat

Vitamin, obat, atau perawatan wajah dan kulit bisa dipesan melalui aplikasi Halodoc. Layanan pengiriman obat ini tersedia 24 Jam.

  • Antri rumah sakit secara online

Melalui aplikasi Halodoc ini kita bisa membuat janji dengan dokter, sehingga kita tidak menghabiskan waktu untuk antri di rumah sakit.

  • Kemudahan Cek Laboratorium

Kita bisa cek laboratorium langsung di rumah dan hasilnya bisa kita akses di aplikasi Halodoc.

  • Tercatat dengan baik

Semua hasil percakapan dengan dokter akan tercatat dengan baik di aplikasi, sehingga kita mudah mengaksesnya kembali.

  • Upload resep obat

Dengan mengupload resep obat, kita terhindar dari kesalahan saat membeli obat.

  • Metode pembayaran mudah

Kita dapat membayar pembelian kita melalui Halodoc Walet, Gopay maupun kartu kredit.


Dengan menggunakan aplikasi Halodoc ini kita layaknya memiliki dokter pribadi yang bisa melayani kita kapan saja dan di mana saja. Dan yang paling penting mudah, aman dan terpercaya. 

Mari kita patuhi anjuran pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona, dan pastikan kita memperoleh informasi dari sumber terpercaya agar terhindar dari hoaks.




You May Also Like

0 comments