Tetap Sehat Menyambut Ramadhan saat Pandemi

by - 1:17:00 AM

Tetap Sehat Menyambut Ramadhan saat Pandemi bersama Mombassador SGM Eksplor dan Anak Generasi Maju

Ramadhan kareem sudah di depan mata. Rasa bahagia menyeruak dari dalam dada. Walaupun ada pedih yang tertahan. Ya, sekarang kita semua sedang menghadapi pandemi global. Tidak hanya di Indonesia, negara lain di dunia juga menghadapi hal yang sama.

Covid-19 telah membuat tatanan dunia berubah. Dimulai sejak Desember 2019 lalu, virus ini menyebar dari Wuhan, China ke seluruh dunia. Sebagai Mombassador SGM Eksplor, saya mengajak para bunda untuk tetap bersatu dan kuat menghadapi tantangan di tengah pandemi ini.

Anak-anak kita harus tumbuh dengan bahagia dan menjadi Anak Generasi Maju. Oleh karena itu kita sebagai orang tua  harus selalu menunjukkan semangat dan menghadapi situasi ini dengan senyuman

Dan kini setelah sebulan berlalu, Covid_19 telah mengubah segalanya. Bahkan kita harus menjalani Ramadhan Mubarak ini di tengah-tengah pandemi.

Di situasi pageblug, begitu orang jawa bilang, Ramadhan tahun 2020 ini tentu jauh berbeda dari yang sebelumnya. Dulu, kita dengan leluasa bisa melaksanakan sholat tarawih di masjid, ngabuburit dan buka bersama. Namun sekarang, semuanya harus dilakukan di rumah saja.

Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian. Dengan diberlakukannya bekerja dan belajar dari rumah, maka kita di beri kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Kebersamaan yang dulu sangat mahal, kini kita di beri waktu yang berlimpah. Walaupun bagi saya dan keluarga tidak sepenuhnya berlaku, karena Ayahnya anak-anak masih harus bekerja. Beliau melaksanakan piket setiap dua hari sekali dan lepas dinas dua hari setelahnya. Jika dulu saat lepas dinas, jarang bertemu anak anak karena padatnya kegiatan, sekarang di waktu dua hari itu bebas bercengkerama dengan anak-anak.

Nikmati kebersamaan yang mewah meskipun harus di lakukan di rumah saja. Jangankan untuk melakukan ibadah sholat tarawih, berkumpul lebih dari sepuluh orang saja tidak diperbolehkan. Jalan-jalan banyak yang ditutup untuk meminimalisir pergerakan warga, sehingga tidak terjadi penularan lebih lanjut.

Karena memang virus ini dapat mengenai orang walaupun tanpa gejala. Bagi yang memiliki daya tahan tubuh lebih rendah, dapat mengakibatkan sakit yang lebih serius bahkan mengakibatkan kematian.

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi kunci agar kita dan keluarga terhindar dari virus ini. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan, kita harus benar-benar menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Oleh karena itu, berhati hati dan waspada itu perlu. Namun jangan sampai jadi paranoid dan panik agar kita tetap bisa berpikir jernih. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi yang terjadi di bulan Ramadhan ini.

Hal hal yang bisa kita lakukan untuk keluarga kita demi menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat di bulan Ramadhan selama masa Pandemi ini antara lain: 
  • Stay positive. Pernah mendengar ungkapan "hati yang gembira adalah obat?" Ungkapan ini ada benarnya. Karena jika kita berpikiran positif, otomatis kita akan jadi lebih bahagia dan bersemangat. 
  • konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Perhatikan asupan buah dan sayur, jumlahnya harus mencukupi kebutuhan tubuh. 
  • Minum air putih sesuai ketentuan. Di bulan puasa, jumlah air putih yang dibutuhkan oleh tubuh sama banyaknya dengan hari biasa. Namun banyak orang yang enggan minum sesuai kebutuhan tubuh karena menganggap cairan tubuh sudah terpenuhi tanpa harus minum air putih. Cara konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari selama ramadhan, ada beberapa pola, salah satunya yaitu : satu gelas setelah adzan maghrib, satu gelas setelah sholat maghrib, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah solat tarawih, satu gelas diantara shalat tarawih dan saat tidur, satu gelas sebelum tidur, satu gelas saat bangun tidur dan satu gelas setelah sahur.
  • Olah raga ringan yaitu olah raga yang tidak memforsir tenaga.

Tetap Sehat Menyambut Ramadhan saat Pandemi bersama Mombassador SGM Eksplor dan Anak Generasi Maju
  • Makan secukupnya, jangan berlebihan. 
  • Kurangi atau bahkan hindari makanan yang terlalu pedas maupun terlalu banyak santan. 
  • Hindari minum minuman manis dan kopi saat sahur. Rasa manis dapat membuat kita lebih cepat haus sedangkan kopi bisa membuat kita lebih sering buang air kecil. 
  • Istirahat cukup. Melakukan kegiatan domestik kadang membuat kita lupa waktu apalagi jika di tambah amalan bulan ramadhan. Atur waktu sebaik mungkin agar waktu istirahat anda tidak terganggu dan anda tetap bugar keesokan harinya. 
  • Minum multivitamin jika perlu 
Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat menjalani puasa selama Ramadhan di tengah pandemi ini.

Tetap Sehat Menyambut Ramadhan saat Pandemi bersama Mombassador SGM Eksplor dan Anak Generasi Maju


Tak jauh berbeda dengan orang dewasa, anak-anak pun dapat melaksanakan puasa dengan tubuh yang sehat. Karena dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, alangkah baiknya jika anak mengkonsumsi susu sesuai dengan usianya untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. SGM Eksplor dengan complinutri yang mengandung minyak ikan dan omega 3, kalsium dan vitamin D, Zinc dan vitamin C serta serat pangan inulin mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Cukup dua kali sehari, yaitu pada saat sahur dan setelah berbuka.

Minyak Ikan dan Omega tiga dalam susu SGM Eksplor dapat membantu untuk meningkatkan perkembangan otak dan bermanfaat pula untuk indera penglihatan. Kalsium dan Vitamin D sangat berperan pada pertumbuhan tulang dan gigi. Zinc dan Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan serat pangan inulin membantu organ pencernaan agar mampu menyerap nutrisi secara optimal.

Mengingat begitu lengkapnya nutrisi yang terkandung di dalam SGM Eksplor maka, sediakan selalu Susu SGM Eksplor untuk si kecil agar kebutuhan gizinya tercukupi.

Tak hanya menjaga kondisi tubuh dari dalam, di masa pandemi ini kita harus menjaga kondisi tubuh dari faktor luar. diantaranya dengan: 

  • Melakukan protokol kesehatan untuk masuk rumah ketika terpaksa harus bepergian. 
  • Sering mencuci tangan dengan sabun antiseptik dengan air mengalir selama 20 detik atau lebih. Cuci tangan pun harus dilakukan dengan benar untuk memastikan kuman penyakit tidak tersisa di tangan kita.
  • Mengenakan baju lengan panjang, masker dan penutup mata yang bisa berupa kaca mata jika terpaksa harus keluar rumah. 
  • tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan sangat penting. 
  • jaga jarak dengan orang lain, minimal 1,5 meter untuk mencegah kita terkena droplet dari orang lain. 
  • Hindari kerumunan. 
  • Hindari penggunaan transportasi masal. 
Mencuci tangan yang baik dan benar perlu diajarkan juga kepada anak anak. Karena mencuci tangan adalah salah satu ikhtiar penting untuk mencegah penularan virus Covid_19 ini. Langkah langkah mencuci tangan bisa dijelaskan melalui gambar berikut ini




Langkah langkah mencuci tangan yang benar


Cara mencuci tangan yang benar


Di masa pandemi ini kita juga harus lebih sering mencuci tangan bila dibandingkan dengan situasi normal. Lalu kapan kita sebaiknya mencuci tangan?
  • Setelah buang air kecil maupun besar
  • Sebelum dan sesudah masak 
  • sebelum dan sesudah menyiapkan makanan
  • Setelah menutup hidung atau mulut saat bersin dan batuk
  • Setelah memegang binatang peliharaan dan membersihkan kandang
  • Saat tiba di rumah
  • Setelah menggunakan fasilitas umum
  • Setelah menerima paket
  • Sebelum menyentuh wajah dan area sekitarnya.
  • Ingat ya, mencuci tangannya dengan cara yang baik dan benar, agar tujuan kita mencuci tangan tersebut tercapai.
Bagi anak-anak sudah pasti merasa berat jika harus berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus kreatif agar anak betah di dalam rumah.

Menjaga mood anak agar tetap bahagia sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anak di masa pandemi ini. Oleh karena itu terkadang kita butuh ide-ide segar dan info yang terpercaya mengenai tumbuh kembang anak dalam menghadapi situasi sekarang ini. Bunda dapat memulainya dengan melakukan kegiatan kegemaran si kecil.

Derasnya berita di media sosial terkadang membuat kita terjebak dalam berita salah kaprah dan hoaks. Tak terkecuali dengan hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang dan nutrisi anak. Untuk menghindarinya, sebaiknya kita bertanya kepada ahlinya langsung. Bunda dapat mengunjungi website www.generasimaju.co.id , mengunjungi FP Aku Anak SGM di FB atau menanyakan langsung pada tim careline SGM di nomor  bebas pulsa 0800 1 360 360.

Tim Careline yang terdiri dari nutritionist, bidan dan perawat akan membantu Bunda menjawab pertanyaan mengenai tumbuh kembang dan nutrisi untuk si kecil di tengah suasana pandemi ini.

Semoga pandemi ini segera berlalu agar kita kembali menjalani kehidupan dengan normal. Jaga kesehatan dan tetap berpikiran positif ya...

You May Also Like

0 comments