Bahaya Menggunakan Masker untuk Anak

by - 5:55:00 PM

Inilah Bahaya Menggunakan Masker Menangkal Corona untuk Anak-anak

Inilah Bahaya Menggunakan Masker Menangkal Corona untuk Anak-anak

Hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan virus corona ada banyak sekali baik itu hal yang harus dihindari dan juga dilakukan. Berbagai informasi mengenai pencegahan virus ini dapat ditemukan secara lengkap dan komprehensif ketika mengunjungi Halodoc.

Di situs tersebut tersedia berbagai informasi terbaru mengenai perkembangan virus covid-19. Salah satunya adalah mengenai penggunaan masker yang memang disarankan untuk menghentikan penularan virus ini. Menggunakan masker disarankan untuk yang sakit ataupun yang tidak sakit ketika bepergian ke luar. Sehingga ketika di luar rumah disarankan menggunakan masker yang mempunyai manfaat efektif untuk menghindari penularan virus yang masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut.

Tetapi menggunakan masker ini disarankan secara tepat. Seperti dengan menggunakan dari bahan yang tepat, masker yang mempunyai fungsi terbaik, dan juga pengguna yang tepat. Dimana anak-anak dibawah dua tahun sendiri sangat disarankan untuk tidak menggunakan masker.

Sehingga penggunaan masker hanya efektif untuk orang dewasa saja dan untuk anak-anak sebaiknya menggunakan cara lain untuk menghindari penularan virus ini. Dimana orangtua bisa membuat anak-anak di rumah sehingga mencegah penularan virus ini. Penggunaan masker pada anak-anak sendiri tidak baik untuk dilakukan karena mempunyai beberapa bahaya yang diakibatkan seperti berikut ini:


  • Mengalami kesulitan bernafas

Bahaya pertama yang bisa diakibatkan karena penggunaan masker adalah bisa menyebabkan bayi mengalami kesulitan bernafas. Penggunaan masker bagi anak yang berusia di bawah 2 tahun sangat tidak disarankan. Hal tersebut merupakan larangan keras yang dikeluarkan oleh CDC yang melarang penggunaan masker non medis pada anak di bawah 2 tahun. Hal tersebut karena efek yang dapat terjadi pada anak ketika menggunakan masker yang salah adalah dapat untuk membuatnya sesak nafas. Bayi mengalami pernafasan yang belum sempurna seperti orang dewasa sehingga hal tersebut akan membuatnya mengalami kesulitan bernafas. Oleh karena itulah sangat tidak direkomendasikan untuk memberikan masker pada anak yang berusia di bawah 2 tahun.


  • Meningkatkan resiko lemas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pernafasan untuk anak tidak sebaik pada orang dewasa. Sehingga ketika Anda menggunakan masker untuk anak-anak agar dapat mencegah corona juga mempunyai dampak lainnya. Dampak yang dapat ditimbulkan juga lebih berbahaya yaitu dapat untuk meningkatkan resiko mati lemas karena anak tidak dapat bernafas dengan baik. Terutama karena bayi tidak bisa untuk melepas maskernya sendiri sehingga Anda tidak mengetahui apabila anak-anak mengalami kesulitan bernafas ketika menggunakannya terlalu lama.


  • Tidak ada jenis masker yang ukurannya cocok

Hal selanjutnya yang merupakan bahaya dari penggunaan masker untuk anak-anak juga karena tidak ada masker yang cocok untuk anak-anak. Terutama untuk anak-anak yang di bawah usia 2 tahun tidak ada jenis masker yang ukurannya sesuai. Termasuk juga masker yang dapat menangkal covid-19 seperti masker bedah dan masker N95 yang mempunyai ukuran masker yang cocok untuk dewasa dan bukan untuk anak-anak.


  • Meningkatkan resiko menyentuh wajah

Bahaya terakhir yang dapat disebabkan karena menggunakan masker untuk anak-anak adalah dapat meningkatkan resiko menyentuh wajahnya. Seperti misalnya ketika menggunakan masker tentunya anak akan merasa aneh dan sering melepasnya. Hal tersebut akan meningkatkan kesempatan anak untuk menyentuh wajahnya ketika melepas masker terlalu sering. Sedangkan hal tersebut juga tidak baik karena dapat meningkatkan resiko penularan corona karena menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih.

Itulah beberapa resiko menggunakan masker pda anak usia di bawah dua tahun. Tentunya kita sebagai orang tua punya cara masing masing untuk menyiasatinya agar tak terhindar dari resiko di atas.

Vara terbaik untuk menghindari virus corina di saat ini adalah di rumah saja dan melakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pihak yang berkompeten.

You May Also Like

0 comments