cemilan

Lempeng pisang

05.30.00

resep lempeng pisang praktis dan mudah

Pisang merupakan hasil pertanian yang melimpah di daerah saya. Pertumbuhannya juga sangat cepat, karena hanya dibiarkan begitu saja tunas muda akan terus muncul lalu berubah menjadi tanaman dewasa yang siap berbuah. Tak heran stok pisang di rumah bapak dan Ibu saya yang tinggal di desa tak pernah kering. Kalaupun telat hanya sebentar saja. Karena hasil panen pisang tak pernah dijual, maka anak cucu bapak dan Ibulah yang kebagian tugas untuk menghabiskan hehehehe.

lempeng pisang cemilan mudah dan praktis
Saya pernah menulis beberapa resep berbahan dasar pisang sebelumnya, seperti cake pisang dan brownies pisang. Karena sudah terlalu sering membuat olahan pisang dengan bentuk cake anak-anak jadi bosan. Nah sekarang beralih ke olahan pisang tradisional, yaitu Lempeng Pisang.

Lempeng pisang ini sangat mudah membuatnya. Tanpa mikser dan oven pun jadi. Saya mencontek resep lempeng pisang ini dari blognya mbak Endang JTT.

Wokkey, ini dia resepnya :

Bahan :
300 gr atau 4 buah pisang kepok yang dihaluskan
2 buah pisang kepok yang diiris tipis untuk topping
200 gr tepung terigu
150 gr gula pasir
50 gr susu cair
1 butir telur ayam
¼ sdt garam
½ sdt baking powder
¼ sdt kayu manis bubuk (optional)
Margarine secukupnya, untuk mengolesi pan.



lempeng oisang resep olahan pisang praktis dan mudah

Cara membuat :
1.      Pisang kapok dikupas, letakkan ke dalam mangkok lalu dihaluskan dengan menggunakan sendok.
2.      Ayak tepung terigu, tambahkan baking powder, garam, gula pasir. Aduk sampai rata lalu masukkan susu cair dan telur, aduk lagi sampai merata.
3.      Panaskan pan datar anti lengket. Olesi permukaannya dengan sedikit margarine. Tuang kurang lebih 1 sendok sayur adonan. Tata beberapa irisan pisang di atasnya. Panggang dengan api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan.
4.      Balik adonan, panggang lagi hingga kecoklatan.
5.      Angkat dan siap disajikan.
Pada waktu Lempeng Pisang disajikan, sebagai pelengkap bisa ditambahkan parutan keju atau coklat pasta.  Selamat mencoba yaa. Jangan lupa tinggalkan komentar dan add g+ saya. Share juga tulisan sederhana ini agar bisa menginspirasi lebih banyak orang. Terima kasih.




You Might Also Like

5 comments