Susi Susindra dan cakrawalanya

09.03.00 Retno Kusumawardani 22 Comments

Susi ernawati susindra


Pertama kali mengenal mbak Susi adalah saat jalan-jalan ke salah satu grup blogger di Facebook yaitu Warung Blogger. Sekali baca postingan mbak Susi saya langsung berpikir “ Wah mbak Susi keren” tapi terus terang saya lupa, postingan apa yang saya baca saat itu. Langsung deh dari blog saya klik FB dan saat itu juga saya tambahkan pertemanan.

Dan ternyata… saya dan mbak Susi dipertemukan dalam Arisan link Blogger Perempuan. Mbak Susi memiliki nama lengkap Susi Ernawati dan biasa di panggil (mbak) Susi. Sedangkan Susindra adalah nama akronim mbak Susi dengan sang suami yaitu mas Indra. Jika Mbak Rani mengatakan mbak Susi itu kesannya misterius ala-ala monalisa gitu, tapi menurut saya mbak Susi itu orangnya tegas dan dan tidak bisa diam (dalam artian yang positif lo ya…).

Selain mengelola blog Cakrawala Susindra, beliau juga mengelola blog kreasisusindra.blogspot.com, blogger jepara.com dan sinopsisfilms.wordpress.com. 
Kreasi Susindra berisi tentang hasil hasta karya kolaborasi mbak Susi dan Mas Indra yang berupa bros dari pita dan flannel serta furniture khas Jepara. Sedangkan Blogger Jepara berisi tentang segala macam hal yang berhubungan dengan kota Jepara. Selama ini Jepara dikenal karena Raden Ajeng Kartini dan ukirannya saja, melalui blog ini mbak Susi dan Mas Indra tentunya,  ingin membuka mata semua orang bahwa Jepara juga punya potensi lain, contohnya tempat wisata yang berupa air terjun. Sedangkan sinopsisfilms.wordpress.com, seperti judulnya berisi tentang sinopsis film lama dan baru. Setelah saya tengok, ternyata banyak film horrornya saudara… film yang jarang sekali saya tonton karena belum nonton udah takut duluan hehehe. Meminjam istilahnya mbak Vanti, Mbak Susi ini memang We O We.  Saya yang punya satu blog saja kadang sampai lumutan baru update lagi, mbak Susi malah punya 4 Blog. Weleh…weleh….. 

Cakrawala susindra gerakan pungut sampah
Mbak Susi saat melakukan aksi Gerakan Pungut Sampah

Tapi tidak heran juga kalau blog mbak Susi selalu lancar jaya update-nya. Karena memang mbak Susi kegiatannya seabreg-abreg. Ditambah lagi daftar komunitasnya yang panjang dan semua aktif. Mulai komunitas yang berhubungan dengan blogging, sosial bahkan wirausaha. Setiap harinya mbak Susi sangat sibuk dengan berbagai aktifitasnya. Bahkan beberapa waktu lalu sampai kehilangan hadiah berupa uang yang lumayan jumlahnya, gara-gara mbak Susi tidak naik ke panggung saat dipanggil karena harus mengikuti acara di tempat lain. Haduh, sayang ya…. Tapi rejeki tidak kemana kan mbak hehehe. 

Karena itulah juga prestasi mbak Susi juga tidak sedikit, diantaranya (saya tulis diantaranya, karena daftarnya panjang, kalau ingin lebih jelas, bisa dilihat  di Siapa susindra) 50 besar Srikandi Blogger Indonesia, juara 1 Reward sobat Wegi dan yang terbaru adalah juara pertama lomba blog dan twit competition WEGI 2016. Dengan hadiah berwisata ke Padang dan Bukit tinggi. Hmmm kalau saya lihat pengumuman lomba seperti itu pasti udah keder duluan. Hohoho ternyata mbak Susi juga merasakan hal yang sama, ketika melihat para blogger hits banyak yang ikut. Tapi mbak Susi punya jurus ampuh sampai akhirnya beliau bisa menjadi juara pertama pada saat itu. Berikut tips-tips dari mbak Susi…

Siapkan bahan yang terbaik. Cara ini bisa dilakukan dengan cara mengenali lomba. Tentu saja dengan banyak membaca profil atau hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggara lomba.
Untuk twit competition : pasang target dan patuhi. Ingat yaaa… patuhi target jangan cuma semangat saat menentukan target saja, tapi malas pada waktu pelaksanaannya
Buat target kecil tapi kontinyu, jika lawannya berat naikkan targetnya.
Patuhi permintaan lomba. Misalnya untuk memfollow semua akun media social mereka, memberi tanda pagar sesuai permintaan, membuat meme atau video. Buat semuanya walaupun sederhana.
Telaten menjawab jika ada yang mention atau bertanya dan jangan lupa ucapkan terima kasih jika ada yang meretweet.

Cakrawala susindra wegi
Putri Pagarruyung dari Jepara

Dan inti dari semua tips-tips di atas adalah kerja keras. Nah, dengan bekerja keras inilah mbak susi mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari berinternet.  Internet, menurut mbak Susi bisa mengantarkan beliau pada dunia tanpa batas. Maklumlah, sejak menjadi blogger aktif dan paham seluk-beluk blog, beliau mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Seperti menghasilkan uang, barang , menjadi pengajar ilmu Blogging di Jepara, masuk Koran, bahkan mendapat kesempatan jalan-jalan gratis ke Jakarta, Jogjakarta, Solo, Surabaya dan yang terakhir ke Padang dan Bukit Tinggi.

Salut buat mbak Susi, banyak yang saya pelajari dari beliau. Mbak Susi tidak pernah pelit jika ditanya sesuatu, karena itulah ilmunya menjadi bermanfaat dan kembalinya ke mbak Susi sendiri, bisa dilihat dari prestasi-prestasi beliau yang semakin panjang daftarnya.

Dibalik semua prestasi mbak Susi ada Mas Indra yang selalu mendukung dan bekerjasama dalam setiap kegiatan  mbak Susi.  Jadi teringat, cerita mbak Susi waktu “dimarahi” oleh mas Indra gara-gara reflek mbak Susi menutupi wajah ketika akan di foto sama mbakku, mbak Dian Sastro (Halah). Hihihi… banyakin selfie mbak, motret-motret diri sendiri gitu,pasti  menemukan angle yang cocok, nah nanti kalau ada yang mau motret cari posisi deh… jangan lupa senyum yang lebar ya... ( piss mbak... Jangan dilempar gebyok berukir ya.…. Hihihi )

Beberapa waktu lalu mbak Susi baru saja bertemu dengan sutradara handal Hanung Bramantyo dan Aktris Diandra Sastrowardoyo alias Dian Sastro. Kira-kira... ada gerangan apa ya mbak Susi bertemu dengan mereka? Pasti pada penasaran… langsung aja  deh meluncur ke http://www.susindra.com atau  Facebook : , Susi Ernawati Susindra Twitter :@susierna dan Instagram : susierna 1

You Might Also Like

22 komentar:

  1. mbak susi ini inpirasi banget ya, coba langsung ke TKP ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal... masih banyak yang belum aku tulis hehhehe

      Hapus
  2. Hehehe.. Mbak Retno juga adiknya Mbak Dian ya, wah jangan-jangan kita saudaraan ya HaHaHa..
    Wah tips menang lomba blog dari Mbak Susi juga masih disimpan euy.. salute

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha... saudaraan dong kan sama-sama adiknya Dian Sastro wekekke....

      Hapus
  3. Mbak Retno tampilan blog nya makin keren lho. Btw kapan-kapan saya kudu mampir ke blog nya mbak susi nih. Makasih infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...padahal masih banyak PR untuk betulin blog ini... hihihi.. makasih bu mampirnya..

      Hapus
  4. Semoga kita semua ketularan semangatnya mbak susi...beliau energinya seabrek, gak capek2 kayaknya mbak!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... jadi penasaran, mbak Susi pake batterai apa ya... eh...hihihi

      Hapus
  5. Ahaa dari sini aku jadi tau asal mula susindra adalah mb susi dan mas indra

    BalasHapus
  6. Ah iyaaa, ucapkan terima kasih ketika di retweet nih yang belum aku lakuin. Wah trims mba sharingnya, bermanfaat banget :)
    Keren emang Mba manis kalem dari Jepara ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak... kadang cuma like aja hehehe

      Hapus
  7. suka sama postingan Mba Susi yang tentang review film-film horor, serasa ikut deg-degan dan saat membaca artikel yang ia tuliskan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai terbawa mimpi ya mbak..hehehe

      Hapus
  8. Halo mba salam kenal, sharingnya inspiratif, memicu kita untuk saling berbagi dan menulis apapun yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak... iya mbak kadang hal kecil yang kita anggap remeh ternyata berguna untuk orang lain, itulah salah satu manfaat menulis...terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  9. Bunda susi emang kereeeeen!!

    BalasHapus
  10. Semoga tipsnya bermanfaat bagi teman-teman ya. tips ala pemula sebenarnya... hihihi... tapi sering menjur, sih. pelan-pelan saja asal lancar.
    kalau saya sih sebenarnya biasa saja Mbak, yang luar biasa mungkin karena diakui dan diikuti banyak teman-teman. Kalau mau bukti konkrit harus ketemuan. hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips nya OK lho mbak... kapaaan yaa bisa ketemuan sama mbak Susi....

      Hapus
  11. Mba Retno suka sekali sama ulasannya tentang mba susi.. menurutku sih mba susi itu aslinya pendiem namun karena beliau salurkan dengan menulis jadi pendiemnya terblur sama tulisannya yang super ekslusif and tajam

    BalasHapus
  12. Iya mbak... setuju, tulisannya emang tajam setajam silet hihihi

    BalasHapus