Pizza ala-ala si boy

14.36.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

Horeee...akhirnya bikin pizza lagi. Dulu pernah sih bikin, tapi pake adonan roti...bikinnya setengah hati, hasilnya pun setengah jadi hehehe.
Kali ini nyoba pake resepnya nyi Demang alias Mrs Dobson. Hanya saja jumlahnya aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.



Nguleni adonan pizza ini sepertinya tidak terlalu butuh LG aka Lengen Gede. Karena kali ini yang bikin adonan adalah anak mbarep, tapi hasilnya tetep kempus-kempus tuh..... Pas dia ngadon, akunya lagi sibuk bikin toppingnya jadinya ga tau ngadonnya model gimana. Tapi kemudian dia cerita, katanya doughnya dibolak-balik sambil ditinju-tinju. Hihihi...rupanya cara dia berhasil juga, buktinya crustnya empuk kempus-kempus.

Pengennya sih pizza yang lengkap, ada mozza ada oreganonya, tapiiii...apalah daya, adanya cuma begitu, mozzanya kalo beli kudu pesen dulu via olshop, sedangkan oreganonya ga ada di mari. Mesti jalan dulu ke kota ...haduuh. Tapi gapapa lah, yang penting pizzanya habis, yang artinya disuka...

Toppingnya simpel aja, cuma tumisan sayur, sosis, saus putih, keju, saus tomat dan mayonaise. Lumayanlah untuk ngobatin rasa kepengen.....

Berikut ini resep yang saya contek dari mrs Dobson, tapi sudah saya sesuaikan sama stok bahan di rumah.

Pizza

Tepung protein tinggi 500gr
Air hangat 300 ml
Yeast/ragi roti 2 sdt
Garam 2 sdt
Olive oil/minyak sayur 50 ml
Gula pasir 1/2 sdt

Cara membuat :
1. Campurkan ragi dengan sedikit air hangat dan gula. Biarkan sampai berbuih -/+ 8 menit.

2. Ayak tepung, tambahkan garam lalu campurkan sampai merata. Buat lubang di tengah tepung, masukkan ragi dan sisa air. Aduk dengan tangan sampai merata. Diamkan 5 menit sambil ditutup kain.

3. Setelah lima menit, uleni kembali sampai 10 menit. Setelah diuleni, bentuk adonan menjadi bulat, lumuri dengan minyak goreng, tutupi dengan kain/plastik. Tunggu sampai ukurannya 2 kali lipat. Kurang lebih 45 menit.

4. Setelah mengembang, keluarkan adonan. Bagi sesuai ukuran loyang yang akan dipakai (Saya kemaren, pake loyang cake bulat :p Jadi jangan ditanya adonan ini jadi berapa loyang). Diamkan 10 menit. Setelah 10 menit, pipihkan dengan jari jempol ke arah pinggir loyang. Jika ingin membuat pinggiran yang ada kejunya, lebihkan sedikit lebar doughnya, agar bisa diberi isian.

Dough pizza yang sudah dipipihkan, dan diberi isian keju di pinggirannya



5. Setelah dipipihkan, tusuk-tusuk dengan garpu lalu siap untuk dikasih topping.

Baru diberi topping tumis sayuran dan sosis

Urutan toppingnya adalah tumisan sayur, sosis, saus putih dan keju. Setelah matang baru saya kasih saus tomat dan mayonaise.

Oven dengan suhu 200 derajat selama +/- 25 menit atau sampai matang. Kalau saya menandainya yaitu, sampai crust yang pinggir itu berwarna agak kekuningan.


Resep tumisan sayur :
Bahan :
1/2 mangkok wortel yang sudah dipotong potong korek api
1/2 mangkok kentang yang sudah dipotong korek api 
Brokoli secukupnya

Bumbu :
1/2 butir bawang bombay cincang
3 butir tomat diparut
Merica bubuk
Gula garam.
Margarin untuk menumis

Cara membuat 
 Panaskan margarin, masukkan bawang bombay, tumis sampai layu. Lalu masukkan wortel dan kentang. Masak sampai sayuran setengah matang. Lalu masukkan tomat yang sudah diparut. Tumis sebentar, masukkan brokolli. Tumis lagi sampai semua sayuran empuk dan matang. Tambahkan merica bubuk, gula dan garam sesuai selera.
Tumisan sayur ini dominan rasanya asam seperti saus tomat.


Resep saus putih
(Mba vita citra)

Bahan:

1 sdt margarin
1 sdm bawang bombay cincang
1 sdm tepung terigu
250 ml susu cair/ 3 sdm susu bubuk ditambahi air s/d 250 ml
2 genggam keju parut
Garam
Merica

Cara membuat :

Larutkan susu dan terigu, sisihkan.
Tumis margarin,masukkan bawang bombay. Tumis sampai layu lalu masukkan larutan susu dan tepung. Kemudian masukkan keju parut. Tambahkan garam dan merica. Saus putih ini dominan rasa asin dan gurih. Masak hingga meletup-letup. Angkat. Bila dingin, Simpan di wadah kedap udara. Siap digunakan.









Syelamat mencoba....bagi-bagi ya...kalo sudah bikin... :p

You Might Also Like

0 komentar: