finance

Menjadi Bagian dari Ekosistem Digital blu, Hidup Lebih Mudah dan Terkoneksi

21.53.00

ekosistem digital blu by BCA Digital


Selama ini saya merasakan banget manfaat memiliki Mobile banking. Karena dengan mudah dan praktis dapat melihat riwayat mutasi dan jumlah saldo. Mau belanja pun jadi gampang banget tinggal klik klik maka barang yang kita inginkan terbayar sudah. Tapi ya gitu… kadang suka keterusan, beli enggak pakai ukuran. Uang tabungan pun sering terpakai juga, antara sadar dan enggak sadar sih, tau tau udah sampai aja tuh barang di rumah. Maklumlah, perempuan kan memang suka banget beli barang yang dianggap “lucu” walau kadang menyesal karena barangnya ternyata enggak terpakai.

Sebenarnya sudah kepikiran dari lama, suatu cara untuk bisa mengendalikan hasrat ingin memiliki barang. Tapi sejauh ini saya belum menemukan cara yang tepat. Karena ya gitu, mau nabung di rumah rasanya susah banget mengatasi godaannya. Mau menyimpan uang di rekening yang saya miliki saat ini, tapi rekeningnya juga terpakai untuk lalu lintas uang sehari hari.

Dan saya adalah tipe tipe orang yang bisa semangat lagi nabungnya jika melihat jumlah uang yang kita tabung. Bisa juga sih menabung ke bank langsung. Tapi di saat seperti ini? Kayaknya itu adalah opsi paling terakhir deh. Sedangkan menabung di bank lain masih kepikiran sama biaya transfernya.

Untung sajalah saya kenal dengan blu, sebuah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain sedemikian rupa sehingga kita bisa melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui handphone. Fitur dan ekosistem digital blu sangat membantu kita untuk mengatur keuangan kita baik menabung maupun untuk kebutuhan sehari hari. Tidak harus memiliki rekening BCA terlebih dahulu untuk memiliki rekening blu ini. blu ini juga sangat cocok buat anak muda yang tidak ingin repot dalam mengatur keuangannya. Karena blu by BCA Digital adalah platform perbankan Next Generation/generasi selanjutnya, dimana nasabah memiliki kendali lebih dalam mengatur keuangannya.

review aplikasi blu

Buat teman teman nasabah BCA maupun non BCA dapat memiliki rekening blu dengan mudah. Cukup download aplikasi blu by BCA Digital, ikuti beberapa tahapannya dan voila rekening blu langsung jadi dalam tempo yang singkat. Tenang saja, karena membuka rekening blu ini tidak dipungut biaya.

blu hadir untuk menjawab tantangan zaman, dimana transaksi cashless dan cardless menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Hadirnya blu by BCA Digital merupakan wujud ekosistem bank digital yang tidak membutuhkan kantor cabang, karena blu bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Sedangkan BCA, membutuhkan kantor cabang untuk beroperasi. Sebagai platform perbankan next generationEkosistem digital blu memungkinkan kita untuk bertransaksi tanpa batas ruang dan waktu. 

Perbedaan lain antara blu by BCA digital dan bank BCA konvensional adalah biaya operasional BCA Digital lebih murah karena semua pelayanannya dilakukan secara online. Itulah sebabnya blu by BCA Digital tidak memerlukan biaya admin.

Sebagai bagian dari BCA Digital yang merupakan anak perusahaan BCA tentu saja soal keamanan dan kenyamanan tak perlu diragukan lagi. Para nasabah bank BCA pasti sudah merasakannya. Dan yang jelas, blu sudah terdaftar dan diawasi OJK serta merupakan peserta LPS, jadi makin terjamin kemanannya.

Penasaran kan bagaimana ekosistem digital blu dapat membantu mengatur keuangan kita sehari hari dan menyimpan uang menjadi kegiatan yang menyenangkan? Nah baca dulu review blu berikut ini:

Fitur dan keunggulan blu :

1. Bebas biaya admin

Jelas ini merupakan kabar gembira, karena tabungan kita di blu tidak akan terpotong oleh biaya administrasi tiap bulannya.


2. Tarik tunai di semua jaringan ATM BCA tanpa biaya.

Tahu sendiri kan kalau ATM BCA itu bisa ditemukan dimana saja. Dengan blu anda bisa tarik tunai di seluruh jaringan ATM BCA hanya dengan menggunakan kode transaksi, lebih aman dan praktis meskipun tanpa kartu. Limit hariannya juga gede loh, sampai Rp 7000.000.


3. Mengisi tabungan dari mana saja.

Enggak jauh beda dengan rekening lainnya, teman teman bisa menabung di Aplikasi blu by BCA Digital melalui rekening bank lain, baik online banking atau jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. Kalau aku sih pakai mobile banking BCA, bebas biaya transfer dan tentunya lebih praktis, ketentuan ini juga berlaku jika kita menabung melalui ATM BCA. . Nominal yang di transfer pun mengikuti nominal minimal sesuai ketentuan mobile banking BCA, yaitu sepuluh ribu rupiah.


4. bluAccount

Miliki nomor rekening blu secara online dan tanpa biaya. Setelah download aplikasi blu, kita bisa langsung mendaftarkan diri untuk mendapatkan rekening blu tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Yang harus dipersiapkan untuk membuka rekening blu adalah KTP, NPWP (opsional, tak ada pun tak apa-apa), sinyal yang bagus dan tempat yang terang agar pada saat video call juga berjalan lancar. Setelah aktivasi rekening selesai teman teman sudah sah dipanggil dengan sebutan Sobatblu.


5. bluSaving

Hanya dengan satu bluAccount, teman teman bisa membuat 10 tabungan yang berbeda dalam satu rekening. Masing masing tabungan bisa diberi nama sesuai tujuan menabung, target jumlah tabungan dan durasi menabung untuk tujuan tersebut. Begitu teman teman memasukkan target jumlah tabungan dan durasi menabung maka akan muncul nominal uang yang harus ditabung dalam jangka waktu tertentu. Misalnya 6 bulan lagi ingin membeli Handphone seharga 5 juta, atur target dan durasi di aplikasi maka akan muncul jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Untuk top up ke bluSaving ini bisa dilakukan secara manual maupun autodebet. Praktis kan?

Hmm, kalau saya sih karena baru banget install aplikasi blu by BCA Digital, baru memasukkan 3 tabungan bluSaving yaitu nama anak anak. Masih ada rencana membuat tabungan lain, tapi… rahasia hihihi.


6. bluGether

Pengen patungan sama pak Suamik untuk beli sofa baru atau patungan sama saudara untuk renovasi rumah ortu? Nah, aktifkan fitur bluGether di bluAccount teman teman. Sebagai pemilik bluGether, teman-teman bisa mengundang member lain yang juga sobatblu maksimal sebanyak 24 member untuk diajak patungan. Masing masing member dapat menyetorkan uang, melihat saldo dan melihat mutasi transaksi. Hanya pemilik bluGether atau yang disebut creator yang bisa menarik dana, namun notifikasinya diterima oleh semua member. Nah gimana? Mau arisan online sama teman-teman se_gank? Bisa banget.


7. bluDeposit

membuka tabungan deposito tanpa ribet, aplikasi blu by BCA Digital tempatnya. Saldo bisa di top-up sampai 6 hari setelah hari pembukaan. Saldo juga bisa ditarik sebelum jatuh tempo, tapi anda tidak mendapatkan bunga.


8. Mudah untuk bayar/beli

Tagihan bulanan maupun pembelian pulsa dan data bisa dilakukan melalui Aplikasi blu dengan mudah. Ada fitur transaksi favorit dan reminder agar rutinitas ini tidak sampai terlewat setiap bulannya.


9. bluReward

nikmati kemudahan bebas biaya transfer antar bank atau top up Gopay sebanyak 20x selama 2 bulan pertama. Untuk bulan selanjutnya teman teman juga akan mendapatkan 20x bebas biaya transfer setiap bulannya jika saldo rata rata perbulan minimal sebesar 1 juta rupiah.


10. Kemudahan pembayaran menggunakan QRIS

Mau jajan atau belanja tinggal scan saja, lebih mudah dan praktis tanpa diribetkan dengan uang kembalian.


11. Tracker dan Filter.

Aplikasi blu memiliki fitur tracker dan filter. Fitur tracker menunjukkan aliran dana anda bulan ini, berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar.
Fitur Filter memudahkan anda melakukan pencarian transaksi yang anda lakukan berdasarkan waktu, tipe dan produk transaksi sehingga anda tidak perlu melakukan scroll panjang untuk mencari data transakasi yang anda butuhkan.

Banyak sekali fitur di aplikasi blu yang memberi kita kemudahan untuk mengatur keuangan. Memang, mau tidak mau kita harus memasuki dunia digital yang cashless dan cardless dan ekosistem digital blu adalah solusinya #blubuatbaik. Nah, mari kita lanjut dengan review aplikasi blu.

Review jujur aplikasi blu

Setelah download aplikasi blu di hape, saya lanjutkan dengan mendaftar rekening. Karena sebelumnya sudah menyiapkan KTP dan NPWP (tidak wajib), maka proses pembuatan rekening berlangsung sangat cepat. Setelah semua data terunggah, kemudian dilakukan verifikasi melalui video call. Pada saat itu sudah jam 9 malam lebih sedikit, namun proses video call dapat dilakukan saat itu juga dan berlangsung sangat cepat dan tidak bertele-tele. Intinya proses pembuatan rekening ini sangat mudah dan cepat.

cara membuat rekening blu bca digital

Keesokan harinya, barulah mencoba untuk mengisi bluAccount yang saya miliki di aplikasi blu. Pengisian saya lakukan melalui mobile banking BCA, bebas biaya transfer tentunya.

Pada saat saat awal membuka aplikasi blu, terjadi sedikit bug, tapi dapat diatasi dengan merestart aplikasi atau membuka aplikasi dari awal. Dan setelah beberapa kali membuka aplikasi, kejadian tersebut tidak terulang lagi. Untuk selanjutnya aplikasi dapat dibuka dengan lancar.

Setelah itu barulah saya membuka bluSaving dengan judul tabungan nama anak anak saya. Prosesnya sangat mudah karena fitur di aplikasi blu sangat mudah dioperasikan. Setiap transaksi juga ada riwayat dan pemberitahuannya. Nah begitulah review jujur aplikasi blu dari saya.

Semoga nantinya pengisian bluAccount dapat dilakukan melalui ATM BCA meskipun tidak memiliki rekening BCA, agar saya memiliki lebih banyak sobatblu. Peningkatan fitur yang demikian bisa saja terjadi mengingat BCA Digital berkomitmen untuk terus berinovasi demi kepuasan pelanggannya.

Menjadi bagian dari ekosistem digital blu sungguh sebuah keuntungan tersendiri, sayang sekali jika kita tidak menikmati kemudahan yang ditawarkan #blubuatbaik. Yuk menjadi sobatblu dan review aplikasi blu dengan jujur untuk kemudahan kita bersama.

Untuk download aplikasi blu bisa melalui Appstore bagi pengguna Iphone dan playstore bagi teman teman pengguna android.

blu secara resmi diresmikan melalui virtual launching "Its blu Day" pada tanggal 22 Juli 2021 kemarin. Disaat yang sama diumumkan bahwa blu menjalin ekslusif partner bersama Blibli. Alasan Blibli yang menjadi partner eksklusif adalah karena blu dan Blibli sama sama mengutamakan kepuasan pelanggan / Customer Satisfaction First  dan sama sama melayani segmen yang serupa yaitu para anak -anak muda/ modern digital savvy.

Kerja sama dengan Blibli ini merupakan salah satu bagian dari ekosistem digital blu, dalam bidang nonbanking digital partner/e-commerce. Kedepannya pasti juga akan banyak inovasi baru dari blu, tunggu saja ya...

Dengan adanya kolaborasi antara blu dan Blibli ini banyak sekali keuntungan yang didapat pelanggan, antara lain: free ongkir, jaminan retur, produk asli dan berkualitas. Selain itu pelanggan juga dapat memanfaatkan fitur bluGether untuk patungan membeli barang yang ada di Blibli. 

Pada masa-masa peluncuran ini blu dan Blibli memberikan promosi yang bikin ngiler lo, yaitu dengan membuka akun blu di Blibli dengan setoran awal rp 500.000 akan mendapatkan cashback sebesar 100% sampai 100.000 pada tanggal 22-24 juli dan 27-31 Juli 2021.

Dan nikmati diskon 50% selama perayaan anniversary Blibli yang ke 10 pada tanggal 25-27 Juli 2021. Menggoda sekali promonya ya...

Berikut ini langkah langkah untuk membuat akun blu melalui Blibli :

cara buka rekening blu di Blibli

Menjadi sobatblu berarti teman teman juga berkontribusi dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab lo. Bekerja sama dengan Kitabisa dan Greeneration Foundation, blu berkomitmen untuk mengurangi 30% sampah di hulu dan 70% sampah di hilir melalui program ecoranger di Kabupaten Banyuwangi. Menjadi sobatblu sama dengan mendukung #blubuatbaik.
Nah, saya sudah jadi bagian ekosistem digital blu dengan menjadi sobatblu, bagaimana dengan anda?

You Might Also Like

49 comments

  1. Alhamdulilah juga sudah buka rekening digital blu. Benar2 membantu untuk misahkan tabungan dengan keperluan lainnya.

    BalasHapus
  2. Minusnya punya m-banking ya gitu deh, uang di rekening jadi cepat abis. Saya pernah ngalamin. Uang jutaan nggak terasa abisnya, belanja online, beli ini itu, haduuuh. Sekarang tinggal nyeselnya aja deh. Untung mampir ke blog super kece ini, saya jadi tau ada aplikasi digital blu. Urusan nabung jadi lebih mudah. Fiturnya banyak pula. Jadi tergiur buat buka rekening ke BCA. Makasih infonya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk, bisa buka tabungan lewat Blibli juga loh. Mumpung ada promo jugaa...

      Hapus
  3. Baru baru juga DIRACUNIN sama temen utk coba pakai aplikasi blu by BCA mbak. Etapi aku juga mupeng sih punya akun di BCA Digital ini. Apalagi sbg pengguna BCA pasti sangat membantu banget utk bisa menabung dan Tabungan nya utk apa saja. Btw TFS yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa nih, blu ini cocok banget buat yang muda muda untuk mengatur keuangan

      Hapus
  4. Aku juga sdh intall blu nih mba. Gampang banget deh. Semua proses hanya online saja dan free biaya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seneng banget ya mbak, selain free admin juga nol rupiah untuk setoran awalnya...

      Hapus
  5. Alhamdulillah saya juga sudah jadi sobatblu nih Mbak, hehehe ...
    Perjuangan banget saya bisa buka rekening ini secara sinyal di kampung duuh... Cukup Lola. Jadinya saya melakukan beberapa kali video call untuk verifikasi datanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah akhirnya bisa ya Teh, selamat sudah menjadi sobat blu

      Hapus
  6. Sudah juga donk. Soalnya aplikasi blu ini emang wajib ada di hp aku. Soalnya aku males kemana-mana bawa dompet. nah dengan aplikasi nih, aku tetap bisa tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA

    BalasHapus
    Balasan
    1. cucok meong ya kak aplikasinya, bisa buat jajan juga. Tinggal scan-scan, beres deh...

      Hapus
  7. Saya juga sudah jadi bagian dari sobatblu, Mbak. Fitur blu yang paling saya suka yaitu bluSaving yang bisa membantu kita memisahkan pos-pos keuangan yang kita mau. Jadi serba praktis ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos... aku juga paling seneng fitur bluSaving, jadi semangat nabung nih...

      Hapus
  8. Aku sudah ikutan juga nih kak, jadi nasabah blu akibat temen-temen pada ngobrolin si blu ini. Masih mempelajari juga, tapi menarik banget nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang si blu ini bikin terpesona kak, fitur fiturnya itu loh membuat kita lebih gampang mengatur duit

      Hapus
  9. Saya juga sudah menjadi sobatblu. Saya suka fitur-fiturnya yang ciamik. Ya, gak heran sih, BCA gitu loh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss, yang udah jadi nasabah BCA pasti ngerasain gimana kemudahannya. Dan blu ini adalah salah satu bagian dari BCA Group jadi ga perlu sangsi...

      Hapus
  10. ah aku pun sudah bergabung dengan ekosistem digital blu
    sekarang semua aktivitas perbankan makin mudah

    BalasHapus
  11. Aku pake bca tapin baru tau ada blu ini mbak. Makasih banyak ya Mba jadi pengen punya juga biar memudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, fitur fiturnya itu bis amembantu ngatur duit

      Hapus
  12. Bicara soal blu by BCA, tadi pagi saya sempat nih menyaksikan event virtual yang live di instagram. Seru dan inspiratif apalagi kolaborasinya yang anak muda banget, sukses untuk anakbungsu Bank BCA ini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah aku malah ga nonton, btw blu ini by BCA digital...

      Hapus
  13. Boleh nih dicobain buka rekening lagi di blu BCA. Biar bisa nabung dengan lebih terarah..karena bisa dipisah pos2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini, nabung lebih terarah. Suka kata katanyaa

      Hapus
  14. Artha Nugraha Jonar22 Juli 2021 pukul 21.12

    Suerrr, blu memang keren. Yang paling kerasa adalah waktu loading aplikasinya yang kenceng banget

    BalasHapus
  15. aku yang sebagai pengguna BCA sangat menghargai adanya aplikasi blu by BCA digital, akan aku sarankan untuk keluargaku untuk buka rekening lewat di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh dicoba psti langsung suka sama fitur fiturnya

      Hapus
  16. Alhamdulillah akun saya di blu juga udah jadi. Senang banget dengan fitur bluSaving dimana bisa membuat 10 tabungan untuk tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  17. Asli aku pengen banget tabungam blu dari BCA ini. Tapi pernah coba daftar, dataku ditolak. Boleh gak ya Mbak coba bikin lagi dengan data yang sama?

    BalasHapus
  18. blu ini beda sama mobile banking BCA ya? Jadi kaya layanan bank lain gitu, ya.

    Makin mantab inovasi BCA. Nanti saya coba buka rekening blu.

    BalasHapus
  19. Kemarin liat di Linkedin nih BCA mulai meranah digital banking kaya kompetitor lainnya. Penasaran sih pengen coba daftar!

    BalasHapus
  20. Wah bebas biaya admin ini idaman banget ya. Mbak aku penasaran gimana caranya tarik tunai di atm bca tapi tanpa kartu?

    BalasHapus
  21. Saya juga senang sekali bisa jadi bagian dari ekosistem blu.Semua transaksi bisa lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus
  22. ini memang memudahkan banget buat yang mau buka tabungan online, apalagi fasilitas yang disediakan oke banget sih!

    BalasHapus
  23. Memudahkan banget ya Mba dengan Blu dari bCA ini
    gebrakan baru BCA untuk membuat nasabah makin sayang dan kerasan

    BalasHapus
  24. Akhirnya, BCA berinovasi utk digital sprt ini ya. Jadi makin mudah. Sbg nasabah, aku mau segera coba.

    BalasHapus
  25. beruntungnya saya berkunjung ke blog ini, saya jadi tahu ada layanan BLU dari BCA.
    Sungguh saya merasa ketinggalan perkembangan sekali, apalagi dengan penawaran-penawaran yang ditawarkan oleh BLU, tentu semakin menyenangkan buat transaksi di masa pandemi saat ini, apalagi dengan berbagai macam keunggulan yang memudahkan saya untuk proses transaksi, bisa membantu juga melakukan kontrol atas arus keluar masuk di dalam bisnis kecil saya.

    terima kasih mbak, atas reviewnya. sedikit banyak saya jadi mulai tertarik untuk mempertimbangkan gabung di BLU

    BalasHapus
  26. Wah asyik nih kalau biaya admin2nya lbh murah bahkan free yaa
    Kyknya menarik fitur tracker ituuu, kadang kalau duit suka ada bocor2 halus di sana-sini. Bisa ketahuan dan bisa buat evaluasi yaa.
    Jd pengen buka rekening Blu jugak

    BalasHapus
  27. Menarik banget neh blu, apalagi setelah lihat beberapa fiturnya yang tidak kita dapatkan di bank konvensional. Kalo BCA mah nggak usah diragukan lagi kualitasnya, aku selalu puas dengan pelayanannya.

    BalasHapus
  28. Solutif banget ada aplikasi Blu dari BCA Digital yaa..
    Serumah yang belum punya rekening BCA cuma aku..jadinya kepikiran pengen bikin kalau ada yang simple kaya BLU gini yaa..

    BalasHapus
  29. waaah ini blu asik banget ya! Tapi aku penasaran bunga pertahunnya berapa ya? jadi pengen pindah nih!

    BalasHapus
  30. Tertarik dengan blusaving..bisa bikin tabungan dengan tujuan bermacam-macam ..apalagi bebas biaya admin..

    BalasHapus
  31. Kalau udah punya rekening bca yg lama beda lagi yaa no rek nya? Trus apa udh bisa isi flazz, repot kalau harus ke atm melulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mbak, kalau isi gopay sama ovo bisa mbak. Untuk flazz aku tanyakan dulu yaa

      Hapus