Wonderful Indonesia: Eksotisnya Pantai di Malang Selatan

by - 10:12:00 PM

Wonderful Indonesia: Eksotisnya Pantai di Malang Selatan 


Saya yakin setiap orang mengakui jika setiap sudut Indonesia itu indah. Semua daerah memiliki keindahannya masing-masing. Kalau tak percaya, coba tengok di sekitar kita, pasti juga akan menemukan keindahan, yang terkadang hanya ditemukan di negeri tercinta kita, Indonesia. 



Tak jauh-jauh, sebelum berkeliling Indonesia, jika ingin melihat keindahan alam saya cukup keluar rumah dan berjalan sedikit saja. Hamparan sawah membentang di bawah langit yang luas, keindahan alam yang dapat saya nikmati sewaktu-waktu dengan gratis. Kalau anda, keindahan alam Indonesia yang seperti apa yang dapat anda nikmati sewaktu-waktu? 







Begitu juga dengan Kota tempat tinggal saya yaitu Malang. Di Malang ini sgala macam tempat wisata tersedia, dari dinginnya puncak gunung, gemerlapnya kota hiongga semilir angin di pantai. Semua ada di Malang. Namun banyak yang tidak tahu kalau Malang Raya itu terdiri dari 3 daerah yaitu Kota Wisata Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang. Dimana masing-masing daerah memiliki kekayaan wisata andalan. 

Kota Wisata Batu memiliki berbagai tempat wisata buatan, sebutlah Jatim Park 1,2 dan 3. Museum Angkut, Selecta, Omah Kayu dan lain-lain. Sedangkan di Malang kota selain tersedia banyak pilihan wisata kuliner, juga menyediakan wisata sejarah seperti Museum Brawijaya. Selain itu di kota Malang juga ada kampung warna Jodipan, Hutan kota Malabar, Taman Slamet, alun-alun bunder dan lain-lain. 

Sedangkan Kabupaten Malang yang letaknya mengitari Kota Malang, sekaligus berbatasan dengan Samudra Hindia juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Ada wisata sejarah yang berupa candi-candi, ada wisata Pantai dan berbagai air terjun. 

Tempat yang paling sering saya kunjungi di sekitar Kabupaten Malang adalah pantai. Di Malang anda akan puas bermain di pantai, karena ada puluhan pantai cantik yang membentang sepanjang Jalur Lintas selatan. Bahkan ketika anda melewati JLS atau Jalur Lingkar selatan anda juga bisa menikmati pantai tanpa turun dari kendaraan yang sedang melaju. 

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa pantai favorit yang sering saya dan keluarga kunjungi. 

1. Pantai Bajulmati 

Pantai yang terletak di desa Gajahrejo ini merupakan pantai “tua” dari kecamatan Gedanganb. Saya menyebutnya dengan pantai tua karena sejak saya masih kecil sudah sering mendengar dan berkunjung ke Pantai ini. 

Seperti halnya pantai selatan Jawa lainnya, Pantai Bajulmati ini juga dikenal memiliki ombak yang ganas. Karenanya, wisatawan tidak diperkenankan untuk bermain di pantai. Namun jangan khawatir, karena disepanjang pantai ini banyak pedagang makanan yang dapat membuat anda kangen untuk kembali lagi ke pantai ini. 



2. Pantai Ungapan 

Pantai Ungapan merupakan salah satu pantai yang baru dibuka untuk umum. Sebelumnya hanya masyarakat local saja yang mengunjungi area ini. Kelebihan pantai ini dibandingkan dengan pantai lain adalah adanya “ungapan” atau muara di tepi pantai ini. Ada penjaga pantai yang selalu bersiaga untuk memperingatkan pengunjung yang bermain di pantai maupun di muara. Menurut saya, bermain di tepian muara aman untuk anak-anak. Bahkan anda bisa ke tengah muara tanpa basah, jika air sedang surut. 

Selain itu, area parker di Pantai ini juga luas dan teduh karena dinaungi oleh pepohonan yang rindang. Tak heran banyak rombongan keluarga yang mengunjungi pantai ini. 






3. Pantai Goa cina. 

Dikenal sebagai Raja-Ampatnya Malang. Karena terdapat beberapa gugusan pulau di pantai ini. Meskipun rute menuju pantai ini relative berat dibandingkan dua pantai yang saya sebutkan sebelumnya, namun plantai ini tetap jadi idola banyak pengunjung. 



Masih banyak pantai lain di Malang karena garis pantai ini membentang sejauh 102,5 KM. Ada puluhan pantai eksotis, dari pantai Modangan di bagian barat tepatnya di kecamatan Donomulyo hingga pantai Licin di kecamatan Ampelgading. 

Saat ini pemerintah Kabupaten Malang tengah mengangkat pesona pantai selatan ini dengan mengadakan berbagai acara setingkat kabupaten di daerah pantai selatan. Bahkan pawai peringatan hari jadi Kabupaten Malang sudah dua atau tiga tahun terakhir digelar di jalur lintas selatan. 

Teman-teman, jika anda berkunjung ke Malang jangan lupa untuk menikmati indahnya pantai selatan. Saya yakin debur ombak dan semilir anginnya akan membuat anda kembali suatu saat nanti.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Wonderful Indonesia










You May Also Like

3 comments

  1. Salam kenal mb
    Ternyata kita tetangga
    Saya batu

    Malang selatan dominanny emang pantai y mb

    Setuju
    D sekitar kita pun banyakk tempat kwerenn

    ReplyDelete
  2. Menikmati surya tenggelam di Ungapan indah banget, Mbak 😊

    ReplyDelete
  3. ternyata malang banyak pantai juga ya kayak di Serang :)

    ReplyDelete