Aktivitas & Rekreasi Menarik Di Candi Borobudur

by - 6:39:00 PM

Aktivitas & Rekreasi Menarik Di Candi Borobudur
pixabay

Aktivitas & Rekreasi Menarik Di Candi Borobudur 

Tak lengkap rasanya memang jika kita berkunjung ke Yogyakarta namun tidak mengunjungi Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan sebuah candi yang berlokasikan di Desa Borobudur , Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini adalah objek wisata yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan. Candi Borobudur ini menjadi candi Budha terbesar dan termegah di dunia, bahkan karena kemegahannya tersebut candi ini telah dijadikan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. 

Saya sendiri sudah beberapa kali mengunjungi candi yang megah ini. Terakhir kali kesana bahkan saya tidak naik ke puncak karena mencari titik yang tepat untuk bisa memotret candi secara keseluruhan. Namun sayang hasil jepretan saya tersebut hilang tak ada bekasnya. Semoga saja segera dapat rejeki mengunjungi candi Borobudur kembali dan saya akan naik dan berkeliling untuk berfoto dengan stupa yang ada di atas. 

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah nama yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Vihara Budha Uhr dengan makna Biara Buddha di Bukit. Memang ada banyak misteri dalam pembangunan candi yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah ini, namun demikian menurut beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa candi Borobudur dibangun oleh Wangsa Syailendra pada sekitar abad ke 8. Pembangunan candi ini menggunakan ratusan bahkan ribuan kubik batu yang dipahat dan disusun dengan rapi membentuk sebuah puzzle raksasa. Luas candi Borobudur adalah sekitar 15.000 meter persegi dengan 504 patung Buddha di dalamnya serta 700 stupa berbagai ukuran, stupa terbesarnya terletak pada bagian puncak candi. Candi ini memiliki dinding dengan panel relief mencapai 2.672 yang menceritakan kisah Mahabarata. Candi ini juga memiliki 6 teras yang berbentuk bujur sangkar serta 3 pelataran yang melingkar. Sekilas bentuk dari candi ini menyerupai sebuah teratai yang mengapung di atas air, jadi tak heran jika sebagian ilmuwan berpendapat jika Candi Borobudur ini dibangun diatas sebuah danau purba. 

Aktivitas & Rekreasi Menarik Di Candi Borobudur 

Ada banyak sekali aktivitas & rekreasi menarik yang dapat anda jumpai di candi Borobudur. Candi ini mulai ditemukan pada tahun 1841 oleh Sir Thomas Stamford Raflles yaitu seorang gubernur Inggris. Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, Candi Borobudur telah banyak dilakukan renovasi dalam rangka penyelamatan dan pemugaran kembali. Salah satunya adalah menikmati keindahan relief dan mengagumi arsitektur di dinding candi. Relief tersebut terpampang di seluruh dinding sepanjang lorong candi. Satu hal yang cukup membingungkan para ilmuwan, jika masyarakat dahulu belum mengenal kecanggihan teknologi dna belum adanya komputer, lalu bagaimana caranya mereka mampu menerapkan arsitektur dengan relief yang cukup canggih. Selain itu diketahui jika candi tersusun atas bebatuan besar, nah dari mana asal batuan tersebut dan bagaimana cara masyarakat membawa dan teknik apa yang digunakan menyusunnya hingga menghasilkan sebuah keagungan yang luar biasa mengahnya. Hal itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga kini. 

Aktivitas & Rekreasi Menarik Di Candi Borobudur
pixabay


Ketika mengunjungi candi Borobudur hendaknya anda memakai pakaian yang sopan. Karena bagaimanapun juga, candi Borobudur adalah tempat ibadah yang harus kita hormati dan hargai. Pengunjung yang terlanjur hadir memakai celana pendek atau rok mini biasanya diminta untuk mengenakan sarung yang dipinjamkan secara gratis. Nantinya jika pengunjung tersebut turun dari Candi Borobudur, sarung yang tersebut kemudian di kembalikan lagi ke petugas. 

Jangan lupa untuk mengabadikan kunjungan anda dengan berfoto atau membuat video. Carilah angle yang tepat sehingga foto anda tampak menarik dan berbeda dari yang lainnya. Tak ada salahnya anda mengambil sebanyak mungkin foto agar lebih banyak pilihan bila nanti anda hendak mengunggahnya ke media social. 

Melakukan rekreasi ke candi Borobudur anda juga tak boleh melewatkan sunrise dan sunsetnya. aktivitas & rekreasi menikmati sunrise dan sunset di kawasan Candi Borobudur menjadi hal favorit dari setiap wisatawan yang berkunjung. Dengan semburan cahaya sunset maupun sunrise membuat kemegahan candi Borobudur semakin cantik dan dengan balutan jingga matahari. Selain itu aktivitas & rekreasi lainnya yang dapat anda nikmati adalah melakukan Safari Gajah Borobudur yakni menunggangi gajah di sepanjang desa sekitar candi. Tak ketinggalan juga aktivitas & rekreasi kuliner di sekitar Candi. Anda dapat dengan mudah menemukan aneka jajanan khas Jogja di sekitar candi Borobudur. Mulai dari bakmi Jawa, Tongseng Jamur dan lain sebagainya. 

Candi Borobudur adalah sebuah warisan dari nenek moyang yang wajib kita jaga dan pelihara dengan baik. Aktivitas & rekreasi yang dapat anda jumpai saat berwisata mengunjungi Candi Borobudur teramat banyak. semuanya tentunya hal-hal menarik yang akan membuat suasana liburan anda menjadi menyenangkan. Selain itu tak hanya candi Borobudur saja yang menjadikan tempat ini populer di kalangan para wisatawan, namun juga karena di sekitar candi Borobudur terdapat banyak objek wisata Jogja lainnya yang cukup menarik. Hal inilah yang membuat kawasan ini sangat diminati oleh para wisatawan, karena memang berkunjung kemari tidak akan pernah membuat anda merasa bosan dengan adanya beragam aktivitas & rekreasi yang dapat anda jelajahi. 

You May Also Like

3 comments

  1. Duh, sampe saiki aku belum pernah ke sana. Nunggu anak-anak gedean keknya

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pengennya bisa pakai guide saat mengunjungi Borobudur. Selama ini kan hanya menikmati candi. Pengen juga belajar sejarah dari guide di sana

    ReplyDelete
  3. Liat sunrise maupun sunset di candi ini begitu indah, dapet banget.

    ReplyDelete