Sesuaikan Jenis Tenda dengan Kebutuhan Camping Anda

by - 3:28:00 PM






Jenis tenda sesuai kebutuhan


Sesuaikan Jenis Tenda dengan Kebutuhan Camping Anda

Buat anda pecinta alam atau pecinta kegiatan outdoor di alam bebas, anda pasti bakal suka dengan adanya camping. Anda bisa berkumpul bersama dengan teman-teman atau keluarga sambil menikmati hangatnya api unggun yang dibuat. Memang api unggun menjadi salah satu kegiatan favorit saat camping. Tapi jangan lupa mematikan api sampai benar-benar tidak ada bara yang tersisa saat selesai kegiatan, agar tidak memicu terjadinya kebakaran hutan atau area apapun yang anda gunakan untuk berkemah tersebut.

Kegiatan camping pastinya tidak akan lengkap kalau anda tidak membawa kemah atau tenda. Kemah merupakan tempat berlindung yang tepat ketika kita berada di alam bebas. Dengan tidur di tenda, kegiatan camping jadi serasa semakin dekat dengan alam.

Sebenarnya kalau membicarakan tenda, ada bermacam-macam jenis tenda seperti tenda kawinan/tenda pernikahan, tenda pengungsian dan tenda untuk camping. Namun kali ini kita hanya akan mebicarakan tenda untuk camping atau berkemah saja ya.

Kalau saya dulu sering mengikuti kemah pramuka. Tahulah tenda zaman dahulu untuk pramuka modelnya ya begitu-begitu saja. Rasanya asyik asyik saja ketika tidur di tenda. Meskipun hanya beralaskan tikar dan berbantal tas ransel. Sampai pulang kembali ke rumah wajah tetap ceria meskipun badan rasanya enggak karu-karuan. 

macam macam tenda untuk berkemah atau camping

Wajah-wajah bahagia inilah yang mungkin dilihat oleh adik-adik kecil, sehingga mereka meminta untuk dibuatkan kemah-kemahan di rumah. Yang namanya kemah-kemahan biasanya juga hanya dilakukan di dalam rumah atau hanya di halaman saja. Memori sederhana ini dapat membuat anak tersebut jika sudah besar nanti menjadi pecinta alam.

Bagi anda yang suka berkemah. Tentu merasakan banyak sekali manfaat, baik yang dirasakan secara lnagsung maupun tak langsung. 

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan setelah berkemah, antara lain: 

· Semakin mencintai alam, berada di alam bebas, merasakan sejuknya udara dikala pagi hari adalah sedikit dari sekian banyak kenikmatan yang bisa anda rasakan ketika di alam. 
· Menambah rasa syukur, melihat keindahan alam semakin menyadarkan kita bahwa ada banyak hal yang Tuhan berikan kepada kita dan kita harus mensyukurinya. 
· Menambah keakraban dengan sesama peserta kemah. Dalam setiap kegiatan kemah pasti ada saat-saat dimana kita menghabiskan waktu dengan sesame peserta. Baik berupa permainan atau bernyanyi bersama. 
· Mendapatkan banyak pengalaman baru. Karena setiap kegiatan itu pasti kita akan mendapatkan pengalaman yang berbeda yang seru pastinya. 

Dan kini semakin banyak penggemar kegiatan alam bebas yang butuh kamp, maka semakin banyak model yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan kegiatan outdoor yang dilakukan. Kalau dulu saya hanya mengenal tenda untuk pramuka saja, kini ada bermacam-macam jenis tenda sesuai kebutuhan. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam sesuai jenis tenda. Bahkan warna tenda kini berwarna warni ada tenda biru, merah, pink hijau dan lain-lain.

Ada yang membutuhkan tanah datar untuk membuatnya atau cukup memakai pohon atau pinggir tebing, kemah anda sudah jadi dengan model tergantung. Maka itu, anda harus bisa memilih jenis tenda sesuai dengan tempat yang ingin anda datangi. Berikut jenis-jenis kemah yang biasanya orang pakai.

Jenis Kemah Dome

Kalau anda punya hobi trecking, kemah berjenis Dome tentu sudah tidak asing lagi. Ukurannya yang lebih besar dan muat sampai 5 orang, membuat jenis ini banyak dipilih orang apalagi yang membawa tim sampai beberapa orang. Kemah ini juga termasuk jenis yang gampang dibongkar pasang sehingga sangat baik dipakai untuk kegiatan camping pemula. 

Bahannya juga sangat sederhana dan praktis sehingga anda akan gampang membawanya ke mana-mana dan gampang juga dimasukan ke dalam tas camping anda. Pilihan jenis ini juga cocok untuk anda yang mau ke tempat bercurah hujan yang cukup tinggi karena lapisannya yang aman.

berbagai jenis tenda untuk kemah atau camping

Jenis Kemah Tunnel

Jenis yang sering dipakai untuk kegiatan camping adalah Tunnel. Modelnya memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berbentuk seperti goa sehingga terkesan terbuka. Dengan bentuknya yang unik, ukuran tenda ini termasuk panjang sehingga memberikan space yang lebih ketika kamu pergi berkemah bersama keluarga atau teman-teman. 

Tapi, anda harus ahli untuk memasangnya karena rangkaiannya cukup rumit dan proses pemasangannya juga butuh waktu yang lama. Setidaknya anda harus memerlukan bantuan orang lain untuk membantu membuat kemah ini. Meski sulit, kamp ini sangat aman dari terpaan angin dan bisa memuat kapasitas yang lebih banyak.

bentuk bentuk tenda untuk camping atau kemah


Jenis Kemah Ridge

Jenis kemah yang ini paling sering dipakai untuk perkemahan anak-anak pramuka. Anda yang mau memakai jenis ini untuk kegiatan camping kamu tidak apa-apa karena ukurannya lebih bervariasi, mulai dari kecil sampai ukurannya yang paling besar. Kamp ini sangat nyaman dan cocok untuk anda yang pergi membawa teman sampai 7-8 orang. 

Kemah Ridge termasuk aman dan sangat kokoh, sehingga terpaan angin tidak akan menggoyahkannya. Anda juga tidak akan kedinginan atau terkena angin yang ekstrim karena lapisannya sangat stabil dan kuat. 

jenis jenis tenda sesuai kebutuhan


Jenis Kemah Geodesic Dome

Secara sekilas, tenda jenis ini mirip dengan model dome kebanyakan hanya saja lebih tertutup. Anda yang mau membawa jenis dome ini harus mempertimbangkan perlengkapan lain yang dijadikan 1 tempat dengan kemah ini. Bahannya yang cukup tebal membuat anda harus menanggung beban berat sebesar 3 kg lebih. 

Meski begitu, jenis ini sangat aman dan nyaman apalagi kalau anda camping di daerah gunung yang bersuhu sangat rendah. Anda yang berada di tempat bersalju, hujan yang ekstrim, dan cuaca yang panas juga sangat disarangkan memakai kemah Geodesic karena lapisannya yang tebal dan kuat.


macam macam bentuk tenda untuk pramuka atau kemah


Apakah anda sudah tahu di mana tempat membeli perlengkapan kemah? Online shop Bukalapak bisa menjadi alternatif buat anda yang malas keluar rumah membeli produk-produk kebutuhan camping. Selain alat kemah, anda juga akan menemukan perlengkapan lainnya, seperti sepatu outdoor

Tidak usah takut dengan cara pesannya karena sangat gampang sekali. Anda juga cuma butuh gadget yang tersambung internet, barang camping apapun bisa anda pesan dari mana saja. Cara pembayarannya juga banyak jadi anda bisa pilih sesuai dengan kemampuan anda, mulai dari transfer bank, mobile banking, minimarket, sampai kartu kredit. Dijamin semuanya aman dan anda bisa berbelanja di Bukalapak dengan nyaman





You May Also Like

3 comments

  1. Eh, yang tunnel cakep amaaat. tapi aku lebih suka tidur di kamar aja deh. *aku anak manja

    ReplyDelete
  2. yang pernah saya coba hanya kemah jenis ridge. Itupun karena kegiatan perjusami waktu masih SD dulu

    ReplyDelete
  3. Tenda zaman now, aneka modelnya hehehe...

    ReplyDelete