Tips Lengkap Liburan Ceria Bersama Anak

00.40.00 Retno Kusumawardani 163 Comments

Tempra cepat menurunkan demam, dipercaya turun temurun cepat menurunkan panas. bekerja langsung di pusat panas, DIPERCAYA TURUN TEMURUN,tidak menimbulkan iritasi lambung



Siapa yang suka liburan? Saya mau bagi-bagi tips liburan bersama anak-anak nih, juga berbagi tips apabila tiba-tiba anak demam saat perjalanan. Ah, ingat panas demam jadi ingat Tempra cepat menurunkan Demam. tapi nanti saja ya cerita soal Tempra, mau lanjut bagi tips liburannya dulu.

Hampir setiap orang menyukai liburan. Meskipun menggunakan istilah yang berbeda entah itu plesiran, jalan-jalan,  pakansi, , refreshing atau wisata. Semuanya mempunyai tujuan yang sama,yaitu untuk menutrisi jiwa dan raga. Apalagi jika liburan ceria bersama seluruh anggota keluarga. Tentunya menjadi dambaan bagi kita semua ya... 

Tempat liburan favorit anak-anak saya adalah tempat yang bisa bermain air yaitu kolam renang dan pantai. Tidak bosan-bosannya mereka bermain dengan air meskipun di pemandian yang sama. 



Terkadang kalau kondisi badan tidak fit, setelah bermain air anak-anak menjadi panas demam, tapi saya tidak khawatir karena ada penurun panas yang bekerja langsung di pusat panas dan tentu saja aman karena sudah dipercaya secara turun-temurun.

Kemanapun lokasi liburannya, karena sudah jadi pilihan anak-anak, saya sebagai orang tua ya nurut saja, yang penting mereka bahagia.


Tempra cepat menurunkan demam, dipercaya turun temurun cepat menurunkan panas. bekerja langsung di pusat panas, DIPERCAYA TURUN TEMURUN,tidak menimbulkan iritasi lambung


Berwisata bersama, selain menyegarkan pikiran seluruh anggota keluarga juga dapat mempererat rasa kasih sayang. Karena tujuan liburan adalah untuk bersenang-senang maka seluruh anggota keluarga harus merasakan kesenangan itu. Jangan sampai orang tuanya merasakan liburan yang seru, tapi anak-anaknya malah merasa tidak puas. Agar anak-anak merasa puas, tentunya kita juga harus punya trik khusus.


Liburan yang menyenangkan tidak harus di tempat yang jauh dan berbiaya mahal. Yang penting adalah kebersamaan. Dengan adanya kebersamaan setiap anggota keluarga dapat merasakan kasih sayang yang diberikan oleh anggota keluarga lainnya. Pengalaman itulah yang dapat memberikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan.


Lalu, apa sih persiapan yang dilakukan agar liburan bersama anak-anak menjadi liburan yang ceria? Apakah ada kiat khusus?

Agar semua anggota keluarga merasakan keseruan yang sama saat liburan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tempat berlibur bersama anak-anak. 

Berikut ini tips lengkap liburan ceria bersama anak :

  • Diskusikan bersama anak-anak, tempat liburan macam apa yang ingin dikunjungi. Misalnya apakah tempat bermain air seperti pantai, pemandian dan kolam renang, pegunungan, wisata petik buah, atau tempat yang memiliki banyak wahana permainan.  Meskipun anak-anak kita belum dewasa, tapi penting bagi para orang tua untuk bertanya pada anak-anak, agar anak merasa dihargai dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menyampaikan pendapat. Dengan dilibatkan dalam pemilihan tempat liburan, juga dapat memberi efek positif pada anak-anak baik sebelum liburan dilakukan maupun setelah liburan usai. Anak-anak jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari-harinya.

  • Ukur kemampuan. Hal ini berhubungan dengan biaya. Misalnya saja anak meminta bermain tempat wisata yang memiliki banyak wahana permainan. Pilih tempat wisata dengan wahana permainan yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita.

  • Atur waktu. Pemilihan tempat liburan juga harus disesuaikan dengan waktu libur yang dimiliki. Jangan sampai kita membuat rencana liburan yang panjang, tapi waktu tidak mencukupi. Lebih baik hitung dengan cermat berapa alokasi waktu yang kita miliki, juga perkiraan kemacetan lalu lintas agar waktu kita tidak terbuang sia-sia di jalan raya. Perlu dipertimbangkan juga apakah perlu menginap di hotel atau tidak.

Tempra cepat menurunkan demam, dipercaya turun temurun cepat menurunkan panas. bekerja langsung di pusat panas, DIPERCAYA TURUN TEMURUN,tidak menimbulkan iritasi lambung




Melakukan perjalanan liburan bersama anak-anak perlu persiapan yang matang. Lebih baik dilakukan beberapa hari sebelumnya. Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan sebelum berangkat liburan?

  • Buat daftar barang yang hendak dibawa (checklist). Dengan adanya daftar ini mempermudah mendata barang apa yang sudah ada di rumah atau yang perlu dibeli. Daftar ini juga mempermudah menyortir barang apa yang masuk kategori  sangat penting, penting dan tidak penting. Sehingga kita terhindar dari membawa barang yang tidak berguna. Daripada membawa barang yang tidak bermanfaat lebih baik space tersebut kita gunakan untuk tempat oleh-oleh nantinya.

  •  Apabila diperlukan hotel untuk menginap, lebih baik pesan jauh hari sebelumnya. Agar kita leluasa memilih hotel yang sesuai kebutuhan dan budged. Misalnya saja karena membawa anak-anak kita butuh dua buah kamar yang ada pintu penghubungnya, jadi orang tua lebih tenang karena lebih mudah mengawasi anak-anak.

  •  Tanyakan kepada anak barang apa yang paling ingin dibawa untuk menemani selama perjalanan. Apakah boneka, bantal kesayangan atau mainan mobil-mobilan. Hal ini dapat mengalihkan perhatian anak saat jenuh melanda.

  •  Minta anak untuk memilih sendiri barang yang akan di bawa. Tentu saja dengan diberi penjelasan terlebih dahulu. Misalnya anak memiliki dua jenis topi. Topi woll yang hangat dan topi yang bertepi lebar. Jelaskan kepada anak fungsi masing-masing topi, misalnya topi bertepi lebar biasanya digunakan ketika pergi ke pantai dan topi woll untuk udara dingin. Biarkan anak memilih sendiri berdasarkan penjelasan yang telah kita berikan. Hal ini dapat melatih anak untuk membuat keputusan.

  • Jelaskan kepada anak bahwa tujuan liburan adalah untuk bersenang-senang tapi tidak berlebihan (Bagaimanapun juga segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik). Hal ini sering saya lakukan pada anak-anak saya yang berjumlah tiga orang. Agar saat liburan mereka ingat bahwa tujuan liburan adalah untuk bergembira. Cara ini manjur sekali untuk mencegah anak-anak bertengkar karena hal sepele. Di rumah yang biasanya bertengkar karena berebut mainan, menjadi lebih mudah berbagi karena dalam hati mereka sudah tertanam bahwa liburan ini untuk bersenang-senang bukan bertengkar.




Ketika semua barang yang diperlukan untuk berlibur sudah dipersiapkan. Ada beberapa barang yang harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Agar mudah diambil sewaktu-waktu dibutuhkan. Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa diletakkan di kantong-kantong yang menggantung di sandaran kursi. Apabila menggunakan kendaraan umum, misalnya saja bus dan kereta api, dan anda membawa ransel besar, letakkan di kantong yang paling depan. 

Saya biasanya selain membawa tas besar saya juga membawa messenger/sling bag atau tas selempang untuk meletakkan barang-barang yang sewaktu-waktu saya butuhkan. Beberapa barang tersebut antara lain :

  • ·     Dompet dan segala isinya termasuk uang cash dan uang receh. Berguna sekali untuk membayar di pintu toll, pengamen atau saat tukang tahu petis lewat :D

  • ·    Alat komunikasi seperti Hand Phone. Diletakkan di tempat yang mudah dijangkau bukan berarti harus di pegang terus-terusan lho yaa…  Apalagi Handphone kekinian semakin dilengkapi dengan kamera yang canggih, jadi lebih mudah dalam mengambil gambar sewaktu-waktu. Buat yang hobi selfie…kayak saya hihihi.

  • ·       Makanan dan minuman kecil, terutama yang disukai anak-anak. Bila perlu bawa toples plastic agar makanan tidak tercecer dan mudah menyimpan kembali jika makanan tidak habis.

  • ·       Tissue basah maupun maupun kering. Yang namanya anak-anak biasanya suka belepotan kalau makan. Letakkan tissue di tempat yang mudah dijangkau anak-anak agar mereka bisa membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang membuat kotor. Jangan lupa sediakan juga tempat sampah di mobil ya…

  • ·     Satu stel pakaian ganti untuk anak. Meskipun kadang-kadang tidak digunakan, tapi kita perlu meletakkan satu stel pakaian di tempat yang mudah dijangkau. karena kadang anak-anak minum saja airnya tumpah lalu mengenai pakaian. Kan kasihan kalau tidak ganti. Termasuk juga popok sekali pakai, jangan semuanya dimasukkan bagasi.

  • ·       Mainan atau benda favorit anak juga jangan dimasukkan ke dalam bagasi. Benda ini berfungsi sebagai penangkal kejenuhan selama perjalanan.

  • ·       Obat-obatan. Siapapun tidak ingin sakit saat berlibur. Tapi lebih baik kita mempersiapkan obat yang sewaktu-waktu kita butuhkan. Apalagi kita membawa anak-anak wajib hukumnya bawa obat-obatan. Biasanya obat-obatan yang saya bawa adalah minyak kayu putih, obat luka dan plester, dan obat diare dan obat penurun panas/demam  yang sudah direkomendasi dan terpercaya yaitu : Tempra, lengkap dengan termometernya.

Itulah beberapa barang yang harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. agar sewaktu-waktu kita butuh tidak membongkar seluruh bawaan kita yang sudah kita tata rapi di rumah.

ciptakan suasana menyenangkan selama perjalanan. bisa dengan mengajak anak bernyanyi bersama, atau menceritakan hal-hal yang kita lewati sepanjang perjalanan. bercerita sambil menikmati makanan kecil sangatlah menyenangkan. Kalau sempat, biasanya saya membuat sendiri kue atau roti. Kalau anak kenyang itu meminimalisir kerewelan hihihi


Sebagai orang tua, saat melakukan perjalanan bersama anak-anak tentu harus siap menghadapi situasi yang tak terduga. Misalnya tiba-tiba anak badannya panas atau demam. Jangan panik, lebih baik bersikap tenang agar tetap bisa berpikir jernih.

Segera lakukan pengukuran suhu dengan thermometer. Jangan menggunakan telapak tangan atau punggung tangan kita karena hasilnya tidak akurat. Apabila demam anak masih dibawah 38,50 C tidak usah diberi obat penurun demam. Cukup dikompres dengan air hangat, kenakan pakaian yang longgar dan diberi minum yang banyak agar panas tubuh keluar lewat air seni.

Namun apabila panas demamnya melebihi 38,50 C, segera beri obat penurun panas. Saya lebih suka memberi obat penurun demam anak yang mengandung paracetamol. Paracetamol adalah bahan yang paling aman untuk anak karena efek sampingnya paling minimal. 

Ada beberapa bahan lain yang tersedia di pasaran yang juga berguna untuk menurunkan demam. Tapi hanya paracetamol yang dapat diberikan kepada anak-anak termasuk bayi tanpa batasan umur karena lebih aman. Paracetamol juga tidak mengakibatkan mual, muntah dan dan tidak menimbulkan iritasi lambung. 

Untuk stok di rumah dan perjalanan saya selalu menyediakan Tempra Cepat Menurunkan Demam yang mengandung Paracetamol yang dipercaya secara turun temurun cepat menurunkan panas dan bekerja langsung di pusat panas. Dengan rasa anggur yang disukai anak, dilengkapi juga gelas takar dengan dosis yang tepat di dalam kemasan.

Selain Tempra Syrup juga tersedia Tempra drops yang diperuntukkan anak-anak usia 0-1 tahun, serta Tempra forte yang diperuntukkan anak dengan usia diatas 6 tahun. Kenapa pemberian obat penurun demam harus dibedakan dalam kelompok umur? Karena disesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan oleh anak. Jadi jangan lupa baca aturan pakainya ya…

Itulah beberapa tips persiapan liburan bersama anak ala saya. Dan tips untuk mengatasi demam anak di perjalanan. Manfaatkan baik-baik kesempatan liburan untuk mempererat hubungan keluarga. Bolehlah sekali-sekali melupakan sejenak urusan pekerjaan. 

Hindari juga aktifitas berlebihan dengan gadged kecuali untuk kegiatan memotret agar liburan kita benar-benar menjadi quality time yang berkesan. Yang pastinya akan dikenang sebagai saat-saat yang indah oleh anak-anak kita dan memori itu akan tersimpan sampai mereka dewasa nanti. Ayok kita liburan ceriaaa dan jangan lupa bawa Tempra.


dapatkan tips untuk buah hati di fanpage Tempra yaitu : One Thousand smile. Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. 

You Might Also Like

163 komentar:

  1. Iya kalau liburan bersama anak2 memang yg harus dipersiapkan lebih ke tempat2 yg disukai anak2 ya, biar mereka bener2 merasa liburan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... biar sama-sama merasakan liburan

      Hapus
  2. bawa anak printilannya banyak ya mba

    BalasHapus
  3. Prinsip saya kalo liburan sama anak fokus utamanya adalah anak-anak, yang tua-tua cuma ngawal aja. Jangan kebalik, anak-anak ikut agenda yang tua. Bakalan gak enjoy anak-anaknya, dan itu ngerusak suasana bikin yang tua terpengaruh. Soalnya saya pernah sih ngalamin kaya gitu. Liburan ngajak anak tapi kami gak mempertimbangan kesukaan mereka, jadinya malah pada gak enjoy gitu.

    Anyway, nice share, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...kadang anak malah jadi rewel


      makasiih...

      Hapus
  4. emang bawa anak kecil sih liburan gak cukup pakaian ama makanan aja banyak plus, plusnya sama obatnya lah. Saya juga jarang banget motret2 ujung2nya mau diceritain ke blog bingung karena gak ada fotonya, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaaa... kadang pingin review kuliner juga... repot sama anak-anak tau-tau makanan udah habis sebelum difoto...gagal jadi bahan tulisan dah wkwkwk

      Hapus
  5. kalau saya bisa ceria liburan kalau pas weekend bu, kalau weekday kerja, makanya blog saya namanya weekendtraveller hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener-bener refreshing setelah seminggu berkutat dengan kerjaan ya...

      Hapus
  6. Mba Retno itu disawah siapa? Ademm ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sawah orang mbaa...wkwkwk. kampungku deket sawah kadang jadi tempat mainnya anak-anak...

      Hapus
  7. Kalau aku suka hiburan dimuseum atau tempat bersajarah. menyenangkan sekaligus ada nilai edukasi bagi anak. Bawa anak, harus mempersiapkan segala peralatan sekaligus obat-obatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah mengajak anakku ke museum... noted. kalau ke perpustakaan sih udah pernah...

      Hapus
  8. Emang sesuai sm judulnya, lengkap bgt tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga-moga aja bermanfaat untuk orang lain

      Hapus
  9. sama mba aku juga pasti nyetok tempra untuk di rumah sama khusus buat dibawa2 kalo jalan sama anak2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...kalo sudah percaya itu susah pindah ke lain hati hihihi

      Hapus
  10. Liburan bersama anak memang perlu memilih tempat yang pas, terutama untuk tempat tempat yang ada hubungannya dengan pendidikan dan juga edukasi.

    BalasHapus
  11. Saya blum punya anak sih, masih dibawa liburan sama orang tua, haha.

    But, ini bisa mnjadi referensi buat orng tua sya supaya liburan nya nggk itu2 mulu'. Yg sring bawa liburan ya mama sya. Klo bapak, jrang liburan bhkan gk prnah.. lbih milih tinggal jaga rumah dripada kluar liburan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah... sekali-kali diajak dong Bapaknya...

      Hapus
  12. Setuju, liburan bersama anak, mereka walau masih kecil, saat berangkat mereka sudah dapat gambaran umum tempat yang akan dituju. Liburan senang, badan tetap sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...kalo anak senang otomatis orang tua juga senang...

      Hapus
  13. saya liburannya cuma cari makanan aja.., hehehehe....., hoby makan apa lagi makanan yang unik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak pernah nolak kalo diajak makan di luar hihihi

      Hapus
  14. Liburan bersama keluarga memang menyenangkan sekali. persiapannya banyak banget mba. klo saya polosan aja, yg penting bawa dompet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kalo sama anak itu ribet kalau apa-apa harus beli mendadak... kudu bawa dari rumah, terutama printilannya anak-anak...

      Hapus
  15. Kalau saya biasanya nyari tempat liburan yang dekat dan murah saja misalnya kekolam renang sekalian nyebur bareng

    BalasHapus
  16. Liburan bersama anak emmangs elalu menyenangkan ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...apalagi kalo anak merasa puas dengan liburannya...

      Hapus
  17. Kalau sayamah pasti disesuaikan dengan masalah kemampuan keuangan,,, kebetulan ditempat saya masih banyak tempat liburan yang murah bahkan gratiis... heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju ...jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan malah jadi beban...

      Hapus
  18. Selalu wajib bawa obat2an kalau liburan buat jaga2, kl anak sehat liburan pasti lebih seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak buat jaga-jaga aja...siapa tahu ada orang lain juga yang mnembutuhkan...

      Hapus
  19. Aku blum pernah beli topi woll yg hangat, tp klo yg lebar sukah beli dadakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau ke pantai wajib bawa topi lebar wkwkwk

      Hapus
  20. Bila liburan sendirian, atau berdua saja, bisa saja dadakan langsung berangkat. Tapi, tentunya lain cerita bila liburan bersama anak-anak ya, Mbak, persiapan mesti mateng. Sunggih ini penting sekali.

    Ohya, Mbak, mohon izin yaaa.... baru saja saya follow blog ini. Terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...ribet sedikit tapi hati tenang...

      makasih, nanti saya folbek

      Hapus
  21. Ok FIX jadi kangen makan tahu petisssss #NangisKejer

    BalasHapus
  22. Anak juga butuh piknik ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cuma mama yang minta piknik hihihi

      Hapus
  23. setuju mba dengan mengajak anggota keluarga untuk merencanakan liburan bearti tidak akan ada aspirasi anggota keluarga yang terlewatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... keliatannya sepele, tapi musyawarah kek gini dampaknya besar buat anak...

      Hapus
  24. Bener banget ini tipsnya mba, cucok buat aku yang punya 2 anak kecil, pastinya repot banget hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot yang menyenangkan tapi ya mbak hihihi

      Hapus
  25. p3k khusus memang sangat penting dibawa, terlebih saat hari "H" tiba sang anak masih demam, aduh galau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya bawa obat yang cocok buat anak ya... biar ilang galaunya...

      Hapus
  26. Kalau liburan sama anak-anak barang bawaannya banyak banget. Pengennya lebih banyak mainan yang dibawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mbaaa...kalo disuruh milih, mikirnya lamaaa

      Hapus
  27. waahhh boleh juga itu mbak tipsnya... tapi saya blm punya anak mbak... nikah aja blm... hehe..
    tapi buat pengetahuan untuk nnti.. hehe..

    BalasHapus
  28. Karena pemburu tiket gratis atau murah pernah lho kejadian liburan kami bentrok dengan acara fieldtrip dan nginep di puncak acara sekolah.Soalnya beli tiketnya beberapa bulan sebelumnya.Jadi belum tahu jadwal sekolahan.Alhasil pas kami ke KL barengan sama jadwal kegiatan anak anak di sekolah.Makanya saya setuju tips diatas yang liburan harus direncanakan terlebih dahulu..

    BalasHapus
  29. Karena pemburu tiket gratis atau murah pernah lho kejadian liburan kami bentrok dengan acara fieldtrip dan nginep di puncak acara sekolah.Soalnya beli tiketnya beberapa bulan sebelumnya.Jadi belum tahu jadwal sekolahan.Alhasil pas kami ke KL barengan sama jadwal kegiatan anak anak di sekolah.Makanya saya setuju tips diatas yang liburan harus direncanakan terlebih dahulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah sayang sekali kalo tiketnya sampe hangus ya...

      Hapus
  30. liburan seru tidak harus mahal ya, kadang pergi ke tempat jauh bareng anak-anak malah capek, anak-anak pun bete

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... kalo anak dah bete kacau semuanya...

      Hapus
  31. lumayan nih infonya untuk masa depan saya kalau udah punya anak nanti~

    BalasHapus
  32. kalau udah bareng keluarga tuh gak penting pergi kemananya ya mbak, yang penting kumpulnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jos gandos... setuju sayanya... jangan lupa cemilannya ya...

      Hapus
  33. Obat turun panas sampai anak2 besar tetap kubawa-bawa tiap kali bepergian. Kebetulan cocoknya Tempra juga. Setelah besar pakai Tempra forte.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...kalau sudah cocok ogah ganti-ganti ya mbak...

      Hapus
  34. pasti anak2 sangat menikmati liburan mnyenangkan :)

    BalasHapus
  35. Simpan dulu tipsnya, soalnya belum nikah :p

    BalasHapus
  36. Liburan dengan anak memang mood booster tersendiri...meski rempong

    BalasHapus
    Balasan
    1. rempong dan capek... tapi seneng ya mbak...

      Hapus
  37. Saya salut lho kalau liat orang tua yang ngajak jalan anaknya, effort banget kayanya, apalagi yang anaknya masih kecil kecillll gtu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinginnya cari suasana baru, jadi meski repot ya dijabanin hehehe

      Hapus
  38. tempra itu kayaknya obat wajib u ibu2 yaa.scr kalau anak demam lgs panik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...harus selalu ada dalam kotak persediaan...

      Hapus
  39. liburan bareng anak emmang mesti matang persiapannya, klo gak bisa kacau ntar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betullll.... apalagi kalau anak sudah rewel jadi kacau semuanya

      Hapus
  40. obat penurun panas emang kudu harus dibawa terus mba.
    komplit bgt tipsnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...semoga bermanfaat tips dari saya hehehe

      Hapus
  41. Persiapan yang matang, lancar di jalan ya Jeng, buah hatipun ceria tanpa rewel. Selamat jalan-jalan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, aamiin... agar anaknya selalu ceria emaknya kudu punya stok sabar yang banyak hihihi

      Hapus
  42. Tipsnya lengkap banget mbak. Emang benar ya kalo segala sesuatunya dipersiapkan liburan pun jadi menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuannya itu mba... ga ada yang terlewat, jadi semua merasa hepi...

      Hapus
  43. Berhubung saya belum punya anak, istri aja belum punya hhahaha, jadi klo liburan suka santai gak banyak persiapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikmatilah masa-masa lajang... nau kemana tinggal cuuusss aja hehehe

      Hapus
  44. Tips yang sangat menarik mbak, meskipun belum berkeluarga bisa jadi masukan buat besok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip hehehe... paling ngga udah pernah ngebayangin wkwkwk

      Hapus
  45. Karena bocah masih kecil, kami seringnya liburan dalam kota saja. Nginep di hotel gitu. Tapi tetep ya, meskipun deket, persiapan dan ini itunya repooot. Hihihi...

    BalasHapus
  46. Asyik, liburan. jadi pengen liburan bareng anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diagendakan mba... udah mau seekend nih

      Hapus
  47. Pergi bersama keluarga memang perlu perencanaan yang sedikit lebih matang jika dibanding pergi sendiri

    Ada banyak hal yang harus kita pikirkan.

    Setelah anak-anak saya besar, kami malah sudah jarang travelling bersama-sama. Sebab masing-masing sudah punya acara sendiri .. (hehehe)

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun jarang travelling bersama yang penting masih ada acara kumpul-kumpul di rumah ya om...

      Hapus
  48. Liburan sama anak emang harus fokus pada kesehatan anak juga kan, Mba. KAlau anak sakit, liburan pasti jadi berantakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. kadang kalau terlanjur sakit, gak tega juga kalau kena udara luar...

      Hapus
  49. Liburan bareng keluarga emang selalu seru dan yang pasti banyak yang harus dipersiapkan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... apalagi kalau anak-anaknya masih kecil-keciil....

      Hapus
  50. Wah, wah, wah, ini cerita liburan yang heboh dan menggembirakan buat anak-anak juga ortunya. Liat airlaut yang menjilat kaki-kaki kecil di pantai pasti menyenangkan buat mreka. Bahagianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya penting anak-anak senang bunda... ortunya ngikut aja...

      Hapus
  51. wahh... asyiknya liburannn bareng anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik mbak... seru dan heboh sekalian mengukir cerita agar jadi kenangan kalau mereka besar nanti...

      Hapus
  52. liburan bareng anak2 emang bawaannya kudu banyak. biar riweuh tapi hepi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riweuh banget... tapi kadang riweuhnya itu dirindukan hehehe

      Hapus
  53. Wah, liburan bersama anak-anak pasti seru ya. Jadi pengin merasakan punya anak dan liburan bareng mereka. Hihi.

    Tapi kita juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Biar nyaman saat liburan, dan anak nggak rewel. Makasih mbak tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak ga rewel, perjalanan jadi lebih menyenangkan ....

      Hapus
  54. liburan dengan keluarga memang terasa nikmat, namun kadang memerlukan dana yang besar, maka perlu dilakukan persiapan yang matang. Ndak ada salahnya kalo kita membuat suatu tabungan berencana untuk menbiayai liburan kita kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... lihat jadwal liburan, menabung lalu rencanakan perjalanan...

      Hapus
  55. Tidak hanya tempat tapi dalam hal keuangan juga harus diperhatikan ya mbak agar nanti pas ditempat wisata tidak bingung dan ngirit karena sisa uang yang sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Kang... boleh berhemat tapi jangan sampai pelit ya...

      Hapus
  56. pengenn juga libur bareng anak-anak, tapi anak siapaaa :'( , tapi saya sendiri liburan bareng keluarga lah sambil mengajak kekasih kalo ada, eak kekasih. Sekalian memperkenalkan kekasih ke orang tua eakkk, siapa tau direstuin :D, yahh kalo sama keluarga pasti ada kesannya sendirilah, asikk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa....eaaa...eaaaa... cari tempat dengan suasanan yang hangat dan menyenangkan,suasana yang tercipta akan membantu proses perkenalan ...
      eaaaa...

      Hapus
  57. Lengkap banget, makasih tipsnya ya. Anakku masih kecil jadi dia ikut aja kalau diajak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba... aku kemana-mana juga rombongan...

      Hapus
  58. haaa..iya, mesti teliti ya Mba.. pernah ketinggalan barang, jadinya malah panik sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mba... makanya perlu dibuat checklist hihihi

      Hapus
  59. "Hindari juga aktifitas berlebihan dengan gadged kecuali untuk kegiatan memotret agar liburan kita benar-benar menjadi quality time yang berkesan." Nah, ini ni yang suka kelupaan..demi sebuah postingan, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah..kadang aku motret nya perasaan udah banyak, pas nyamperumah ternyata jelek semua...

      Hapus
  60. Sama Mbak..paling suka kolam renang dan pantai. Eh, ada tambahan denk..camping.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah ngajak anak-anak camping mbak... sepertinya menyenangkan ya... tapi sekarang cuaca lagi ga menentu... mungkin nunggu ganti musim ya...

      Hapus
  61. anakku juga minum tempra ini kalo demam Mba :)
    lebih cepat sembbuhnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah cocok gini enak ya mba... jadi langsung tau obatnya...

      Hapus
  62. Kadang klo foto2 pakai HP, koneksi internet saya matikan. Selain ngirit baterai, biar lebih menikmati suasanyanya juga. Tapi foto2 tetep harus ada hi hi. Atau foto2 pakai kamera digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar lebih quality time ya mbak... emang sih aku sendiri kadang suka ga sadar , niatnya cuma buka WA aja eh ga terasa semua sosmed diintipin...

      Hapus
  63. kalo saya siap sedia Tempra selalu mba, terutama saat liburan bareng anak. berasa aman aja gitu karena ada obat anti demam yang handal :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba... kalo udah persiapan sebelumnya, perasaan jadi tenang ya... liburanpun jadi lebih menyenangkan...

      Hapus
  64. Balasan
    1. makasih mba... pinginnya lebih lengkap lagi, tapi yang nyantol cuma ini hehehe

      Hapus
  65. Wiihh, lengkap kap kap nih Mba Retno tipsnya.. :) Setujuuu mba, luburan gak perlu yg jauh2 yaa, yg penting kebersamaan bareng keluarga.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... bahkan liburan bisa di rumah saja, asalkan anak-anak diberi kegiatan yang menyenangkan, mereka tidak akan bosan... dan jangan lupa sediakan makanan yang melimpah... hehehe

      Hapus
  66. Liburan jauh-jauh kadang capek juga, karena bawa anak qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang deket aja capek... apalagi yang jauh hihihi..

      Hapus
  67. Ponakanku juga seneng banget kalo main-main air... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kecil emang gitu kali yaaaa...susah diajak pulang kalo udah main air

      Hapus
  68. Kalau liburan sama anak tuh ke tempat yang dia sukai aja ya mba tetapi tempatnya juga mendidik biar bisa bermain sambil belajar seperti ke kebun binatang gitu agar anak kenal dengan segala jenis binatang yang ada :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... yang bisa menambah pengeetahuan dan pengalaman...

      Hapus
  69. kalau di medan ... Bukit Lawang adalah tempat liburan favorit saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah moga-moga bisa jalan-jalan ke medan.... belum pernah soalnya...

      Hapus
  70. Dilema ketika sesi memotret lebih banyak daripada waktu bersenang-senang bersama keluarga.. Hehe motret seperlunya aja kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mbaaa...jangan berlebihan jugaa

      Hapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  72. Obat penurun panas emang penting bgt ya mbak ya, biar ga makin demam dan jadi makin parah sakit/ kerusakan tubuhnya... Btw, yang foto sungai itu dimana ya mbaaa? *kepo Pengen main aiiirrrr... :)

    BalasHapus
  73. kalo yang sudah punya anak memang agak repot yaa mba untuk persiapan jalannya

    BalasHapus
  74. Tipnya bener-bener lengkap, Mbak. :)

    BalasHapus
  75. Lengkap banget ini tips liburannya, Mbak
    Tapi Salfa kalau diajak liburan cuma bisa ngomong main ayunan atau naik gajah aja hahah

    BalasHapus
  76. Liburan dengan anak memang selalu menyenangkan, apalagi jika tabu cara terbaiknya. Yg terpenting anak dilibatkan dan P3K ya Mbak.

    BalasHapus
  77. Anak2 senang kalo bisa diajak diskusi ya Mbak Mudah2an sekeluarga selalu sehat

    BalasHapus
  78. lengkap banget tipsnya, memang liburan bersama anak butuh persiapan matang agar liburan jadi menyenangkan :-)

    BalasHapus
  79. Alhamdulillah dulu waktu anak-anak masih Balita kalau diajak bepergian jauh jarang sakit. Sekarang sih anak2 udah kuliah dan sudah ABG. Jadi mereka main sendiri.
    BTW tps liburannya komplit mbak. Smoga menang

    BalasHapus
  80. Senang ya kalau lihat anak-anak ceria...apalagi saat liburan. Syukur ada obat penurun demam Tempra :) Semoga selalu sehat ya...

    BalasHapus
  81. wah, anak2 suka main air biasanya kalau diajakin udahan suka minta nambah waktu ya mbak :) 'peralatn perang'nya hrs lengkap nih, termasuk Tempra tadi :)

    BalasHapus
  82. Huuuiii udah banyak banget komentarnya. Btw, itu fontnya emang beda2 di quote atau emang manual, mbak?

    BalasHapus
  83. dulu sebelum berkeluarga, tidak pernah membayangkan bahwa traveling sama anakkecil itu agak ribet haha. dan kini setelah ada si kecil, saya mengalaminya. tapi untungnya dengan persiapan yang matang, traveling berjalan lancar. yang penting anak-anak happy dan menikmati suasana barunya.

    thanks 4 sharing mbak retno :)

    BalasHapus
  84. Tips nya bagus2 mba, boleh nih di praktekkan untuk next trip ^^. Aq juga selalu sedia Tempra dulu waktu anakku masih kecil... Sekarang bdnnya agak kegedean untuk Tempra kayaknya ahahaa

    BalasHapus
  85. pokoknya anak2 sehat liburan jadi menyenangkan ^^

    BalasHapus
  86. anak sehat liburan jadi senang semuaanyaaaa

    BalasHapus
  87. aahhh... bendungannya tampak cantik sekali.
    salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
  88. Komplit bener artikelnya.
    Yup liburan bersama anak banyak yang mesti disiapkan ya, termasuk obat-obatan seperti tempra Wajib banget dibawa.

    BalasHapus
  89. Super komplit artikelnya, Mbak. Wah ceria betul, sesuai dengan persiapannya.

    BalasHapus
  90. Bawa obat2an saat liburan itu yang selalu terlupakan padahal ini sangat penting. Apa lagi jika bawa anak. TFS Mba.

    BalasHapus