No knead loaf bread (roti tanpa ulen)

17.57.00 Retno Kusumawardani 0 Comments



Resep ini yang bikin aku terkagum kagum tak percaya...eh ada ya roti enak ga pake acara ngulenin segala. Ga perlu mikser LG alias lengen gede, cuma butuh aduk-aduk asal rata saja. Dan yang paling penting semua doyan. Bukan cuma anak-anak ...kalo yang ini bapaknya juga suka.
Pertama bikin masih merasa amazing..., semacam ga percaya.. ternyata aku bisa juga bikin roti. Hahaha...norak ya...
Asli deh roti ini enak banget, empuk menul-menul...udah beberapa kali nyoba, masih belum bosan juga. Katanya sih, roti ini enak kalo belum nginep. Kalo udah nginep jadinya keras. Tapi aku pernah juga nyimpen sehari semalam masih empuk juga, padahal cuma di taruh di tempat roti tawar ( ngga aku simpan di kotak yang ketutup rapet, ngga dimasukin kulkas juga).
Kualitas terigu mempengaruhi hasil masakan, tapi pernah juga aku page terigu merek "entah", enak juga. Kusebut merek "entah" karena emang terigunya ga ada mereknya. Waktu itu yang beli tepung bapaknya anak-anak. Tiba-tiba pulang bawa pisang sesisir dan tepung terigu sekilo. Pisangnya udah habis, terigunya masih sisa banyak. Ya udah aku bikin roti aja. Kebetulan juga waktu itu susunya anak-anak tinggal dikit. Karena terigunya merk "entah", pinginnya aku kasih susu yang agak banyakan dikit. Untunglah ada krimer merk Carnation . Ngga ada salahnya untuk mencoba, akhirnya 50 ml krimer, aku tambahin air sampai 150 ml. Hasilnya masih empuk dan lembut, cuma aja teksturnya lebih padat tapi tidak bantat.

Nah ini dia resep aslinya :

No Knead Loaf Bread***
(Roti Tawar tanpa diuleni)
@emmarumawas@

》》》Biang
150ml susu hangat
1sdt gula pasir
1sdt ragi instant
Campur dan diamkan 10 menit sampai berbusa

》》》Bahan Roti
-250gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
-40gr mentega
-1/2sdt garam
-2sdm gula pasir
-1bh putih telur

》》》Bahan Olesan (saya ga pake)
-1sdm mentega cair
-1sdm gula halus
-1sdt madu
Campur rata..sisihkan

Caranya:
-siapkan loyang loaf ukuran 10x20cm dan olesi dengan mentega
-siapkan biang ..sisihkan
-campur rata terigu dan garam….
-masukan mentega kemudian campur dengan tangan hingga rata berbentuk bulir bulir…
-masukan gula…campur dengan tangan hingga rata
-masukan adonan biang dan putih telur…campur rata dengan tangan sampai berbentuk adonan yang tidak lengket (jangan di uleni yah… cukup campur sampai rata)…tutup dengan plastik clingwrap dan diamkan 1jam sampai mengembang 2x lipat ( saya ga punya cling wrap, cuma olesi permukaan adonan dengan minyak goreng)
-setelah 1 jam…kempeskan adonan…pindahkan ke alas yang sudah ditaburi tepung dan pipihkan dengan rolling pin…ukuran lebar adonan sesuaikan dengan ukuran loyang yang dipakai ya…saya pakai loyang loaf ukuran 20x10cm……
-olesi dengan bahan olesan..lalu gulung …kemudian tata di loyang loaf…tutup dengan clingwrap dan diamkan 1jam
-panggang dengan suhu 180c selama 20menit sampai bagian atasnya coklat
-keluarkan dari oven…lalu olesi dengan bahan olesan..diamkan sekitar 15 menit baru keluarkan dari loyang
-tunggu hingga benar benar dingin baru di potong

Roti siap disantap 

***catatan:  Bila menggunakan Tepung PROTEIN TINGGI – tidak perlu menggunakan putih telur, dan takaran air hangat diubah menjadi 160ml…hasil roti akan tetap sama…empuk…

Resep roti empuk tanpa ulen, no knead loaf bread

Nah yang ini, gulanya aku tambahin dikit plus aku taburin coloured sugar diatasnya. Cara bikinnya gampang, nyontek Sif oi. Yaitu gula yang warnanya putih dimasukkan ke dalam plastik lalu teteskan 2-3 tetes pewarna makanan. Kocok-kocok, jadi deh.

Kalo dalemnya roti kepingin berongga dan terasa gurih, sebelum proofing yang kedua, isikan margarin beku kedalam tengah-tengah adonan.


Saran saya...kalo masih pertama kali bikin, ikuti aja resep aslinya..biar tahu hasil aslinya kaya gimana. Setelah itu baru dimodifikasi. Ok deh ... Selamat mencoba, selamat berkreasi.

You Might Also Like

0 komentar: