Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri

08.43.00 Retno Kusumawardani 20 Comments

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri
kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri


Beda zaman, beda permainan. Jika pada zaman saya masih kecil dulu, ketika stasiun TV Cuma satu-satunya yang ada. Listrik yang mengalir hanya pada malam hari saja. Maka permainan yang sering saya lakukan bersama teman-teman adalah permainan tradisional. Kebanyakan permainan tradisional merupakan permainan yang membutuhkan aktifitas fisik.  Seperti petak umpet, bermain karet tali, bentik/malele. Walaupun ada juga permainan yang dapat dilakukan sambil lesehan di lantai seperti congklak, bekel, dan lain-lain. Tapi, hampir semua permaianan adalah permainan yang dilakukan bersama-sama teman.

Anak zaman sekarang, hidup pada masa dimana banyak sekali stasiun TV yang berlomba-lomba menayangkan tontonan yang mereka bilang untuk anak-anak (yang ternyata tanpa tuntunan). Ditambah lagi perkembangan teknologi yang semakin memudahkan siapa saja untuk mengakses apa saja melalui gadged. Game dan media social adalah contoh aplikasi yang sering digunakan oleh anak-anak dengan menggunakan gadged.

Seperti pisau bermata dua, teknologi bisa membawa kemudahan sekaligus kemudharatan. Kemudahan tentu saja dalam hal komunikasi, dapat dilakukan dengan cepat dan murah. Sedangkan kerugiannya adalah anak dapat mengakses segala macam informasi yang tidak sesuai dengan tingkat kematangan mental mereka. Belum lagi game yang mengandung kekerasan, bullying dan dapat mengakibatkan kecanduan.

Berangkat dari keprihatinan tentang efek buruk gadged dalam hal ini android, sekumpulan anak muda kreatif dari Bandung menciptakan KAKATU. Yaitu sebuah aplikasi android launcher yang didalamnya terdapat fitur untuk mengelola aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak-anak. Untuk saat ini KAKATU dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Kita hanya diminta untuk share ke media social sebagai bentuk pembayaran kita.

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri

Untuk masuk ke dalam Kakatu, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Nantinya kita akan diminta untuk mengisi PIN yang harus dijaga kerahasiaannya agar anak tidak bisa keluar masuk aplikasi Kakatu ini.

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Kakatu antara lain:

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri
·        Timer
 Pengguna bisa membatasi waktu penggunaan android dengan memasang timer. Untuk anak-anak yang terlanjur kecanduan game, sebaiknya pengurangan waktu bermain dilakukan secara bertahap.

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri

·        Statistic penggunaan android
Disini akan ditampilkan aplikasi apa saja yang telah diakses dan durasi mengakses aplikasi tersebut.

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri

·        Adanya mode orang tua dan mode anak
Adanya dua mode ini memungkinkan orang tua dan anak dapat bergantian menggunakan android tanpa harus keluar dari aplikasi.

Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri
·        Adanya pemberitahuan, ketika timer berakhir
Pemberitahuan tersebut bisa berupa teks, suara maupun video. Disarankan untuk membuat pesan yang sifatnya lucu agar kekesalan anak karena waktu bermain android telah habis dapat hilang begitu melihat pesan yang menggelikan


Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri
·        Pembatasan telepon
Adanya fitur yang membatasi bahwa nomor-nomor tertentu saja yang bisa menelepon.


Kakatu, aplikasi parental control buatan anak negri
·        Pembatasan aplikasi
Orang tua dapat memilih, aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak.


Robi Tanzil Ganefi selaku founder, Muhammad Nur Awwaludin selaku Co-founder bersama ketujuh rekan mereka yang tergabung dalam tim berharap Kakatu ini dapat menolong anak Indonesia dari kecanduan terhadap gadged (Nomophobia) dan efek buruk yang diakibatkannya.

Sehebat apapun aplikasi yang dapat memfilter akses android, tetap dibutuhkan peran orang tua untuk mendidik anak-anak. Aplikasi seperti kakatu adalah sarana untuk membantu mempermudah orang tua dalam mengawasi anak-anaknya.


Sesibuk apapun kita sebagai orang tua, sempatkanlah untuk sekedar mendengar celoteh, memeluk, memegang jari-jari mungil mereka dan memandang jauh ke dalam mata mereka agar mereka merasakan dalamnya cinta dan kasih sayang kita juga betapa berharganya mereka bagi kita.

You Might Also Like

20 komentar:

  1. Keren, patut didukung.
    Bisa diunduh dari Play Store ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...gratis kok, karena bayarnya cuma dengan share...

      Hapus
  2. Patut diapresiasi kepedulian mereka terhadap anak2. Apalagi karya anak negri ya. Siap digunakan dan semoga bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...semoga semakin berkembang lagi...

      Hapus
  3. Aplikasi yang bermanfaat. Apalagi buatan anak negeri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...mark kita bersama-sama mendukungnya

      Hapus
  4. Aihh keren.. Pengen nyobain ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak untuk mengapresiasi karya anak bangsa

      Hapus
  5. makin canggih aja dunia digital..
    Kakatu emang aplikasi anak bangsa banget

    BalasHapus
  6. Wah keren ya dan tidak kalah juga dengan buatan luar negri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...semoga kedepannya lebih baik lagi...

      Hapus
  7. Bagus nich buat kontrol pola didik anak

    BalasHapus