Cheesy potato smile

07.59.00 Retno Kusumawardani 9 Comments

kentang-cheesy potato smile
cheesy potato smile

Penasaran dengan rasanya, lalu googling deh. Ternyata makanan ini, pada prinsipnya adalah kentang rebus yang ditumbuk lalu ditambah dengan tepung maizena dan bumbu lalu digoreng. Tiap Negara memliki variasi bumbu yang berbeda. India misalnya, bumbunya terdiri dari berbagai macam rempah-rempah yang menjadi cirri khas makanan India. Sedangkan versi westernnya biasa ditambah berbagai jenis keju dan berbagai taburan seperti oregano dan parsley kering.

Nah kalau versi saya sesuai dengan apa yang ada di rumah saja. Soalnya kalau menunggu berbagai macam bumbu lainnya, malah tidak jadi memasak heheheh. Maklum saya jarang belanja ke pasar, belanjanya di tukang sayur dan warung yang dekat rumah saja. Kalau anda ingin membuatnya juga, buatlah sesuai dengan selera keluarga anda, misalkan suka dengan rasa yang pedas, bisa ditambah cabai bubuk. Semoga tulisan saya menjadi inspirasi dan anda bebas berkreasi sesuka anda.

Wokkey… langsung ke resep saja ya…

Cheesy potato smile

Bahan :
2 buah kentang yang besar, kukus lalu tumbuk sampai halus.
50 gr keju, parut
4 sdm tepung maizena (kurang-lebih)
½ sdt garam
Seujung sendok teh gula
3 butir bawang putih haluskan
Sedikit merica bubuk
Kaldu bubuk (opsional, saya tidak pakai)
Seledri kering (potong halus), saya tidak pakai karena, tidak punya hehehe


Cara membuat : setelah kentang halus, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, merica, garam dan gula. Setelah semua tercampur rata, masukkan keju parut dan campur lagi sampai merata. Setelah itu masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung/kalis.  Tambahkan seledri kering atau oregano bila ada, campur sampai rata. Lalu simpan di lemari es antara 30 menit sampai 1 jam.
cheesy potato smile, kentang
kentang kukus, haluskan selagi panas
cheesy potato smile, kentang
bawang putih dan garam yang dihaluskan
 
cheesy potato smile kentang
mencampur semua bahan

Setelah itu bagi menjadi beberapa bagian yang sama, bentuk bulatan. Kemudian pipihkan di telapak tangan dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm. buat lubang untuk mata dan mulut. Bisa menggunakan ujung sedotan dan sendok. Karena di rumah tidak ada sedotan, saya kemarin memakai ujung gagang sendok kecil untuk membuat mata dan ujung sendok untuk membuat mulut.

cheesy potato smile kentang
bentuk bulatan


Goreng di dalam minyak panas, dengan api cenderung kecil goreng dengan cara satu kali membalik. Maksudnya, tunggu permukaan bawah berwarna coklat dulu baru dibalik. Karena kalau terlalu sering dibolak-balik akan menyerap minyak.

Setelah matang tiriskan. Nikmat dimakan saat hangat bersama cocolan saus tomat, saus sambal dan mayonnaise. Selamat mencoba….

You Might Also Like

9 komentar:

  1. Bahan2nya mudah (familiar bagi saya)...tapi prakteknya yang kayaknya susah *ketahuan jaraaaaang masak* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal cemplung cemplung, aduk lalu goreng hihihi

      Hapus
  2. Kayak perkedel g mbak? Perkedel eropah, pake qeju

    BalasHapus
  3. Wah.. saya juga penasaran seperti apa, ternyata perkedel versi londo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan perkedel jawa mbak...bikin kenyang...

      Hapus
  4. Wah... rasanya pasti lezat ya. Dan anak-anak suka.... hmm.... kentang + keju. huhuhuhu.... mereka mau banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikinnya ribet, makannya cepet hihihi

      Hapus
  5. aduh mba pasti rasanya enak tuh, bikin ngiler nih hehehe

    BalasHapus