Persiapan memasuki Dunia Kerja dengan Kursus Online Gratis di QuBisa

by - 7:28:00 PM

Aplikasi siap kerja


Aplikasi belajar online, menjadi salah satu platform paling efektif untuk belajar di masa sekarang ini. Dimana pandemi membuat kita diharuskan untuk melakukan berbagai aktivitas dari dalam rumah saja. Dengan belajar di aplikasi siap kerja , kita dapat mendapatkan pengetahuan dan ilmu tentang berbagai hal yang ingin kita pelajari untuk masuk dunia kerja maupun menciptakan pekerjaan sendiri. Aplikasi belajar online menyediakan banyak sekali kursus online gratis yang dapat kita manfaatkan sebagai bekal masuk dunia kerja maupun menjadi enterpreneur.

Aplikasi belajar online membantu kita untuk lebih siap memasuki dunia kerja. Memasuki dunia kerja bukan berarti kita harus bekerja pada orang lain. Kita juga bisa menjadi bos dengan membuka usaha tersendiri. Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan apakah Anda akan menjadi karyawan atau membuka usaha sendiri, yaitu :

  • Kenali diri sendiri, apakah Anda orang yang lebih suka bekerja di bawah perintah atau lebih suka bekerja atas inisiatif sendiri. Pahami juga apakah passion dan hobi Anda, apakah itu memungkinkan untuk dijadikan usaha atau tidak. Jika Anda bingung dalam menentukan apakah passion Anda, cobalah diingat ingat kegiatan apa yang dengan sukarela Anda lakukan. Bahkan di waktu yang terbatas pun Anda menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan tersebut, itulah passion Anda.
  • Pahami masing masing kelebihan dan kekurangan dari menjadi karyawan maupun enterpreneur. Dengan menjadi karyawan berarti Anda akan lebih aman secara finansial karena mendapatkan gaji yang pasti. Namun Anda juga harus menerima besaran gaji yang ditentukan perusahaan termasuk aturan dan jam kerja yang diberlakukan. Demikian sebaliknya jika Anda menjadi pengusaha atau wirausahawan. Anda harus siap dengan pendapatan yang tidak stabil apalagi di awal awal usaha, bahkan Anda juga menghadapi risiko kegagalan. Anda juga dituntut untuk terus berinovasi agar usaha Anda mengikuti zaman. Namun jika usaha berhasil maka Anda akan bebas finansial dan di masa mendatang akan ada karyawan yang menjalankan usaha, sedangkan Anda tinggal menikmati hasilnya.
  • Lakukan riset tentang jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini maupun hal hal lain yang sedang trending dan dapat dijadikan peluang usaha. Karena seperti yang kita tahu, pandemi telah mengubah banyak hal. Ada pekerjaan yang kini hilang dan tidak dibutuhkan lagi namun juga ada pekerjaan yang muncul karena pandemi yang juga mempercepat proses digitalisasi. Jenis pekerjaan yang hilang misalnya saja petugas pembayaran dan akuntansi dan pekerjaan yang muncul seperti pembuat masker kain dan penjual masker dadakan.
  • Ambil keputusan bidang pekerjaan apa yang ingin Anda tekuni. Apakah akan menjadi karyawan suatu perusahaan atau berwirausaha.

Persiapan menjadi karyawan perusahaan:

  • Buatlah CV yang menarik, jangan lupa tampilkan pencapaian yang sudah Anda raih dan pelatihan yang pernah Anda ikuti.
  • Persiapkan wawancara dengan baik dan pelajari faktor lain di luar isi wawancara yang mempengaruhi hasil wawancara, seperti cara berpakaian dan gestur tubuh.
  • Tingkatkan kemampuan berbahasa inggris yang bisa menjadi nilai tambah
  • Upgrade soft skill dan hard kill Anda dengan mengikuti kursus online gratis atau aplikasi belajar online. Aplikasi siap kerja seperti QuBisa dapat Anda pilih untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki dan salah satu cara meningkatkan personal branding.
  • Jangan berhenti belajar dan terus kembangkan diri. Saat ini banyak platform yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan. Anda bisa mengikuti bimbingan karir melalui aplikasi siap kerja yang bisa dilakukan secara online dan gratis. Anda juga bisa belajar gak ribet melalui aplikasi belajar online untuk melewati upskilling dan reskilling. Upskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja sedangkan reskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan baru karyawan perusahaan. Upskilling dan reskilling selain dapat meningkatkan kembali semangat anda sebagai karyawan, juga dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Persiapan menjadi wirausahawan

  • Tentukan jenis usaha yang akan Anda tekuni apakah berupa barang atau jasa, baik itu tersedia online atau offline.
  • Tentukan produk usaha Anda, apakah kuliner atau yang lainnya termasuk di dalamnya cara produksinya dan bagaimana pengemasannya.
  • Tentukan nama usaha ataupun produk Anda dengan pemikiran yang matang. Karena semakin mudah nama produk maupun jasa tersebut untuk diingat, maka akan semakin banyak orang yang cepat mengenalinya.
  • Tentukan pasar Anda dan target yang ingin dicapai. Dengan demikian Anda lebih mudah dalam menyusun binis plan yang akan Anda lakukan.
  • Jalin komunikasi dengan sesama start up atau mengikuti komunitas yang ada.
  • Terus upgrade diri dengan belajar gak ribet yaitu mengikuti berbagai pelatihan maupun kursus online gratis yang merupakan salah satu cara belajar yang efektif dan fleksibel. Banyak membaca dan ikuti perkembangan tren yang sedang berkembang.
  • Miliki mental wirausahawan dengan belajar pada ahlinya yang banyak membagikan ilmunya melalui aplikasi belajar online. Ikuti kelas kelas gratis cara meningkatkan personal branding agar usaha kita lebih dikenal.

Personal branding

Di era media sosial seperti sekarang ini, tentunya kita lebih mudah dikenal dan mengenal orang lain melalui internet. Media sosial sangat membantu kita untuk menunjukkan personal branding. Namun sebelumnya, apa sih personal branding itu? Mengutip sebuah laman berita, Personal branding adalah suatu proses untuk menentukan persepsi publik terhadap seseorang. Dengan kata lain, kita membangun personal banding itu ingin dikenal sebagai apa? Pribadi yang bagaimana ? Sehingga menimbulkan citra yang sesuai dengan sisi dari diri kita yang ingin kita tunjukkan kepada publik.

Apapun pilihan karir Anda, sangat penting untuk meningkatkan personal branding. Dengan personal branding yang baik maka kita dapat membangun kepercayaan publik terhadap diri kita maupun usaha yang kita jalankan.

Mempersiapkan diri memasuki dunia kerja

Apapun jenis pekerjaan yang akan kita jalani, mempersiapkan diri sendiri adalah faktor yang sangat penting. Mental yang kuat juga perlu dimiliki oleh wirausahawan pemula maupun karyawan baru. Dan membentuk mental yang kuat itu bukanlah perkara yang gampang.

Selama Anda bekerja dan merintis karir akan banyak peristiwa baik yang Anda duga maupun yang tidak Anda duga sebelumnya. Jika Anda sudah memiliki ilmu untuk menghadapinya, tentu setiap peristiwa yang terjadi akan Anda hadapi dengan lebih mudah. Lalu bagaimana caranya agar siap melewati semua itu? Tenang saja, Anda bisa mengikuti kursus online gratis yang disediakan oleh aplikasi belajar online.

kursus online gratis
Keterampilan Sukses Millenial untuk mencapai sukses di berbagai bidang bersama Qubisa

Mengikuti kursus gratis secara online sangat tepat dilakukan pada masa pandemi ini, karena lebih hemat dan fleksibel terhadap waktu. Salah satu aplikasi belajar online yang terpercaya adalah QuBisa. Berbagai macam kelas dengan cara belajar efektif dapat Anda ikuti melalui aplikasi QuBisa ini. Tak heran jika banyak yang menyebut QuBisa sebagai aplikasi siap kerja.

aplikasi belajar online
Keterampilan Digital Millenial untuk menjadi ahli di bidang digital dengan QuBisa

Mengapa QuBisa?

  • QuBisa menyediakan berbagai macam materi/konten mulai dari tingkat dasar hingga lanjut yang dapat diikuti sesuai dengan kemampuan penggunanya.
  • Belajar melalui video pendek yang merupakan salah satu cara belajar efektif di masa sekarang ini. Karena sistem pembelajarannya menggunakan video yang padat dan singkat, sehingga para penggunanya lebih mudah mencerna ilmu yang di dapat. Selain pembelajaran berupa video singkat, juga terdapat artikel yang cukup to the point, sehingga kita bisa langsung menangkap isi dari artikel tersebut.
  • Dipandu oleh profesional dibidangnya. Ada lebih dari 200 instruktur/pengajar berpengalaman, 200 lebih webinar berkualitas dan lebih dari 500 kursus terbaik.
  • Ada penilaian bakat untuk pengguna.
  • Ada road map karir webinar yang membantu untuk menetapkan target dan langkah langkah yang harus ditempuh untuk mencapai target tersebut.
  • Menyediakan konsultasi karir
  • Bukan hanya sebagai siswa, Anda juga bisa menjadi penyedia konten yang sesuai dengan bidang keahlian Anda.
Dari sekian banyak aplikasi belajar online yang pernah saya coba, QuBisa merupakan salah satu yang terbaik. Saya bisa sangat enjoy menikmati kelas kelasnya. Penyampaiannya pun menarik sehingga pengguna tidak bosan bahkan penasaran untuk mengikuti kelas selanjutnya.

Pengalaman mengikuti kelas di QuBisa

Saya pun tak ketinggalan untuk mengikuti kelas di QuBisa. Berhubung akhir akhir ini produktivitas saya sedikit menurun, saya pun mengikuti kelas yang dapat memotivasi saya untuk lebih semangat lagi bekerja. Namanya juga kerja di rumah, sering terjadi distraksi yang mempengaruhi produktivitas sehingga melemahkan motivasi.

Kelas yang saya ikuti adalah Great Work and Mindfulness yang dipandu oleh Ibu Syahria Harini. Dalam kelas ini terdapat 10 video singkat yang berdurasi antara 3 menit hingga 6 menit.

Beberapa hal yang saya garis bawahi dari kelas ini adalah :
1. Rasa syukur dapat menumbuhkan kenyamanan dan berdamai dengan diri sendiri.
2. Ciptakan rasa bahagia dan tetap asyik di tempat kerja dengan motivasi diri dan apresiasi terhadap diri sendiri.
3. Stress dalam bekerja itu wajar. Stress ini dapat muncul akibat rasa lelah, oleh karena itu lawan dengan energi positif kita agar rasa lelah itu terminimalisir.
4. Cintai pekerjaan untuk mencapai tujuan 
5. Semakin baik hubungan sosial kita dengan orang lain, maka tujuan kita akan cepat terealisasi.
6. Komunikasikan inovasi dan inisiatif kita dengan baik dengan memahami karakter lawan bicara kita.
7. Melakukan pekerjaan dengan rileks dapat mendorong munculnya inisiatif dan inovasi.
8. Semangat bekerja dapat mendorong produktivitas, jangan menunda nunda agar hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulan setelah mengikuti kelas Great work and Mindfullness : Cintailah pekerjaan anda, dengan rasa cinta ini anda akan bersemangat dalam bekerja. Rasa syukur, apresiasi diri, memiliki tujuan, disiplin waktu dapat membuat anda semangat dalam bekerja dan meminimalisir energi negatif yang dapat menurunkan produktivitas.

Kursus berikutnya yang saya ikuti adalah kursus online gratis dengan judul "Cara Melatih Mental Agar Tidak Bergantung pada Keberuntungan" oleh Dr. Abdul Latief seorang praktisi, akademisi, penulis dan pembicara publik.

Kursus ini berupa video berdurasi 21 menit yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berdurasi 1 menit yang berisi pendahuluan dan sesi kedua berdurasi 20 menit, yang berisi materi.

Tujuan dari kursus "Cara Melatih Mental Agar Tidak Bergantung pada Keberuntungan" adalah:
1. Menjadi pribadi dengan mindset terbuka.
2. Membuka pemahaman tentang pentingnya berjuang dan berani berkorban.
3. Mengarahkan untuk mempersiapkan aspek mental, seperti lahiriah, batiniah, skill, spiritual  dan attitude.
4. Membantu mempersiapkan diri untuk kerja keras,berjuang dan berkomitmen.

Menurut Dr. Abdul Latief, keberuntungan itu tidak datang begitu saja. Namun sejatinya keberuntungan adalah pertemuan antara kesiapan dan kesempatan.Dibalik cerita keberuntungan orang-orang ada perjuangan, kerja keras dan berani untuk berkorban. Hingga kesempatan itu datang, maka lahirlah keberuntungan.

Kursus ini sangat menarik dan menginspirasi. Seperti menyuntikkan semangat bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Pada saat yang tepat, semua kerja keras dan pengorbanan itu akan melahirkan keberuntungan. 

Bagaimana cara mengikuti kelas di QuBisa?

Anda juga bisa menjadi siswa di QuBisa, cukup dengan mengunduh aplikasinya melalui playstore maupun appstore. Setelah mendaftar dengan menggunakan email, anda langsung bisa mengikuti kelas kelas yang tersedia. 

Melalui QuBisa kita bisa mengembangkan diri, mengupgrade ilmu, meningkatkan personal branding bahkan mencari peluang baru. Yang pasti Anda akan mendapatkan lebih dari sekedar materi dari aplikasi QuBisa.

cara belajar efektif

Untuk Anda yang hobi menulis ada berita menarik dari QuBisa. Saat ini QuBisa sedang mengadakan kompetisi blog dengan hadiah yang cukup menggoda. Kunjungi saja websitenya langsung atau melalui media sosialnya untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

Nah tunggu apa lagi, yuk mengembangkan diri dan kemampuan agar mampu bersaing dan menjadi lebih sukses kedepannya.

You May Also Like

66 komentar

  1. Dunia bisnis sekarang penting bangegt, tentunya kita juga harus menggelutinya agar tak kalah. Hemm ini sudah ada kursus online, lho, mantap buat yang baru belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih praktis dan mudah kursus online seperti di QuBisa

      Delete
  2. Mengikuti berbagai kelas dan kursus-kursus gratis selama pandemi ini banyak saya lakukan juga. Ini kesempatan bagus buat kamu yg tinggal di pedesaan. Kalau gak pandemi mana bisa belajar kalau ke kota waktu dan biaya tinggi. Hehehe...
    Tapi saya belum coba nih kursus di QuBisa. Tertarik jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga, ga pandang tempat ya kalau kursus online gini... dari manapun bisa...

      Delete
  3. Waah tos dulu mbaa aku kmrn juga sempet ambil yg personal branding dari QuBisa.
    trus nambah ke kursus public speaking masyaAllah seneng banget dapat gratis wkwkw padahal kalo di luaran bisa sampe jutaaan tuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya... manfaatin yang gratis gratis gini banyak untungnya...

      Delete
  4. bener harus cinta dulu ya sama pekerjaan kita biar semangat.. QuBisa membantu meningkatkan skill ya..

    ReplyDelete
  5. Saya ngerasain banget mau cari kerja dengan minim skill dan pengalaman itu sangat sangat sulit banget. Makanya saya banting stir jadi freelance. Namun, tetap wajib upgrade skill, apapun profesinya, mau karyawan atau freelance sekalipun, karena upgrade diri itu penting banget untuk ningkatin kemampuan bersaing di masa depan nanti.

    Beruntung banget saya bisa baca artikel super keren ini, jadi tau kalo di QuBisa bisa upgrade skill. Udah gitu materinya juga banyak pula. Makasih infonya Mba Retno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apapun pekerjaan kita wajib upgrade skill, biar berkembang dan tentu saja makin semangat kerja..

      Delete
  6. Sekarang mah udah nggak khawatir lagi tentang kemampuan diri. Kita bisa kursus online gratis melalui aplikasi siap kerja seperti qubisa. jadi semua terasa lebih mudah.

    ReplyDelete
  7. Daku udah punya aplikasi QuBisa kak, siap belajar, karena memang kita butuh upgrade pengetahuan sebagai modal dalam bekerja. Sehingga gak ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. lebih enak pakai aplikasi ya, lebih praktis...

      Delete
  8. pastinya lebih asyik ya, mbak kalau belajar pakai video-video pendek. jadinya kita nggak bosan dan bisa lebih mudah menangkap ilmu yang diberikan

    ReplyDelete
  9. Aplikasi belajar online ini tuh seru banget. Bisa belajar dari mana aja dan banyak banget lagi kelasnya yang kece-kece, QuBisa emang keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... bener banget, bisa belajar dari mana aja...

      Delete
  10. Poin ini "Ciptakan rasa bahagia dan tetap asyik di tempat kerja dengan motivasi diri dan apresiasi terhadap diri sendiri" sepertinya cocok juga untuk pekerja rumahan seperti saya. Kerja sendiri, ngatur jadwal sendiri, pastinya juga harus bisa memotivasi diri sendiri agar tetap semangat. Dan betul juga, yang gak kalah penting adalah apresiasi pada diri sendiri agar tetap bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya... jnagn lupakan apresiasi terhadap diri sendiri... keliatannya remeh tapi dampaknya terhadap diri sendiri itu besar banget...

      Delete
  11. wah ini ada blog competition dari Qubisa ya mbak
    mau ikutan ah, siapa tahu menang 😀😀🤭
    Kebetulan aku juga sudah coba salah satu kursusnya

    ReplyDelete
  12. Menarik banget ya ikutan kelas online di qubisa.. Banyak pilihan pembelajaran nya. Buat yang mau ngasah skill sebelum masuk dunia kerja ini boleh banget dicoba.

    ReplyDelete
  13. Ok juga nih kalau Qubisa mampu menyediakan berbagai macam materi/konten mulai dari tingkat dasar hingga lanjut. Tentunya inu disesuaikan dengan kemampuan penggunanya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya tergantung kita belajarnya sampai mana..

      Delete
  14. Semenjak pandemi semua di lakukan serba online, awalnya rada bingug juga mau kursus gimana ya. Eh sekarang udah nemu jawabanya, ada QuBisa yang flexibel bngt untuk masaaalah waktu. Aman deh. Jadi buat yang freshgraduate kaya aku, benar benar terbantuu dalam hal megasah skill untuk menghadapi dunia kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... aku aja yg udah emak emak seneng banget belajar melalui QuBisa...

      Delete
  15. Kadang bikin CV yang menarik sih yang masih sering menghadirkan tantangan tersendiri setiap melamar pekerjaan. Apalagi penampilan CV di jaman sekarang.

    Banyak pengetahuan baru memang yang bisa didapat melalui QuBisa. Apalagi ada kelas gratisnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuu... manfaatin yang gratis gratis untuk mengembangkan diri, asal serius insyaallah hasilnya juga ga mengecewakan...

      Delete
    2. Nah itu. Walaupun memulai menggali pengetahuannya dari yang murah meriah modal kuota kan, mana tau kalau disimpan dalam hati dan dipraktikkan bisa bikin berjaya di hari kemudian.

      Delete
  16. Di Qubisa ternyata pilihan kursus online-nya banyak ya, Kak. Sangat membantu bagi kita yang ingin menambah skill diri, agar lebih siap terjun ke dunia kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... percaya deh belajar di QuBisa jadi makin semangat...

      Delete
  17. Asli harus make kelas qubisa ini deh menurutku, aku setuju mba tapi buat ningkatin skill ada kelas yag lain juga kan ya? Jadi pengen prepare alokasiin dana ke kelas ini nih.
    Mba polbek balik ya blogku omahwirausaha. Makasih

    ReplyDelete
  18. Saya juga suka sekali ikut kursus online di QuBisa. Rencananya, mau mencoba kelas dan webinarnya ke depan. Sudah banyak list kelas mau saya ikuti. Keren deh QuBisa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau ikutan lagi, seneng banget belajar di QuBisa... banyak insight baru

      Delete
  19. Banyak banget ya manfaat yang didapat dengan mengikuti kursus online lewat qubisa. Banyak program pengembangan skilnha

    ReplyDelete
  20. bener selama kita cinta sama pekerjaan kita rasanya pasti sangat menyenangkan.. adanya aplkasi pengembangan diri yg sesuai sm pekerjaan kita jadi tambah menyenangkan..

    ReplyDelete
  21. Manteb bener kakkkak nya. Bisa konsultasi karir sekaligus dilatih sama ahlinya.

    Paling menarik sih menurutku soal personal branding dan editing video

    ReplyDelete
  22. saya juga suka nih belajar di QuBisa, karena videonya berdurasi pendek jadi kita juga merasa asyik menerima materinya. Bisa dilanjut nanti jika tetiba ada yang harus dikerjakan saat itu, apalagi macam saya yang emak rempong tapi tetap ingin belajar juga.

    ReplyDelete
  23. QuBisa ini keren banget ya. Aku masuk ke QuBisa dan rasanya kalap lihat begitu banyak kursus dan webinar yang bisa diakses. Pengen ikut semuanya! :D

    ReplyDelete
  24. Jadi tertarik juga nih pengen nyobain aplikasi Qubiza buat upgrade soft skill. Apalagi materi2nya juga sangat menarik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, aku jamin deh bakalan seneng belajar di sana

      Delete
  25. Tertarik akutu untuk ikutan kursus online Qitabisa. Pengen belajar personal branding. Aku daftar dulu ah...mksh ya mba infonya...

    ReplyDelete
  26. Kursus Online Gratis di QuBisa jadi cara untuk meningkatkan kapasitas diri dan bisa ngebuat kita belajar soft skill sebelum masuk dunia kerja

    ReplyDelete
  27. Dulu lulus kuliah, aku kan di bidang pendidikan. Untuk skill Tata Busana sudah punya, tapi skill yang terkait bidang tersebut masih belum banyak macamnya. Sekarang dengan Qubisa, banyak ilmu yang bisa di up grade ya.

    ReplyDelete
  28. Wah bagus banget nih QuBisa, kursus online gratis dengan berbagai ketrampilan yang bisa dipilih sesuai passion. Rekomen nih buat ponakan yang bentar lagi lulus kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget, dia pasti seneng banget krena nggak ngebosenin belajar di QuBisa

      Delete
  29. Penting banget ya Mbak upgrade skill sebelum terjun dunia kerja
    Bahkan saat sudah bekerja, upgrade diri enggak boleh berhenti
    Makin berjalan waktu makin banyak yang harus dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semakin kita belajar semakin kita tau kalau masih banyak yg kudu dipelajari

      Delete
  30. Banyak juga ya hal-hal yang harus disiapkan sebelum masuk dunia kerja. Untungnya sekarang ada banyak skill yang bisa diupgrade dengan lebih mudah pakai QuBisa.

    ReplyDelete
  31. Mantep nih, saya udah download QuBisa bagus banget buat menambah pengetahuan biar makin siap bekerja

    ReplyDelete
  32. Kita emang harus persiapkan skill di era digital sebagai era yang baru ini. Seperti yang kita pasti sama-sama amini, belajar enggak cuma bisa dilakukan di sekolah. Belajar di tempat lain, seperti program kursus juga bisa menjadi pilihan. untunglah ada QuBisa ini, jadi menambah referensi tempat belajar yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, enggak ada salahnya mencoba hal baru seperi kursus di QuBisa ini

      Delete