Kembali Aktif dan Percaya diri setelah bebas dari Anyang-anyangan berkat Prive Uricran

by - 9:39:00 PM




Kembali Aktif dan Percaya diri setelah bebas dari Anyang-anyangan berkat Prive Uricran
Saya baru paham sekarang, kenapa setiap musim bediding saya sering anyang-anyangan. Teman-teman udah pada tahu kan apa itu anyang anyangan? Anyang-anyangan adalah suatu kondisi dimana kita terus-terusan ingin buang air kecil. Namun saat buang air kecil yang keluar malah sedikit. Gejala anyang-anyangan dapat juga berupa sakit atau tidak nyaman saat buang air kecil. Musim bediding adalah waktu peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Dimana udara pada musim ini sangat dingin. Apalagi kalau dini hari, wah bisa dingin banget. Di dalam rumah pun tak tahan rasanya jika tak pakai sandal karena perut akan mules dan… anyang-anyangan. 

Dulu suka kesal dan heran, kemapa setiap musim bediding kok anyang anyangan. Baru sadar kemarin waktu mengikuti Uricran Women Community talkshow yang diadakan di Ibis Style Hotel, Malang. Dalam event yang bertajuk Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih tersebut mengundang Dr. Novina Purwita Kartikarini Sp.Og sebagai narasumber. Dalam penjelasannya Dr Novina mengatakan bahwa anyang-anyangan paling sering disebabkan oleh kurang minum. 


Memang iya sih, kalau pas cuaca dingin rasanya malas sekali ke kamar mandi karena airnya terasa dingin banget. Biar enggak sering pipis akhirnya mengurangi minum, namun akhirnya malah anyang anyangan. Kesel sih tapi salah saya sendiri juga… 

Kalau sudah anyang-anyangan seperti itu, pekerjaan jadi terganggu. Waktu hanya terbuang untuk bolak-balik ke kamar mandi. Mau keluar rumah untuk belanja atau jalan-jalan pun malas. Taku kalau tiba-tiba kebelet pipis dan enggak bisa menahannya. Kan berabe...., Mau bertamu pun sungkan, karena enggak enak sama yang punya rumah. Pokoknya serba enggak nyaman dan jadi enggak pede gara-gara anyang-anyangan.

Masih menurut Dr. Novina, meskipun udara sedang dingin, kebutuhan cairan tubuh kita tetap. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap minum air putih sebanyak dua liter. Ingat ya, air putih bukan minuman yang lainnya. Kenapa air putih? Karena air putih adalah cairan yang paling mudah diserap oleh tubuh. 

Sedangkan pada orang yang bertubuh lebih berisi (baca gemuk), kebutuhan air putihnya lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang bertubuh kurus. Karena besar penguapan tubuh itu berbanding lurus dengan luas permukaan tubuh. Pantesan, akhir akhir ini saya merasa lebih gampang haus. Setelah lebaran dan liburan panjang kemarin memang berat badan saya naik beberapa kilo, dan membuat tubuh saya jadi lebar-an. Oleh karena itu dianjurkan pada yang bertubuh gemuk untuk menambah porsi air minumnya agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. 

Setelah mendengar pemaparan Dr Novina lebih lanjut, saya jadi lebih lega karena anyang-anyangan yang saya alami bukanlah anyang-anyangan yang disebabkan oleh Infeksi Saluran Kemih atau ISK. Walaupun setiap ISK selalu mengakibatkan anyang-anyangan namun anyang-anyangan belum tentu infeksi saluran kemih. Perlu diwaspadai ketika mengalami anyang anyangan yang terus menerus, karena bisa mengakibatkan ISK. 

Mengapa? 

Saat anyang-anyangan kita cenderung untuk menahan pipis. Karena kalau pipis yang keluar sedikit dan rasanya enggak nyaman banget. Air pipis yang keluar sedikit tersebut bukan karena isi kandung kemih yang sedikit tapi karena otot kemih yang tegang sehingga tidak bisa berkontraksi. Akibatnya, masih banyak air kencing di dalam kandung kemih yang lama kelamaan bisa mengakibatkan ISK karena akan muncul bakteri. Yang namanya air kencing itu kan sampah, harusnya dibuang namun jika terlalu lama di dalam tubuh, maka tubuh kita juga akan merasakan efeknya. 


Sebenarnya apa sih Infeksi Saluran Kemih itu? 

Infeksi Saluran Kemih atau ISK adalah istilah yang umum digunakan ketika terjadi invasi (invasi = masuk lalu menyebar) nya mikroorganisme pada saluran kemih, yang kemudian diikuti oleh peradangan. Namun, tidak semua gejala ISK ini bisa dirasakan. Anyang-anyangan adalah salah satu gejala ISK yang dapat dirasakan. Sedangkan ISK sendiri hanya dapat di deteksi melalui pemeriksaan ke dokter. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ISK, diantaranya adalah Usia (Menopause), Jenis kelamin, hygiene (kebersihan), dan berganti-ganti pasangan. ISK juga dapat menjangkiti siapa saja seperti pria, wanita mupun anak-anak. 

Namun, menurut penelitian, 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih atau 50-60 % , ini artinya wanita lebih rentan terkena ISK. Mengapa? 

· Malas minum sehingga cairan dalam tubuh tidak tercukupi. Pada saat tubuh butuh untuk mengeluarkan air sisa metabolism, jumlahnya tidak cukup hingga menimbulkan anyang-anyangan. 

· Kehamilan. Posisi rahim yang membesar dapat menekan kandung kemih yang diartikan oleh tubuh sebagai rasa ingin buang air kecil yang berulang. 

· Menopause. Wanita yang telah mengalami menopause juga rentan terkenan anyang-anyangan karena kadar estrogen di dalam tubuh yang menurun yang menyebabkan turunnya imun kandung kemih. 

· Letak saluran pengeluaran air kencing wanita yang berada di dalam, sehingga lebih sulit dibersihkan bila di bandingkan dengan milik pria yang berada di luar tubuh. Selain itu, saluran kencing/uretra wanita juga lebih pendek bila dibandingkan dengan laki-laki sehingga memungkinkan bakteri E Coli yang berasal dari anus menempel di saluran kemih. 

· Pemakaian celana dalam yang lembab dan ketat dapat menyebabkan tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan infeksi. 

· Penggunaan sabun wanita yang berlebihan. Bakteri yang berada di area pribadi wanita 90% nya merupakan lactobacillus. Jika menggunakan sabun wanita berlebihan, maka PH area pribadi akan berubah dan menyebabkan pertumbuhan jumlah bakteri sehingga menimbulkan keputihan dan lain-lain. Penggunaan sabun wanita yang berlebihan ini juga dapat mengakibatkan area pribadi menjadi kering yang justru dapat menimbulkan tumbuhnya jamur. Karena dinding area pribadi yang berupa mukosa, maka dinding-dindingnya tidak boleh kering. Dan 90% ISK berasal dari area pribadi wanita yang tidak normal. Misalnya keputihan yang juga meningkatkan resiko terjadinya ISK. 

· Dudukan toilet yang kurang bersih. Cara buang air tradisional secara kesehatan lebih baik bila dibandingkan dengan menggunakan kloset duduk yang memungkinkan penggunanya bersinggungan langsung dengan permukaan kloset. 

· Cara membersihkan area kewanitaan yang salah. Kebanyakan wanita Indonesia membersihkan area pribadi dengan cara mengusap dari arah belakang ke arah depan. Cara yang demikian memungkinkan bakteri E-Coli yang berasal dari saluran pencernaan dan terbuang bersama feses akan masuk dan menempel di dinding saluran kemih. Lama kelamaan, hal ini dapat menyebabkan ISK. 


Masih menurut Dr Novina Sp.Og, ada beberapa macam istilah ISK yang perlu diketahui, yaitu: 

· ISK sederhana yaitu ISK tanpa kelainan anatomi dan fungsi ginjal 

· ISK tidak sederhana yaitu ISK dengan kelainan Anatomi dan fungsi saluran kemih 

· ISK berulang yaitu ISK karena saluran kemih terinfeksi oleh bakteri yang berbeda 

· ISK resistensi/relaps yaitu ISK karena infeksi berulang oleh bakteri yang sama 

· Urosepsis yaitu peradangan seluruh tubuh yang disebabkan oleh bakteri yang ada di saluran kemih dan ini berbahaya sekali. 

Sedangkan lokasi infeksi pada ISK dapat dibedakan menjadi dua, yaitu atas dan bawah. Berikut ini lokasi infeksi masing masing bagian beserta gejalanya : 

· Infeksi Atas . Terjadi pada ginjal dan ureter. Gejalanya adalah : Demam tinggi hingga menggigil, hilang nafsu makan, mual dan muntah, Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal), dapat menderita ISK bagian bawah juga. 

· Infeksi bawah. Terjadi pada kandung kemih dan uretra. Gejalanya adalah : Nyeri saat buang air kecil, Buang air lebih sering dari biasanya sampai pada malam hari, tidak dapat menahan buang air kecil, BAK tidak tuntas, nyeri pada perut bagian bawah, dan demam ringan atau tidak enak badan. 

Pernah mendengar pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati? Demikian juga untuk ISK dapat dicegah dengan melakukan pendekatan berikut ini: 

· Modifikasi perilaku, seperti minum cukup air putih (1,5-3 liter/hari), Menjaga higienitas dengan cara menggunakan pelapis kloset duduk, menggunakan celana dalam berbahan yang mudah menyerap keringat, lebih sering mengganti celana dalam, dan membersihkan area kewanitaan dengan cara yang benar yaitu dari arah depan ke belakang dan tidak menggunakan air tertampung. Serta hindari menahan buang air kecil. 

· Preparat Estrogen. Yaitu penggunaan estrogen pada wanita yang sudah menopause, agar kadar estrogen di dalam tubuh meningkat. Jumlah estrogen yang cukup akan meminimalisir resiko ISK dengan cara mencegah kolonisasi bakteri pada kandung kemih. 

· Strategi penggunaan antibiotik. Penggunaan antibiotic dapat mencegah terjadinya ISK. Namun metode ini juga memiliki kekurangan. Yaitu: antibiotic tidak hanya membunuh bakteri jahat namun juga membunuh bakteri yang baik dalam tubuh, selain itu penggunaan antibiotic dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan resistensi/kebal. Sehingga untuk penggunaan antibiotic berikutnya membutuhkan dosis yang lebih tinggi. Untuk meminimalisir efek antibiotic ini, biasanya dokter juga meresepkan probiotik. 

· Menggunakan metode Akupunktur 

· Vaksinasi 

· Konsumsi Cranberry. Di dalam buah cranberry terdapat probiotik dan polifenol berupa Proantocyanidins yang dapat menghambat pelekatan bakteri E coli pada dinding kandung kemih.

Dalam kesimpulan pemaparannya, Dr Novina menyebutkan bahwa pada wanita hamil, ISK dapat menimbulkan komplikasi yang dapat mengakibatkan: 

· Kelahiran premature 

· Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) 

· Preeklamsia 

· Hipertensi 

· Gagal ginjal dan 

· Kematian janin. 

Oleh karena itu pemeriksaan urine berkala perlu dilakukan pada wanita hamil agar ISK dapat segera terdeteksi dan mendapat pengobatan yang sesuai. 

Sungguh banyak ilmu yang disampaikan oleh Dr Novina Purwita Kartikarini, Sp.Og namun karena keterbatasan waktu maka kesempatan kembali diserahkan pada pemandu acara yang kemudian mempersilahkan mbak Thalita Michelle dari Combiphar untuk member penjelasan. 


Mengamini penjelasan dari Dr. Novina, mbak Thalita menjelaskan bahwa buah Cranberry telah lama di teliti, efektif dalam mencegah Infeksi Saluran Kemih karena kaya akan Proantocyanidin atau PAC yang dapat mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding saluran kemih. Cara kerja PAC ini adalah dengan menyelubungi fimbria atau kaki kaki dari bakteri E-Coli sehingga tidak dapat menempel pada sel epitel kandung kemih. 

Cranberry merupakan salah satu pilihan non antibiotic yang tepat untuk mengurangi angka infeksi saluran kemih sebesar 36 % dan menurunkan sebesar 58% angka kejadian ISK berulang. 

Namun sayangnya di Indonesia cranberry tidak mudah di peroleh, baik di pasar tradisional maupun di supermarket, jumlah yang sangat sedikit membuat harga buah cranberry menguras kantong alias mahal. Lagipula rasa asli buah cranberry ini jika di makan langsung sangatlah asam, untuk mengkonsumsinya harus di jus terlebih dahulu. 



Untunglah untuk pertama kalinya di Indonesia, Combiphar mempersembahkan Prive Uricran. Solusi untuk mencegah anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih serta ISK berulang dalam bentuk kapsul dan serbuk yang mengandung ekstrak Cranberry beserta seluruh kebaikannya. Dengan mengkonsumsi Uricran, anda tidak perlu minum antibiotik untuk mencegah anyang-anyangan dan ISK berulang.

Menurut riset yang pernah dilakukan oleh Uricran, sebagian besar responden menyatakan bahwa anyang-anyangan dapat mengganggu aktifitas sehari hari. Namun sebagian besar dari mereka juga tidak melakukan upaya apapun untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Hal ini dikarenakan ketidak tahuan mereka akan obat apa yang harus dikonsumsi dan sebagian besar juga menganggap bahwa anyang-anyangan bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal sangat menyiksa, yes??? 

Andai saja mereka mengenal Uricran sejak awal, tentunya mereka bukan saja terbebas dari anyang-anyangan dan ISK tapi juga terhindar dari ISK berulang. 

Cara mencegah anyang-anyangan, ISK dan ISK berulang sangatlah mudah dan menyenangkan. Anda tinggal pilih, mau menggunakan Uricran kapsul atau Uricran plus yang berbentuk serbuk? 

Cukup 1-2 sachet perhari atau 1-2 kapsul perhari, anda sudah terbebas dari anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih. Dengan minum setiap hari, Uricran dapat menjaga kesehatan kandung kemih anda dan membuat anda menjadi lebih aktif dan percaya diri. 


Cara menyeduh Uricran plus yang berbentuk serbuk yaitu tuang satu sachet uricran plus ke dalam gelas, lalu tambahkan air matang secukupnya atau kira-kira 150 ml lalu aduk hingga serbuk terlarut. Jangan menggunakan es atau air panas ya, karena dapat merusak probiotik dan vitamin C yang terkandung dalam Uricran Plus. 

Anak-anak juga boleh minum larutan Uricran plus ini, namun pastikan kalau usia mereka lebih dari 4 tahun. Rasanya sangat segar, ada sedikit asam dan manis dalam citarasa yang khas dan unik. Saya menyebutnya khas dan unik karena memang saya belum pernah merasakan buah cranberry selain dari Uricran ini. 

Ngobrolin soal Uricran, saya punya cerita. Dulu ada teman yang mengeluh anyang-anyangan lalu saya beri beberapa sachet Uricran plus. Saya pun lupa tidak menanyakan bagaimana efeknya, sampai beberapa bulan kemudian teman tersebut menghampiri saya dan bertanya apakah saya masih punya stok uricran. 

Ternyata teman saya tersebut pernah mengalami anyang-anyangan lalu meminum Uricran yang saya beri dan anyang-anyangannya sembuh. Lalu dia datang kembali ketika mengalami anyang-anyangan lagi. Saya pun menjelaskan bahwa Uricran itu tidak saja mengobati namun juga dapat mencegah anyang-anyangan. Jadi aman minum setiap hari walaupun kita tidak sedang anyang-anyangan. 

Apalagi kini Uricran semakin mudah di dapat di rumah sakit, apotik apotik terdekat atau kunjungi saja Watsons, guardian, Century, Apotek K2 dan Kimia Farma. Uricran juga bisa dibeli secara online misalnya saja melalui Lazada (Lazada.co.id/combiphar). 

Jika teman-teman masih penasaran tentang anyang-anyangan, Infeksi Saluran Kemih dan ingin tahu lebih jauh tentang manfaat Prive Uricran, teman teman bisa mengunjungi website Uricran yaitu www.Uricran.co.id. Ada berbagai info menarik yang akan anda dapatkan dari website ini. 

Pada kesempatan #UricranWomensCommunity talkshow kemarin juga hadir mbak Ika Puspita, Blogger Hits dari Semarang. Berkali kali mbak Ika ini memenangkan lomba yang hadiahnya adalah jalan-jalan. Seneng banget ya... bisa jalan -jalan gratis. Eh ya nggak gratis juga sih, karena kan sudah jadi juara lomba hehehe. Mbak Ika juga sempat merasakan enggak enaknya travelling karena anyang-anyangan. Namun setelah minum uricran, anyang-anyang pun hilang. Perjalanan pun kembali nyaman dan menyenangkan.



Oh ya teman-teman, saat ini Prive Uricran sedang mengadakan kuis yang menarik loh. Akan ada pemenang di tiap minggunya dan hadiah utamanya adalah tiket ke acara puncak UriCrevent di Jakarta. Mupeng kaaan?. Cukup dengan menjawab pertanyaan di kolom komentar dan sertakan juga hastag #Uricran dan #Uricrevent. Atau baca keterangan lengkapnya di instagram @Uricran.id. Jangan sampai lupa ya… 

Sebagai penderita berkala anyang-anyangan disaat musim dingin tiba, kini saya tak perlu resah dan gelisah lagi. Karena saya sudah punya solusi mencegah anyang anyangan dan ISK, yaitu dengan modifikasi perilaku dan tentu saja minum setiap hari Uricran Plus favorit saya. Meskipun dingin melanda saya bisa tetap aktif dan percaya diri. Barangkali teman-teman punya kisah tentang anyang-anyangan atau ISK, bisa di share di kolom komentar yaaa 


You May Also Like

0 comments